Pengertian Resensi, Tujuan dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Resensi, Tujuan dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap) – Dalam pembahasan kali ini, seputarpengetahuan.com akan membahas tentang apa itu resensi? Apa saja tujuan dari meresensi dan apa saja unsur-unsur dalam resensi itu sendiri.

Pengertian Resensi, Tujuan dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Resensi

Resensi berasal dari bahasa Latin yaitu revidere atau recensie yang artinya menimbang, melihat kembali atau menilai. Dalam KBBI disebutkan bahwa resensi merupakan ulasan dari sebuah buku. Jadi resensi ialah ulasan singkat mengenai isi suatu buku, majalah, novel, drama atau film yang biasanya disiarkan melalui media-media sosial. Adapun tindakan meresensi ialah memberikan suatu penilaian, membahas, mengkritik atau mengungkapkan kembali isi didalamnya.

Tujuan Meresensi

Adapun tujuan resensi buku diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk memberikan suatu pemahaman & informasi secara komprehensif kepada masyarakat atau pembaca tentang isi buku yang diresensi.
  • Mengajak pembaca untuk mendiskusikan dan memikirkan lebih jauh tentang masalah yang diangkat  yang ada dalam buku tersebut.
  • Untuk memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang pantas atau tidaknya buku itu untuk dibaca atau diterbitkan.
  • Untuk memberikan jawaban mengenai pertanyaan-pertanyaan dari pembaca ketika buku baru diterbitkan.

Unsur-Unsur Resensi

Menurut Daniel Samad, unsur-unsur resensi diantaranya:

Membuat judul resensi
Judul resensi dibuat semenarik mungkin dan benar-benar dapat menjiwai seluruh inti dari tulisan. Dan judul juga bisa dibuat seusai resensi yang dibuat selesai. Judul resensi harus selaras dengan isi resensi.

Menyusun data buku
Cara menyusun data buku diantaranya: Judul buku, nama pengarang (semua orang yang terlibat dalam penulisan buku yang diresensi), penerbit buku, tahun terbit, cetakan ke berapa, dan ketebalan buku.

Membuat pembukaan 
Yang dimulai dari perkenalan (siapa nama pengarangnya, karya-karyanya, dan prestasinya); membandingkan dengan buku yang sama, baik yang sudah ditulis oleh pengarang sendiri ataupun oleh pengarang lain; memaparkan tentang sosok si pengarang; mengulas sedikit tentang keunikan buku; merumuskan tema buku; memberikan kesan buku; mengenalkan penerbit; membuat pertanyaan dan membuka dialog atau diskusi.

Isi atau tubuh
Isi berupa pernyataan resensi dari sebuah buku dan biasanya terdiri dari: sinopsis; ulasan singkat tentang point utama dari isi buku; kelebihan dan kelemahan buku.

Pengertian Resensi, Tujuan & Unsur-Unsurnya Secara Lengkap

Membuat penutup resensi buku
Biasanya penutup menggunakan bahasa penekanan tentang pentingnya buku itu agar dimiliki olah siapa dan mengapa harus memiliki atau membaca buku itu.

Adapun pembuat resensi disebut dengan resensator. Sebelum meresensi, resensator haruslah membaca terlebih dahulu tentang buku yang akan diresensi.

Demikianlah ulasan singkat kita kali ini mengenai Pengertian Resensi, Tujuan dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi