Cara Menjelajah Dunia sebagai Digital Nomad tanpa Penyesalan

seputarpengetahuan.co.id – Apakah Anda selalu ingin berkeliling dunia, mengalami budaya yang berbeda, dan menjelajahi hal yang tidak diketahui? Jika demikian, Anda mungkin tertarik untuk menjadi Digital Nomad.

Sebagai Digital Nomad, Anda dapat bekerja di mana saja di dunia selama Anda memiliki koneksi Wi-Fi. Untungnya, semakin banyak digital nomad jobs bermunculan, memungkinkan lebih banyak orang untuk bekerja di luar negeri dan menemukan apa sebenarnya kehidupan itu.

Jika Anda adalah seseorang yang ingin hidup bebas dan berpetualang, artikel ini akan membantu Anda berkeliling dunia sebagai digital nomad dan tidak menyesalinya.

Apa itu Digital Nomad?

Digital Nomad adalah seseorang yang berkeliling dunia dan bekerja online. Kebanyakan orang menganggap Digital Nomad sebagai individu yang bekerja dengan laptop di pantai, tetapi itu tidak sepenuhnya akurat. Pertama-tama, matahari dapat mempersulit tampilan layar.

Menjadi pengembara digital adalah tentang menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang sempurna. Bagian dari hidup adalah menambahkan lebih banyak petualangan, kesenangan, kegembiraan, dan pemenuhan ke dalam rutinitas harian Anda.

Pengembara digital dapat melakukannya dengan menjelajahi negara baru, mengalami budaya baru, dan bertemu orang-orang unik dari seluruh dunia. Dan bagian kerjanya? Ini melibatkan bekerja online untuk mendapatkan penghasilan pasif untuk terus mengalami kegembiraan eksplorasi dan petualangan.

Cara Menjadi Digital Nomad

Banyak orang mencari-cari jawaban sempurna untuk menjadi pengembara digital. Di permukaan, ini mungkin terdengar seperti pengalaman yang mengasyikkan tetapi menakutkan, tetapi dengan alat yang tepat dan pola pikir yang tepat, Anda dapat membuatnya berhasil.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memulai perjalanan Anda sebagai pengembara digital dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

1. Bersiaplah untuk Melarikan Diri

Banyak orang membenci pekerjaan mereka. Namun seringkali ketika kita mendengar tentang pengembara digital, kita menyadari bahwa mereka tidak membenci pekerjaan mereka. Mereka benar-benar membenci pekerjaan mereka.

Ini hanyalah beberapa cara yang dirasakan oleh pengembara digital yang hampir melakukan lompatan. Kebutuhan ekstrem untuk melakukan perubahan drastis dalam hidup mereka akhirnya membawa mereka ke gaya hidup nomaden.

Mereka mendambakan kebebasan. Ini membantu memotivasi mereka untuk melakukan apa pun untuk berhasil. Keputusasaanlah yang mendorong mereka semua masuk.

Tanpa keputusasaan ini, Anda mungkin tidak siap untuk sukses. Kebutuhan mendesak untuk melepaskan kehidupan masa lalu Anda juga akan membantu memotivasi Anda menghadapi tantangan yang akan Anda hadapi sebagai pengembara digital.

2. Mempersiapkan Kehidupan Nomaden

Sebelum Anda keluar dari pekerjaan 9 sampai 5 dan mengepak tas Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda dapat melakukan ini. Kehidupan nomaden dalam lamunan sangat cocok untuk Anda. Itu semua sinar matahari dan pelangi.

Namun, semua pengembara digital pada akhirnya menghadapi kejenuhan dan kesepian dari gaya hidup pengembara mereka. Menjadi pengembara digital berarti menjalani hidup Anda dengan sangat berbeda. Namun, itu bukan obat untuk semua masalah.

Akan ada saat-saat yang mengejutkan, tetapi juga akan ada saat-saat yang tidak menyenangkan. Semua adalah bagian dari paket pengembara digital. Langkah pertama dalam mempersiapkan kehidupan nomaden adalah mulai menghasilkan pendapatan sampingan.

Kebanyakan digital nomaden lebih memilih pendapatan pasif seperti dropshipping atau menjual produk informasi. Namun, ada juga digital nomaden yang bekerja sebagai remote freelancer.

