Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Admisitrasi Perkantoran. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian administrasi perkantoran, fungsi, tujuan dan ruang lingkupnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel tentang pengertian administrasi perkantoran berikut ini.

Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

Serangkaian aktifitas atau kegiatan rutin didalam sebuah organisasi yang berkaitan dengan pengelolaan data dan informasi dalam mencapai tujuan organisasi dengan secara sistematik merupakan pengertian administrasi perkantoran.

Bila melihat secara etimologi, kata Administrasi memiliki arti ministrare, intensif atau bila melihat dalam bahasa indoneisa yaitu melayani, membantu, atau memenuhi.

Melihat definisi dari pengertian administrasi perkantoran merupakan semua atau seluruh aktivfitas teknis dan memiliki peranan pokok di dalam melakukan kegiatan atau operatif, menyajikan laporan pada direksi, dan berperan menciptakan organisasi perusahaan yang lebih efektif.

Bila meninjau dalam arti luas bahwa pengertian administrasi perkantoran adalah sebagi aktifitas perencanaan, mengarahkan, mengorganisisir, menyelenggaran serta mengawasi segala bentuk pekerjaan yang berkaitan dengan ruang lingkup dikantor dan tata usaha yang tertib.

Pengertian Administrasi Perkantoran Menurut Para Ahli

Agar bisa lebih mudah memahaminya berikut adalah beberapa pendapat dari beberapa ahli diantaranya yaitu:

  1. Menurut George Terry

Menurut George Terry Pengertian administrasi perkantoran ialah suatu perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan pada sebuah perkantoran dan menjadi penggerak kepada mereka yang menjalankannya supaya tujuan yang sudah ditetapkan itu bisa tercapai.

  1. Menurut Edwin Robinson dan William Leffingwell

Menurut Edwin Robinson dan William Leffingwell, Pengertian Administrasi perkantoran adalah suatu turunan dari ilmu dan seni manajemen yang berhubungan dengan operasional tugas kantor dengan secara tepat.

  1. Menurut Suparjati

Menurut Suparjati, pengertian Administrasi perkantoran adalah suatu proses kerja sama di dalam lingkup kantor dalam mencapai tujuan yang sudah disepakati bersama dengan melakukan fungsi manajemen.

  1. Menurut Arthur Granger

Menurut Arthur Granger, pengertian Administrasi perkantoran mempunyai fungsi untuk melaksanakan komunikasi pekerjaan kantor dengan tepat serta tata pelayanan kegiatan dokumentasi.

  1. Menurut William Spriegel dan Ernest Daview

Menurut William Spriegel dan Ernest Daview, Pengertian administrasi perkantoran adalah suatu pemberian yang tertuju pada seluruh aktivitas operasional seperti pengelolaan gudang, produksi, transportasi, marketing dan manufacturing.

Tujuan Administrasi Perkantoran

Tujuan dari adanya administrator perkantoran yaitu agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan secara efektif dan efisien serta bisa memenuhi dari sisi ekonomi yang mana harganya pantas atau sesuai dengan yang seharusnya, psikologi yang mana memberikan kepuasan dan teknis yang mana memiliki manfaat dan daya guna.

Berikut ini adalah beberapa tujuan admunistrasi perkantoran secara lengkap, antara lain yaitu:

  • Menerapkan kebijakan perusahaan atau departemen dan memberikan standar pelayanan dalam berhubungan dengan manajemen
  • Sebagai penyedia data dan informasi dengan secara lengkap kepada pihak-pihak yang membutuhkan dalam pelaksanaan tugas organisasi dengan secara efektif serta efisien
  • Melakukan pengawasan pekerjaan kantor serta administrasi supaya bisa memastikan terlaksananya prosedur, tenggat waktu dan standar kualitas yang tepat
  • Berdiskusi dengan karyawan mengenai prestasi kerja agar dapat mengidentifikasi masalah, penyebabnya, dan berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  • Memberikan pelatihan atau perintah kerja kepada pegawai.
  • Melakukan evaluasi, pemantauan, dan verifikasi kerja dengan membuat suatu laporan terkait kegiatan penggajian, produksi dan pengiriman.
  • Melakukan suatu proses perekrutan karyawan, mulai dari wawancara sampai pada memilih pegawai.
  • Menafsirkan serta juga mengomunikasikan semua atau seluruh prosedur kerja serta kebijakan perusahaan kepada para pegawai.

Pengertian Administrasi Perkantoran Fungsi dan Tujuannya

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran

Sebagai seorang administrator yang mana bertanggungjawab dalam perencanaan kerja bagi pegawai, pengadaan sara prasarana, pengawasan pegawai atau hal lainnya yang diperlukan.

Berikut adalah beberapa ruang lingkup administrator perkantoran antara lain yaitu:

  1. Aktivitas Kantor

Dalam aktifitas kantor terdapat beberapa ruang lingkup diantaranya yaitu:

  • Office planning (Perencanaan Perkantoran)
  • Office organizing (Pengorganisasian Perkantoran)
  • Office actuating (Pengarahan Perkantoran)
  • Office controlling (Pengawasan Perkantoran)
  1. Sarana atau Fasilitas Kerja Perkantoran

Berikut ini adalah beberapa sarana atau fasilitas kerja perkantoran meliputi:

  • Lokasi kantor
  • Gedung
  • Peralatan
  • Interior
  • Mesin Kantor

Fungsi Administrasi Perkantoran

Pada umumnya fungsi administrator perkantoran ada lima yaitu fungsi rutin, fungsi teknis, fungsi analis, fungsi interpersonal, dan fungsi manajeral. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Fungsi Rutin adalah fungsi administrasi yang memerlukan pemikiran minimal mencakup pengarsipan serta penggandaan.
  2. Fungsi Teknis adalah  fungsi administrasi yang memerlukan pendapat, keputusan, dan juga keterampilan perkantoran yang mumpuni.
  3. Fungsi Analis adalah fungsi administrasi yang memerlukan cara berpikir kritis serta kreatif dan juga kemampuan memutuskan sesuatu dengan cepat serta tepat.
  4. Fungsi Interpersonal adalah fungsi administrasi yang memerlukan analisis serta juga penilaian ialah sebagai dasar dalam memutuskan sesuatu dan juga keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang lain.
  5. Fungsi Manajerial adalah fungsi administrasi yang memerlukan perencanaan, pengukuran, pengorganisasian, memberikan motivasi.

Demikian panjelasan tentang Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Isi