5 Tips Manajemen Waktu Agar Menjadi Lebih Efektif

seputarpengetahuan.co.idManajemen Waktu – Setiap orang di planet ini menginginkan lebih banyak waktu di beberapa titik. Di dunia di mana kita selalu bepergian, waktu adalah komoditas terbesar kita. Itu adalah sahabat terbaik kita dan musuh terbesar kita pada saat yang bersamaan.

Kami ingin menikmati waktu yang kami miliki. Tapi saat kita dalam mode bisnis, kita ingin mencapai sebanyak mungkin secepat mungkin. Semua orang bisa berhubungan dengan ini, tetapi pengusaha dan pengusaha solo merasakan lebih banyak rasa sakit.

Di sinilah manajemen waktu memiliki keuntungan yang luar biasa. Menggunakan waktu Anda secara efisien memberi Anda lebih banyak ruang untuk bernapas dan menyelesaikan pekerjaan.Dan bagian terbaiknya adalah beberapa tip manajemen waktu yang paling menakjubkan ternyata mudah diterapkan.

5 Tips Manajemen Waktu

Mari kita lihat beberapa tip dan trik manajemen waktu yang akan membantu Anda memaksimalkan hidup Anda dan mengembalikan waktu yang berharga ke hari itu.

1. Berhenti Setengah Hari

Ini mungkin saran manajemen waktu terbaik yang bisa saya berikan kepada Anda. Setengah hari dapat menghancurkan produktivitas Anda. Tetapi bagian terburuknya adalah Anda mungkin tidak menyadari seberapa sering hal itu mengganggu manajemen waktu Anda.

Saya melakukan pekerjaan setengah-setengah hampir setiap hari tanpa sadar.

Ini dia: Anda sedang mengerjakan sebuah proyek dan berhenti memeriksa ponsel secara kompulsif tanpa alasan yang mendesak. Atau mungkin Anda salah satu dari orang-orang dengan 50 tab terbuka di browser Anda dan terus-menerus beralih antar tugas.

Setengah hari berbahaya karena terkadang merusak konsentrasi kita. Ketika Anda benar-benar fokus dan Anda tidak dapat memanfaatkan aliran yang Anda dapatkan, dibutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan sesuatu.

Jika Anda seorang semi-pekerja serial, kemungkinan Anda menghabiskan waktu ekstra untuk mengerjakan tugas alih-alih mengatur waktu Anda secara efisien.

Terkadang, ini semua tentang menjadi lebih perhatian dan sadar ketika itu terjadi. Jika Anda bisa menangkap diri sendiri, itu setengah dari pertempuran.

2. Sembunyikan HP Saat tidak Benar-benar Diperlukan

Ini mungkin terdengar konyol, tapi ini kejutan bagi saya. Seperti disebutkan sebelumnya, pemeriksaan telepon kompulsif adalah masalah besar akhir-akhir ini. Dalam satu survei, 65% peserta memeriksa ponsel mereka 160 kali sehari.

Ini terutama berlaku untuk pemilik bisnis yang selalu memiliki sesuatu untuk diperiksa. (Dan menelusuri media sosial terdengar jauh lebih menarik daripada menangani proyek yang Anda takuti.)

Itu sebabnya jarak fisik menjadi faktor penting dalam tip ini. Anda mungkin meraih ponsel Anda hanya karena kebiasaan, tetapi ketika Anda menyadari bahwa ponsel Anda tidak seperti biasanya, Anda akan mendapatkan notifikasi cepat sehingga Anda dapat fokus pada tugas yang ada.

Sangat mudah untuk melakukan ini. Nyalakan ponsel Anda dan letakkan di ruangan lain. Jika Anda tidak bisa meletakkannya di ruangan lain, tambahkan satu atau dua tingkat ekstra, seperti meletakkannya di rak yang tinggi atau di bawah bantal. Tempat yang sangat sulit dijangkau tanpa berpikir.

3. Jangan Biarkan Email Menguasai Anda

Apakah Anda memeriksa email Anda seratus kali sehari? Bagi banyak orang, email bisa sama mengganggunya dengan panggilan telepon. Saya tahu. Tampaknya lebih mudah untuk memeriksa email segera setelah diterima, daripada menunggu 300 untuk memenuhi kotak masuk Anda.

