√ Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap)
Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang Riset Pasar. Riset pasar berkaitan dengan riset pemasaran yaitu untuk mendapatkan kondisi pasar yang berguna bagi strategi pemasaran suatu perusahaan atau organisasi.
Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap)
Selain mendapatkan informasi tentang pasar, suatu riset pasar juga mempunyai beberapa jenis, metode dalam riset tersebut. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan lengkap dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Riset Pasar
Dalam Wikipedia Riset pasar adalah desain, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sistematis atas data dan segala penemuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.
Selain itu definisi dari riset pasar yaitu kegiatan riset/research/penelitian yang dilakukan pada bidang pemasaran. Kegiatan itu mencakup seperti pengumpulan informasi pasar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan (target pasar, pesaing, lingkungan, dan lainnya).
Melakukan riset pasar maka akan mengetahui siapa saja yang memerlukan produk atau jasa yang ditawarkan, yang mana produk atau jasa itu dibutuhkan, dan kualitas produk seperti apa yang menjadi kebutuhan konsumen.
Lebih dari itu melakukan riset pasar dapat mengetahui seberapa besar permintaan serta potensi permintaan, kapan permintaan itu memuncak dan kapan permintaan itu akan turun dari konsumen.
Jenis-Jenis Riset Pasar
Riset pasar dibedakan menjadi dua, yaitu:
Riset Primer
Riset primer berasal dari target pasar atau target riset dengan langsung. Tujuan dari riset pasar primer adalah menjalankan pengumpulan informasi agar tahun kondisi atau keadaan pasar saat ini. Cara yang dilakukan untuk mendapatkan data melalui riset primer adalah:
Melakukan wawancara (Interview) dengan tatap muka ataupun tidak langsung (melalui telepon/skype/teleconference/videocall).
Survey/Observasi
Kuisioner
Mengadakan diskusi dengan berkelompok kepada anggota yang terdiri atas sampel konsumen (customer) potensial untuk diperoleh feedback dari hasil diskusi tersebut.
Riset Sekunder
Sedangkan dalam riset sekunder, data didapat laporan, publikasi, dan hal yang berhubungan yang sudah diterbitkan secara umum. Riset sekunder mempunyai tujuan untuk penganalisaan data yang sudah tersedia yang selanjutnya menjadi pertimbangan sebuah strategi pemasaran yang ampuh.
Metode Pengumpulan Data Riset Pasar
Dalam melakukan riset pasar harus menggunakan metode pengumpulan data, yaitu:
Interview/Wawancara
Untuk bisa tahu informasi pasar dapat dengan melakukan sebuah wawancara secara langsung kepada sasaran dari riset pasar baik target market dalam bentuk pelanggan/penguna ataupun calon pelanggan/pengguna.
Wawancara bisa dilakukan dengan bertatap muka yang seringkali dijalankan pada titik-titik lokasi yang sudah ditetapkan seperti toko tempat pelanggan membeli produk.
Wawancara juga dapat dilakukan dengan sampungan telepon yang dicocokan dengan database pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan. Contoh riset pasar ini seringkali dijalankan oleh lembaga keuangan (BANK) untuk mendapatkan inforamsi kepuasan pelanggan mereka dalam penggunaan produk keuangan.
Kuisioner
Wawancara langsung atau tidak langsung biasa mempunyai sisi yang mengganggu pelanggan dan memberi kesan intimidatif karena dilakukan dengan terbuka. Oleh sebab itu, ada cara lain seperti dengan memberikan kuisioner.
Kuisioner diberikan secara langsung ataupun secara online yang isinya tentang pertanyaan kepada pelanggan tentang informasi yang diperlukan oleh perusahaan. Agar lebih optimal dalam pengumpulan data dengan metode ini seringkali pelanggan yang mengisi kuisionar akan diberi imbalan seperti souvenir atau produk secara gratis.
Survey
Pada dasarnya metode ini hampir mirip dengan metode kuisioner yakni memberikan beberapa pertanyaan kepada pelanggan. Namun pada metode survey dijalankan secara menyeluruh dengan sampel pelanggan yang lebih banyak menjadikan dapat lebih mewakiliki responden (pelanggan) yang menyeluruh.
