√ Pengertian Manajemen Kelas, Tujuan dan Prinsipnya (Terlengkap)

Pengertian Manajemen Kelas, Tujuan dan Prinsipnya (Terlengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Kelas. Yang meliputi pengertian manajemen kelas, tujuan dan prinsip manajemen kelas.

Pengertian Manajemen Kelas, Tujuan dan Prinsipnya (Terlengkap)

Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Manajemen Kelas

Manajemen kelas adalah upaya guru untuk penataan dan pengaturan kelas dimulai dari perencanaan kurikulum, penataan prosedur dan sumber belajar, pengaturan lingkungan kelas, pemantauan kemajuan siswa dan mengantisipasi masalah-masalah yang timbul dikelas

Pengertian lain dari manajemen kelas yaitu ketetapan dan prosedur yang dibutuhkan untuk terciptanya dan pemeliharaan lingkungan tempat terjadinya aktivitas belajar mengajar. Manajemen kelas dapat pula diartikel sebagai perangkat tingkah laku dan aktivitas guru yang diarahkan untuk menarik tingkah laku siswa yang wajar, pantas dan layak dan juga upaya untuk meminimalkan gangguan (Hasri, 2009:41)

Pengertian Manajemen Kelas Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari manajemen kelas menurut ahlinya.

1. Suhardian dkk (2009:106)

Pengertian manajemen kelas menurut Suhardian dkk adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan serta bisa memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Atau bisa dikatakan bahwa manajemen kelas merupakan usaha sadar untuk mengatur aktivitas proses belajar mengajar secara sistematis.

2. Sulistitirini (2006:66)

Pengertian manajemen kelas menurut Sulistiyirini adalah proses atau usaha yang dilakukan oleh seorang guru secara sistematis untuk menciptakan dan mewujudkan kondisi kelas yang dinamis dan kondusif dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

3. Djamarah (2000:173)

Pengertian manajemen kelas menurut Djamarah adalah suatu upaya memberdayagunakan potensi kelas yang ada seoptimal mungkin untuk mendukung proses iteraksi edukatif mencapai tujuan pembelajaran.

4. Arikunto (1992:67)

Pengertian manajemen kelas menurut Arikunto adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau yang membantu dengan maksud agar dicapainya kondisi yang optimal, sehingga bisa terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan.

5. Nawawi (1982:115)

Pengertian manajemen kelas menurut Nawawi adalah kemampuan guru atau wali kelas dalam mendaya gunakan potensi kelas dalam bentuk pemberupan kesempatan yang seluas-luasnya kepada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan terarah, sehingga waktu dan dana yang tersedia bisa dimanfaatkan secara efisien untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yang berhubungan dengan kurikulum dan perkembangan murid.

Tujuan Manajemen Kelas

Tujuan dikelolanya kelas pada hakikatnya sudah ada dalam tujuan pendidikan. Secara umum,tujuan pengelolaan kelas yaitu menyediakan fasilitas untuk bermacam-macam aktivitas belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional dan intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja, adanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, pengembangan intelektual, emosional dan sikap serta apresiasi kepada siswa. (Djamarah dan Zain, 2010:178)

Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas

Menurut Muhaimin (2002:137-144) Manajemen kelas memiliki beberapa prinsip yang harus menjadi perhatian sebagai syarat membuat satu model pembelajaran yang efektif dan efisien yakni:

Prinsip Kesiapan (Readyness)

Kesiapan belajar merupakan kematangan dan pertumbuhan fisik, psikis, intelegensi, latar belakang pengalaman, hasil belajar yang paten, motivasi, presepsi, dan faktor-faktor lain yang menjadikan mungkin seseorang bisa belajar.

Prinsip Movitasi (Motivation)

Motivasi yaitu tenaga yang mendorong atau menarik yang menjadikan terdapat perilaku ke arah suatu tujuan tertentu. Terdapatnya motivasi pada peserta didik maka akan bersungguh-sungguh menunjukkan minat, memiliki perhatian dan rasa ingin tahu yang kuat untuk berpartisipasi dalam aktivitas belajar, berupaya dengan keras dan memberikan waktu yang cukup untuk melaksanakan aktivitas tersebut dan juga terus bekerja hingga tugas-tugas tadi terlesaikan.

Prinsip Perhatian

Perhatian adalah sebuah strategi kognitif yang meliputi empat keterampian yakni orientasinya pada suatu masalah, meninjau sepintas isi masalah, memusatkan diri terhadap aspek-aspek yang relevan, dan mengesampingkan stimuli yang tidak relevan. Didalam proses pembejalaran perhatian adalah faktor yang besar pengaruhnya.

Prinsip Persepsi

Prinsip umum yang harus diperhatikan dalam pemakaian persepsi yaitu:

  • Semakin baik persepsi tentang sesuatu maka mudah peserta didik belajar mengingat sesuatu itu
  • Didalam pembelajaran harus menghindari persepsi yang salah sebab hal ini akan menimbulkan pengertian yang salah juga pada peserta didik mengenai apa yang dipelajari.
  • Dalam pembelajaran harus diusahakan berbagai sumber belajar yang bisa mendekati benda nyata sehingga peserta diik mendapatkan persepsi yang sangat akurat.

Pengertian Manajeme Kelas, Tujuan, Prinsip Terlengkap

Persepsi Retensi

Persepsi retensi yaitu apa yang perlu ditinggal dan bisa diingat kembali setelah seseorang mempelajari sesuatu. Dengan retensi membuat apa yang sudah dipelajari bisa bertahan atau tertinggal lebih lama pada struktur kognitif dan bisa diingat kembali jika dibutuhkan. Karena itu retensi sangat menjadi penentu hasil yang didapatkan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Prinsip Transfer

Transfer adalah suatu proses yang mana sesuatu yang pernah dipelajari bisa berpengaruh pada proses dalam mempelajari sesuatu yang baru. Dengan begitu transfer artiny pengaitang pengetahuan yang telah dipelajari dengan pengetahuan yang baru dipelajari. Pengetahuan atau keterampilan yang diberikan disekolah selalu diasumsikan atau diinginkan bisa digunakan untuk memecahkan masalah yang dialami dalam kehidupan atau dalam pekerjaan yang akan dihadapi nantinya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Manajemen Kelas, Tujuan dan Prinsipnya (Terlengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terima kasih sudah berkunjung dan jgan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi