√ Pengertian Ekonomi Manajemen dan Prinsip Dasarnya (Lengkap)

Pengertian Ekonomi Manajemen dan Prinsip Dasarnya (Lengkap) – Pada umumnya pengertian ekonomi manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Kemudian, manajemen sendiri memiliki sebuah kegiatan memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan, dan juga mengembangkan. Sektor ekonomi dan manajemen memang tidak bisa dilepaskan. Akan selalu ada keterkaitan antara ekonomi dan manajemen.

Pengertian Ekonomi Manajemen dan Prinsip Dasarnya (Lengkap)

Sektor manajemen sendiri dapat dikatakan sebagai seni. Dimana seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui kerja sama dengan orang lain. Dengan menggunakan seni manajemen ini dapat mencakup kemampuan komunikasi visi tersebut. Aspek-aspek perencanaan kepemimpinan, komunikasi dan pengambilan keputusan mengenai unsur manusia tentang cara menggunakan pendekatan manajemen seni.

Pengertian Ekonomi Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian ekonomi manajemen pada dasarnya berfokus pada istilah manajemen itu sendiri. Manajemen dijadikan sebagai ilmu pengetahuan yang secara sistematis dapat memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan. Berikut ini istilah manajemen menurut para ahli, di antaranya:

  1. Menurut Manullang, manajemen adalah sebuah seni dan ilmu catat, pengawasan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  2. Menurut John D Millet, manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan.
  3. Menurut Harold Koontz dan Cyrill O’ Donel mendefinisikan manajemen sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lain.
  4. Menurut George R. Terry manajement yang pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dengan menggunakan kegiatan orang lain.
  5. Menurut Henry Fayol pengertian manajemen adalah proses tertentu yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia dan menggandakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.

Prinsip dasar ekonomi manajemen

Terdapat tiga dasar dari ekonomi manajemen antara lain, teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan ilmu administrasi. Di bawah ini kita akan membahas datu persatu pengertian ekonomi manajemen berdasarkan prinsip dasarnya.

1. Teori ekonomi

Prinsip dasar teori ekonomi ini digunakan untuk memprediksi serta menerangkan tingkah laku ekonomi. Pada prinsip dasar teori ekonomi ini berguna untuk memprediksi serta menerangkan tingkah laku ekonomi.

Dalam ilmu ekonomi pada umumnya dimulai dengan suatu model, dimana model ini nanti akan menggambarkan suatu kejadian dan mengidentifikasi berbagai faktor yang terdapat didalamnya. Pada teori ekonomi ini terbagi dua prinsip teori ekonomi yakni, ekonomi mikro dan ekomi makro.

Dimana ekonomi mikro mempelajari tingkah laku eknomi secara individu. Sedangkan, ekonomi makro secara agregat melalui hal seperti output, pendapatan, investasi, keseluruhan harga atau harga total.

2. Ilmu pengambilan keputusan

Ketika mengambil sebuah keputusan dalam ekonomi manajemen diperlukan sebuah perangkat yakni matematika ekonomi dan juga ekonometrik. Kedua ilmu ini berguna untuk membentuk serta mengestimasi model pada perilaku optimal suatu perusahaan.

Ilmu matematika dalam ekonomi ini digunakan untuk membentuk model ekonomi yang dipaparkan dalam teori ekonomi atau ekonometrik. Model ini menggunakan peralatan statistik pada perangkat dunia nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi yaitu untuk peramalan atau estimasi.

3. Ilmu administrasi bisnis

Ilmu ini digunakan untuk mengatur administrasi bisa berupa pengorganisasian administrasi sebuah perusahaan atau proyek yang sedang dikerjakan. Ilmu ini berperan cukup penting dalam ekonomi manajemen.

Kembali dalam menganalisis pengertian ekonomi manajemen dapat dikatakan sebagai pengkombinasian antara teori ekonomi dan prakteknya. Sehingga beberapa pihak yang menerapkan sistem ekonomi manajemen ini dapat menentukan keputusan yang akan diambil serta membuat perencanaan untuk masa yang akan datang.

Untuk lebih jelasnya simak contoh berikut ini. Misalnya, pelaku bisnis yang tentunya akan sangat merasakan manfaat dari pemahaman tentang ekonomi manajemen karena akan dapat mengantisipasi dan memprediksi beberapa hal yang mungkin akan menjadi kendala dalam sistem pergerakan ekonomi dalam sebuah perusahaan.

Selain itu juga sistem ekonomi manajemen juga dapat merangsang peningkatan skill di dalam proses menganalisa sebuah permasalahan ekonomi yang sedang dihadapi. Sehingga, nantinya dapat memberikan solusi yang tepat pada masalah yang sedang dihadapi. Intinya, pengertian ekonomi manajemen adalah hal yang penting untuk dipahami di dalam menentukan kebijakan dan keputusan bisnis.

Pengertian Ekonomi Manajemen dan Prinsip Dasarnya Lengkap

Jadi tidak hanya untuk sebuah perusahaan atau organisasi yang mencari profit atau keuntungan. Dengan sistem ekonomi manajemen juga dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk oleh berbagai lembaga non profit agar didapat tujuan yang lebih efisien dan optimal dalam menentukan suatu keputusan.

Penentuan keputusan di dalam ekonomi manajemen biasanya adalah hasil dari penggabungan beberapa unsur yang terlibat di dalamnya, seperti mengenai tujuan perusahaan, pengidentifikasian masalah, penerapan dan pengembangan berbagai alternatif solusi, sampai dengan penerapan keputusan itu sendiri. Sekian tentang Pengertian Ekonomi Manajemen dan Prinsip Dasarnya (Lengkap)semoga dapat bermanfaat.

Daftar Isi