Home » √ Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap)
√ Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap)
Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang Riset Pasar. Riset pasar berkaitan dengan riset pemasaran yaitu untuk mendapatkan kondisi pasar yang berguna bagi strategi pemasaran suatu perusahaan atau organisasi.
Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap)
Selain mendapatkan informasi tentang pasar, suatu riset pasar juga mempunyai beberapa jenis, metode dalam riset tersebut. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan lengkap dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Riset Pasar
Dalam Wikipedia Riset pasar adalah desain, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sistematis atas data dan segala penemuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.
Selain itu definisi dari riset pasar yaitu kegiatan riset/research/penelitian yang dilakukan pada bidang pemasaran. Kegiatan itu mencakup seperti pengumpulan informasi pasar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan (target pasar, pesaing, lingkungan, dan lainnya).
Melakukan riset pasar maka akan mengetahui siapa saja yang memerlukan produk atau jasa yang ditawarkan, yang mana produk atau jasa itu dibutuhkan, dan kualitas produk seperti apa yang menjadi kebutuhan konsumen.
Lebih dari itu melakukan riset pasar dapat mengetahui seberapa besar permintaan serta potensi permintaan, kapan permintaan itu memuncak dan kapan permintaan itu akan turun dari konsumen.
Jenis-Jenis Riset Pasar
Riset pasar dibedakan menjadi dua, yaitu:
Riset Primer
Riset primer berasal dari target pasar atau target riset dengan langsung. Tujuan dari riset pasar primer adalah menjalankan pengumpulan informasi agar tahun kondisi atau keadaan pasar saat ini. Cara yang dilakukan untuk mendapatkan data melalui riset primer adalah:
Melakukan wawancara (Interview) dengan tatap muka ataupun tidak langsung (melalui telepon/skype/teleconference/videocall).
Survey/Observasi
Kuisioner
Mengadakan diskusi dengan berkelompok kepada anggota yang terdiri atas sampel konsumen (customer) potensial untuk diperoleh feedback dari hasil diskusi tersebut.
Riset Sekunder
Sedangkan dalam riset sekunder, data didapat laporan, publikasi, dan hal yang berhubungan yang sudah diterbitkan secara umum. Riset sekunder mempunyai tujuan untuk penganalisaan data yang sudah tersedia yang selanjutnya menjadi pertimbangan sebuah strategi pemasaran yang ampuh.
Metode Pengumpulan Data Riset Pasar
Dalam melakukan riset pasar harus menggunakan metode pengumpulan data, yaitu:
Interview/Wawancara
Untuk bisa tahu informasi pasar dapat dengan melakukan sebuah wawancara secara langsung kepada sasaran dari riset pasar baik target market dalam bentuk pelanggan/penguna ataupun calon pelanggan/pengguna.
Wawancara bisa dilakukan dengan bertatap muka yang seringkali dijalankan pada titik-titik lokasi yang sudah ditetapkan seperti toko tempat pelanggan membeli produk.
Wawancara juga dapat dilakukan dengan sampungan telepon yang dicocokan dengan database pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan. Contoh riset pasar ini seringkali dijalankan oleh lembaga keuangan (BANK) untuk mendapatkan inforamsi kepuasan pelanggan mereka dalam penggunaan produk keuangan.
Kuisioner
Wawancara langsung atau tidak langsung biasa mempunyai sisi yang mengganggu pelanggan dan memberi kesan intimidatif karena dilakukan dengan terbuka. Oleh sebab itu, ada cara lain seperti dengan memberikan kuisioner.
Kuisioner diberikan secara langsung ataupun secara online yang isinya tentang pertanyaan kepada pelanggan tentang informasi yang diperlukan oleh perusahaan. Agar lebih optimal dalam pengumpulan data dengan metode ini seringkali pelanggan yang mengisi kuisionar akan diberi imbalan seperti souvenir atau produk secara gratis.
Survey
Pada dasarnya metode ini hampir mirip dengan metode kuisioner yakni memberikan beberapa pertanyaan kepada pelanggan. Namun pada metode survey dijalankan secara menyeluruh dengan sampel pelanggan yang lebih banyak menjadikan dapat lebih mewakiliki responden (pelanggan) yang menyeluruh.
