SEO Marketing: Penjelasan Penting dan Jenis-jenisnya

seputarpengetahuan.co.idSEO Marketing – Di era digital saat ini, mesin pencari seperti Google telah menjadi sumber informasi yang dicari banyak orang. Baik mencari restoran lokal atau meneliti produk baru, orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

Akibatnya, bisnis telah menyadari pentingnya tampil di bagian atas hasil mesin pencari, dan di sinilah pemasaran Search Engine Optimization (SEO) berperan.

Apa itu SEO Marketing?

SEO Marketing adalah komponen penting dari pemasaran digital yang membantu bisnis meningkatkan visibilitas situs web mereka di hasil mesin pencari. Ini dicapai dengan mengoptimalkan halaman web agar lebih mudah dipahami dan dievaluasi oleh mesin pencari seperti Google.

Ini akan meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian, sehingga calon pelanggan akan lebih mungkin menemukan Anda saat mencari istilah terkait.

Mengapa SEO Marketing Penting?

Mendapatkan calon pelanggan untuk menemukan produk atau konten Anda sangat penting untuk menjalankan situs web yang sukses. Statistik menunjukkan bahwa 49% pembeli menggunakan Google Penelusuran untuk mencari atau menemukan barang baru.

Jadi, penting untuk memprioritaskan visibilitas situs Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Meskipun situs web Anda terlihat bagus, peringkat pencarian yang rendah dapat menyulitkan pengunjung untuk menemukan Anda.

Mengikuti strategi SEO yang solid dapat meningkatkan visibilitas Anda dan menarik lebih banyak lalu lintas bertarget, yang pada akhirnya meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan Anda.

Jenis SEO Marketing

SEO Marketing biasanya terdiri dari tiga kegiatan:

SEO On-page

SEO On-page berurusan dengan pengoptimalan konten seperti teks, gambar, dan video untuk membantu pengunjung dan mesin pencari memahami apa artinya. Google dan mesin pencari lainnya menganalisis faktor SEO on-page tertentu untuk menentukan kualitas konten dan peringkat situs web di SERP.

Contoh elemen SEO on-page yang penting adalah informasi meta, URL slug halaman web, gambar, topik, dan relevansi kata kunci.

SEO Off-page

Pemasaran SEO melibatkan lebih dari sekadar mengoptimalkan konten situs web Anda. Komponen penting lainnya untuk difokuskan adalah SEO off-page, yang melibatkan pembuatan backlink ke situs web lain yang mengarah ke situs Anda.

Dengan mendapatkan backlink yang lebih relevan dan berkualitas tinggi, Anda dapat meningkatkan otoritas domain situs web Anda dan menunjukkan kepada mesin telusur bahwa situs Anda bereputasi baik dan dapat dipercaya.

SEO Teknikal

SEO Teknis melibatkan perubahan backend situs web Anda untuk meningkatkan kinerja pencarian. Jenis SEO  ini bertujuan untuk mempercepat situs Anda dan mengoptimalkan halaman web Anda untuk pengguna seluler. Secara keseluruhan, ini membantu perayap mesin telusur mengindeks situs Anda dengan lebih baik.

Empat Taktik Pemasaran SEO

Apakah Anda siap untuk naik lebih tinggi dalam hasil pencarian? Setelah Anda memahami apa itu pemasaran SEO, saatnya untuk melihat beberapa taktik utama.

1. Riset Kata Kunci

Riset kata kunci menentukan nada untuk upaya pemasaran SEO Anda. Anda ingin mencari dan menargetkan kata kunci yang digunakan oleh audiens target Anda. Tidak peduli seberapa bagus produk di toko Anda, jika Anda tidak menargetkan kata kunci pencarian yang tepat, pelanggan mungkin tidak menemukannya secara online.

Anda dapat menggunakan alat penelitian kata kunci seperti Ahrefs atau Kata Kunci Di Mana Saja untuk menghasilkan gagasan kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda.

Idealnya, Anda harus memilih kata kunci yang memiliki volume yang cukup untuk mengarahkan lalu lintas yang signifikan, namun tidak begitu kompetitif untuk bersaing dengan perusahaan seperti Amazon. Buat daftar kata kunci yang relevan, lalu persempit daftar tersebut ke hal yang masuk akal untuk situs Anda.

2. Analisis Persaingan

Mengetahui kata kunci mana yang ditargetkan hanyalah setengah dari pertempuran jika Anda ingin meningkatkan visibilitas Anda di mesin pencari. Langkah penting berikutnya adalah memahami strategi SEO pesaing Anda dan menemukan cara untuk mengalahkan mereka.

Untuk memulai, Anda dapat mengidentifikasi halaman berkinerja terbaik pesaing Anda dan meneliti sumber lalu lintas organik. Alat penelitian kata kunci yang sama berguna untuk analisis persaingan. Wawasan tentang taktik konten Anda dapat membantu Anda membuat pendekatan SEO yang lebih efektif yang dapat membantu situs web Anda menonjol dari algoritme mesin telusur.

Misalnya, jika pesaing Anda menghasilkan lalu lintas yang signifikan melalui postingan blog pendidikan atau TikTok, Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menginformasikan strategi konten Anda saat membangun kehadiran online Anda.

3. Pengoptimalan Gambar

Anda dapat fokus terutama pada konten tertulis situs Anda, tetapi mesin telusur juga akan merayapi dan memberi peringkat pada gambar Anda. Jika Anda tidak ingin melewatkan lalu lintas yang dihasilkan oleh pencarian gambar, optimalkan gambar Anda dengan memasukkan kata kunci ke dalam nama file dan atribut alt.

Juga, gunakan format dan ukuran file yang optimal untuk gambar Anda. Gambar besar dapat memiliki waktu pemuatan yang lama, yang dapat memengaruhi pengalaman pengunjung situs Anda. Agar situs web Anda memuat lebih cepat bagi pengguna dan mesin telusur, gunakan plugin atau aplikasi yang mengompres gambar situs Anda secara otomatis.

4. Membangun Tautan

Pembuatan tautan dapat memanfaatkan kekuatan situs web lain untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Untuk menghasilkan tautan ke situs Anda, mulailah dengan membangun keberadaan Anda di platform media sosial dan direktori bisnis lokal. Meskipun tautan ini dasar, mereka dapat membangun fondasi untuk peringkat mesin pencari Anda.

Setelah Anda memiliki fondasi yang kuat, Anda dapat mulai menjangkau situs web atau outlet berita relevan yang sering dikunjungi prospek Anda. Jika Anda memiliki keahlian materi pelajaran, Anda dapat memposting posting blog dengan tautan kembali ke situs web Anda. Meluncurkan kampanye PR adalah pilihan lain.

Cobalah metode membangun tautan yang berbeda dan gandakan taktik yang akan memberi Anda hasil mesin pencari paling banyak.

Daftar Isi