√ 16 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

16 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Akuntabilitas. Yang meliputi pengertian akuntabilitas menurut para ahli yang dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

16 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertian akuntabilitas dengan detail menurut para ahli.

Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Akuntabilitas yaitu suatu istilah mewujudkan tingkat pertanggungjawaban seseorang atau lembaga tertentu yang berkaitan dengan sistem administrasi.
Dari pengertian akuntabilitas secara umum, berikut ini adalah beberapa pengertian akuntabilitas yang dikemukakan oleh para ahli

1. LAN (1999)

Pengertian akuntabilitas menurut LAN adalah kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban atau untuk menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan kolektif suatu organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau berkewenangan untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban.

2. Affan Gafar

Pengertian akuntabilitas menurut Affan Gafar adalah setiap pemegang jabatan yang dipilih oleh rakyat yang kemudia harus dapat mempertanggungjawaban kebijaksanaan yang hendak dan telah ditempuh, dan mempertanggungjawabkan ucapan atua kata-kata yang telah dikeluarkan dan juga mempertanggung jawabkan perilaku dalam kehidupan yang pernah, sedang bahkan akan dilaksanakan.

3. Teguh Arifiyadi (2008)

Pengertian akuntabilitas menurut Teguh Arifiyadi adalah kewajiban dari individu atau penguasa yang dipercayakan untuk mengelal sumber daya publik dan yang bersangkutan dengannya kemudian dapat menjawab hal yang menyangkut pertanggungjawabannya. Akuntabilitas terkait erat dengan istrumen untuk kegiatan kontrol terutama dalam hal pencapaian hasil pada pelayanan publik dan menyampaikannya secara transparan kepada masyarakat.

4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian akuntabilitas menurut KBBI adalah perihal pertanggung jawab; keadaan dapat dimintai pertanggungjawaban.

5. Wikipedia

Pengertian akuntabilitas menurut Wikipedia adalah sebuah konsep etika yang dekat dengan administrasi publik pemerintahan (lembaga eksekutif pemerintah, lembaga legislatif parlemen dan lembaga yuikatif kehakiman).

6. Mahmudi (2010:23)

Pengertian akuntabilitas menurut Mahmudi adalah kewajiban agen (pemerintah) untuk mengelola sumber daya, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas dan kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya publik kepada pemberi mandat (prinsipal)

7. Mardiasmo (2006:3)

Pengertian akuntabilitas menurut Mardiasmo adalah bentuk kewajiban mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan, pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui surat media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik.

8. Turner dan Hulme (1997)

Pengertian akuntabilitas menurut Turner and Hulme adalah keharusan lembaga sektor publik untuk lebih menekan pada pertanggungjawaban horizontal (masyarakat) bukan hanya pertanggungjawaban vertikal (otoritas yang lebih tinggi).

9. Syahrudin Rasul (2002:8)

Pengertian akuntabilitas menurut Syahrudin Rasul adalah kemampuan memberi jawaban kepada otoritas yang lebih tinggi atas tindakan sekelompok orang terhadap masyarakat luas dalam suatu organisasi.

10. Sirajudin Saleh dan Aslam Iqbal

Pengertian akuntabilitas menurut Sirajudin Saleh dan Aslam Iqbal adalah sisi sikap dan watak kehidupan manusia yang meliputi akuntabilitas internal dan eksternal seseorang. Sisi internal seseorang akuntabilitas merupakan pertanggungjawaban orang tersebut kepada Tuhan-Nya. Sedangkan akuntabilitas sisi eksternal seseoran yaitu akuntabilitas orang tersebut kepada lingkungannya baik lingkungan formal (atasan-bawahan) maupun lingkungan masyarakat.

11. Sedarmayanti (2003)

Pengertian akuntabilitas menurut Sedarmayanti adalah suatu perwujudan kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atua kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan melalui media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik.

12. Simbolon (2006)

Pengertian akuntabilitas menurut Simbolon adalah kewajiban untuk menyampaikan pertanggungjawaban atau untuk menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan kolektif atau organisasi kepada pihak yang dimiliki hak atau berkewenangan untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban.

13. Mardiasmo (2001)

Pengertian akuntabilitas publik menurut Mardiasmo adalah kewajiban pihak pemegang amanah (agent) untuk memberikan pertanggungjawaban, menyajikan, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas dan kegiatan tanggungjawabnya kepada pihak pemberi amanah (principal) yang memiliki hak dan meminta pertanggungjawaban tersebut.

14. The Advance Learner’s Dictionary (Lembaga Administrasi Negara, 2000:21)

Pengertian akuntabilitas menurut The Advance Learner’s Dictionary adalah requier or expected to give an explanation for ane’s action. Artinya akuntabilitas terkandung kewajiban untuk menyajikan dan melaporkan segala tindak tanduk dan kegiatannya terutama bidang administrasi keuangan kepada pihak yang lebih tinggi/atasannya.

16 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli

15. J.B Ghartey

Pengertian akuntabilitas menurut J.B Ghartey adalah akuntabilitas ditujukan untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan yang berhubungan dengan pelayanan apa? siapa? kepada siapa? milik siapa? yang mana? dan bagaimana?

16. Ledvina V.Carino

Pengertian akuntabilitas menurut Ledvina V.Carino adalah suatu evolusi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh seseorang petugas baik masih berada pada jalur otoritasnya atau sudah berada diluar tanggung jawabnya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 16 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi