9 Pekerjaan Jarak Jauh Terbaik untuk Dikejar pada tahun 2023

seputarpengetahuan.co.id – Pekerjaan jarak jauh telah mendapatkan popularitas yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, mengganggu norma tempat kerja tradisional. Sebelumnya, kerja jarak jauh dianggap mustahil, tetapi kemajuan teknologi dan globalisasi membuat kerja jarak jauh semakin umum.

Kerja jarak jauh kini menjadi kebiasaan baru, memberi individu lebih banyak fleksibilitas dan akses ke peluang kerja dari mana saja di dunia.

Pekerjaan Jarak Jauh Terbaik 2023

Pekerjaan jarak jauh terbaik juga menawarkan fleksibilitas dalam bagaimana dan kapan Anda menyelesaikan jam kerja Anda, menjadikannya cara kerja yang lebih mudah dikelola bagi banyak orang. Kerja remote juga dapat menjadi alternatif yang dapat diterima jika Anda memiliki tanggung jawab keluarga atau tugas lain yang membutuhkan waktu.

Dan jangan lupa: Pekerjaan jarak jauh adalah penyelamat di saat resesi, dan banyak orang mengandalkannya untuk menjauh.

1. Developer

Jika ada satu jenis pekerjaan yang bekerja dengan baik secara online, itu adalah bidang pengembangan. Pengembang situs web, pengembang perangkat lunak, pengembang aplikasi, atau siapa pun di antaranya dapat bekerja dari jarak jauh.

Tidak hanya peran pengembang yang sering dilakukan dari jarak jauh, tetapi permintaan besar untuk posisi ini menjadikan mereka pekerjaan jarak jauh terbaik. Oleh karena itu, kerja jarak jauh di ranah pengembangan tidak berarti bekerja untuk perusahaan yang kurang terkenal atau menerima pemotongan gaji. Bahkan, itu bisa berarti sebaliknya.

Seiring pertumbuhan industri komputer dan teknologi informasi, akan ada lebih banyak permintaan untuk pengembang perangkat lunak. Jika Anda belum menjadi pengembang, banyak sumber tersedia untuk membantu Anda membangun keterampilan secara gratis. Dari sana, Anda dapat terjun ke peran magang atau pengembang junior untuk bekerja sesuai keinginan Anda.

2. Translator

Internet, yang menghubungkan kita semua, meningkatkan permintaan akan penerjemah dan membuat perusahaan berupaya menjembatani kesenjangan komunikasi. Penerjemah dapat melakukan berbagai peran, seperti menguji situs web, menerjemahkan atau mengoreksi dokumen.

Anda harus sangat mahir setidaknya dalam dua bahasa untuk melakukan pekerjaan jarak jauh ini. Memberikan lebih banyak cakupan jika beberapa bahasa digunakan.

3. Designer

Desainer mengejar teknologi yang diinginkan oleh banyak perusahaan. Dan banyak pekerjaan desain grafis, termasuk desain tema Shopify, peran desain UX dan UI, memungkinkan Anda bekerja dari jarak jauh.

Peran desain membutuhkan banyak pengetahuan, tetapi seperti pengembang, Anda dapat mempelajari banyak keterampilan ini dengan bantuan alat gratis. Banyak nilai ditempatkan pada situs web yang dirancang dengan baik akhir-akhir ini.

Artinya, perusahaan akan selalu membutuhkan desainer, jadi desainer bisa menjadi pilihan karir yang jelas. Jika Anda mempertimbangkan peluang jarak jauh, ini saja sudah menjadi alasan kuat untuk bekerja sebagai desainer.

4. Journalist/writer

Bekerja sebagai jurnalis di era internet tidak semudah dulu. Meski begitu, ini masih menjadi pekerjaan populer dari rumah.

Sebagian besar pekerjaan jarak jauh yang berkaitan dengan jurnalisme membutuhkan keterampilan penelitian yang sangat baik dan penulis yang berkembang dengan baik. Namun, jika Anda belum berada pada tahap tersebut, Anda juga bisa mulai menulis konten untuk berbagai jenis website online.

