10 Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Sukses di Masa Depan

seputarpengetahuan.co.idCara Memotivasi Diri Sendiri – Motivasi itu tidak mudah. Jika Anda seperti banyak orang, Anda tahu latihannya.

  • Setel alarm awal… Lalu aku tidak bisa bangun dari tempat tidur.
  • Putuskan untuk menurunkan berat badan dan melakukan pesta mabuk-mabukan.
  • Buat daftar tugas… Dapatkan kewalahan dan melarikan diri dengan pesta Netflix.

Sepertinya siklus ini tidak akan pernah berakhir, bukan? Sementara itu, Anda merasa terkuras dan kurang motivasi diri untuk menyelesaikan sesuatu.

10 Cara Memotivasi Diri Sendiri

Apakah ada cara untuk menemukan motivasi dan tetap termotivasi secara kritis? Syukurlah ada. Berikut adalah 10 cara memotivasi diri sendiri untuk menjadi seperti yang Anda inginkan dan mencapai tujuan Anda.

1. Mulai Saja

Cara memotivasi diri sendiri agar semangat belajar yaitu dengan memulai. Eh. Apakah Anda tidak membenci nasihat ini? Tetap saja, ada alasan mengapa kita semua mendengarnya jutaan kali. Itu bisa menghasilkan keajaiban. Anda tidak selalu harus beralasan dengan emosi Anda atau merasionalisasi mengapa Anda harus melakukan sesuatu.

Anda dapat mengatasi emosi negatif tersebut nanti pada saat yang tepat. Sebaliknya, mulailah mengesampingkan semua emosi negatif. Seperti yang dikatakan penulis terkenal Mark Twain, “Rahasia untuk maju adalah memulai.”

2. Buat Pekerjaan Anda Menjadi Langkah-langkah Kecil

Kadang-kadang itu hal-hal paling sederhana yang bekerja paling baik. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat melakukan semuanya sekaligus. Jadi, seperti yang dikatakan pelukis Vincent van Gogh, “Hal yang hebat adalah serangkaian hal-hal kecil yang bersatu.”

Berikut adalah beberapa cara memotivasi diri sendiri dalam bekerja untuk menyelesaikan sesuatu. Tulis apa yang perlu dilakukan di selembar kertas. Kemudian, tuliskan semua langkah yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkannya. Abaikan semuanya kecuali langkah kerja terakhir.

Setelah Anda berada dalam alur, akan lebih mudah untuk melanjutkan ke tugas berikutnya.

3. Ciptakan Pola Pikir Positif

Motivasi hampir tidak mungkin jika Anda melihat situasi dari perspektif negatif. Di sisi lain, kepositifan dapat membantu memberi energi dan memotivasi Anda. Jadi berhentilah sejenak dan tanyakan pada diri Anda sendiri. “Apa bagusnya situasi ini?”

Seperti yang dikatakan penulis Katherine Pulcifer, “Jika kita memiliki sikap bahwa hari ini akan menjadi hari yang baik, biasanya hari itu akan menjadi hari yang baik.”

4. Ciptakan Hati yang Bersyukur

Ketika Anda menemukan diri Anda dalam kebiasaan, rasanya mustahil untuk memotivasi diri sendiri. Jadi sebelum Anda mencoba memotivasi diri sendiri, mundur selangkah dan cobalah untuk menghargai perasaan Anda.

Jauh lebih mudah untuk tetap termotivasi ketika Anda merasa bersyukur untuk diri sendiri. Salah satu cara tercepat untuk merasa nyaman dengan diri sendiri adalah dengan mempraktikkan rasa syukur. Hampir tidak mungkin untuk merasa tertekan dan bersyukur pada saat yang bersamaan.

Untuk melatih rasa syukur, mulailah dengan menuliskan tiga hal yang Anda syukuri. Bisa apa saja mulai dari kopi pagi Anda hingga hewan peliharaan Anda atau bahkan kursi yang nyaman untuk diduduki.

Idealnya, Anda dapat membuat jurnal rasa syukur di mana Anda bersyukur atas hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari.

5. Berbaik Hatilah pada Diri Sendiri

Sangat mudah untuk menyalahkan diri sendiri atas penundaan atau kesalahan. Faktanya, jika Anda seperti banyak orang, Anda akan menemukan bahwa Anda secara internal “berbicara” kepada diri sendiri dengan cara yang kejam.

Jika Anda mendapati diri Anda melakukan ini, berhentilah dan bicaralah dengan ramah kepada diri sendiri. Anda tidak akan berbicara seperti itu kepada orang lain, jadi mengapa berbicara kepada diri sendiri? Anda pantas mendapatkan kebaikan Anda sendiri.

Ingat nilai intrinsik Anda yang sebenarnya sebagai manusia. Kemudian dengan lembut kembali ke tugas yang ada.

6. Jadilah Konstruktif

Kesalahan adalah kesempatan besar untuk belajar dan berkembang. Tanyakan pada diri sendiri ketika Anda melakukan kesalahan. “Mengapa saya melakukan kesalahan ini? Bagaimana saya bisa menghindari membuat kesalahan yang sama di masa depan?”

Dengan melakukan ini dan menindaki apa yang Anda pelajari, Anda dapat mengubah kesalahan menjadi peluang.

Pengusaha Arianna Huffington berkata, “Kita harus menerima bahwa kita tidak selalu membuat keputusan yang tepat. Kita terkadang membuat kesalahan. Kita harus memahami bahwa kegagalan adalah bagian dari kesuksesan, bukan sebaliknya.”

7. Atur Daftar Tugas Anda

Daftar tugas membantu Anda mengatur tugas dan fokus pada hal-hal penting. Tapi mereka juga bisa membuat kita kewalahan dan membuat kita menunda lebih jauh. Jadi, jika Anda kesulitan untuk tetap termotivasi, coba kurangi daftar tugas Anda ke ukuran yang lebih mudah diatur.

Pilih tidak lebih dari 3 tugas setiap hari dan buat daftar tugas baru. Kemudian abaikan semuanya kecuali yang pertama. Seiring waktu, daftar tugas Anda bisa bertambah panjang.

8. Tetapkan Tujuan yang Dapat Dicapai yang Menggairahkan

Memiliki tujuan yang terlalu besar atau tidak dapat dicapai dapat melumpuhkan rasa tidak aman dan ketakutan Anda. Ini adalah cara jitu untuk menghilangkan motivasi. Lepaskan tujuan yang melumpuhkan Anda untuk saat ini. Alih-alih, pilih tujuan yang cukup menarik untuk membantu memotivasi Anda.

Seperti yang dikatakan politisi Theodore Roosevelt, “Lihatlah ke bintang-bintang dan letakkan kakimu di tanah.”

9. Bayangkan Masa Depan Jika tidak Berubah

Dapatkan inspirasi dengan mudah dengan tips ini. Bayangkan kehidupan yang memuaskan yang akan Anda miliki saat Anda memotivasi diri sendiri alih-alih berfokus pada perubahan yang Anda inginkan.

Tanyakan pada diri Anda, “Akan seperti apa hidup Anda dalam 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun?”

Berikut adalah beberapa kutipan motivasi. “Kamu bisa merasakan sakitnya latihan, kamu bisa merasakan sakitnya penyesalan. Pilihan ada padamu.”

10. Lihat Kembali Seberapa Jauh Anda Telah Melangkah

Seberapa sering Anda mengambil istirahat sejenak untuk merenungkan seberapa jauh Anda telah datang? Jika Anda seperti banyak orang, Anda mungkin tidak cukup memuji diri sendiri untuk semua pertumbuhan yang telah Anda lalui.

Luangkan waktu sejenak untuk memejamkan mata dan mengingat setiap keberhasilan, sekecil apapun. Lakukan sering untuk membantu mempromosikan pengembangan pribadi.

Daftar Isi