Menggunakan Keterampilan Interpersonal Meningkatkan Kerja

seputarpengetahuan.co.idKeterampilan Interpersonal – Rencanakan makan malam dengan pasangan Anda. Rencanakan jadwal pembersihan dengan teman sekamar Anda. Bagikan laporan tersebut dengan atasan Anda. Menyelesaikan keluhan pelanggan.

Masing-masing skenario ini memiliki keterampilan interpersonal di tempat kerja. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi keterampilan interpersonal Anda berperan selama setiap interaksi yang Anda lakukan dengan orang lain.

Bagi sebagian orang, keterampilan interpersonal yang baik adalah anugerah bawaan. Bagi yang lain, dibutuhkan sedikit pembelajaran, perhatian penuh, dan usaha untuk menguasainya.

Tapi satu hal tetap sama. Jika Anda memiliki keterampilan interpersonal yang hebat, hubungan apa pun akan lebih baik daripada jika tidak!

Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat apa saja keterampilan ini, contoh keterampilan antarpribadi, mengapa keterampilan itu sangat penting di tempat kerja, dan bagaimana Anda dapat meningkatkannya saat Anda merasa gagal.

Apa itu Keterampilan Interpersonal?

Keterampilan interpersonal adalah bagaimana kita berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan ini adalah kombinasi dari sifat dan perilaku kepribadian yang terwujud dalam hampir semua jenis interaksi manusia dengan keluarga, teman, rekan kerja, atasan, dan klien. Bahkan kasir supermarket.

Anda mungkin pernah mendengar banyak nama berbeda untuk keterampilan interpersonal: keterampilan sosial, keterampilan interpersonal, atau keterampilan lunak (terkadang dengan kecerdasan emosional).

Secara umum, ketika Anda memiliki keterampilan interpersonal yang kuat, hubungan pribadi dan profesional Anda akan lebih lancar dan lebih mudah diatur. Mereka dapat berkomunikasi dan berempati dengan orang lain, membuatnya lebih mudah untuk berkolaborasi dalam apapun yang mereka lakukan.

Ada lebih sedikit konflik dalam hubungan ini karena Anda dapat secara efektif mencari tahu apa masalahnya dan kemudian bekerja untuk menyelesaikannya bersama.

Cara Meningkatkan Keterampilan Interpersonal

Berikut adalah beberapa tip tentang cara mengembangkan keterampilan interpersonal yang hebat.

1. Mintalah Umpan Balik yang Konstruktif

Sebelum mengembangkan keterampilan interpersonal, Anda perlu tahu di mana kekurangan Anda. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa langsung orang-orang terdekat Anda: rekan kerja, atasan, teman, dan keluarga.

Salah satu pendekatannya adalah dengan menunjukkan kepada mereka daftar keterampilan interpersonal di atas dan menanyakan keterampilan apa yang mereka kuasai dan keterampilan apa yang dapat mereka gunakan.

Perhatian: Waspadai keterampilan interpersonal Anda saat mencoba ini. Terbuka untuk umpan balik. Jangan tersinggung atau tersinggung. Anda akan mendengar hal-hal yang tidak ingin Anda dengar. Tapi itulah gunanya latihan!

2. Mendengarkan Secara Aktif

Seperti disebutkan sebelumnya, meningkatkan keterampilan interpersonal Anda membutuhkan menjadi pendengar yang lebih baik. Ada 6 langkah untuk berlatih mendengarkan secara aktif.