Dengan begitu Anda dapat meningkatkan keterampilan menulis Anda dan membangun portofolio pekerjaan Anda.

5. Career coaching

Ini adalah pekerjaan jarak jauh yang sedikit berbeda karena Anda harus bekerja untuk diri sendiri dan bukan untuk perusahaan. Tetapi jika Anda telah mencari pekerjaan jarak jauh dan sepertinya tidak ada yang tepat untuk Anda, memulai sesuatu sendiri mungkin jawabannya.

Pembinaan karir bukan untuk menjadi lemah hati. Tetapi jika Anda melakukannya dengan baik, Anda dapat menuai hasil yang besar. Pembina karier berhasil karena mereka percaya bahwa mereka dapat memberi dampak positif pada kehidupan profesional orang lain.

Memulai bisnis pembinaan karir Anda sendiri dapat membantu Anda mempelajari dan mengasah keterampilan yang belum Anda miliki.

6. Customer Service Representative

Jika Anda nyaman dengan komputer dan pandai berkomunikasi, pertimbangkan untuk bekerja sebagai perwakilan layanan pelanggan dari jarak jauh.

Tugas umum untuk peran ini mencakup menanggapi pertanyaan pelanggan dan mengarahkan orang ke dukungan tingkat tinggi atau sumber daya swadaya. Baik bisnis besar maupun kecil membutuhkan perwakilan layanan pelanggan untuk membantu pelanggan mereka.

Salah satu tip untuk menonjol adalah memberikan contoh yang menunjukkan kemampuan Anda untuk melayani pelanggan secara efektif. Anda dapat mengambil tangkapan layar obrolan dengan pelanggan yang mengubah frustrasi menjadi peluang, atau membuat demo lainnya.

7. Social Media manager

Jika Anda mencari pekerjaan pemasaran jarak jauh di mana Anda dapat memanfaatkan semua keterampilan media sosial Anda, Anda harus melihat peran manajer media sosial.

Berkomunikasi dengan tim Anda melalui obrolan atau email dan menjadwalkan posting menggunakan alat online kami memudahkan pekerjaan manajer media sosial dari rumah.

Pemahaman yang sangat baik tentang platform media sosial yang berbeda dan konten apa yang berfungsi dan tidak berfungsi adalah suatu keharusan. Namun, Anda dapat membangun keterampilan ini seiring waktu.

Mulailah dengan membantu perusahaan kecil, lalu gunakan pengalaman itu untuk bekerja dengan perusahaan besar.

8. Product manager

Ini bukan pekerjaan pemasaran semata, tetapi bekerja sebagai manajer produk membutuhkan duduk di antara tim pengembangan dan pemasaran dan mengoordinasikan mereka untuk mengumpulkan informasi yang nantinya akan diterjemahkan ke dalam fitur produk lainnya.

Jadi lebih seperti bekerja dengan departemen pemasaran daripada bekerja di dalamnya, tetapi menyenangkan dan bermanfaat setelah Anda menguasainya. Dan harga diri yang Anda dapatkan dari memimpin peluncuran produk baru tidak tertandingi oleh keuntungan bekerja sebagai pemasar jarak jauh.

9. Online marketer

Bisakah Anda menjual es ke beruang kutub? Jika Anda menjawab ya, maka mungkin peran pemasar online tepat untuk Anda.

Pemasaran online adalah istilah umum yang mencakup sejumlah teknik yang termasuk dalam payung pemasaran. Berbagai spesialisasi termasuk bekerja di Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Affiliate Marketing, Content Marketing atau Email Marketing.

Pekerjaan pemasaran jarak jauh semakin mudah, terutama karena peran pemasaran biasanya memerlukan peralatan khusus yang sangat sedikit. Karena ada begitu banyak bidang pemasaran yang berbeda, ada banyak peluang untuk mengasah keterampilan Anda di satu bidang dan mencari pekerjaan jarak jauh di bidang itu.

Daftar Isi