Focus Group Discussion
Langkah focus group discussion pada riset pasar adalah dengan membuat grup diskusi yang anggotanya adalah sample responden potensiaal atau pelanggan utama.
Pembahasan diskusi yaitu lebih mengarah untuk encourage peserta supaya menyampaikan segala hal yang mereka perlukan, bagaimana kesat ketika menggunakan produk kita, dan kritik dan sarah atas produk yang kita hasilkan.
Informasi tadi yang nantikan akan menjadi suatu acuan untuk strategi pemasaran kedepan. Seperti halnya dengan kuisioner dan survey maka dibutuhkan imbalan untuk peserta grup diskusi ini.
Observasi
Cara ini dijalankan untuk memperoleh dan menyatukan data dengan melakukan pengamatan secara langsung keadaan yang ada di pasar. Berhubungan dengan jumlah penjualan suatu produk di berbagai outlet ataupun ketertarikan pelanggan ataupun calon pelanggan atas produk pesaing. Langkah ini cukup efektif tetapi membutuhkan tenaga dan biaya yang besar karena meliputi area yang luas.
Contoh Riset Pasar
Dibawah ini adalah contoh riset pasar, yaitu:
1. Sebuah perusahaan ketika akan mengeluarkan suatu iklan di televisi dibutuhkan riset tentang profil target pasar mereka seperti usia, jenis kelamin, dan lainnya. Informasi ini kemudian akan dicocokkan terhadap konsep iklan mereka seperti model yang dipakai, warna, tema iklan dan lain sebagainya.
Sebagai contoh pada iklan sabun mandi wanita maka akan digunakan model dari publik figur yang terkenal, cantik dan elegan untuk menjadi duta sabun dan menggunakan warna serta tema yang telah disesuaikan dengan produk mereka. Hal itu dilakukan agar tercipta minat calon pelanggan untuk membeli produk sabun mandi mereka.
2. Di saat akan membuat produk Mie Instan dengan ukuran besar, maka perusahaan akan melakukan riset untuk mengetahui keperluan pelanggan. Riset dilakukan agar tahun apakah takaran mie instan yang ada di pasaran telah sesuai atau ada target pasar yang meminta ukuran yang lebih besar.
Dari hasil riset itu akan bisa diambil kesimpulan ada target pasar yang menghendaki adanya produk mie instan dengan ukuran lebih besar dari biasanya. Oleh itu saat ini mie instan ada yang berukuran besar atau jumbo.
Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik,… Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik, dan Tingkatannya - Adakah yang belum tahu apa itu Pencak Silat ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Pencak Silat dan hal-hal lain…
Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
√ Pengertian Audit Internal, Tujuan, Fungsi dan Ruang… Pengertian Audit Internal, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkupnya - Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskasn tentang Audit Internal. Audit internal berkaitan dengan penilaian terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Pengertian Audit…
Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan… Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan Fungsinya - Apakah yang di maksud dengan Iman Kepada Qada dan Qadar ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan…
√ Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi,… Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Keterlibatan Kerja. Yang meliputi pengertian, karakteristik, dimensi, aspek dan faktor yang mempengaruhi keterlibatan kerja…
Tesis adalah : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis,… Tesis adalah : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Karakteristiknya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang tesis. Penjelasan disini meliputi pengertian tesis, ciri-ciri tesis, tujuan tesis, jenis tesis, karakteristik…
Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi Pengolah Data… Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi Pengolah Data yang Sangat Bermanfaat Bagi sebagian kalangan pasti sudah tidak asing dengan Microsoft excel, karena memang sudah biasa menggunakannya. Microsoft excel merupakan program aplikasi…
Fundamental Adalah : Pengertian, Analisis, Faktor dan… Fundamental Adalah : Pengertian, Analisis, Faktor dan Contohnya – Apa yang dimaksud dengan fundamental? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apa itu fundamental dan hal hal yang melingkupinya.Mari…
24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Disini seputarpengetahuan.com akan membahas mengenai Informasi, pasti semua sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi seseorang…
Ruang Lingkup Psikologi : Pengertian, Macam, Tugas dan… Ruang Lingkup Psikologi : Pengertian, Macam, Tugas dan Metodologi Penelitian Psikologi - Apakah itu ruang lingkup psikologi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Psikologi dan hal yang melingkupinya.Mari kita…
18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) 18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Jika anda sudah lulus dari bangku SMA (Sekolah Menengah Atas) tentu kalian akan melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi yakni Perguruan Tinggi.…
