√ Pengertian Diskusi, Unsur dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Diskusi, Unsur dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kita akan mulai membahas mengenai Diskusi. Tentu baik kita sadari ataupun tidak kita sadari kita sering melakukan sebuah diskusi untuk memecahkan sutau permasalahan.

Pengertian Diskusi, Unsur dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Namun meski sering kita lakukan apakah kita sudah memahami dengan baik apa sebenarnya arti dari diskusi itu? Oleh karena itu kami akan memnjelaskannya di artikel kali ini supaya bisa memberikan arti dari diskusi agar para pembaca dapat memahami arti dari diskusi dengan baik.

Diskusi yang biasnya dilakukan untuk memberikan sebuah solusi dari suatu permasalahan, tentu tanpa kita sadari sudah kita lakukan sejak kita duduk dibangku sekolah. Karena setiap kali kita melakukan kerja kelompok kita pasti akan mendiskusikan terlebih dahulu kepada teman satu kelompok untuk bisa mengerjakan tugas kelompok tersebut.

Dan sampai kapanpun diskusi merupakan salah satu hal yang baik untuk dilakukan ketika menyelesaikan sebuah permasalahan. Oleh karena itu mari langsung saja untuk memulai pembahsannya dibawah ini.

Pengertian Diskusi

Diskusi ilaha sebuah pertukaran pemikiran, gagasan dan juga pendapat diantara dua orang atau juga lebih. Yang memiliki tujuan untuk dapat mencari sebuah kesepakatan pendapat, meski begitu tidak semua kegiatan dari bertukar pikiran disebut dengan sebuah diskusi.

Sebab diskusi adalah sebuah prosese bertukar pikiran atau juga gagasan dengan terarah. Oleh karena itu diskusi hanya dilakukan jika ada sebuah permasalahan yang akan dicarikan solusinya hingga persoalan tersebut menjadi sebuah bahan diskusi.

Dan pada biasanya diskusi sering dilakukan di dalam bentuk kelompok, dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa diskusi mempunyai sebuah tujuan agar bisa mendapatkan sebuah kesepakatan serta untuk mendapatkan keputusan tentang sebuah persoalan yang dibahas di dalam sebuah diskusi. Dan biasanya di dalam sebuah diskusi akan terjadi sebuah prosestanya jawab untuk bisa mendapatkan solusi.

Unsur-Unsur Diskusi

Dan pada kesempatan kali ini kita akan kembali melanjutkan pembahasan mengenai unsur-unsur dari diskusi. Dan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan dari diskusi adapun unsur-unsur yang ada didalamnya ialah.

Unsur manusia

  • Ketua diskusi atau seorang moderator.
  • Peserta diskusi
  • Dan juga pendengar diskusi.

Unsur materi

  • Tema dari sebuah diskusi.

Unsur fasilitas

  • Peralatan yang diperlukan atau digunakan di dalam diskusi.

Di dalam sebuah proses diskusi melibatkan beberapa orang dan didalam sebuah diskusi kelompok juga diperlukan seseorang untuk dapat memimpin jalannya sebuah diskusi, dan disebut juga dengan ketua diskusi ataupun seorang moderator.

Sedangkan tugas dari moderator sendiri adalah membuka dan juga menutup sebuah diskusi, memancing dari setiap anggota atau juga peserta diskusi agar dapat mengungkapkan sebuah gagasan, dan menengahi jika ada anggota yang berdebat serta menyampaikan sebuah kesimpulan dari hasil diskusi yang sudah dilakukan. Dan inilah sifat-sifat yang juga diperlukan oleh seorang moderator diskusi diantaranya ialah.

  1. Mempunyai kepribadian yang baik.
  2. Mempunyai pengertian ataupun simati pada orang lain.
  3. Tidak memihak kepada siapapun.
  4. Mempunyai sifat pengertian.
  5. Mempunyai perasaan humor.
  6. Mempunyai bakan untuk dapat berbicara di depan umum.
  7. Berintelegen dan juga berkemampuan untuk dapat mengambilsebuah keputusan.

Pengertian Diskusi, Unsur-Unsur Diskusi Dan Jenisnya Lengkap

Jenis-Jenis Diskusi

Selain dari penjelasan diatas, masih ada lagi penjelasan yang akan diberikan yaitu tentang jenis dari diskusi. Bagi yang ingin mengetahui apa saja jenis dari diskusi langsung saja kita lanjutkan pembahasannya dibawah ini.

  1. Seminar.
  2. Diskusi Panel.
  3. Simposium.
  4. Lokakarya.
  5. Kongres.
  6. Konferensi.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan tentang Pengertian Diskusi, Unsur dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap), yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. sebuah diskusi merupakan hal yang penting disaat ingin memecahkan sebuah permasalahan. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi