Mindset Entrepreneur: 9 Cara Berpikir Seperti Pengusaha

seputarpengetahuan.co.id – Butuh waktu lama untuk mengembangkan Mindset Entrepreneur. Sejujurnya, saya pikir saya menghabiskan sebagian besar awal usia dua puluhan saya mencoba membatalkan pola pikir yang saya pelajari di sekolah. Tapi bagaimana dengan kewirausahaan?

Kalau dipikir-pikir, sungguh menyedihkan bahwa para guru sangat peduli untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus bagi siswanya, tetapi tidak pernah sekalipun mengatakan bahwa kami dapat memulai bisnis.

Ini bahkan lebih mengecewakan ketika Anda mempertimbangkan dari mana sebagian besar pekerjaan berasal. Ini adalah orang-orang yang memutuskan untuk menempa jalan mereka sendiri, memulai bisnis, dan mempekerjakan orang lain. Apa yang didapatkan?

Setelah bertahun-tahun bekerja keras dan banyak bisnis yang gagal, saya akhirnya belajar bagaimana berpikir seperti seorang pengusaha. Hasil? Uang bagus, pekerjaan menyenangkan, perjalanan tanpa akhir, dan kebebasan. Tidak buruk, kan?

Jika Anda ingin mempelajari cara mengembangkan pola pikir kewirausahaan agar Anda dapat membangun bisnis yang sukses, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Pada artikel ini, kita akan melihat 9 ciri mindset pengusaha sukses yang penting. Tapi pertama-tama, apa artinya menjadi wirausaha dan mengapa itu penting?

Apa itu Mindset Entrepreneur?

Mindset Entrepreneur adalah cara melihat dunia yang mendorong seperangkat keyakinan, proses berpikir, dan perilaku kewirausahaan. Pengusaha, pada umumnya, sangat yakin bahwa adalah mungkin untuk memperbaiki keadaan hidup mereka dan menjalani hidup mereka dengan cara mereka sendiri.

Mereka juga percaya pada kemampuan mereka untuk belajar, tumbuh, beradaptasi, dan berhasil. Mindset seorang pengusaha sukses berbeda dari pola pikir pekerja tradisional dalam banyak hal.

Misalnya, jika pekerja tradisional perlu mendapatkan lebih banyak uang, mereka akan sering membereskan resume mereka dan mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih baik. Namun, seseorang dengan jiwa wirausaha akan menemukan cara untuk menghasilkan uang dengan memulai atau mengembangkan bisnis.

Ini dia: Siapapun bisa mengembangkan pola pikir pengusaha sukses. Henry Ford, pendiri Ford Motor Company, pernah berkata, “apakah Anda pikir Anda bisa atau Anda pikir Anda tidak bisa, apakah menurut Anda Anda benar.”

9 Cara Berpikir Seperti Pengusaha

Jika Anda ingin mempelajari cara membangun mindset entrepreneur, Anda perlu mengetahui cara berpikir pengusaha sukses. Sekarang mari kita lihat lebih dekat 9 Sifat Pola Pikir Wirausaha yang Esensial.

1. Kemandirian

Ini adalah salah satu aspek terpenting dari kewirausahaan. Pengusaha tidak mengikuti orang banyak atau melihat orang lain untuk petunjuk arah. Sebaliknya, mereka mendengarkan intuisi mereka dan menempa jalan mereka sendiri.

Seperti yang dikatakan pendiri Apple Steve Jobs, “Jangan biarkan pendapat orang lain menenggelamkan suara hati Anda.”

2. Tanggung Jawab

Pola pikir mandiri pengusaha sukses berasal dari tanggung jawab penuh. Pengusaha tidak menyalahkan orang lain atas keadaan hidup mereka. Kegagalan, kesuksesan, keadaan hidup – tidak peduli apa itu. Bahkan jika itu bukan kesalahan Anda, Anda dapat meningkat dengan mengambil tanggung jawab.

3. Kaya

Kunci sukses wirausaha adalah kelimpahan. Pengusaha sukses tahu bahwa mereka dapat memperbaiki keadaan, menghasilkan lebih banyak uang, dan menciptakan peluang baru. Langit selalu menjadi batasnya.

Akibatnya, pengusaha tidak menimbun uang atau pengetahuan. Mereka terbuka dan murah hati dan memahami bahwa “Anda mendapatkan apa yang Anda berikan”.