Focus Group Discussion
Langkah focus group discussion pada riset pasar adalah dengan membuat grup diskusi yang anggotanya adalah sample responden potensiaal atau pelanggan utama.
Pembahasan diskusi yaitu lebih mengarah untuk encourage peserta supaya menyampaikan segala hal yang mereka perlukan, bagaimana kesat ketika menggunakan produk kita, dan kritik dan sarah atas produk yang kita hasilkan.
Informasi tadi yang nantikan akan menjadi suatu acuan untuk strategi pemasaran kedepan. Seperti halnya dengan kuisioner dan survey maka dibutuhkan imbalan untuk peserta grup diskusi ini.
Observasi
Cara ini dijalankan untuk memperoleh dan menyatukan data dengan melakukan pengamatan secara langsung keadaan yang ada di pasar. Berhubungan dengan jumlah penjualan suatu produk di berbagai outlet ataupun ketertarikan pelanggan ataupun calon pelanggan atas produk pesaing. Langkah ini cukup efektif tetapi membutuhkan tenaga dan biaya yang besar karena meliputi area yang luas.
Contoh Riset Pasar
Dibawah ini adalah contoh riset pasar, yaitu:
1. Sebuah perusahaan ketika akan mengeluarkan suatu iklan di televisi dibutuhkan riset tentang profil target pasar mereka seperti usia, jenis kelamin, dan lainnya. Informasi ini kemudian akan dicocokkan terhadap konsep iklan mereka seperti model yang dipakai, warna, tema iklan dan lain sebagainya.
Sebagai contoh pada iklan sabun mandi wanita maka akan digunakan model dari publik figur yang terkenal, cantik dan elegan untuk menjadi duta sabun dan menggunakan warna serta tema yang telah disesuaikan dengan produk mereka. Hal itu dilakukan agar tercipta minat calon pelanggan untuk membeli produk sabun mandi mereka.
2. Di saat akan membuat produk Mie Instan dengan ukuran besar, maka perusahaan akan melakukan riset untuk mengetahui keperluan pelanggan. Riset dilakukan agar tahun apakah takaran mie instan yang ada di pasaran telah sesuai atau ada target pasar yang meminta ukuran yang lebih besar.
Dari hasil riset itu akan bisa diambil kesimpulan ada target pasar yang menghendaki adanya produk mie instan dengan ukuran lebih besar dari biasanya. Oleh itu saat ini mie instan ada yang berukuran besar atau jumbo.
Pengertian Komunikasi Data Beserta Komponen &… Pengertian Komunikasi Data Beserta Komponen & Karakteristiknya - Pada kesempatan yang lalu kita sudah membahas tentang pengertian data, kali ini sedikit berbeda, disini kita akan membahas tentang apa itu komunikasi data,…
√ Pengertian Dokumentasi, Fungsi, Kegiatan, Manfaat &… Pengertian Dokumentasi, Fungsi, Kegiatan, Manfaat & Pengkodean - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang dokumentasi. Yang meliputi pengertian dokumentasi menurut para ahli, fungsi dokumentasi, kegiatan dokumentasi, manfaat dan pengkodean…
Sistem Gerak Pada Manusia : Tulang, Persendian, Otot,… Sistem Gerak Pada Manusia : Tulang, Persendian, Otot, Fungsi, Kelainan Dan Gangguannya - Apa sajakah sistem gerak pada tubuh manusia ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang…
√ Pengertian Holding Company, Ciri, Tujuan, Kelebihan,… Pengertian Holding Company, Ciri, Tujuan, Kelebihan, Kekurangan, Proses, Contoh - Di penjelasan kali ini kalian akan mempelajari tentang Holding Company. Yang mencakup pengertian, ciri-ciri, tujuan, kelebihan, kekurangan, proses pembentukan dan contoh…
Statistika : Pengertian, Ruang Lingkup dan Rumus Statistika : Pengertian, Ruang Lingkup dan Rumus - Apa yang di maksud dengan statistika ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Statistika beserta rumusnya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
√ 19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang SIG atau sistem informasi geografis. Yaitu pengertian SIG menurut para ahli yang dibahas dengan…
√ Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan,… Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen & Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teknologi informasi yang dikemukakan oleh para ahli dan juga tujuan,…
29 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 29 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata strategi? Biasanya kita mendengar kata tersebut ketika hendak melakukan sebuah rencana. Menyusun sebuah strategi…
23 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 23 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Dalam sebuah penelitian ada teknik dalam melakukan sebuah penelitian, salah satunya adalah teknik observasi. Apa yang dimaksud dengan observasi? Observasi merupakan salah satu teknik…
Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1… Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020)- Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Soal Seni Budaya Kelas 10 Pilihan Ganda dan Essay…
