Cara Menikmati Hidup untuk Hidup Nikmat Setiap Hari

seputarpengetahuan.co.id – Apakah Anda ingin tahu cara menikmati hidup? Beberapa orang percaya bahwa untuk menikmati hidup Anda harus:

  • Menghasilkan lebih banyak uang
  • Memiliki hubungan atau teman yang sempurna.
  • Dihormati atau terkenal

Namun, banyak orang memiliki hal-hal ini dan masih tidak bahagia. Thích Nhất Hạnh, seorang biksu Vietnam dan ‘Father of Mindfulness’, menulis, “Kondisi kebahagiaan sangat beragam. Cukup membuat Anda bahagia saat ini.”

Tapi kalau sudah begitu banyak hal yang bisa dinikmati dalam hidup, kenapa kita tidak menikmatinya setiap hari? Karena belajar bagaimana cara menikmati hidup membutuhkan latihan. Kita harus mengembangkan pola pikir positif, mengembangkan kebiasaan baik, dan mengisi hidup kita dengan makna.

Namun, keterampilan apa yang lebih baik untuk dipraktikkan daripada belajar bagaimana menikmati hidup sepenuhnya? Berikut adalah 9 hal yang dapat Anda lakukan untuk lebih menikmati hidup.

1. Berlatih Bersyukur

Tidak mungkin merasa bersyukur dan tidak bahagia pada saat bersamaan. Sesederhana itu. Cobalah dan Anda akan melihat apa yang saya maksud.

Tidak mengherankan jika banyak penelitian ilmiah menemukan bahwa bersyukur dapat meningkatkan harga diri, mengurangi emosi negatif seperti kecemburuan, dan mengurangi risiko depresi berat.

Orang yang bersyukur juga cenderung lebih menjaga kesehatannya, lebih banyak berolahraga, tidur lebih nyenyak, dan memiliki kadar hormon stres yang lebih rendah. Jadi jika Anda ingin belajar bagaimana cara menikmati hidup dengan bersyukur, mulailah berlatih bersyukur.

Misalnya, Anda dapat memulai jurnal rasa syukur atau memulai hari Anda hanya dengan menuliskan tiga hal yang Anda syukuri. Ini banyak mengajari saya. Dan kucingku yang cantik.”

2. Pekerjaan Perhatian

Mindfulness adalah tindakan menjadi sadar dan sadar sepenuhnya di mana Anda berada, dengan siapa Anda, dan apa yang Anda lakukan, tanpa terganggu oleh pikiran, penilaian atau emosi. Atau, seperti yang dikatakan guru spiritual Eckhart Tolle, “Di mana pun Anda berada, hadirlah sepenuhnya.”

Belajar menikmati momen dapat membantu Anda tetap tenang, fokus, dan bahagia. Untuk melatih mindfulness, mulailah dengan menghilangkan gangguan dari lingkungan Anda, seperti media sosial, TV, dan musik.

Kemudian, alih-alih memperhatikan pikiran Anda, biarkan mereka tenang dan fokuskan perhatian Anda pada pernapasan Anda. Anda juga bisa melatih mindfulness dengan belajar menikmati hal-hal sederhana dalam hidup, seperti:

  • Berjalan-jalanlah di alam dan amati pemandangan dan suara
  • Berolahraga dan merasakan tubuh Anda
  • Menikmati hal-hal kecil seperti secangkir teh atau mandi air panas

3. Tempatkan diri Anda Terlebih Dahulu

Sulit untuk menikmati hidup setiap hari jika Anda tidak mengutamakan kebutuhan Anda sendiri. Jika Anda ingin merasa puas dan damai, Anda perlu waktu untuk bersantai, bersenang-senang, produktif, menjelajahi hal-hal baru, dan mengembangkan hubungan yang sehat.

Jadi lain kali seseorang meminta Anda melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai, pertimbangkan untuk mengatakan tidak. Ini tidak berarti Anda tidak boleh baik atau membantu orang lain. Itu hanya berarti Anda harus mengurus kebutuhan Anda sendiri terlebih dahulu. Hemat waktu dan energi Anda. Anda pantas mendapatkannya.

4. Berbaik Hatilah pada Diri Sendiri

Kita semua membuat kesalahan dari waktu ke waktu dan kehilangan tujuan kita. Berbaik hatilah pada diri sendiri saat ini. Apa yang terjadi. Tidak ada yang dapat Anda lakukan tentang masa lalu kecuali belajar darinya. Ini bisa sangat sulit pada awalnya, tetapi akan lebih mudah dengan latihan.