Anda juga dapat menemukan pekerjaan secara online dengan mencari lokasi yang memungkinkan Anda bekerja dari rumah atau bekerja dari jarak jauh. Merupakan ide yang bagus untuk menghemat pengeluaran dasar minimum untuk keadaan darurat. Biayanya tergantung pada negara tempat Anda akan tinggal.

Langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba. Ambil liburan 1-2 minggu dari jam 9 sampai jam 5. Selama liburan ini, Anda harus melakukan perjalanan ke tempat baru. Namun, tidak seperti liburan biasa, saya harus bekerja pada liburan ini.

Sudahkah Anda mampu meningkatkan produktivitas selama berada di luar negeri? Apakah Anda menghasilkan cukup uang dari proyek online Anda untuk membayar tagihan Anda? Memiliki masalah?

Misalnya, beberapa pengembara digital mengalami masalah saat memproses pembayaran kartu kredit di negara-negara di mana kartu kredit tidak terdaftar. Dengan kata lain, jika Anda memiliki kartu kredit AS tetapi memproses kartu tersebut di Indonesia, hal itu dapat ditandai sebagai penipuan.

Akibatnya, kami mungkin tidak dapat memproses pembayaran Anda. Atasi hal-hal ini bahkan sebelum Anda berpikir untuk menjadi pengembara digital.

3. Penilaian – ​​Apakah Digital Nomad Tepat untuk Anda?

Tujuan dari test drive adalah untuk membantu Anda mengetahui apakah gaya hidup nomaden tepat untuk Anda. Ini juga membantu memperjelas apakah Anda ingin menjadi pengembara digital atau sudah waktunya mencari pekerjaan baru.

Bagaimana perasaan Anda setelah bekerja sebagai pengembara digital selama beberapa minggu? apakah kamu ingin melakukannya lagi? Apakah ada sesuatu yang ingin Anda persiapkan dengan baik terlebih dahulu? Atau apakah Anda merasa itu bukan untuk Anda?

Perlu diingat bahwa test drive tidak selalu memberikan gambaran yang akurat. Akan ada realisasi luar biasa yang tidak dapat dicapai dalam dua minggu. Namun, juga akan ada beberapa kendala yang mengganggu yang muncul dalam jangka panjang.

9 Tips Digital Nomad yang Ingin Keliling Dunia

Berikut akan kami bagikan tips yang akan membantu Anda sebagai digital nomad. Tips ini kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya dan berpengalaman,

1. Mulailah dengan Liburan Singkat

Saat berlatih dengan liburan singkat, fokusnya harus pada kegiatan produktif di luar negeri daripada liburan. Uji coba dimaksudkan untuk membantu Anda memahami apakah Anda termotivasi untuk bekerja sebagai pengembara digital. Pengembara digital bukanlah pelancong penuh waktu. Dia adalah seorang musafir paruh waktu dan pekerja paruh waktu.

2. Mengamankan sSumber Pendapatan Tetap

Kami telah menulis artikel tentang ide monetisasi yang dapat membantu Anda membangun aliran pendapatan. Anda juga dapat menemukan pekerjaan pengembara digital di situs web lepas. Ada dua cara utama untuk menghasilkan uang: pasif dan aktif.

Penghasilan pasif akan menjadi bisnis dropshipping yang hanya membutuhkan beberapa jam kerja per hari. Di sinilah Anda secara aktif menukar waktu Anda dengan uang, seperti menulis lepas. Pada akhirnya, berapa banyak pekerjaan yang ingin Anda lakukan terserah Anda.

Ketika Anda mengalami masalah uang, biasanya mudah untuk menemukan pekerjaan pengembara digital seperti menulis lepas dalam keadaan darurat.

3. Konsolidasi Keuangan + Asuransi

Salah satu kesalahan terbesar yang saya buat saat pertama kali menjadi pengusaha adalah terkait uang. Dalam Tips Memulai Bisnis Ecommerce Tanpa Bangkrut, saya membagikan beberapa pelajaran yang saya pelajari dari membuat kesalahan finansial yang buruk.

Anda mungkin ingin memeriksa sebelum membuat kesalahan yang sama seperti saya. Anda juga ingin memastikan bahwa Anda mengetahui undang-undang tentang pajak untuk melakukan bisnis di luar negeri.