Namun, ini adalah salah satu ide manajemen waktu yang lebih menipu yang kita miliki. Jika Anda terus-menerus memeriksa email Anda, Anda melakukan separuh pekerjaan. Anda membagi perhatian Anda ke cabang yang berbeda dan tidak dapat fokus 100% pada tugas yang ada.

Coba atur beberapa waktu yang ditentukan di siang hari untuk memeriksa email Anda. Kurangi menjadi tiga kali atau lebih sedikit sehari jika memungkinkan.

Berikut adalah contoh rutinitas pemeriksaan email jika Anda bekerja 9 hingga 5 jam.

  • Luangkan waktu 30 menit untuk memeriksa email Anda terlebih dahulu pada pukul 09.00 (atau, untuk meminimalkan gangguan, kerjakan tugas terpenting Anda terlebih dahulu, kemudian periksa email Anda pada pukul 10 atau 11.00)
  • Lain 30 menit atau 1 jam sebelum makan siang (atau setelah makan siang jika cek pertama di pagi hari).
  • Pemeriksaan akhir 30 menit pada pukul 16:00 Ini memberi Anda waktu ekstra untuk menyelesaikan sebelum hari berakhir.

Sesuaikan jadwal Anda hingga Anda menemukan yang terbaik untuk tim Anda (dan jam internal).

4. Gunakan Teknik Pomodoro

Ketika sebuah proyek begitu besar dan mengintimidasi, sulit untuk fokus dan memastikan Anda menggunakan waktu Anda secara efektif. Potong proyek dan tugas besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga Anda dapat langsung mulai fokus.

Teknik Pomodoro menghasilkan keajaiban untuk ini. Ini adalah salah satu tip manajemen waktu yang paling sederhana. Begini caranya.

  • Anda bekerja selama 25 menit pada satu tugas atau kelompok tugas tertentu.
  • Beristirahatlah selama 5 menit.
  • Ulangi proses ini empat kali.
  • Ambil istirahat lebih lama dari 15 hingga 30 menit.
  • Coba lagi!

Anda dapat menggunakan pengatur waktu sederhana seperti Google (cukup ketik “timer” di bilah pencarian).

Alternatifnya, Anda dapat mencoba timer Pomodoro gratis seperti Pomofocus. Ini memiliki antarmuka yang bersih dan sederhana dengan tiga pengaturan untuk dipilih: Pomodoro, Istirahat Pendek, dan Istirahat Panjang. Pomofocus memiliki area yang bagus di bawah pengatur waktu tempat Anda dapat mengetik apa yang sedang Anda kerjakan.

5. Lacak Waktu yang Dihabiskan untuk Setiap Proyek

Tidak ada yang namanya tanggung jawab. Mencapai manajemen waktu yang lebih baik berarti mengetahui ke mana sebenarnya waktu Anda pergi. Di sinilah ini dapat membantu Anda mencatat semua tugas Anda dan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk proyek.

Ini sangat berguna jika Anda memutuskan untuk menggunakan teknik Pomodoro yang disebutkan di atas karena Anda sudah memiliki pengatur waktu yang berjalan untuk tugas tertentu.

Anda dapat menggunakan manajemen waktu atau aplikasi pelacakan untuk melacak waktu Anda, atau menggunakan spreadsheet kuno seperti yang saya lakukan.

Saya telah melacak waktu saya selama beberapa tahun sekarang dan itu sangat membantu dalam menggunakan waktu saya secara efektif. Saya tidak bisa memaafkan diri saya sendiri karena tidak tahu ke mana perginya waktu saya karena saya telah melacaknya sepanjang hari sejak saya mulai.

Kami merekomendasikan untuk mencatat waktu sebanyak mungkin pada tugas sebanyak mungkin. Mengikutinya untuk jangka panjang akan memberi Anda ide yang lebih baik tentang tugas mana yang menghabiskan waktu Anda dan mana yang cepat.

Jika Anda sedang mengembangkan tim Anda, informasi ini dapat membantu Anda tumbuh lebih cerdas. Anda akan mengetahui tugas mana yang harus didelegasikan kepada anggota tim lain atau terus dilakukan sendiri, sehingga Anda dapat memaksimalkan nilai setiap menit yang Anda habiskan untuk membangun bisnis Anda.

Daftar Isi