9 Langkah Cara Pensiun Dini yang Dapat Membantu Anda di 2023

seputarpengetahuan.co.id – Jika Anda ingin tahu cara pensiun dini, Anda tidak sendiri. Dan bagi sebagian orang, impian pensiun di umur yang terbilang masih mudah bukanlah sekedar mimpi belaka. Banyak orang menemukan cara untuk pensiun cepat dengan bantuan strategi, ketekunan, dan ketekunan yang baik.

Tetapi banyak orang tidak menabung untuk mempersiapkan rencana pensiun mereka. Faktanya, 55% orang Amerika mengatakan mereka tidak memenuhi tabungan pensiun mereka.

Jika Anda ingin tahu cara pensiun dini, artikel ini mungkin bisa membantu. Berikut adalah sembilan langkah menuju pensiun dini yang dapat membantu Anda mencapai tujuan jika Anda bekerja keras. Kami juga akan membagikan beberapa manfaat umum dari pensiun lebih awal untuk menginspirasi Anda.

Apa itu Pensiun Dini?

Selama beberapa dekade, pensiun dini berarti pensiun pada usia 60 tahun, bukan 65 tahun. Secara teknis hal ini benar, namun definisi pensiun dini telah berubah. Pensiun dini hari ini bukan lagi momen untuk berhenti dari pekerjaan selamanya. Sekarang saatnya Anda tidak lagi harus bekerja demi uang.

Dengan kata lain, pensiun dini adalah ekspresi lain dari kebebasan finansial. Beberapa orang mengambil pensiun lebih cepat di usia 30-an dan 40-an. Namun, kebanyakan orang terus bekerja dengan cara tertentu, seringkali dengan proyek yang mereka sukai atau sekadar melakukan hal yang mereka sukai.

Perbedaannya adalah: Orang-orang ini bekerja karena mereka ingin, bukan karena mereka harus.

Perlu diingat bahwa pekerjaan dapat memberi kita tujuan, makna, dan rasa kepuasan. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang pensiun lebih awal dan tidak pernah bekerja mungkin meninggal lebih cepat daripada mereka yang terus bekerja.

Jadi bagi banyak orang, tujuannya bukan untuk berhenti bekerja sama sekali. Sebaliknya, itu harus bebas – bebas untuk memilih. Lakukan apa yang ingin Anda lakukan ketika Anda ingin melakukannya. Kedengarannya bagus, bukan? Semakin membaik.

9 Manfaat Pensiun Dini

Pensiun dini memang tidak mudah. Butuh kerja keras, fokus, dan dedikasi yang konsisten selama bertahun-tahun. Jadi, penting untuk mengawasi hadiah dan tetap termotivasi. Berikut adalah sembilan manfaat yang perlu diingat saat Anda merencanakan pensiun dini.

  1. Benci pekerjaan Anda, rekan kerja atau bos? Anda tidak perlu melakukan apa pun yang Anda benci lagi.
  2. Apakah Anda ingin berkeliling dunia? Liburan tidak terbatas pada dua minggu per tahun.
  3. Apakah Anda selalu ingin memulai bisnis atau karir baru? Kamu bisa!
  4. Apakah Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga? Anda dapat memiliki waktu yang Anda inginkan.
  5. Apakah Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk hobi dan minat Anda? Akan ada banyak peluang.
  6. Pernahkah Anda ingin mempelajari keterampilan, instrumen, atau bahasa baru? Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca dan belajar.
  7. Apakah Anda ingin menjauh dari keramaian dan hiruk pikuk? Hari kerja di sebagian besar kota relatif sepi dan tenang karena kebanyakan orang sedang bekerja.
  8. Apakah Anda berharap Anda tidak harus menghabiskan sepanjang hari duduk di meja Anda? Anda dapat memprioritaskan kesehatan Anda dan menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan.
  9. Tahukah Anda bahwa Anda hanya memiliki satu kehidupan? Anda bebas menghabiskan sisa hidup Anda untuk hal-hal yang paling Anda hargai.

Rencana Pensiun Dini 2023

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara pensiun dini, ada banyak hal yang harus dipikirkan. Berikut adalah sembilan langkah menuju pensiun dini untuk membantu Anda menyusun strategi.

Tentukan Gaya Hidup yang Diinginkan Setelah Pensiun

Sebelum Anda mulai merencanakan pensiun dini, Anda perlu tujuan untuk ditargetkan. Jadi luangkan waktu untuk memutuskan gaya hidup seperti apa yang Anda inginkan saat pensiun dini.

