√ Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang Riset Pasar. Riset pasar berkaitan dengan riset pemasaran yaitu untuk mendapatkan kondisi pasar yang berguna bagi strategi pemasaran suatu perusahaan atau organisasi.

Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap)

Selain mendapatkan informasi tentang pasar, suatu riset pasar juga mempunyai beberapa jenis, metode dalam riset tersebut. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan lengkap dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Riset Pasar

Dalam Wikipedia Riset pasar adalah desain, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sistematis atas data dan segala penemuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.

Selain itu definisi dari riset pasar yaitu kegiatan riset/research/penelitian yang dilakukan pada bidang pemasaran. Kegiatan itu mencakup seperti pengumpulan informasi pasar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan (target pasar, pesaing, lingkungan, dan lainnya).

Melakukan riset pasar maka akan mengetahui siapa saja yang memerlukan produk atau jasa yang ditawarkan, yang mana produk atau jasa itu dibutuhkan, dan kualitas produk seperti apa yang menjadi kebutuhan konsumen.

Lebih dari itu melakukan riset pasar dapat mengetahui seberapa besar permintaan serta potensi permintaan, kapan permintaan itu memuncak dan kapan permintaan itu akan turun dari konsumen.

Jenis-Jenis Riset Pasar

Riset pasar dibedakan menjadi dua, yaitu:

Riset Primer

Riset primer berasal dari target pasar atau target riset dengan langsung. Tujuan dari riset pasar primer adalah menjalankan pengumpulan informasi agar tahun kondisi atau keadaan pasar saat ini. Cara yang dilakukan untuk mendapatkan data melalui riset primer adalah:

  • Melakukan wawancara (Interview) dengan tatap muka ataupun tidak langsung (melalui telepon/skype/teleconference/videocall).
  • Survey/Observasi
  • Kuisioner
  • Mengadakan diskusi dengan berkelompok kepada anggota yang terdiri atas sampel konsumen (customer) potensial untuk diperoleh feedback dari hasil diskusi tersebut.

Riset Sekunder

Sedangkan dalam riset sekunder, data didapat laporan, publikasi, dan hal yang berhubungan yang sudah diterbitkan secara umum. Riset sekunder mempunyai tujuan untuk penganalisaan data yang sudah tersedia yang selanjutnya menjadi pertimbangan sebuah strategi pemasaran yang ampuh.

Metode Pengumpulan Data Riset Pasar

Dalam melakukan riset pasar harus menggunakan metode pengumpulan data, yaitu:

Interview/Wawancara

Untuk bisa tahu informasi pasar dapat dengan melakukan sebuah wawancara secara langsung kepada sasaran dari riset pasar baik target market dalam bentuk pelanggan/penguna ataupun calon pelanggan/pengguna.

Wawancara bisa dilakukan dengan bertatap muka yang seringkali dijalankan pada titik-titik lokasi yang sudah ditetapkan seperti toko tempat pelanggan membeli produk.

Wawancara juga dapat dilakukan dengan sampungan telepon yang dicocokan dengan database pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan. Contoh riset pasar ini seringkali dijalankan oleh lembaga keuangan (BANK) untuk mendapatkan inforamsi kepuasan pelanggan mereka dalam penggunaan produk keuangan.

Kuisioner

Wawancara langsung atau tidak langsung biasa mempunyai sisi yang mengganggu pelanggan dan memberi kesan intimidatif karena dilakukan dengan terbuka. Oleh sebab itu, ada cara lain seperti dengan memberikan kuisioner.

Kuisioner diberikan secara langsung ataupun secara online yang isinya tentang pertanyaan kepada pelanggan tentang informasi yang diperlukan oleh perusahaan. Agar lebih optimal dalam pengumpulan data dengan metode ini seringkali pelanggan yang mengisi kuisionar akan diberi imbalan seperti souvenir atau produk secara gratis.

Survey

Pada dasarnya metode ini hampir mirip dengan metode kuisioner yakni memberikan beberapa pertanyaan kepada pelanggan. Namun pada metode survey dijalankan secara menyeluruh dengan sampel pelanggan yang lebih banyak menjadikan dapat lebih mewakiliki responden (pelanggan) yang menyeluruh.

Focus Group Discussion

Langkah focus group discussion pada riset pasar adalah dengan membuat grup diskusi yang anggotanya adalah sample responden potensiaal atau pelanggan utama.

Pembahasan diskusi yaitu lebih mengarah untuk encourage peserta supaya menyampaikan segala hal yang mereka perlukan, bagaimana kesat ketika menggunakan produk kita, dan kritik dan sarah atas produk yang kita hasilkan.

Informasi tadi yang nantikan akan menjadi suatu acuan untuk strategi pemasaran kedepan. Seperti halnya dengan kuisioner dan survey maka dibutuhkan imbalan untuk peserta grup diskusi ini.

Observasi

Cara ini dijalankan untuk memperoleh dan menyatukan data dengan melakukan pengamatan secara langsung keadaan yang ada di pasar. Berhubungan dengan jumlah penjualan suatu produk di berbagai outlet ataupun ketertarikan pelanggan ataupun calon pelanggan atas produk pesaing. Langkah ini cukup efektif tetapi membutuhkan tenaga dan biaya yang besar karena meliputi area yang luas.

Pengertian Riset Pasar, Jenis-Jenis, Metode, Contoh Terlengkap

Contoh Riset Pasar

Dibawah ini adalah contoh riset pasar, yaitu:

1. Sebuah perusahaan ketika akan mengeluarkan suatu iklan di televisi dibutuhkan riset tentang profil target pasar mereka seperti usia, jenis kelamin, dan lainnya. Informasi ini kemudian akan dicocokkan terhadap konsep iklan mereka seperti model yang dipakai, warna, tema iklan dan lain sebagainya.

Sebagai contoh pada iklan sabun mandi wanita maka akan digunakan model dari publik figur yang terkenal, cantik dan elegan untuk menjadi duta sabun dan menggunakan warna serta tema yang telah disesuaikan dengan produk mereka. Hal itu dilakukan agar tercipta minat calon pelanggan untuk membeli produk sabun mandi mereka.

2. Di saat akan membuat produk Mie Instan dengan ukuran besar, maka perusahaan akan melakukan riset untuk mengetahui keperluan pelanggan. Riset dilakukan agar tahun apakah takaran mie instan yang ada di pasaran telah sesuai atau ada target pasar yang meminta ukuran yang lebih besar.

Dari hasil riset itu akan bisa diambil kesimpulan ada target pasar yang menghendaki adanya produk mie instan dengan ukuran lebih besar dari biasanya. Oleh itu saat ini mie instan ada yang berukuran besar atau jumbo.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi