Panduan Utama untuk Strategi Merek 2023

seputarpengetahuan.co.id – Merek yang paling dicintai dan sukses di dunia tidak terjadi dalam semalam. Yang benar adalah: Membangun merek yang benar-benar hebat membutuhkan strategi yang terfokus dan banyak usaha. Tapi apa itu strategi merek?

Singkatnya, ini adalah rencana permainan untuk masuk dan menaklukkan ceruk perusahaan Anda. Ini menguraikan semua hal bagus: identitas merek, posisi di pasar, dan jenis pengiriman pesan dan pemasaran yang akan beresonansi dengan audiens target Anda.

Itu bisa menjadi aset terbesar Anda atau bisa jadi kematian Anda yang tidak menguntungkan. Di atas segalanya, itu adalah sarana untuk membangun hubungan nyata dengan orang-orang. Ini sedikit rahasia. Koneksi nyata berubah menjadi pelanggan setia.

Dalam artikel ini, pelajari tentang karakteristik berbeda yang cenderung dimiliki oleh strategi merek dan strategi merek yang kuat. Kami juga memberi Anda contoh strategi merek yang baik dan memberi Anda beberapa langkah untuk mulai merencanakan strategi merek Anda hari ini.

Apa itu Strategi Merek?

Anda dapat menganggap strategi merek Anda sebagai cetak biru bisnis 360 derajat. Idealnya, strategi merek Anda menguraikan elemen kunci yang membuat merek Anda unik, misi dan tujuannya, serta cara mencapainya.

Strategi merek yang kuat dibuat dengan hati-hati dengan mempertimbangkan semua aspek pasar, ceruk, penawaran produk atau layanan, pelanggan, dan pesaing Anda. Ini semua harus berakar pada data sebanyak yang Anda bisa dapatkan.

Dibutuhkan lompatan keyakinan pada awalnya. Ini tidak dapat dihindari ketika memulai dari awal. Namun dengan setiap pengunjung, pengikut, dan pelanggan baru yang Anda miliki, Anda akan memiliki data yang lebih mengagumkan untuk membuat strategi bermakna yang benar-benar diterjemahkan menjadi hasil.

Cara Mengembangkan Strategi Merek

Proses strategi merek biasanya memiliki tiga langkah.

  1. Rencana: Ini adalah langkah Intel. Sebelum memulai strategi membangun merek, lakukan riset untuk memastikan Anda memiliki pegangan yang kuat di pasar Anda, ceruk khusus Anda, pesaing Anda, dan akar dari strategi pemasaran Anda.
  2. Membangun: Setelah rencana dasar sudah ada, fase membangun merek dimulai. Ciptakan identitas merek Anda dengan menyertakan logo, palet warna, dan elemen visual lainnya. Buat situs web, saluran sosial, dan media lain untuk menjalankan rencana strategi merek Anda.
  3. Eksekusi: Pemasaran adalah bahan bakar mesin merek Anda. Luncurkan merek Anda dan manfaatkan semua strategi perpesanan yang telah Anda rencanakan dan saluran pemasaran yang telah Anda bangun. Tidak pernah berhenti. jangan berhenti

Mari kita pecahkan ini menjadi 5 langkah yang dapat ditindaklanjuti.

Penelitian

Riset pasar tidak dapat dinegosiasikan jika Anda ingin tumbuh cepat. Proses ini membantu membangun landasan pengembangan merek yang kokoh dan memberikan wawasan penting seperti:

  • Sempurnakan model bisnis Anda dengan menambahkan produk atau penawaran tertentu yang sesuai dengan ide awal Anda, atau dengan mempersempit audiens target Anda.
  • Menetapkan harga produk berdasarkan nilai potensial dan pesaing.
  • Siapa pesaing utama Anda dan apa kekuatan dan kelemahan mereka?
  • Jenis pesan dan strategi pemasaran yang paling ditanggapi audiens Anda.

Media sosial benar-benar teman riset pasar Anda. Jika Anda memulai toko dropshipping, langsung buka Instagram untuk melihat apa yang terjadi di ceruk pasar Anda. Dan pasti awasi pesaing Anda. Berikut adalah beberapa sumber penelitian tambahan.

  • Facebook Audience Insights: Data pengguna Facebook gratis berdasarkan kebiasaan belanja dan data profil seperti demografi, preferensi, dan minat.
  • Pew Research Center: Banyak informasi gratis yang dikumpulkan melalui data demografis, jajak pendapat, analisis konten media, dan penelitian ilmu sosial lainnya.
  • Statista: Akses gratis dan berbayar ke lebih dari satu juta fakta dan statistik di pasar konsumen dan digital di seluruh dunia.
  • Marketing Charts: Semua jenis data pemasaran, analitik, dan grafik. Mereka menawarkan grafik gratis dan laporan berbayar.

Ciptakan Identitas Merek yang Hebat

Selama fase penelitian, pada dasarnya tidak mungkin untuk tidak terinspirasi oleh ide-ide untuk identitas merek Anda sendiri. Itulah mengapa ide yang bagus untuk menyelami pasar sebelum membuat keputusan akhir tentang identitas dan estetika. Di bawah ini adalah daftar elemen identitas merek yang penting.

