10 Manfaat Membaca Buku Setiap Hari untuk Menjalani Hidup

seputarpengetahuan.co.id – Manfaat membaca buku banyak sekali. Tapi mari kita hadapi itu. Mungkin sulit untuk memotivasi diri sendiri untuk membaca buku setebal 382 halaman jika Anda dapat menonton film, mendengarkan buku audio, atau menonton ringkasan video YouTube.

Apakah saya benar? Tetapi jika sebagian besar bacaan harian Anda terdiri dari postingan media sosial, pesan teks, dan berita utama, Anda akan ketinggalan. Lalu apa saja manfaat membaca buku? Jika Anda tertarik untuk membaca lebih banyak buku tetapi membutuhkan motivasi, artikel ini cocok untuk Anda.

Lagi pula, memahami pentingnya membaca buku membuat Anda lebih cenderung membacanya.

Apa Manfaat Membaca Buku?

Berikut 10 manfaat membaca buku yang menunjukkan pentingnya membaca. Saat membaca buku setiap hari:

  1. Dapatkan Pengetahuan yang Berharga
  2. Melatih otak Anda
  3. Meningkatkan konsentrasi
  4. Meningkatkan daya ingat
  5. Menikmati hiburan
  6. Meningkatkan empati
  7. Meningkatkan keterampilan komunikasi
  8. Mengurangi stres
  9. Meningkatkan kesehatan mental
  10. Hidup lebih lama

Sekarang mari kita masuk lebih dalam untuk lebih memahami manfaat membaca.

1. Dapatkan Ilmu yang Berharga

Salah satu manfaat yang paling jelas dari membaca setiap hari adalah belajar. Tidak seperti video atau podcast YouTube, buku memberikan akses ke pengetahuan yang mendalam. Yang mengatakan, jika Anda ingin menjadi lebih produktif, menurut Anda apa yang dapat Anda pelajari lebih banyak?

Sebuah buku yang ditulis oleh seseorang yang telah mempelajari produktivitas selama 20 tahun,
Atau apakah itu video YouTube berdurasi 10 menit yang dibuat oleh seseorang yang tertarik dengan topik tersebut?

Mana yang menurut Anda akan Anda serap lebih banyak? Mana yang menurut Anda akan lebih membantu Anda mengubah kebiasaan? Buku, tentu saja!

Melampaui permukaan subjek juga penting untuk sukses. Ini mungkin mengapa penulis Roald Dahl pernah berkata, “Anda harus banyak membaca untuk melakukan apapun dalam hidup.”

Plus, Anda benar-benar dapat belajar apa saja dari sebuah buku. Misalnya, setiap kali seseorang bertanya kepada pendiri SpaceX Elon Musk bagaimana membuat roket, dia berkata, “Saya membaca.”

Jadi apa yang ingin Anda pelajari? Apakah Anda ingin mempelajari cara membuat kode, melukis, atau memulai bisnis yang sukses? Apakah Anda ingin belajar cara berhenti menunda-nunda? Atau apakah Anda ingin tahu bagaimana mengubah hidup Anda sepenuhnya? Apapun itu, membaca dapat membantu.

2. Melatih Otak Anda

Mengapa membaca itu penting? Seperti yang dikatakan oleh penulis Inggris abad ke-17 Joseph Addison, “Apa yang dilakukan olahraga pada tubuh adalah apa yang dilakukan membaca pada pikiran.” Jadi bagaimana membaca mempengaruhi otak?

Penelitian menunjukkan bahwa membaca merangsang jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks di otak. Dan saat keterampilan membaca meningkat, jaringan ini menjadi lebih kuat dan canggih.

Dalam studi lain, peneliti mengukur bagaimana membaca novel memengaruhi otak kita. Peserta studi membaca novel Robert Harris ‘Pompeii’, dan ketika ketegangan dalam cerita meningkat, lebih banyak area otak yang diaktifkan. Ingin tahu bagian terbaiknya?

Pemindaian menunjukkan peningkatan konektivitas otak selama membaca dan selama beberapa hari setelahnya, menunjukkan manfaat luar biasa dari membaca setiap hari.

Singkatnya, otak kita, seperti otot, memiliki kebijakan “gunakan atau hilangkan”. Dengan kata lain, jika Anda tidak melatih pikiran Anda secara teratur, kemampuan kognitif Anda akan berkurang. Namun, membaca setiap hari dapat menjaga anak tetap kuat dan sehat.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Mampu tetap fokus dan fokus untuk jangka waktu yang lama sangat penting untuk kesuksesan dan kesejahteraan kita. Cal Newport, penulis Deep Work, menulis:

“Untuk mempertahankan nilai ekonomi kita, Anda perlu menguasai seni mempelajari hal-hal rumit dengan cepat. Ini membutuhkan kerja keras.”

