5 Kekuatan YouTube Analytics untuk Mengembangkan Channel

seputarpengetahuan.co.id – Apakah Anda menggunakan YouTube Analytics? Jika tidak, Anda kehilangan banyak peluang. Sekarang adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan posisi menonjol di hasil pencarian YouTube. Ini adalah kesempatan Anda untuk menampilkan konten Anda di Video Unggulan.

Ini adalah kesempatan Anda untuk menjadi pembuat konten YouTube yang diakui. Dan percayalah pada kami. Anda tidak ingin melewatkan semua kesempatan itu. Terutama karena orang di seluruh dunia menonton 1 miliar jam video di YouTube setiap hari, dan video ini menyumbang 37% dari semua lalu lintas Internet seluler.

Itulah sebabnya kami menyusun panduan untuk 5 metrik canggih yang dapat Anda lacak di YouTube Analytics. Memahami data YouTube Analytics dapat membantu Anda membuat keputusan berdampak yang meningkatkan performa video dan saluran YouTube Anda secara signifikan.

Kedengarannya bagus? Mari kita masuk.

Analitik YouTube Meningkatkan Performa Video

Sekarang, mari kita bahas metrik yang perlu Anda lacak. Berikut adalah 5 faktor YouTube paling penting untuk diukur.

1. Waktu Menonton

YouTube Analytics

Tidak dapat disangkal bahwa penayangan video adalah metrik penting untuk dilacak saat menentukan apakah suatu video berhasil atau tidak. Tapi mereka jauh dari cerita lengkap. Tampilan saja tidak memberi Anda wawasan yang Anda butuhkan untuk mengubah strategi video Anda secara efektif.

Sebaliknya, yang terbaik adalah fokus pada waktu menonton. Waktu tonton adalah perkiraan jumlah menit yang dihabiskan orang untuk menonton konten Anda. YouTube menggunakan metrik ini untuk mengukur dan memprediksi performa saluran atau video Anda.

Di samping Penayangan di tab Ikhtisar YouTube Analytics, ini sangat penting. Mengapa YouTube sangat menghargai waktu menonton? Karena itu adalah indikator paling jelas tentang seberapa menarik dan berharganya sebuah video.

Ketika Anda memikirkannya, itu masuk akal. Apakah penayangan benar-benar dihitung sebagai penayangan jika penonton tidak cukup tertarik untuk menontonnya? Inilah mengapa waktu menonton adalah pendorong utama algoritme YouTube.

Jadi, sasaran Anda adalah membuat pemirsa menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton video Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat video yang lebih baik yang ingin dilihat lebih banyak orang.

2. Retensi Pemirsa

Besar. Anda ingin pemirsa menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton video Anda, tetapi bagaimana caranya? Anda harus mulai dengan memahami seberapa baik setiap video saat ini menarik perhatian orang. Dengan begitu Anda dapat mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Masukkan durasi menonton. Metrik ini memungkinkan Anda memeriksa kualitas tampilan Anda. Ini memungkinkan Anda menemukan titik di video Anda saat orang berhenti menonton.

Gambar di atas menunjukkan grafik retensi pemirsa yang menurun di seluruh video saat pengguna meninggalkannya. Seperti yang Anda lihat, video berdurasi 5 menit dan 27 detik, tetapi rata-rata pemirsa terpikat sekitar 3 menit dan 50 detik. Ini sekitar 70% dari video.

Untuk menggunakan alat ini, cukup putar video dan saat penonton pergi, garis merah akan mengikuti grafik di sepanjang video.

Anda kemudian dapat melihat di mana orang kehilangan minat, mengidentifikasi apa yang menyebabkan mereka pergi, dan memastikan mereka tidak melakukan kesalahan yang sama di video mendatang.

Misalnya, apakah saya mengatakan sesuatu yang menyinggung atau membosankan yang tidak sesuai dengan selera khalayak umum? Apakah video Anda kehilangan momentum pada titik tertentu atau keluar dari topik dan kehilangan minat?

Anda juga dapat menambahkan ajakan bertindak (CTA) dalam bentuk kartu YouTube sebelum titik ini untuk mendapatkan lebih banyak prospek sebelum pemirsa berhenti. Tapi itu belum semuanya.

