Artikel adalah : Pengertian dan Ciri-cirinya

Artikel adalah : Pengertian dan Ciri-cirinya – Artikel merupakan hal yang sangat penting bagi seorang penulis, ntah dia penulis di media cetak ataupun online seperti blogger dan sebagainya. Namun tahukah anda apa itu artikel dan apa saja ciri-cirinya? Mari kita bahas disini.

Pada kesempatan ini, seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang artikel. Secara tidak sadar, hampir setiap hari kita selalu membaca artikel, lalu apa si artikel itu? Artikel merupakan sebuah karangan yang faktual dan bertujuan untuk menyampaikan gagasannya atau suatu fakta yang bisa mendidik, meyakinkan dan menghibur.

Biasanya artikel bisa ditemukan melalui majalah, koran, buletin atau di sosial media. Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa pemaparan singkat tentang pengertian artikel menurut para ahli.

Artikel adalah : Pengertian dan Ciri-cirinya

Mari kita bahas dulu pengertian artikel dengan seksama.

Pengertian Artikel

Berikut ini adalah beberapa pengertian artikel dari berbagai sumber terpercaya.

KBBI (2006) – Artikel ialah sebuah karya tulis secara lengkap, contohnya esai di majalah atau laporan berita, surat kabar, dls.

Sumandiria (2004) – Artikel merupakan sebuah tulisan lepas yang berisikan opini atau pendapat seseorang yang mengupas tuntas tentang sebuah masalah yang sifatnya aktual & biasanya kontroversial dengan tujuan untuk mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan & menghibur para pembaca.

Al-‘Aqli – Artikel merupakan sebuah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu & setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan dengan cara tuntas, lugas dan jelas sehingga para pembaca dapat mengambil inti sari dari sebuah karangan yang ditulis.

The America Heritage Desk Dictionary (1981) – Artikel merupakan bagian tulisan nonfiksi dalam bentuk bebas, dimana bagian dari penerbitannya seperti pada laporan essai.

Pengertian Artikel Dan Ciri-Cirinya Secara Umum

Ciri-ciri Artikel

Ciri-cirinya antara lain:

  • Memiliki isi yang bersumber pada fakta dan tidak hanya sekedar realita;
  • Berisikan tulisan yang singkat, padat, jelas dan tuntas;
  • Hasil tulisannya original;
  • Sifatnya faktual dengan mengungkapkan berbagai data yang diketahui oleh pengarang;
  • Isi atau uraian karangannya sesuai fakta yang diperoleh dari narasumber atau objeknya, jadi tidak hanya hasil pemikiran si penulis;
  • Isi artikel bisa berupa pemaparan mengenai biografi seorang tokoh, peristiwa, kisah perjalanan seseorang, argumentasi, hasil riset, berita terkini dls;
  • Gagasan yang diangkat harus menyangkut kebutuhan para pembaca atau khalayak umum.

Nah itulah ulasan singkat mengenai Artikel adalah : Pengertian dan Ciri-cirinya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca setia seputarpengetahuan.co.id. Sekian dan terimakasih.

Daftar Isi