  • Logo dan Slogan: Dengan Shopify’s Hatchful, Anda dapat dengan cepat membuat logo yang indah dan jelas tanpa keahlian desain apa pun.
  • Palet Warna: Pilih antara 3 dan 5 warna dan gunakan di semua materi branding dan pemasaran Anda. Ini akan membantu memperkuat kesadaran merek Anda. Oh, dan jangan lupakan psikologi warna untuk mengatur suasana hati.
  • Font: Seperti palet warna, pilih tidak lebih dari 3 font dan tempelkan satu di semua bahan. Canva memiliki panduan bermanfaat untuk memasangkan font.
  • Fotografi dan Seni: Dalam dunia belanja online, visual yang memukau adalah kuncinya. Jika Anda dropshipping, ambil foto produk yang bagus dan keren. Atur panggung dengan lampu, gambar, model, dan aksesori, lalu sampaikan tema tersebut secara keseluruhan.
  • Suara dan Nada: Lucu, komunikatif, menginspirasi, dan dramatis. Bagaimana Anda menyampaikan pesan Anda bisa sama pentingnya dengan pesan itu sendiri.
  • Cerita: Emosi pergi jauh. Bangun ikatan dengan pelanggan Anda dengan memberikan cerita latar belakang. Bagaimana merek itu dimulai? Apa nilai dan misi Anda? mimpi dan janjimu Personalisasi.
  • Situs Web Cantik: Jangan arahkan orang ke situs web yang cacat, lambat, atau samar. Ini secara eksponensial lebih penting dalam bisnis e-niaga di mana situs adalah tulang punggungnya. Satu studi menemukan bahwa 94% responden menolak atau tidak mempercayai situs hanya berdasarkan desain web. Jangan situs itu.

Kembangkan Rencana Pemasaran yang Dapat Ditindaklanjuti

Memiliki merek yang manis tidak akan cukup. Anda harus pulang dengan perpesanan konstan di semua jenis saluran. Dan setelah Anda mengikat mereka, Anda harus memperkuat hubungan Anda dan mendapatkan kesetiaan mereka untuk menjaga mereka tetap terikat.

Pada dasarnya, Anda harus terus bertahan selama sisa umur merek Anda. Kami tidak pernah mengatakan itu mudah. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk bagian pemasaran dari rencana strategi merek Anda.

  1. Saluran penjualan: Khusus untuk situs e-niaga, saluran penjualan dapat mengubah pengunjung menjadi pelanggan dengan mulus dan mengembalikan pelanggan kepada mereka.
  2. Pemasaran Media Sosial: Dunia dan semua pembeli online memilikinya di ujung jari mereka melalui platform seperti Instagram, Facebook, Snapchat, YouTube, dan lainnya. Selain postingan organik, cobalah taktik berbayar seperti pemasaran influencer dan iklan media sosial.
  3. Pemasaran Konten: Ini masalah besar. Secara teknis, setiap video produk yang Anda buat, posting media sosial yang Anda tulis, email yang Anda kirim, atau posting blog yang Anda posting adalah pemasaran konten. Menarik pelanggan melalui saluran penjualan Anda menggunakan praktik terbaik pemasaran konten dapat berdampak besar.
  4. Pemasaran Email: Pemasaran email adalah alat lain yang efektif untuk saluran penjualan. Satu studi menemukan bahwa email 40 kali lebih efektif daripada Twitter atau Facebook dalam membantu bisnis mendapatkan pelanggan baru. Ini adalah hal yang kuat.

Jadilah Andal dan Dapat Dipercaya

Konsistensi adalah kuncinya. Jangan mulai dengan branding haute couture dan kemudian belok kiri lapangan menjadi wilayah cantik ibu sepak bola. Demikian pula, hindari menggunakan pesan yang sangat emosional dan beralihlah ke sarkasme dan lelucon.

Inti dari proses strategi merek adalah untuk mengukir suara dan citra yang jelas dan berbeda untuk perusahaan Anda dan tetap menggunakannya dalam setiap aspek perilaku Anda.

Sebelum membuat keputusan merchandising, branding, atau pemasaran, tanyakan pada diri Anda – Apakah ini sejalan dengan strategi branding saya? Apakah itu “cocok” dengan yang lainnya dan memperkuat narasi yang saya mulai?

Jika ide baru tidak sedikit pun keluar jalur, buang dan coba lagi. Selain konsisten dengan branding dan perpesanan Anda, penting juga untuk menepati semua janji Anda. Jika Anda menawarkan pengiriman dalam waktu satu minggu, sebaiknya paket tiba dalam waktu satu minggu.

Kehilangan kepercayaan pelanggan Anda adalah cara tercepat untuk kehilangan mereka dan merusak reputasi Anda dalam prosesnya.

Lacak, Evaluasi, dan Kembangkan Bila Diperlukan

Evolusi diperlukan untuk bertahan hidup di planet ruang angkasa yang mengambang ini. Mengapa merek Anda harus membuat pengecualian?

Penelitian adalah langkah pertama dalam proses ini. Tetapi kenyataannya adalah bahwa prosesnya harus dalam loop tak terbatas yang longgar. Anda harus selalu melihat Google Analytics, Facebook Analytics, Twitter Analytics, dan platform lain untuk melihat bagaimana kinerja semua kampanye dan upaya Anda.

Google Analytics adalah alat favorit saya karena memberi Anda informasi mendalam tentang pengunjung situs web Anda dan persis apa yang mereka lakukan di situs Anda (hingga klik terakhir). Jika Anda belum memiliki akun Google Analytics, buat sekarang.

Selalu mencari cara untuk meningkatkan. Akui bahwa terkadang Anda perlu meningkatkan dari awal, dimulai dengan elemen penting dari branding bisnis seperti tone, saluran pemasaran, atau identitas brand.

Daftar Isi