Apa itu “Pekerjaan Dalam”? Newport menjelaskan:

“Pekerjaan mendalam adalah kemampuan untuk fokus pada tugas-tugas yang menuntut secara kognitif tanpa terganggu. Ini adalah keterampilan yang memungkinkan Anda menguasai informasi kompleks dengan cepat dan menghasilkan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat. Membuat segalanya menjadi lebih baik dan rasa pencapaian yang sebenarnya berasal dari keahlian. ”

Newport juga mengklaim bahwa keterampilan ini menjadi semakin langka karena aplikasi multitasking, notifikasi, dan media sosial yang terus-menerus. Bahkan dalam studi Microsoft, saya setuju bahwa orang biasanya kehilangan perhatian setelah hanya 8 detik.

Untungnya, salah satu manfaat utama membaca adalah memungkinkan Anda untuk berlatih berfokus pada satu hal pada satu waktu. Sebuah novel, misalnya, membutuhkan perhatian penuh Anda untuk membawa Anda ke dunia lain. Dan jika Anda ingin belajar dari buku nonfiksi, Anda harus hadir dan terlibat sepenuhnya.

Singkatnya, Anda harus fokus untuk menjadi sukses. Dan jika ingin lebih fokus, Anda bisa berlatih dengan membaca buku.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Apakah Anda selalu melupakan banyak hal? Apakah Anda memiliki banyak daftar tugas tetapi tidak dapat mengingatnya? Jangan takut. Salah satu manfaat membaca adalah dapat meningkatkan daya ingat.

Ketika Anda membaca buku non-fiksi, Anda juga mengonsumsi banyak sekali informasi tentang subjek yang Anda baca. Demikian pula, setiap kali Anda membaca novel, Anda harus mengingat banyak informasi tentang plot dan subplot cerita, karakter dan hubungannya, serta lingkungan tempat cerita itu terjadi.

Itu banyak informasi! Semua informasi baru ini menciptakan kenangan baru. Dan setiap ingatan baru menciptakan sinapsis atau memperkuat ingatan lama.

Kesimpulannya? Membaca setiap hari meningkatkan daya ingat Anda. Ini membantu Anda mempelajari cara menyimpan informasi baru dan mengingat ingatan dengan lebih efektif.

5. Nikmati Hiburan

Buku menyediakan beberapa hiburan paling menarik di planet ini. Seperti yang dikatakan penulis Stephen King, “Buku adalah keajaiban portabel yang unik.” Pernahkah Anda membaca buku yang tidak bisa Anda letakkan?

Ingat perasaan begitu tenggelam dalam cerita atau pembelajaran sehingga Anda harus ke kamar mandi atau terus membaca meskipun Anda lapar? Untuk menghidupkan kembali perasaan itu atau mengalaminya untuk pertama kali, Anda hanya perlu menemukan buku yang tepat untuk dibaca.

Ada jutaan buku luar biasa di luar sana, dan mulai dari novel fantasi dan literatur klasik hingga panduan pengembangan diri dan buku bisnis, ada genre bacaan yang sempurna untuk semua orang.

Dan dengan dunia yang masih bergulat dengan pandemi dan kemerosotan ekonomi yang diakibatkannya, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk menjadikan membaca sebagai hobi.

Membaca adalah sesuatu yang dapat Anda nikmati dengan aman di rumah. Dan buku-buku itu tidak terlalu mahal. Ini terutama berlaku dengan perpustakaan dan layanan lokal Anda seperti Amazon’s Kindle Unlimited ($ 9,99 per bulan untuk e-book tanpa batas).

Jadi setiap hari menjauhlah dari ponsel cerdas Anda, buka halaman buku dan benamkan diri Anda.

6. Meningkatkan Empati

Manfaat lain dari membaca buku adalah dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berempati dengan orang lain. Dan empati memiliki banyak manfaat. Itu dapat mengurangi stres, meningkatkan hubungan, dan menginformasikan kompas moral Anda.

Bagaimana? Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang membaca fiksi jangka panjang cenderung mengembangkan “teori pikiran” yang lebih baik. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan empati dan kemampuan untuk memahami orang lain.

Studi lain menemukan bahwa membaca cerita yang mengeksplorasi dunia batin dan emosi karakter meningkatkan kemampuan mereka untuk memahami perasaan dan perspektif orang lain.