Kartu NISN : Pengertian NISN dan Aplikasi Cetak NISN Gratis Kartu NISN : Pengertian NISN dan Aplikasi Cetak NISN Gratis - Apakah itu Kartu NISN ? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apakah itu kartu NISN dan hal-hal…
√ 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli… 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang knowledge management atau manajemen pengetahuan. Penjelasan yang didasarkan oleh pendapat para ahli dengan lengkap…
√ Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang strategi pemasaran. Yang meliputi pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, fungsi dan jenis strategi pemasaran…
√ 12 Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat, Fungsi &… 12 Pengertian Statistik, Tujuan, Manfaat, Fungsi & Jenisnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan tentang statistik. Pembahasan disini meliputi pengertian statistik menurut para ahli, tujuan statistik, manfaat statistik,…
√ 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan… 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan Penilaian serta Analisisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kinerja keuangan. Penjelasan yang dimaksud adalah pengertian kinerja keuangan menurut para ahli,…
√ 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan… 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan Indikatornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kebangkrutan. Pembahasan yang meliputi pengertian kebangkrutan yang dikemukakan oleh beberapa ahli, faktor penyebab kebangkrutan dan…
Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen,… Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen, Ciri Ciri, Jurusan, Contoh - Apakah yang di maksud dengan Sistem Informasi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Sistem Informasi…
33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pembahasan kali ini akan membahas tentang sebuah wadah yang didalamnya terdapat beberapa orang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.…
Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Ekonomi Kreatif. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis dan sektor ekonomi kreatif dengan pembahasan lengkap…
23 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 23 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Dalam sebuah penelitian ada teknik dalam melakukan sebuah penelitian, salah satunya adalah teknik observasi. Apa yang dimaksud dengan observasi? Observasi merupakan salah satu teknik…
√ Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan,… Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen & Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teknologi informasi yang dikemukakan oleh para ahli dan juga tujuan,…
Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis,… Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Cirinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan dagang. Yang meliputi pengertian perusahaan dagang, jenis perusahaan dagang, ciri-ciri perusahaan…
Desain Grafis : Pengertian, Jenis, Ketrampilan, Aplikasi,… Desain Grafis : Pengertian, Jenis, Ketrampilan, Aplikasi, Prinsip dan Elemen - Di zaman serba komputerisasi saat ini adakah yang belum paham apa itu yang di maksud Desain Grafis? Pada kesempatan…
Turunan Fungsi Aljabar : Rumus, Aplikasi, Notasi, Perkalian… Turunan Fungsi Aljabar : Rumus, Aplikasi, Notasi, Perkalian Pembagian Dua Fungsi dan Contoh Soal - Apakah kamu mengerti apa yang di maksud dengan Turunan Fungsi Aljabar ? Pada kesempatan kali…
√ Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metodenya (Lengkap) Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metodenya (Lengkap) – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Kimia Analisis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelasakan pengertian kimia analisis, jenis dan…
17 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli (Pembahasan… 17 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Statistik merupakan salah satu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari agar dapat memudahkan seseorang dalam membuat suatu penelitian, observasi ataupun riset yang…
√ Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli (Bahas… Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Tentunya dapat kita ketahui jika masing-masing perusahaan pasti dapat meninjau kinerja dari sebuah perusahaan. Masing-masing perusahaan tentunya selalu melakukan peninjauan kinerja dari…
Ukuran Penyebaran Data : Pengertian, Jangkauan, Simpangan,… Ukuran Penyebaran Data : Pengertian, Jangkauan, Simpangan, Hamparan, Kuartil dan Rumusnya - Bagaimana cara mengukur penyebaran data ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Rumus ukuran penyebaran data serta hal hal lain…
√ E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang E-Business. Yang mana dalam menjelaskan pengertian e busines, strategi, keuntungan, unsur e-busines serta contohnya…