Setelah Anda menentukan jenis gaya hidup yang Anda inginkan, Anda dapat memutuskan berapa banyak yang Anda perlukan untuk pensiun dini. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang membantu:

  • Di mana Anda ingin tinggal Apakah Anda ingin pindah lebih dekat dengan keluarga Anda? Apakah Anda menganggap tinggal di tempat yang lebih murah?
  • Apakah kamu ingin bepergian Jika demikian, seberapa sering dan ke mana Anda ingin pergi?
  • Seperti apa kehidupan sehari-hari Anda? Biaya apa yang terlibat? Misalnya, biaya olahraga atau biaya perjalanan.
  • Apakah Anda masih bekerja dengan cara tertentu untuk menghasilkan pendapatan tambahan? Anda mungkin ingin memulai bisnis kecil atau bekerja paruh waktu di pekerjaan yang Anda sukai.
  • Hobi dan minat apa yang ingin Anda kejar? Misalnya, memiliki perahu layar jauh lebih mahal daripada berjalan di alam.

Buat Anggaran Pensiun Tiruan

Saat Anda sudah jelas tentang gaya hidup yang Anda inginkan saat pensiun dini, Anda perlu menentukan berapa pengeluaran Anda nantinya. Jadi, ambil pulpen dan kertas (atau spreadsheet jika Anda mau) dan buat anggaran tiruan bulanan. Pertimbangkan hal berikut:

  • Kegunaan
  • Pertanggungan
  • Perawatan medis
  • Makanan
  • Internet
  • Telepon selular
  • Mobil
  • Gas
  • Pakaian
  • Permainan
  • Perbaikan rumah dan mobil
  • Hadiah
  • Sumbangan
  • Hobi
  • Bepergian

Evaluasi Situasi Keuangan Anda Saat Ini

Langkah selanjutnya dalam merencanakan pensiun Anda adalah mencari tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan. Untuk melakukan ini, evaluasi situasi keuangan Anda saat ini. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang membantu.

  • Berapa pendapatan rumah tangga Anda saat ini?
  • Berapa banyak yang Anda habiskan untuk biaya hidup setiap bulan?
  • Sebanyak apa uang yang Anda tabung dan investasikan setiap bulan?

(Jika Anda belum menabung atau berinvestasi, jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk memulai!) Setelah Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, saatnya menghitung.

Perhitungan Nomor Pensiun

Sekarang lihat angkanya dan cari tahu berapa banyak yang perlu Anda tabung setiap tahun untuk pensiun dini.  Beberapa alat lebih komprehensif daripada yang lain. Jika Anda sudah menabung untuk pensiun dini, gunakan alat kami untuk memasukkan detail spesifik tentang tabungan dan investasi Anda.

Potong Pengeluaran Anda

Setelah Anda tahu berapa banyak yang harus Anda tabung setiap tahun untuk pensiun dini, Anda mungkin ingin mengurangi pengeluaran Anda.

Sekarang Anda dapat menyimpan uang paling banyak di mana Anda menghabiskan paling banyak. Jadi, sebelum Anda menghemat kopi pagi Anda, potong dulu pengeluaran terbesar Anda.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, rata-rata keluarga Amerika menghabiskan lebih dari 70% pendapatan mereka untuk perumahan, transportasi, dan makanan. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menghemat uang untuk perumahan, transportasi, makanan, atau menghasilkan uang.

  • Kurangi ukuran dengan properti yang lebih kecil.
  • Pindah ke Area yang Terjangkau – Hemat biaya perumahan dan perjalanan.
  • Anda dapat membeli atau menyewa properti dengan 2-4 kamar tidur dan menyewa kamar ekstra untuk mengimbangi atau menutupi atau menghasilkan uang di rumah Anda. (Pastikan untuk memeriksa undang-undang setempat.)
  • Alih-alih membeli mobil baru secara kredit, belilah mobil bekas dengan uang tunai. Anda tidak hanya dapat menghemat uang untuk pembelian Anda, tetapi Anda juga dapat menghindari pembayaran dan bunga bulanan.
  • Kurangi makan di luar dan manfaatkan sebagian besar makanan Anda di rumah.
  • Beli makanan dalam jumlah banyak.

Lunasi Hutang Anda

Hutang adalah salah satu kendala terbesar untuk pensiun dini. Jadi cobalah untuk keluar dari hutang sesegera mungkin. Ada dua cara utama untuk melunasi hutang Anda.

1. Metode bola salju utang

Berikut cara kerja metode bola salju utang: Lakukan pembayaran minimum untuk semua hutang dan fokus untuk melunasi hutang terkecil terlebih dahulu, berapa pun tingkat bunganya.