Lihatlah lebih dalam dan Anda akan menemukan bahwa Anda pantas untuk bahagia tidak peduli siapa Anda, apa yang telah Anda lakukan atau ke mana Anda pergi. Anda berhak bahagia hanya karena Anda masih hidup. Biarkan diri Anda bahagia dan damai pada saat ini.

5. Istirahat dan Pemulihan

Mempelajari cara menikmati hidup tanpa beban sepenuhnya saat Anda lelah, kelelahan, atau stres bisa menjadi tantangan tersendiri. Kita semua membutuhkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri.

Tetapi di zaman modern, terlalu banyak yang terjadi. Kita harus bekerja, belajar, mengerjakan pekerjaan rumah, menghadapi pandemi, mengatur keuangan, dan mengurus keluarga.

“Sangat penting untuk mempelajari kembali seni istirahat dan relaksasi,” kata Thích Nhất Hạnh. “Ini tidak hanya membantu mencegah timbulnya banyak penyakit yang berkembang melalui ketegangan dan kekhawatiran kronis, tetapi juga membantu menjernihkan pikiran, fokus, dan menemukan solusi kreatif untuk masalah.”

Jadi luangkan waktu untuk bersantai dan belajar bagaimana menikmati hidup. Misalnya, tidur siang sebentar, membaca buku yang bagus, berjalan-jalan sebentar, atau melakukan perjalanan akhir pekan ke tempat yang sepi.

6. Rayakan Kemenangan Kecil

Media sosial akhir-akhir ini dapat membodohi kita untuk percaya bahwa hidup adalah tentang melompat dari satu pengalaman atau pencapaian ke pengalaman lainnya. Tapi hidup tidak terbuat dari pencapaian atau pengalaman, tapi momen di antaranya.

Ini bukan hanya tentang merayakan tonggak sejarah. Lagi pula, jarak tempuh hanya terjadi sekali per mil. Sebaliknya, belajarlah menikmati hidup dengan merayakan setiap langkah.

Misalnya, tidak hanya menikmati hasil ujian dan keuntungan bisnis Anda, tetapi menikmati seluruh waktu Anda untuk belajar dan semua pelanggan yang Anda layani dengan senang hati.

7. Berinvestasilah Pada Diri Anda Sendiri

Berinvestasi dalam pengembangan pribadi adalah tindakan mencintai diri sendiri. Ketika kami melakukan ini, kami memprioritaskan kesejahteraan. Kami juga mengembangkan kesadaran diri yang melahirkan belas kasih diri, penerimaan, dan kebahagiaan.

Temukan cara untuk memperbaiki diri dan nikmati prosesnya. Misalnya, Anda dapat membaca kursus online gratis, jurnal, latihan, meditasi, atau buku pengembangan diri.

8. Memelihara Hubungan yang Positif

Memiliki hubungan yang positif dalam hidup Anda sangat penting untuk menjadi benar-benar bahagia dan puas. Nyatanya, penelitian terbesar tentang kebahagiaan yang pernah dilakukan menemukan bahwa “menghabiskan waktu bersama orang lain membuat subjek belajar lebih bahagia setiap hari”.

Jadi, berusahalah untuk meningkatkan hubungan Anda dengan teman dekat dan keluarga.

Untuk membantu, Anda mungkin ingin mempelajari lebih lanjut tentang lima bahasa cinta, berbagai cara orang mengekspresikan dan menafsirkan cinta. Memahami bahasa Anda dan orang yang Anda cintai dapat membantu meningkatkan hubungan Anda.

9. Bertemu Orang Baru

Tidak semua orang memiliki banyak hubungan intim dalam hidup mereka. Selain itu, terkadang kita mungkin perlu membangun hubungan baru yang melampaui persahabatan dan menggantikannya. Ingat, komunitas dan koneksi sangat penting untuk kebahagiaan dan kesejahteraan kita.

Konon, menjalin pertemanan baru menjadi lebih sulit karena pandemi memaksa begitu banyak orang untuk mengisolasi diri. Namun, masih memungkinkan untuk menjalin pertemanan baru secara online dengan bantuan platform media sosial, grup Facebook, dan komunitas kursus online.

Mulailah terhubung dengan orang lain secara online melalui minat yang sama dan nikmati perspektif dan kepribadian segar yang menjadi bagian dari hidup Anda.

Daftar Isi