Ukuran Thumbnail YouTube Sempurna & Praktik Terbaik

seputarpengetahuan.co.idUkuran Thumbnail YouTube – Hal-hal kecil menghasilkan kekuatan yang besar. Artikel ini akan memberi Anda keunggulan kompetitif, dan persaingannya sengit. Itu fakta bahwa 2,3 miliar pengguna yang masuk mengunjungi YouTube setiap bulan. Tidak termasuk pemirsa yang tidak masuk, itu setengah dari internet.

Jadi apa yang dapat saya lakukan untuk membuat lebih banyak orang melihat video saya? Langkah 1 – Gunakan ukuran thumbnail yang tepat untuk YouTube

Artikel ini akan mengungkapkan ukuran gambar mini YouTube yang sempurna, praktik terbaik untuk membuat gambar mini, dan kiat teratas lainnya untuk mendapatkan lebih banyak penayangan.

Ukuran Terbaik untuk Thumbnail YouTube

Pusat Bantuan YouTube menyebutkan 5 hal penting tentang gambar thumbnail YouTube. Jika Anda mengikuti panduan ini, Anda akan melihat kesuksesan di YouTube. Kelima hal tersebut adalah:

  • Ukuran thumbnail video YouTube yang sempurna adalah 1280px x 720px.
  • Ukuran thumbnail YouTube ini menggunakan rasio aspek 16:9.
  • Pastikan ukuran thumbnail Anda setidaknya 640 piksel.
  • Gambar mini harus berukuran 2 MB atau kurang.
  • Format gambar adalah JPG, GIF atau PNG.

Untuk Apa Thumbnail YouTube?

Thumbnail YouTube adalah thumbnail kecil yang digunakan untuk merepresentasikan video. Tugas mereka adalah menarik perhatian orang dan meyakinkan mereka untuk menonton video tersebut.

Bayangkan thumbnail YouTube seperti sampul buku. Representasi miniatur konten video yang dirancang untuk merangsang minat dan rasa ingin tahu.

Mengapa Thumbnail YouTube Penting?

Mereka berkata, “Jangan menilai buku dari sampulnya.” Namun kenyataannya, kebanyakan orang melakukannya, begitu pula thumbnail YouTube. Ini berarti gambar thumbnail dapat membuat atau merusak video.

Thumbnail yang bagus dapat membantu Anda mendapatkan ribuan penayangan. Hal buruknya adalah itu akan membuat video Anda tidak terlihat. Untungnya, YouTube memungkinkan Anda menyesuaikan thumbnail video Anda.

Saat Anda mengupload video, YouTube secara otomatis menarik tiga gambar diam dari video Anda yang dapat digunakan sebagai thumbnail. Ada opsi yang mudah, tetapi yang terbaik adalah selalu membuat gambar mini YouTube khusus.

Gambar mini khusus dapat membuat video Anda menonjol dari yang lain dan berdampak besar dalam meningkatkan jumlah pemirsa Anda. Ini juga merupakan peluang bagus untuk mengembangkan estetika merek Anda.

Tapi itu belum semuanya. Anda juga dapat meningkatkan rasio klik-tayang pemasaran email dengan gambar mini video YouTube khusus. Faktanya, Wistia menemukan bahwa menggunakan gambar mini video alih-alih gambar dalam email meningkatkan klik lebih dari 21%.

Juga, gambar mini tidak membutuhkan banyak waktu untuk dibuat. Setelah menghabiskan waktu berjam-jam untuk merencanakan, mengatur, memfilmkan, dan mengedit video YouTube yang sempurna, apakah Anda memiliki waktu ekstra 10-15 menit? Jangan jatuh melewati rintangan terakhir.

Pastikan kesuksesan video Anda dengan membuat gambar mini YouTube khusus yang menarik.

Berapa Ukuran Thumbnail YouTube?

Sebelum kita mulai, ada baiknya mengetahui ukuran ideal untuk thumbnail YouTube. Google merekomendasikan ukuran gambar mini video YouTube khusus dengan lebar 1280 piksel dan tinggi 720 piksel. Selain itu, lebar gambar minimal harus 640 piksel.

Konon, ukuran thumbnail kustom YouTube yang ideal adalah besar. Google menjelaskan alasannya:

Mereka sering disebut “thumbnail” karena terlihat kecil.

Namun, gambar harus cukup besar agar terlihat saat ditampilkan dengan ukuran yang sama dengan pemutar video. Anda juga harus mengupload thumbnail dalam salah satu format gambar berikut: JPG, GIF, BMP, atau PNG. Terakhir, ukuran gambar mini YT khusus harus di bawah batas 2 MB.

Cara Menambahkan Thumbnail YouTube Kustom ke Video

Mari kita lihat cara mengunggah gambar thumbnail khusus. Untuk memulai, buka YouTube.com dan klik ikon kamera plus untuk mengupload video baru. Untuk menambahkan thumbnail kustom ke video yang sudah Anda upload, buka video di dasbor YouTube Studio. Kemudian klik pada video untuk mengedit pengaturan.