  1. Perhatikan saat orang lain berbicara. Jangan potong sebelum selesai. Tunggu satu atau dua detik untuk memastikannya tidak terpotong, lalu jeda dan lihat apakah itu benar-benar selesai. Lakukan kontak mata dan hindari gelisah atau multitasking. Ini adalah cara non-verbal untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan.
  2. Jangan menilai mereka atau membanjiri mereka dengan ide-ide Anda sendiri. Bersikaplah terbuka dan mau menerima sudut pandang orang lain. Anda tidak selalu benar! (Meski begitu, Anda tetap harus bekerja sama dan berkompromi.)
  3. Renungkan apa yang ingin mereka katakan dan bagaimana perasaan mereka. Ketika seorang kolega berkata, “Saya tidak tahu harus berbuat apa,” Anda mungkin merenung dan berkata, “Saya merasa mandek.”
  4. Ajukan pertanyaan sebanyak yang diperlukan untuk mengklarifikasi ambiguitas atau kebingungan. Anda bisa mengatakan: “Aku akan memastikan aku mendengarkan …”
  5. Parafrase dan ulangi lagi untuk meringkas apa yang mereka katakan. Dengan cara ini, Anda dapat 100% yakin bahwa Anda memahami maksud dan argumen mereka seperti yang mereka maksudkan.
  6. Bagikan pemikiran Anda – setelah orang tersebut selesai berbicara dan menegaskan bahwa Anda telah memahaminya dengan benar. Ada keseimbangan yang rumit. Anda ingin mengomunikasikan pemikiran Anda sambil mendukung orang lain dan bekerja untuk menyelesaikan masalah mereka pada saat yang bersamaan.

3. Komunikasikan dengan Perasaan Anda

Mengembangkan keterampilan interpersonal berarti Anda membutuhkan pemahaman yang lebih baik tentang orang lain, tetapi juga berarti pemahaman yang lebih baik tentang diri Anda sendiri.

Memahami reaksi dan pemicu emosional Anda sendiri akan memberi Anda kontrol yang lebih besar saat bekerja sama dengan orang lain.

Saat Anda menggali lebih dalam, Anda akan menemukan bahwa memahami perasaan Anda dapat secara otomatis meningkatkan kemampuan Anda untuk berempati dengan orang lain dan menempatkan diri Anda pada posisi mereka.

Dan ketika Anda secara aktif berkomunikasi dan mengomunikasikan pikiran, perasaan, dan ide Anda, Anda dapat melakukannya dengan lebih mudah dan efektif. Harvard Business Review memiliki artikel bagus untuk membantu Anda memahami emosi. Tiga tips utama adalah:

  • Perluas kosakata emosional Anda. Emosi yang berbeda memiliki “rasa” yang berbeda. Semakin banyak kata yang Anda pertimbangkan, semakin baik Anda dapat menavigasi perbedaan kecil.
  • Pertimbangkan seberapa kuat setiap emosi itu. Apakah Anda sangat sedih atau hanya kecewa? Anda juga dapat menilai intensitas pada skala 1-10.
  • Tulis tentang itu Setel pengatur waktu selama 20 menit dan jelajahi apa yang sangat Anda rasakan. Coba renungkan dan pelajari dengan menggunakan frasa seperti “Saya telah belajar” dan “sekarang saya sadar”.

4. Temukan Mentor atau Daftar Kursus

Jika Anda kesulitan mengembangkan keterampilan antarpribadi, ada banyak peluang untuk menemukan bantuan yang lebih langsung dan relevan.

Orang ini mungkin merasa sedikit rentan, tetapi selalu dapat mencoba menjangkau teman dekat, keluarga, rekan kerja, atau rekan kerja yang memiliki keterampilan interpersonal yang hebat. Pastikan mereka bersedia membimbing Anda dan memberikan tip, saran, dan strategi.

Anda juga dapat mencari pelatih profesional atau mengikuti kursus online. Lakukan pencarian Google cepat untuk menjelajahi pilihan Anda dan melihat apa yang sesuai dengan jadwal, preferensi studi, dan anggaran Anda. Jangan lupa untuk mencari istilah serupa seperti:

  • Kursus Kecerdasan Emosi
  • Pelatihan softskill
  • Kursus Keterampilan Orang
  • Pendidikan komunikasi yang lebih baik

Daftar Isi