Cara Menggunakan Google Calendar untuk Keseharian 2023

seputarpengetahuan.co.id –¬†Google Calendar bahkan dapat mengubah yang paling tidak teratur menjadi yang paling efisien. Dari menjadwalkan janji temu hingga menghubungkan orang-orang di seluruh dunia, kalender ini tidak hanya memberi tahu Anda hari apa sekarang.

Anda dapat menggunakan tautan video untuk menjadwalkan telekonferensi, mengoordinasikan beberapa kalender untuk menemukan waktu terbaik, dan menyematkannya di situs web Anda sehingga klien dapat memesan waktu.

Jika Anda ingin mempelajari cara menggunakan Google Calendar untuk memaksimalkan hari Anda, tips dan trik dalam artikel ini akan memberi Anda dorongan untuk hari Anda.

Apa itu Google Calendar?

Kalender Google adalah alat manajemen waktu dan penjadwalan yang dibuat oleh Google. Anda dapat membuat janji temu, mengatur tugas harian, dan lainnya.

Alat manajemen waktu adalah yang terbaik untuk orang yang perlu menyederhanakan dan merencanakan jadwal sibuk mereka. Anda dapat menjadwalkan panggilan Google Hangouts dengan mengklik tombol sambil menjadwalkan telekonferensi.

Kalender pribadi saya digunakan untuk mengoordinasikan rapat dengan vendor saat ini dan menyorot jadwal pembayaran untuk pernikahan yang akan datang. Jadi, Anda pasti dapat menggunakannya untuk merencanakan item yang tidak terkait dengan pekerjaan juga.

8 Cara Menggunakan Google Calendar

Berikut adalah beberapa cara menggunakan Google Calendar yang akan sangat berguna untuk memaksimalkan keseharian Anda di tahun ini dan tahun-tahun setelahnya.

Sinkronkan Google Calendar

Ingin menyinkronkan semua kalender Anda di Kalender Google? Dengan cara ini Anda dapat melihat semua acara Anda dalam satu kalender sehingga Anda memiliki gambaran yang jelas tentang jadwal Anda. Jadi, jika Anda memiliki kalender pribadi dan kalender kerja, Anda dapat menyinkronkan kedua kalender tersebut dan melihatnya sekaligus.

  1. Buka Google Kalender
  2. Klik roda gigi “Menu Pengaturan”, lalu klik “Pengaturan”.
  3. Gulir ke bawah ke “Impor dan Ekspor”
  4. Ekspor kalender
  5. Lalu buka kalender utama Anda.
  6. Klik roda gigi “Menu Pengaturan”, lalu klik “Pengaturan”.
  7. Gulir ke bawah ke “Impor dan Ekspor”
  8. Impor kalender

Cara Melihat Jadwal Rekan Kerja

Jika Anda bekerja untuk perusahaan menengah atau besar, Anda mungkin mengadakan pertemuan dengan beberapa orang secara teratur. Jadi, penting untuk dapat melihat kalender Google rekan kerja Anda dan menjadwalkan rapat pada saat semua orang yang terlibat dapat berpartisipasi.

  1. Buka Google Kalender
  2. Di sebelah kiri, di bawah ‘Tambahkan ke Kalender’, masukkan email kolega Anda.
  3. Anda harus meminta izin untuk melihat kalender. Namun, setelah diterima, Anda dapat melihat kalender rekan kerja Anda.

Buat Tautan Google Hangouts untuk Telekonferensi

Menjadwalkan rapat di kalender Anda adalah penyelamat. Tapi tahukah Anda bahwa Anda dapat dengan mudah membuat tautan Google Hangouts untuk rapat virtual? Menambahkan tautan Google Hangouts memudahkan undangan rapat menemukan tautan acara di kalender mereka.

Ini menghemat waktu dan menghilangkan kebutuhan untuk mengirim tautan konferensi video langsung. Untuk membuat tautan Google Hangouts di Kalender Google, Anda harus terlebih dahulu:

  1. Masuk ke kalender
  2. Buat acara dan klik “Opsi lainnya”.
  3. Di bagian “Tambahkan rapat”, klik “Hangouts”.
  4. Selesaikan dan simpan detail acara yang tersisa.

