Cara Membaca Cepat Sebelum Pergi Tidur Malam

seputarpengetahuan.co.idMembaca Cepat – Kita semua menginginkan lebih banyak waktu dalam sehari. Tapi bagaimana kita bekerja menuju tujuan yang didambakan itu?

Beberapa dari kita menetapkan jadwal yang ketat. Sebagian dari kita mengalihdayakan pekerjaan dan tugas kita. Beberapa dari kita berusaha keras untuk mempelajari keterampilan baru yang lebih efisien. Membaca cepat adalah salah satu keterampilan tersebut.

Tentu saja, mempelajari cara meningkatkan kecepatan membaca tidak menjadikan Anda ahli pengetahuan yang maha kuasa. Tetapi itu akan menambah dorongan produktivitas pada rutinitas Anda.

Mengubah cara membaca terdengar menakutkan, tetapi ada beberapa teknik membaca cepat yang dapat mulai Anda lakukan sekarang. Anda akan melihat hasil yang terlihat pada saat Anda pergi tidur malam ini.

Aku tahu, kedengarannya seperti curang. Dengarkan aku. Ini tentang memahami bagaimana mata dan otak kita bekerja dan menggunakan beberapa peretasan sederhana untuk mendapatkan kembali kendali yang bahkan tidak kita ketahui telah hilang.

Saya mencoba taktik ini sendiri dan sangat terkejut betapa cepatnya saya bisa membaca.

Artikel ini akan menjelaskan membaca cepat dan beberapa konsep kunci. Kemudian kita akan melihat empat langkah yang dapat membantu Anda mulai membaca lebih cepat. Kami juga akan melihat beberapa kiat tambahan untuk diingat saat Anda melanjutkan perjalanan meningkatkan kecepatan membaca Anda.

Bagaimana Cara Kerja Membaca Cepat?

Saat kita membaca, ada lebih banyak hal yang terjadi dengan mata dan otak kita daripada yang kita sadari. Sederhananya, untuk membaca lebih cepat, Anda harus memiliki kontrol yang lebih baik terhadap gerakan mata dan gangguan.

Sebelum membahasnya, penting untuk memahami gerakan mata saccadic. Ini adalah saat mata melompat di antara titik fiksasi atau tempat fokus yang berbeda.

Secara umum, pembaca yang lambat memiliki banyak saku tambahan yang memperlambat pembacaan mereka. Ini bisa sadar atau bawah sadar. Artinya, terkadang Anda melakukannya dengan sengaja, terkadang itu terjadi tanpa Anda sadari.

Jika Anda belum pernah mencoba meningkatkan kecepatan membaca sebelumnya, Anda dapat menghemat banyak waktu membaca dengan menjadi lebih sadar akan saccades.

Cara Membaca Cepat dalam 4 Langkah

Sekarang untuk hal-hal yang baik. Mari kita lihat beberapa teknik membaca cepat yang dapat Anda gunakan saat ini untuk mempercepat.

Inilah yang Anda butuhkan:

  • Buku yang secara otomatis berbaring saat dibuka untuk meminimalkan gangguan. Carilah buku yang tidak memiliki banyak format khusus seperti poin-poin, bagan, atau kotak info. Buku dengan banyak teks adalah yang terbaik untuk latihan.
  • Pena atau pensil.
  • Kartu catatan kosong atau selembar kertas.
  • Kalkulator (jika Anda tidak suka melakukan perhitungan cepat di kepala Anda).
  • Timer.

Kami akan mulai menggunakan tip hebat Tim Ferriss.

1. Ukur Kecepatan Awal

Satu-satunya cara untuk mengukur kemajuan adalah dengan mendokumentasikan di mana Anda memulai. Metrik pelacakan adalah kata per menit (WPM). Berikut cara mengukur WPM.

  • Pertama, perkirakan jumlah kata pada lima halaman buku. Mulailah dari yang kecil dengan menghitung jumlah kata dalam lima baris dan jumlah baris pada satu halaman. Jika dalam 5 baris terdapat 50 kata, maka rata-ratanya adalah 50/5 = 10 kata.
  • Kemudian kalikan angka tersebut dengan jumlah baris pada halaman. Dengan 30 baris per halaman, 30 x 10 = 300 kata per halaman.
  • Sekarang atur pengatur waktu tepat 1 menit dan baca dengan kecepatan biasa. Jangan memaksakan diri untuk mencoba. Baca saja dengan kecepatan alami Anda saat Anda ingin mempertahankan semua konten.