√ Pengertian Data dan Informasi, Ciri, Fungsi & Perbedaannya Pengertian Data dan Informasi, Ciri, Fungsi & Perbedaannya - Data dan informasi, banyak dari kita yang tidak mengetahui tentang perbedaan antara keduanya. Bahkan terlebih banyak juga yang tidak mengetahui pengertian atau…
Modus Adalah : Nilai, Rumus, Contoh Soal dan Penyelesaiannya Modus Adalah : Nilai, Rumus, Contoh Soal dan Penyelesaiannya – Apakah yang dimaksud dengan modus dalam ilmu matematika ? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi pengertian,rumus dan tentunya hal-hal…
Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi,… Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan dan Jenis Penerapannya - Apa itu yang di maksud dengan Sistem Informasi Manajemen?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu pula…
24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Disini seputarpengetahuan.com akan membahas mengenai Informasi, pasti semua sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi seseorang…
33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pembahasan kali ini akan membahas tentang sebuah wadah yang didalamnya terdapat beberapa orang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.…
Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis,… Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Cirinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan dagang. Yang meliputi pengertian perusahaan dagang, jenis perusahaan dagang, ciri-ciri perusahaan…
18 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli (Pembahasan… 18 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Istilah lain dari penelitian adalah riset. Riset berasal dari bahasa inggris research, research yang berasal dari kata re (kembali) dan search (mencari). Secara etimologi penelitian berarti "mencari kembali" yaitu mencari fakta-fakta…
√ Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang strategi pemasaran. Yang meliputi pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, fungsi dan jenis strategi pemasaran…
Kartu NISN : Pengertian NISN dan Aplikasi Cetak NISN Gratis Kartu NISN : Pengertian NISN dan Aplikasi Cetak NISN Gratis - Apakah itu Kartu NISN ? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apakah itu kartu NISN dan hal-hal…
Jenis-Jenis Surat Dinas, Ciri, Fungsi Dan Contohnya Jenis-Jenis Surat Dinas, Ciri, Fungsi Dan Contohnya - Apa sajakah jenis jenis dari surat dinas itu?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting… Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting Manajemen - Apa sajakah tugas manajemen pemasaran itu? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apa saja itu tugas manajeman pemasaran dan faktor-faktor lain…
Teks Berita : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Syarat,… Teks Berita : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Syarat, Kaidah Kebahasaan, Pedoman Penulisan dan Contoh- Apakah itu yang di maksud dengan Teks Berita? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang…
6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) 6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) – Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian pemasaran, kali ini kita fokuskan kembali mengenai konsep-konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan…
√ Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas… Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas & Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen personalia. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen personalia, fungsi manajemen personalia, tujuan dan tugas…
√ Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri,… Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan perseorangan. Yang meliputi pengertian perusahaan perseorangan, syarat mendirikan perusahaan perseorangan, ciri-ciri…
√ Pengertian Mean, Median, Modus ( Rumus, Contoh Soal ) Pengertian Mean, Median, dan Modus Dalam statistika dikenal adanya ukuran pemusatan data. Beberapa ukuran pemusatan data yang perlu diketahui adalah mean, median, dan modus. Apa saja mean, median, dan modus…
√ Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metodenya (Lengkap) Pengertian Kimia Analisis, Jenis, dan Metodenya (Lengkap) – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Kimia Analisis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelasakan pengertian kimia analisis, jenis dan…
Ukuran Penyebaran Data : Pengertian, Jangkauan, Simpangan,… Ukuran Penyebaran Data : Pengertian, Jangkauan, Simpangan, Hamparan, Kuartil dan Rumusnya - Bagaimana cara mengukur penyebaran data ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Rumus ukuran penyebaran data serta hal hal lain…
√ 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan… 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan Penilaian serta Analisisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kinerja keuangan. Penjelasan yang dimaksud adalah pengertian kinerja keuangan menurut para ahli,…