√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur
15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep, unsur yang akan dibahas lengkap. Untuk itu ikutilah ulasan dibawah ini sampai selesai.
15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur
Mari kita bahas pengertian manajemen pemasaran terlebih dahulu dengan seksama.
Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
Manajemen pemasaran merupakan kegiatan merencanakan dalam bidang pemasaran untuk mencapai suatu tujuan yaitu kepuasan pelanggan atau costumer.
Berikut ini adalah beberapa pengertian manajemen yang dikemukakan oleh ahli, diantaranya:
1. William J. Stanton
Pengertian manajemen pemasaran menurut William J. Stanton adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
2. Winardi
Pengertian manajemen pemasaran menurut Winardi adalah proses pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran suatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam suatu sistem pemasaran.
3. Sofyan Assauri (2004)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Sofyan Assauri adalah kegiatan menganalisis, merencanakan, menkoordinasikan dan mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan dan peluncuran produk, pengkomunikasisan, promosi dan pendistribusian produk tersebut, menetapkan harga dan mentransaksikannya, dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus dapat mencapai suatu tujuan organisasi perusahaan jangka panjang.
4. Swastha (1995:5)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Swastha adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasara yang dituju dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan perusahaan.
5. Peter R. Dickson
Pengertian manajemen pemasaran menurut Peter R. Dickson adalah banyak dan variate kegiatan organisasi yang terlihat dalam memahami apa yang konsumen inginkan dan bagaimana mereka berperilaku.
6. John W. Mullins
Pengertian manajemen pemasaran menurut John W. Mullins adalah proses menganalisis, menerapkan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan program, yang melibatkan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi produk, jasa dan ide yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar untuk mencapai tujuan organisasi.
7. Philip Wiliam J. Shultz
Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Wiliam J. Shultz adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.
8. Lupiyo Adi (2006:6)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Lupiyo Adi adalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun bersama.
9. Buchari Alma (2004:130)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Buchari Alma adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.
10. Philip Kotler dan Armstrong (2002:14)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Kotler dan Armstrong adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
11. American Marketing Association (1960)
Pengertian manajemen pemasaran menurut American Marketing Association adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen.
12. Buchori Dan Djaslim (2010:5)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Buchori Dan Djaslim adlah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang, dan jasa, untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.
13. Dharmmesta Dan Handoko (1982)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Dharmmestta Dan Handoko adalah salah satu kegiatan utama dari perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan perusahaannya, agar berkembang serta mendapatkan keuntungan dari kegiatan pertukaran.
14. Ben M. Eniy (2007:130)
Pengertian manajemen pemasaran menurut Ben M. Eniy adalah proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau perusahaan.
15. A Strategic Approach With A Global Orientation (Boyd, Walker, Larreche, 1998)
Pengertian manajemen pemasaran menurut A Strategic Approach With A Global Orientation adalah suatu proses analsis, perencanaan, implementasi, koordinasi serta pengendalian program pemasaran yang meliputi dari kebijakan produk, harga, promosi, serta distribusi dari produk, jasa, dan ide yang dapat ditawarkan untuk menciptakan serta meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujaun organisasi.
Tugas Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran memiliki tugas yang diantaranya adalah:
Memahami keperluan dan keinginan pelanggan atau konsumen
Mengembangkan atau invoasi konsep produk atau barang untuk kebutuhan dan keperluan pasar.
Membuat desain produk dan mengembangkan pengemasan atau merk
Mengatur distribusi barang dan memeriksa penjualan
Menciptakan komunikasi pemasaran efektif dan efisien
Mengatur harga untuk mendapatkan ROI (return on investment) yang baik
Tujuan Manajememen Pemasaran
Tujuan manajemen pemasaran diantaranya:
Untuk Mendapat keuntungan atau laba
Mendapatkan konsumen atau pelanggan
Meningkatkan daya beli konsumen atau pelanggan
Memperkenalkan produk atau jasa yang dilakukan
Bersaing dengan perusahaan atau produsen lain
Fungsi Manajemen Pemasaran
Berikut ini adalah fungsi dari manajemen pemasaran:
Melakukan distribusi barang atau jasa
Melakukan riset konsumen
Menetapkan harga
Mengembangkan produk
Memberikan layanan kepada pelanggan
Konsep Manajemen Pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978). Elemen penting dalam konsep pemasaran, yaitu:
Market oriented atau berorientasi terhadap kebutuhan konsumen/pasar.
Menyusun kegiatan pemasaran secara terpadu
Pencapaian kepuasan konsumen
Unsur-Unsur Manajemen Pemasaran
Dalam manajemen pemasaran berikut ini adalah unsur-unsurnya, yaitu:
Orientasi Pada Pembeli atau Konsumen
Secara umum produsen menghasilkan produk dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen yang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini konsumen adalah orientasi utama dalam strategi bisnis.
Perencanaan Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh
Kegiatan pemasaran harus disusun dengan menyeluruh dari segala keperluan agar memudahkan proses pelaksanaan dan pengawasan
Kepuasan Pelanggan/Konsumen
Dalam manajemen pemasaran, kepuasan konsumen menjadi prioritas utama. Kepuasan konsumen diukur dan dilihat dari kualitas produk yang dibuat, juga diukur bagaimana cara dan strategi pemasaran yang dijalankan.