Di pengaturan video, Anda dapat melihat 3 thumbnail yang dibuat secara otomatis di bagian bawah layar. Di kanan bawah layar, terdapat opsi untuk mengupload thumbnail YouTube kustom. Klik kotak, pilih gambar dari perangkat Anda, dan klik “Unggah”.

6 Tips Membuat Thumbnail yang Efektif

Thumbnail YouTube menawarkan peluang kreatif yang luar biasa. Namun, membuat thumbnail yang efektif setiap saat bisa jadi sulit. Berikut adalah enam tips tentang mulai dari mana saat membuat thumbnail.

1. Gunakan Gambar Diam dalam Video

Ini adalah bentuk paling dasar dari thumbnail YouTube. Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan bahwa YouTube telah secara otomatis memilih gambar diam yang sempurna untuk digunakan sebagai thumbnail dalam video Anda.

Alternatifnya, Anda dapat mengekspor gambar diam tertentu menggunakan perangkat lunak pengedit video. Bagaimana jika saya mengupdate thumbnail video YouTube lama, tetapi video aslinya tidak ada? Dalam hal ini, Anda dapat menjeda video sesuka Anda, menjadikan video layar penuh, dan mengambil tangkapan layar.

Anda kemudian dapat menggunakan gambar saja atau menambahkan judul, seperti dalam video dari Shopify ini yang menceritakan kisah Jam Tangan MVMT.

2. Buat Grafik Khusus

Banyak merek membuat thumbnail gambar yang secara efektif mewakili konten video mereka. Seringkali, ini mencakup judul singkat yang meringkas manfaat utama video. Jenis gambar mini YouTube ini menyertakan nama merek atau logo.

Berikut adalah contoh gambar mini video YouTube yang saya buat untuk video yang menunjukkan cara meluncurkan kampanye iklan Facebook pertama Anda.

3. Gabungkan Gambar Diam Video dengan Gambar

Gabungkan gambar diam dari video Anda dengan elemen grafik untuk membuat gambar mini YouTube yang menarik. Ini adalah opsi populer untuk video yang melibatkan orang, seperti vlog, tutorial, atau acara bincang-bincang.

4. Tulis Judul yang Menarik

Video YouTube hanya sepadan dengan judulnya. Meski tidak sepenuhnya benar, judul video YouTube itu penting. Penting juga untuk memasukkannya ke dalam thumbnail Anda. Judul yang dibuat dengan cermat akan menarik perhatian orang dan membuat mereka tahu persis isi video tersebut.

Misalnya, Anda dapat membuat video tentang pemasaran video dan memberi judul “Semua Tentang Pemasaran Video” atau dengan cerdik memberi judul “Ringkasan Pemasaran Video: 6 Tips untuk Meningkatkan Pemasaran Video Anda di 2023”. Mana yang ingin Anda klik lebih banyak? Yang kedua lebih eye-catching.

5. Hindari Gambar dan Judul yang Menyesatkan

Sangat mudah tersesat saat harus membuat gambar mini dan judul, terutama saat mencoba mengoptimalkan lalu lintas ke saluran YouTube Anda. Ini benar-benar normal, tetapi penting untuk memeriksa orisinalitas Anda untuk menghindari pembuatan gambar atau judul yang menyesatkan.

Misalnya, jika thumbnail Anda berisi teks “Cara Membuat Gambar Thumbnail YouTube yang Menakjubkan”, tetapi video Anda berisi tentang 6 cara teratas untuk mengoptimalkan thumbnail Anda, maka konten yang Anda promosikan menyesatkan. Tingkatkan rasio klik-tayang video Anda dengan membuat gambar Anda tetap sederhana dan to the point.

Penting juga untuk tidak menyertakan gambar yang tidak aman bagi pemirsa Anda. Jangan gunakan citra yang berlebihan, dilebih-lebihkan, atau tidak pantas karena Anda tidak ingin menakut-nakuti audiens target Anda.

Jangan menggunakan gambar orang lain karena alat pencarian gambar terbalik dapat menyebabkan banyak masalah dengan melacak kembali pemilik gambar tersebut.

6. Menguji Berbagai Desain Thumbnail

Jika Anda tidak yakin desain thumbnail mana yang tepat untuk saluran YouTube Anda, jangan takut untuk menguji desain lainnya. Identifikasi desain yang Anda sukai, pilih video yang berperforma baik, ubah thumbnail ke desain baru, dan lacak hasilnya.

Jika rasio klik-tayang Anda meningkat setelah mengubah gambar mini, desain ini lebih relevan bagi audiens Anda daripada desain sebelumnya.

Hal hebat tentang pengujian adalah Anda dapat terus mencoba berbagai desain selama Anda mendapatkan hasil berdasarkan data yang penting bagi Anda. Jika video Anda hanya mendapat klik sekali atau dua kali seminggu atau sebulan, hasilnya tidak cukup penting untuk membuktikan apa pun.

Daftar Isi