Ubah Tampilan Google Calendar – Hari, Minggu, Bulan, Tahun

Jika kalender Anda penuh dengan acara, mengubah tampilan dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang apa yang ada di toko. Jika Anda sibuk setiap hari, Tampilan Harian dapat membantu Anda berfokus pada semua rapat untuk hari itu.

Namun, jika Anda hanya mengadakan acara sesekali, tampilan bulanan mungkin lebih membantu. Anda dapat mengubah tampilan dengan:

  1. Buka Google Kalender
  2. Klik tarik-turun (Hari, Minggu, Bulan, dll.) di sebelah roda gigi menu Pengaturan.
  3. Pilih pengaturan yang Anda inginkan untuk melihat kalender Anda.
  4. Anda juga dapat memilih untuk menampilkan akhir pekan atau tidak.

Setel Pemberitahuan Otomatis untuk Acara

Jika Anda menjadwalkan acara beberapa bulan sebelumnya, ada baiknya menyetel pengingat sebelum acara dimulai. Pengingat dapat membantu jika Anda perlu menyelesaikan pekerjaan sebelum acara. Untuk menyiapkan pengingat otomatis untuk acara di Kalender Google, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gabung
  2. Klik roda gigi “Menu Pengaturan”, lalu klik Pengaturan.
  3. Gulir ke bawah ke “Siapkan kalender saya” dan klik Kalender.
  4. Gulir ke bawah ke ‘Pemberitahuan acara’.
  5. Pilih berapa banyak pengingat yang Anda perlukan sebelum acara: menit, jam, hari, minggu
  6. Pilih apakah akan menerima notifikasi atau email.
  7. Klik “Tambahkan Pengingat”.

Seret dan Lepas Acara Multi-hari

Berencana kabur dari kantor untuk liburan selama seminggu? Atau apakah Anda akan menghadiri konferensi empat hari? Seret dan lepas tanggal acara dengan mudah untuk membuat acara kalender dengan cepat yang akan menghemat waktu Anda.

  1. Masuk ke Google Kalender
  2. Gunakan mouse atau kursor untuk menggeser tanggal yang ingin Anda tambahkan acara.
  3. Munculan akan muncul memungkinkan Anda untuk memasukkan detail acara.

Buat Acara Otomatis di Gmail

Sudahkah Anda memesan penerbangan untuk liburan mendatang? Mungkin reservasi makan malam untuk kalian berdua sepulang kerja? Atau apakah Anda memiliki jadwal pertemuan dengan vendor untuk acara khusus?

Acara akan ditambahkan secara otomatis ke kalender Anda saat Anda menerima email tentang acara tersebut ke akun Gmail Anda. Jadi tidak ada langkah-langkah yang harus diikuti untuk trik ini, tetapi kami sarankan untuk mengirimkan email Anda ke akun yang sama dengan kalender harian Anda sehingga Anda dapat melihat semua acara mendatang yang telah Anda pesan melalui email.

Tambahkan Acara Facebook ke Google Calendar

Alat manajemen waktu ini tidak selalu tentang penjadwalan pekerjaan. Anda juga dapat menambahkan jadwal pribadi. Dari merayakan ulang tahun teman hingga merayakan hari jadi, Anda dapat menambahkan acara Facebook ke Kalender Google Anda. Begini caranya.

  1. Buka halaman acara di Facebook.
  2. Anda akan melihat tautan “Acara Mendatang” dan “Ulang Tahun” di pojok kanan bawah.
  3. Klik pada file yang ingin Anda impor dan unduhan file akan muncul.
  4. Di Google Kalender, buka kalender Anda dan klik ‘Pengaturan & Berbagi’.
  5. Seret dan lepas file dari “Impor & Ekspor” dan klik “Impor”.

Daftar Isi