Sejarah Pendidikan Islam : Pengertian dan Ruang Lingkupnya Sejarah Pendidikan Islam : Pengertian dan Ruang Lingkupnya – Disini akan kami bahas tentang apa itu Sejarah dan apa pengertian sejarah pendidikan islam itu sendiri serta ruang lingkupnya. Serta menjelaskan apa…
√ Pengertian Tipografi, Fungsi, Elemen & Klasifikasinya… Pengertian Tipografi, Fungsi, Elemen & Klasifikasinya (Lengkap) – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Tipografi. Yang mana dalam pembahasn kali ini menjelaskan pengertian tifografi, fungsi, elemen dan klasifikasinya dengan…
Manajemen Pendidikan : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan,… Manajemen Pendidikan : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup -Apa itu Manajemen Pendidikan ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas pengertian manajemen pendidikan dan unsur -unsur lain yang melingkupinya.Mari…
Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1… Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020)- Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Soal Seni Budaya Kelas 10 Pilihan Ganda dan Essay…
√ Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur &… Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Kepuasan Pasien. Meliputi pengertian, manfaat, cara mengukur dan faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dengan…
Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli,… Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe - Tentunya kita tahu apa arti pelanggan,namun mungkin belum mengetahuinya lebih mendalam apa saja yang di maksud pelanggan ? Untuk pembahasan…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli - Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita…
Contoh Soal Penjas Kelas 11 (XI) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 Contoh Soal Penjas Kelas 11 (XI) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020) - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas contoh Soal Penjas Kelas 11 Pilihan Ganda dan Essay…
√ E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang E-Business. Yang mana dalam menjelaskan pengertian e busines, strategi, keuntungan, unsur e-busines serta contohnya…
30 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli 30 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli - Sebagian orang mengenal administrasi pasti sesuatu yang berhubungan dengan hitung menghitung dan angka-angka. Padahal administrasi merupakan keseluruhan dari rangkaian-rangkaian kegiatan yang memiliki aturan dan…
21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan… 21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai…
Karate : Pengertian, Sejarah, Teknik dasar dan Aliran Karate : Pengertian, Sejarah, Teknik dasar dan Aliran - Apa itu Karate ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Karate dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada…
√ Cara Membuat Proposal Kegiatan dan Contohnya (Bahas… Cara Membuat Proposal Kegiatan dan Contohnya (Bahas Lengkap) - Di dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan memang dibutuhkan sebuah proposal. Proposal tersebut dinamakan dengan proposal kegiatan. Ada pun tujuan dari proposal kegiatan tersebut…
29 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 29 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata strategi? Biasanya kita mendengar kata tersebut ketika hendak melakukan sebuah rencana. Menyusun sebuah strategi…
Administrasi Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi,… Administrasi Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Tugas dan Ruang Lingkup - Bagaimanakah Administrasi Pendidikan itu ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu administrasi pendidikan dan unsur -unsur lain…
√ 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori,… 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian Kepuasan Kerja. Yang meliputi pengertian kepuasan kerja menurut beberapa ahli…
Pelanggan : Pengertian dan Jenisnya Pelanggan : Pengertian dan Jenisnya – Dalam menjalankan bisnis diperlukan pembeli yang akan membeli barang atau jasa yang di sediakan oleh perusahaan tersebut. Agar cepat terjual para konsumen yang datang harus…
Akuisisi Pelanggan: Pengertian, Formula, dan Strategi seputarpengetahuan.co.id - Akuisisi Pelanggan - Membayar pelanggan adalah sumber kehidupan bisnis apa pun, apa pun industri, ceruk, atau pekerjaan Anda. Setiap pemilik dan manajer bisnis memperhatikan pelanggan mereka, tetapi tidak…
Jenis-Jenis Surat Dinas, Ciri, Fungsi Dan Contohnya Jenis-Jenis Surat Dinas, Ciri, Fungsi Dan Contohnya - Apa sajakah jenis jenis dari surat dinas itu?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan… 24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap) - Di bidang manajeman dan bisnis tentu kita sering mengenal istilah pemasaran dan biasanya pemasaran identik dengan sales. Pemasaran merupakan salah satu…
Teks Prosedur : Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Jenis… Teks Prosedur : Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur, Jenis ,Kaidah kebahasaan dan Contohnya - Apa yang dimaksud dengan Teks Prosedur ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Teks Prosedur dan hal-hal…
Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) - Dalam pembahasan kali ini, Seputar Pengetahuan akan membahas secara singkat mengenai pengertian seni rupa dan jenis-jenis seni rupa itu sendiri. Mari kita simak…
√ Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas… Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas & Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen personalia. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen personalia, fungsi manajemen personalia, tujuan dan tugas…
21 Pengertian Pajak Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 21 Pengertian Pajak Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Bicara mengenai pajak, tentu kita sudah melakukannya setahun sekali, sebulan sekali atau bahkan setiap hari. Seperti bayar pajak kendaraan dalam setahun sekali,…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
Bidang Miring : Pengertian, Rumus, Keuntungan Mekanik Dan… Bidang Miring : Pengertian, Rumus, Keuntungan Mekanik Dan Contoh Soalnya - Apakah yang di maksud dengan bidang miring dan cara menghitung fisikanya?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya…
26 Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 26 Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Istilah pemerintahan tentu sudah tak asing lagi ditelinga. Apa itu pemerintahan?. Kali ini kita akan bahas mengenai arti dari istilah pemerintahan. Pemerintahan dalam…
Pengertian Novel : Ciri, Struktur, Unsur dan Jenis Novel Pengertian Novel : Ciri, Struktur, Unsur dan Jenis Novel - Apa itu Novel?Novel merupakan sebuah karya sastra yang berbentuk prosa dengan narasi yang panjang menceritakan tentang kehidupan dan karakter.Pada kali ini…
25 Pengertian Industri Menurut Para Ahli (Pembahasan… 25 Pengertian Industri Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Industri identik dengan sebuah perusahaan. Memang benar, tapi setiap perusahaan tidak mesti besar dan harus menggunakan mesin. Menurut Dra. Sri Milaningsih kata Industri berasal dari bahasa…