Dengan cara ini Anda dapat mencapai kemenangan cepat dengan lebih mudah dan merasa seperti Anda membayar hutang Anda. Pakar keuangan pribadi Dave Ramsey berkata: Sangat memotivasi!”

2. Metode longsoran utang

Berikut cara kerja metode longsoran utang: Kami fokus untuk melakukan pembayaran minimum atas semua hutang kami dan melunasinya dengan tingkat bunga tertinggi. Metode ini memiliki keuntungan finansial yang signifikan karena mengurangi jumlah yang akan Anda bayarkan secara keseluruhan.

Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Jika Anda ingin pensiun dini, Anda perlu menabung. Anda mungkin perlu meningkatkan penghasilan Anda untuk melakukan ini secara efektif. Mari kita lihat lebih dekat dua cara untuk melakukan ini.

1. Mulailah Kerjaan Sampingan

Ciptakan sumber penghasilan baru dengan pekerjaan sampingan dengan memulai bisnis online atau bergabung dengan gig economy.

Anda dapat memotong rumput, mengendarai Uber, atau memulai bisnis dropshipping. Apa pun yang Anda lakukan, memiliki pekerjaan sampingan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk pensiun dini.

2. Optimalkan Pekerjaan Harian Anda

Pertimbangkan untuk menegosiasikan kenaikan gaji dan manfaatkan sebagian besar tunjangan karyawan Anda. Anda juga dapat meminta untuk bekerja dari rumah, sehingga Anda memiliki kontrol lebih atas waktu Anda bekerja sebagai pekerjaan sampingan.

Menginvestasikan Uang

Menabung uang untuk masa pensiun adalah tempat yang baik untuk memulai, tetapi sebagian besar rekening tabungan memiliki suku bunga rendah. Ada sedikit risiko kehilangan tabungan Anda, tetapi Anda juga tidak akan mendapatkan penghasilan darinya.

Banyak orang pensiun dini karena strategi investasi mereka. OK, tapi apa sebenarnya investasi itu? Berinvestasi adalah tindakan menginvestasikan uang dalam suatu usaha dengan harapan menerima penghasilan tambahan dari uang itu.

Ada berbagai jenis investasi, beberapa di antaranya lebih berisiko daripada yang lain. Tetap saja, semakin banyak uang yang bisa Anda hemat, semakin cepat Anda bisa pensiun.

Lacak Kemajuan dan Asah Strategi Anda

Perencanaan pensiun dini bukanlah mengatur dan melupakan pengalaman. Banyak yang bisa berubah dan Anda perlu melacak kemajuan Anda dan mengasah strategi pensiun dini Anda. Untuk melacak keuangan Anda, gunakan aplikasi pengatur anggaran keuangan.

Anda mungkin perlu menyesuaikan rencana pensiun dini Anda. Jika Anda ingin pensiun lebih cepat, Anda dapat memutuskan untuk menurunkan anggaran gaya hidup pensiun Anda. Dalam hal ini, Anda mungkin tidak memiliki banyak uang saat pensiun, tetapi Anda bisa pensiun lebih cepat.

Di sisi lain, Anda mungkin memutuskan untuk pensiun lebih lambat dari yang Anda harapkan. Anda harus bekerja lebih lama, tetapi Anda akan memiliki lebih banyak uang jika Anda pensiun dini.

9 Langkah Menuju Pensiun Dini

Mencari tahu bagaimana pensiun dini bisa jadi sulit dan menakutkan. Penting untuk mengembangkan strategi pensiun dini dan mengambil langkah demi langkah. Singkatnya, berikut adalah sembilan langkah menuju pensiun dini yang dapat membantu memandu usaha Anda.

  1. Putuskan gaya hidup seperti apa yang Anda inginkan saat pensiun dini.
  2. Rencanakan pengeluaran Anda dengan membuat anggaran pensiun yang disimulasikan.
  3. Evaluasi situasi keuangan Anda saat ini.
  4. Cari tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk ditabung dan/atau diinvestasikan untuk pensiun dini.
  5. Potong biaya dan temukan cara untuk memangkas biaya.
  6. Lunasi hutang Anda menggunakan metode bola salju atau longsoran salju.
  7. Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang sebagai usaha sampingan atau dengan mengoptimalkan pekerjaan Anda saat ini.
  8. Investasikan uang Anda untuk menghasilkan uang darinya.
  9. Lacak kemajuan Anda dan asah strategi Anda saat Anda semakin dekat dengan tujuan Anda.

Akhirnya, ingatlah bahwa uang bukanlah tujuan, waktu dan kebebasan. Uang hanyalah alat untuk menciptakan lebih banyak waktu dan kebebasan dalam hidup Anda.

Daftar Isi