Penulis dan pengusaha Robert Kiyosaki berkata, “Saya belum pernah bertemu orang kaya yang tidak pernah kehilangan uang. Tapi saya telah bertemu banyak orang miskin yang tidak pernah kehilangan sepeser pun.”

4. Berorientasi pada Tujuan

Pemikiran kewirausahaan berorientasi pada tujuan. Dengan kata lain, pengusaha sukses memiliki tujuan dan rencana, bukan keinginan atau impian. Jadi, saat menciptakan pola pikir wirausaha, tetapkan tujuan SMART berikut:

  • Spesifik
  • Terukur
  • Yang dapat menjadi sengketa
  • Terkait
  • Peka terhadap waktu

5. Tidak Takut Gagal

Ketika Anda belajar untuk berpikir seperti seorang pengusaha, Anda perlu melihat kegagalan secara berbeda dari kebanyakan orang. Pengusaha tidak takut gagal.

Setiap “kegagalan” hanyalah batu loncatan menuju pelajaran yang akan membantu Anda semakin dekat dengan kesuksesan. Seperti yang dikatakan penemu terkenal Thomas Edison, “Saya tidak gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil.”

Gagal dalam sesuatu tentu saja tidak berarti Anda telah gagal. Hanya saja ada sesuatu yang tidak berjalan seperti yang Anda harapkan dan Anda harus mencoba lagi.

6. Berorientasi pada Pertumbuhan

Mempelajari kegagalan, psikolog Universitas Stanford Dr. Carol Dweck berkata, “Penelitian saya selama 20 tahun telah menunjukkan bahwa perspektif yang Anda adopsi untuk diri sendiri memiliki dampak besar pada cara Anda menjalani hidup.”

Secara khusus, dia menemukan bahwa ada dua jenis pola pikir utama: tetap dan tumbuh. Seseorang dengan mindset tetap percaya bahwa dirinya relatif permanen dan tidak dapat banyak berubah. Kewirausahaan berorientasi pada pertumbuhan.

Pengusaha percaya bahwa mereka dapat tumbuh sebagai manusia, mempelajari hal-hal baru, dan mengembangkan keterampilan baru. Mereka percaya bahwa dengan usaha tertentu, Anda bisa menjadi siapa pun yang Anda inginkan.

Penulis dan pengusaha terlaris Hal Elrod berkata:

Dengan kata lain, pertumbuhan pribadi cenderung mengarah pada kesuksesan. Jadi teruslah berusaha memperbaiki diri.

7. Mencari Umpan Balik

Pengusaha paling sukses tidak khawatir tentang terlihat hebat. Mereka hanya ingin sukses dan tahu bahwa belajar dari umpan balik membantu mempercepat prosesnya.

“Mengapa membuang-buang waktu untuk membuktikan betapa hebatnya Anda ketika Anda bisa menjadi lebih baik?” kata Dweck.

Singkatnya, jangan mencari validasi, carilah umpan balik.

8. Berorientasi Pembelajaran

Kebanyakan orang menghabiskan waktu luangnya untuk mencari hiburan, entah itu media sosial, Netflix, bermain game, membaca novel, atau berkumpul bersama teman. Pikiran kewirausahaan, bagaimanapun, lebih peduli dengan pembelajaran dan pengembangan. Misalnya:

  • Alih-alih menonton TV, pengusaha dapat mengambil kursus online untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka.
  • Alih-alih bermain game, pengusaha sering menghabiskan waktu berjam-jam mengutak-atik saluran penjualan.
  • Dan pengusaha lebih cenderung mendengarkan podcast motivasi atau membaca buku bisnis daripada menelusuri media sosial.

Pengusaha dan pembicara Jim Rohn berkata: Pendidikan mandiri akan membuat Anda kaya.”

9. Pemikiran Berorientasi Masa Depan

Jika Anda ingin belajar cara berpikir seperti pengusaha, Anda harus berpikir jangka panjang. Investor miliarder terkenal Warren Buffett berkata, “Seseorang duduk di tempat teduh hari ini karena seseorang menanam pohon sejak lama.”

Pengusaha sukses tahu bahwa mencapai tujuan besar membutuhkan waktu lama. Jadi mereka mulai dengan tujuan dan bekerja mundur melalui rekayasa balik di setiap langkahnya. Dengan kata lain, “Jika saya menginginkan ini, saya harus melakukan itu. Tetapi untuk melakukan itu, saya harus melakukan ini.

Mereka tetap bekerja dan sabar dalam hal kompensasi. Mereka tahu bahwa kura-kura selalu mengalahkan kelinci.

Daftar Isi