Efisien adalah : Pengertian, Penerapan dan Perbedaannya dengan Efektif

Efisien adalah : Pengertian, Penerapan dan Perbedaannya dengan Efektif – Apakah yang dimaksud dengan efisien dan juga efektif ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Efisien adalah : Pengertian, Penerapan dan Perbedaannya dengan Efektif


Efisien adalah cara mencapai suatu tujuan dengan menggunakan sumber daya yang minimal namun dengan hasil maksimal,dengan arti Sumber daya diolah dengan bijak dan hemat hingga uang, sehingga waktu dan tenaga tidak banyak terbuang.


Efisien menurut beberapa ahli

• Efisien adalah suatu pencapaian tujuan ataupun target dengan memakai biaya (input) dalam jumlah yang sama demi menghasilkan hasil lebih besar.

• Efisien ialah suatu usaha yang paling tepat untuk menghasilkan segala sesuatu yang dikehendaki atau di inginkan

• Efisien merupakan suatu aktifitas meminimalisir pemborosan serta kerugian sumber daya untuk melaksanakan dan menghasilkan sesuatu.

• Efisien merupakan sejauh mana tenaga, waktu serta usaha yang dipakai demi untuk melakukan sesuatu kegiatan.

• Efisien adalah kemampuan dalam bekerja maksimal guna memberikan hasil yang terbaik dengan memakai sedikit waktu, uang atau hal lain secara efektif.

• Efisien ialah kemampuan dalam melakukan suatu kegiatan guna memberikan hasil yang memuaskan tetapi tak memboroskan waktu, energy ataupun uang.


Pengertian Efektif

“Efektif yaitu usaha guna mendapatkan tujuan, hasil dan target yang diharapkan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. tanpa memperdulikan biaya yang harus dikeluarkan”

Pekerjaan efektif berhubungan dengan perencanaan, penjadwalan dan juga pengeksekusian keputusan yang tepat. Suatu pekerjaan bisa dikatakan efektif jika tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya berhasil dicapai.

efektif yaitu cara mencapai suatu tujuan dengan pemilihan cara yang benar dari beberapa pilihan alternatif, kemudian mengimplimentasikan pekerjaan itu dengan tepat dengan waktu yang cepat.

Baca Juga:  √ Pengertian Efisiensi, Tujuan, Syarat, Manfaat dan Contohnya

Efektif menurut beberapa ahli ekonomi

• Efektif adalah suatu pencapaian target ataupun tujuan dalam waktu batas yang telah ditentukan dan tanpa harus memperdulikan semua biaya yang sudah dikeluarkan.

• Efektif yaitu sesuatu hal yang dianggap bisa berhasil dan secara tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan.

• Efektif merupakan sesuatu hal yang bisa mencapai hasil akhir sesuai dengan waktu yang diinginkan seseorang.

• Efektif merupakan suatu perbandingan antara input dengan output dalam berbagai aktifitas suatu kegiatan sehingga dengan pencapaian suatu tujuan itu bisa dipenuhi dari beberapa banyaknya kualitas dan kuantitas hasil kerja dan batas waktu yang sudah ditetapkan.

• Efektif adalah suatu kemampuan menghasilkan hasil yang sesuai dengan keinginan karena sesuatu yang efektif maka bisa memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.


Perbedaan Efektif Dan Efisien

Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan antara cara yang efektif dengan cara yang efisien. Berikut ini merupakan perbedaan efektif dan efisien, di antaranya adalah:

  • Pengertian

Cara yang efektif dan efisien memiliki perbedaan pengertian seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dimana pengertian efektif yaitu suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan sesuai dengan target. Sedangkan pengertian efisien yaitu suatu usaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai tujuannya.

  • Biaya

Efektif: tidak terlalu mementingkan biaya atau bebas mengeluarkan biaya sebesar apapun.

Efisien: sangat mementingkan biaya dengan meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan

  • Waktu

Efektif: sangat mengutamakan waktu yang cepat dan singkat sesuai dengan perencanaan untuk mencapai tujuan

Efisien: tidak terlalu mengutamakan lama atau durasi waktu pencapaian tujuan

  • Usaha

Efektif: bebas untuk mengeluarkan usaha sebesar apapun, dan berlaku sesuai dengan apa yang dikehendakinya.

Efisien: berusaha untuk meminimalisir usaha/ tenaga yang dikeluarkan, sehingga tidak memboroskan sumber daya dan energi yang digunakan

  • Penghematan

Efektif: tidak terlalu mementingkan kehematan, yang menjadi utama adalah tujuan yang dicapai dengan maksimal

Efisien: ingin melakukan pencapaian target dengan hasil maksimal tanpa memboroskan sumber daya yang dimiliki

Berdasarkan perbedaan yang sudah dijelaskan diatas maka bisa disimpulkan bahwa, cara yang efektif belum tentu merupakan cara yang efisien. Begitupun sebaliknya menggunakan cara yang efisien belum tentu melakukan cara yang efektif. Sehingga diperlukan cara yang tepat agar kedua hal tersebut bisa terlaksana untuk mencapai tujuan yang maksimal.

Baca Juga:  Kingdom Animalia : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Contoh Filumnya

Efisien adalah : Pengertian , Penerapan dan Perbedaannya dengan Efektif


Contoh Efektif Dan Efisien

Pada umumnya, seseorang menginginkan sesuatu hal yang efektif dan efisien. Namun tetapi keduanya tidak selalu beriringan, walau pun terkadang dapat efektif namun tidak efisien, sedangkan efisien namun tidak efektif, sehingga tidak bisa di katakan efisien dan tidak juga efektif.

Disini kami akan mengambil contoh “Dina hendak mengunjungi Kalimantan di waktu libur kuliah”. Disini kami akan menjelaskan beberapa contoh penerapan mana yang efektif dan mana yang efisien.

  • Contoh Penerapan Efektif

Jika Dina berangkat ke Kalimantan menggunakan pesawat terbang, maka Dina harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1.800.000 dengan waktu perjalanan 3 jam.

Dengan begini, Dina melakukan aktivitas yang efektif, tetapi tidak efisien. Hal ini dikarenakan Dina mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menempuh perjalanan ke Kalimantan.

  • Contoh Penerapan Efisien

Apabila Dina berangkat ke Kalimantan menggunakan Bus Bisnis seharga Rp. 150.000 dan jarak waktu yang di tempuh Dina 17 jam.

Maka dapat pula dikatakan bahwa Dina melakukan suatu perjalanan yang efisien, tetapi kurang efektif. Hal ini dikarenakan Dina memerlukan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tujuannya.

  • Contoh Penerapan Efektif dan Efisien

Jika Dina menginginkan sesuatu yang efektif dan efisien. Dina juga harus memikirkan harga transportasi yang terbilang cukup murah dengan waktu yang terbilang cepat juga.

Dengan demikian, mungkin Dina dapat menggunakan transportasi yang berupa kereta api, yang harganya lebih murah dan durasi waktu tidak terlalu lama juga.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Efisien adalah : Pengertian , Penerapan dan Perbedaannya dengan Efektif, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.