Merupakan ide bagus juga untuk mendapatkan asuransi untuk bisnis Anda dan diri Anda sendiri saat bekerja di luar negeri. Sebelum Anda melompat, pastikan utang Anda terbatas dan Anda memiliki penghasilan tetap.

4. Hidup tanpa Koper

Sebagian besar pengembara digital mempraktikkan minimalis. Saat bepergian keliling dunia, sebagian besar pengembara digital hanya membawa barang-barang penting, karena membawa semua barang Anda bisa jadi mahal. Berlatih hidup tanpa koper di rumah. Masukkan semua yang ingin Anda bawa ke dalam koper.

Setidaknya selama dua bulan, gunakan hanya barang-barang di dalam koper Anda. Apakah Anda bisa? Banyak Digital Nomad merasa bosan hidup di luar koper mereka. Seiring waktu, mereka mulai merindukan pakaian dan produk tertentu yang mereka miliki sebelum pergi.

5. Bergabunglah dengan Grup Sosial

Pengembara digital sering mengalami kesepian. Bergabunglah dengan grup Facebook Digital Nomads, pertemuan, dan ruang kerja bersama untuk mengatasi masalah ini. Anda juga bisa bergabung dengan grup pengembara digital di daerah Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang gaya hidup pengembara dari pengembara digital di komunitas Anda.

6. Terjebak di Satu Tempat Selama Berbulan-bulan

Bagian paling melelahkan dari kehidupan nomaden adalah perjalanan yang konstan. Sebagian besar pengembara digital lebih suka tinggal di satu tempat pada satu waktu. Jika Anda berlari untuk pertama kali, Anda mungkin memilih untuk tinggal di suatu tempat selama sebulan untuk melihat apakah Anda menyukai daerah tersebut.

Ini juga memberi Anda waktu untuk mempelajari area tersebut dan memutuskan apakah Anda ingin mempertahankan gaya hidup nomaden. Ini adalah transisi termudah karena Anda terbiasa menetap di satu tempat. Dan itu membantu memberi Anda perubahan pemandangan.

7. Buat Jadwal

Selama hidup nomaden Anda, Anda perlu mencari waktu untuk memulai usaha sampingan yang sukses. Keramaian sampingan membantu Anda bepergian lebih lama dan mencoret barang-barang dari daftar keinginan Anda.  Anda juga ingin membuat jadwal untuk diri sendiri.

Apakah Anda orang pagi atau burung hantu malam? Bagaimana Anda ingin menyeimbangkan pekerjaan dan perjalanan? Beberapa pengembara digital bekerja 2 minggu dan libur 2 minggu. Pengembara digital lainnya bekerja berjam-jam setiap hari.

Beberapa memperlakukannya seperti pekerjaan 9-ke-5 di negara asing di mana mereka kebanyakan menikmati malam dan akhir pekan. Anda perlu menemukan jadwal yang paling sesuai untuk Anda. Jika Anda kekurangan dana, Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk mencari pekerjaan pengembara digital.

8. Dapatkan Keterampilan Bisnis yang Diperlukan

Menjalankan bisnis di luar negeri membutuhkan beberapa keterampilan. Sebagai digital nomaden, ini artinya kamu harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Anda perlu tahu cara menghasilkan uang secara online.

Promosi diri mungkin merupakan salah satu keterampilan terpenting saat bekerja sebagai pekerja lepas. Namun, keterampilan bisnis secara keseluruhan adalah suatu keharusan bagi pengembara digital. Apakah Anda memiliki keterampilan untuk menjadi afiliasi perangkat lunak? Sebagai pengembara teknologi, Anda membutuhkan keterampilan untuk berhasil.

9. Ikuti Arus

Rintangan akan datang sepanjang perjalanan Anda sebagai pengembara digital. Jangan takut gagal. Kami memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi sukses sebagai pengembara digital. Anda masih memiliki kesempatan untuk menjalani kehidupan nomaden jika Anda menyadari bahwa itu tidak tepat untuk Anda.

Saya punya cerita lucu untuk diceritakan kepada orang-orang. Anda dapat membantu atau menginspirasi orang lain dengan membagikan tantangan yang Anda hadapi selama ini. Pelajari cara untuk menang saat melewati beberapa hari yang sulit. Anda cukup kuat untuk menangani segala rintangan yang Anda hadapi.

Daftar Isi