Di akhir menit, gunakan hitungan untuk mengetahui berapa banyak kata yang Anda baca. Jika Anda membaca 30 baris, 30 x 10 = 300 WPM.

2. Gambar Margin Pada Setiap Halaman

Untuk menjadi pembaca cepat yang baik, Anda perlu memanfaatkan penglihatan tepi Anda dengan lebih baik. Penglihatan tepi adalah apa yang Anda lihat di sekitar titik fokus atau tetap. Misalnya, jika Anda melihat ke tengah layar komputer, Anda dapat mengetahui apa yang terjadi di sekitar Anda.

Semakin baik Anda menggunakan penglihatan tepi saat membaca, semakin cepat Anda membaca. Jadi saya menggambar margin vertikal di sisi kiri dan kanan setiap halaman yang secara kasar memotong masing-masing satu kata. Ini akan terlihat seperti ini:

Tujuannya adalah untuk membaca hanya hal-hal di tengah. Dengan cara ini Anda tidak perlu membuang waktu membaca setiap kata. Sebaliknya, penglihatan tepi memberikan petunjuk tentang kata-kata di luar batas.

Baca halaman 5 atau halaman 10 dengan cara ini. Jika Anda memiliki keahlian, buat margin lebih besar. Tinggalkan ruang dua kata di setiap sisi. Lalu pergi lebih tinggi. Akhirnya Anda harus bisa membaca kata-kata di sepertiga tengah halaman sambil tetap mempertahankan pemahaman yang cukup.

3. Gunakan Kartu, Pena atau Jari untuk Mempercepat dan Mengencangkan

Alat membaca cepat ini melayani dua fungsi.

  • Kurangi jumlah jangkar atau lokasi di halaman tempat mata bisa terpental.
  • Pengaturan kecepatan eksternal yang memaksa Anda untuk tetap di jalur tanpa memiliki kebebasan untuk mundur atau mundur

Untuk melakukan teknik kartu, ambil kartu kosong dan letakkan di atas baris yang sedang Anda baca. Saat Anda membaca, geser kartu ke bawah untuk menutupi baris di atas.

Ini mencegah Anda secara sadar atau tidak sadar membaca apa yang telah Anda baca. Tidak ada pilihan selain bergegas maju!

Untuk melakukan teknik jari atau pena, gunakan jari atau pena Anda untuk mengikuti garis yang sedang Anda baca (dengan tutupnya… jangan pernah menggambar di buku lagi). Gunakan kecepatan konstan.

Teknik membaca cepat ini disebut metode “tracker and pacer”. Ini memaksa Anda untuk mempertahankan kecepatan konstan sambil memberi tahu Anda di mana harus memperbaiki pandangan Anda.

Metode ini terasa seperti sihir bagi saya. Saya tidak menyadari betapa mata saya melewatkan halaman dan betapa lambatnya itu membuat saya membaca.

4. Sekarang Terlalu Cepat!

Sekarang setelah otak Anda terbiasa dengan kecepatan yang stabil dan artifisial, risiko Anda akan meningkat. Langkah selanjutnya adalah benar-benar melangkah lebih cepat ke titik di mana Anda mulai kehilangan sekitar 10% dari pemahaman Anda.

Kedengarannya berlawanan dengan intuisi, tapi ini latihan yang cerdas. Pikirkan seperti ini. Asumsikan Anda berjalan santai. Maka Anda harus berlari secepat mungkin. Ini akan terasa sangat berlebihan dan tidak nyaman.

Namun, jika Anda melambat untuk jogging, Anda akan merasa jauh lebih baik. Fakta bahwa Anda tidak lagi berlari dengan kecepatan penuh.

Membaca terlalu cepat adalah konsep yang serupa. Saat Anda mendorong melalui zona nyaman, Anda secara alami akan menambah kecepatan saat Anda kembali ke kecepatan yang lebih nyaman. Percepat pelacak atau perintis Anda (jika itu jari atau pena) sedikit untuk membaca terlalu cepat.

Lakukan ini selama 5 menit. Kemudian kembali ke kecepatan yang terasa alami bagi Anda. Atur waktu kembali ketika sudah kembali normal. Saya yakin Anda akan lebih cepat dari sebelumnya.

Daftar Isi