Anda juga dapat melihat bagian video mana yang paling menarik dan apa yang terjadi di video tersebut pada saat itu. Anda kemudian dapat mereproduksi kesuksesan Anda di video mendatang. Secara alami, algoritme YouTube menyukai saluran dengan penayangan tinggi.

Selain durasi tontonan standar, Anda juga dapat melihat durasi tontonan relatif. Ini menunjukkan seberapa baik setiap video mempertahankan pemirsa dibandingkan dengan video YouTube lainnya dengan durasi yang sama.

Mari kita kembali ke contoh di atas. 70% mungkin tidak ideal, tetapi Anda dapat mengetahuinya di atas rata-rata. Artinya kebanyakan video 5 menit tidak lebih dari 70%. Tidak terlalu buruk.

3. Pelaporan Waktu Nyata

Laporan real-time memungkinkan Anda mengukur jumlah penayangan video Anda tepat setelah dirilis ke publik. Anda dapat melihat 48 jam terakhir dan 60 menit terakhir penayangan untuk seluruh saluran Anda atau untuk video tertentu.

Metrik YouTube ini tidak menarik untuk dilihat. Laporan real-time YouTube memungkinkan Anda menemukan lonjakan lalu lintas dan menghubungkannya dengan peristiwa real-time.

Misalnya, Anda memposting video baru di Facebook, tetapi penayangan Anda belum melonjak. Kemudian, 20 menit kemudian, unggah video tersebut di Twitter, dan jumlah penayangan meroket secara dramatis. Sekarang Anda tahu bahwa audiens Twitter Anda lebih mudah menerima konten tertentu daripada audiens Facebook Anda.

Jika tren ini berlanjut, kita dapat berasumsi bahwa pemirsa Twitter lebih menyukai konten video daripada pemirsa Facebook. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mencoba memanfaatkan minat mereka.

Anda mungkin juga melihat lonjakan penayangan yang tidak dapat dijelaskan. Dalam hal ini, setelah melakukan sedikit riset, Anda mungkin menemukan bahwa video tersebut dibagikan oleh influencer atau blog populer. Anda kemudian dapat mengatasi gelombang minat dengan melibatkan mereka dan audiens Anda.

4. Demografi Audiens

Riset pelanggan sangat penting untuk kesuksesan pemasaran. Anda perlu tahu untuk siapa Anda membuat produk, layanan, atau konten. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan upaya Anda dengan kebutuhan dan keinginan orang yang tepat.

Untungnya, halaman Demografi alat YouTube Analytics berisi banyak sekali data tentang pemirsa YouTube Anda. Anda dapat menggunakan metrik ini untuk lebih memahami jenis orang yang menonton video Anda.

Metrik YouTube dalam grafik sederhana ini dapat membantu Anda mengidentifikasi jenis kelamin, usia, perangkat, lokasi penonton, dan lainnya. Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk membuat kampanye pemasaran yang lebih bertarget. Juga, lokasi sangat penting untuk bisnis e-niaga Anda.

Anda dapat memutuskan untuk menemukan dan memperluas audiens yang menarik di negara asing yang saat ini tidak Anda layani. Ini sangat mudah jika Anda drop ship.

5. Sumber Lalu Lintas

Penting untuk memahami dari mana sebagian besar lalu lintas Anda berasal. Dengan cara ini Anda tidak menyia-nyiakan sumber daya pada sumber lalu lintas tingkat rendah dan menggandakan sumber yang berperilaku baik. YouTube Analytics memudahkan ini.

Buka tab Lihat Jangkauan untuk melihat sumber lalu lintas teratas Anda dan klik grafik untuk melihat detail lebih lanjut. Grafik kedua lebih lanjut memecah sumber lalu lintas eksternal. Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini.

Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa Anda mencurahkan waktu dan uang ke sumber lalu lintas yang tidak berkinerja baik. Ini mengurangi kerugian dan mengalihkan sumber daya tersebut ke saluran yang lebih kuat.

Alternatifnya, Anda dapat menemukan sumber lalu lintas yang terus berkembang dan memilih untuk menginvestasikan lebih banyak sumber daya untuk mengembangkannya.

Di sisi lain, Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki sumber lalu lintas yang sangat kuat tanpa terlalu berfokus pada salah satunya. Ini akan memberi Anda peluang luar biasa untuk meningkatkan pandangan Anda dengan mengalokasikan lebih banyak waktu dan sumber daya.

Daftar Isi