Misalnya, mengalami dunia melalui sudut pandang Harry Potter atau Jane Eyre dapat mengajarkan Anda untuk melihat dunia dari sudut pandang keluarga, teman, dan kolega Anda. Penulis John Green berkata, “Buku yang bagus membantu Anda memahami dan membuat Anda merasa dipahami.”

7. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif adalah keterampilan hidup yang penting. Faktanya, satu studi menemukan bahwa 69% pemberi kerja ingin mempekerjakan seseorang dengan keterampilan “lunak” seperti komunikasi yang efektif.

Kabar baik? Salah satu manfaat utama membaca adalah membantu Anda berkomunikasi dengan lebih baik. Bagaimana? Membaca setiap hari dapat meningkatkan keterampilan komunikasi Anda dalam beberapa cara. Misalnya, membaca dapat memengaruhi penulisan dan meningkatkan kosa kata.

Saat kita membaca karya yang ditulis dengan baik, kita secara alami mengamati gaya, sajak, dan komposisinya. Sama seperti musisi yang saling mempengaruhi, sifat-sifat ini pasti meresapi tulisan kita.

Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa orang yang membaca secara teratur cenderung mengembangkan kosakata yang banyak.

Terakhir, jangan lupa bahwa membaca juga membantu meningkatkan keterampilan komunikasi Anda dengan meningkatkan kemampuan berempati dan memahami orang lain. Singkat cerita? Baca lebih lanjut, komunikasikan dengan lebih baik, dan tingkatkan hidup Anda!

8. Mengurangi Stres

Manfaat lain dari membaca adalah dapat mengurangi stres. Penelitian telah membuktikan bahwa membaca selama 30 menit saja dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan tekanan psikologis.

Studi lain menemukan bahwa dibandingkan dengan jalan-jalan, secangkir teh atau kopi, atau video game, membaca adalah cara terbaik untuk mengurangi stres. Studi tersebut menemukan bahwa hanya enam menit membaca sudah cukup untuk mengurangi tingkat stres hingga lebih dari dua pertiga.

Neuropsikolog kognitif Dr. David Lewis, yang melakukan penelitian tersebut, berkata, “Membenamkan diri Anda dalam sebuah buku adalah relaksasi yang paling utama.” Jadi, lain kali saat Anda merasa stres, ingatlah manfaat membaca untuk kesenangan dan biarkan ketegangan mencair.

9. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat membaca juga meluas ke kesehatan mental Anda. Para peneliti telah mempelajari keefektifan buku self-help dan menemukan bahwa banyak buku memiliki efek terukur pada depresi dan gangguan mood lainnya.

Hasilnya, National Health Service (NHS) Inggris meluncurkan program peresepan buku yang disebut Reading Well. Layanan ini mengatur buku swadaya yang dikuratori oleh profesional medis untuk kondisi tertentu.

Tindakan menggunakan buku sebagai terapi disebut ‘terapi berdiri’. Jadi, jika Anda kesulitan (terlepas dari seperti apa kehidupan di Instagram, kita semua berjuang dari waktu ke waktu), bacalah salah satu buku di daftar kurasi NHS yang telah terbukti membantu meringankan gejala Anda.

10. Hidup Lebih Lama

Efek akhir dari membaca mungkin salah satu yang paling mengasyikkan dan mengasyikkan. Ternyata manfaat kesehatan dari membaca dapat membantu kita hidup lebih lama.

Sebuah studi selama 12 tahun tentang kesehatan dan pensiun menemukan bahwa orang yang membaca buku bertahan sekitar dua tahun lebih lama daripada orang yang tidak membaca buku atau membaca majalah dan bentuk media lainnya.

Selain itu, mereka yang membaca 30 menit sehari (3,5 jam per minggu) 23% lebih mungkin hidup lebih lama daripada mereka yang jarang membaca. Cukup keren, bukan?

Seperti disebutkan di atas, membaca adalah cara yang bagus untuk melatih otak kita agar kita lebih cerdas dan tajam. Tetapi efek lanjutannya adalah bahwa membaca juga membantu mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Satu studi menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang secara teratur membaca atau memainkan permainan yang menantang mental seperti catur 2,5 kali lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit Alzheimer.

Di sisi lain, orang yang tidak melatih materi abu-abu cenderung kehilangan kekuatan otak, kata penulis utama studi tersebut, Dr. kata Robert Freidland.

Tidaklah mengherankan jika US National Institute on Aging merekomendasikan manfaat kesehatan dari membaca setiap hari kepada para pendukungnya.

Secara keseluruhan, jika Anda membaca buku setiap hari, kemungkinan besar Anda akan mempertahankan kapasitas mental Anda dan hidup lebih lama!

Daftar Isi