Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran (Pembahasan Terlengkap)
Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran (Pembahasan Terlengkap)Â –Â Berbicara tentang pemasaran, sejauh ini penulis memahami bahwa pemasaran adalah suatu kegiatan atau proses jual beli yang dilakukan terhadap barang dan jasa juga sebuah proses pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap barang dan jasa.
Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran (Pembahasan Terlengkap)
Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong, pemasaran ialah suatu proses dimana ketika perusahaan menciptakaan nilai bagi konsumen atau pelanggan dan membangun sebuah hubungan yang kuat dengan konsumen, yang bertujuan untuk memperoleh nilai dari konsumennnya sebagai imbalan.
Fungsi Pemasaran
Aktivitas pemasaran ini sangat penting bagi suatu organisasi atau perusahaan. Fungsi pemasaran ialah suatu aktivitas yang dilakukan untuk menyelesaikan sebuah proses pemasaran. Fungsi pemasaran ini dipecahkan oleh produsen dan lembaga-lembaga yang terlibat didalamnya.
Seperti bank, usaha pengangkutan, badan asuransi dan lain sebagainya. Ada kegiatan menganalisis didalam fungsi manajemen pemasaran  yaitu analisis terhadap apa yang dilakukan untuk mengetahui lingkungnan pasar dan pemasaran, sehingga akan mengetahui tentang seberapa besar peluang dalam merebut pasar dan kemungkinan terhadap ancaman yang harus dihadapi dalam pemasaran.
Terdapat tujuh macam fungsi pemasaran, antara lain sebagai berikut:
1. Analisis Konsumen
Merupakan sebuah pengamatan terhadap segala kebutuhan dan keinginan konsumen. Analisis konsumen ini melibatkan pengadaan survei terhadap konsumen, menganalisis informasi konsumen, pengevaluasian lokasi, pengembangan dan penentuan strategi pada segmentasi pasar secara optimal.
2. Penjualan produk dan jasa
Penjualan produk dan jasa, yang meliputi banyak kegiatan dalam pemasaran, seperti promosi penjualan, iklan, hubungan antar dealer, publisitas, manajemen tenaga penjualan dan hubungan konsumen.
3. Perencanaan
Perencanaan terhadap produk dan jasa diantaranya seperti berbagai kegiatan pengemasan produk, uji pemasaran, gaya produk, pemanfaatan garansi dan penyediaan layanan konsumen. Salah satu teknik perencanaan produk dan jasa yang paling efektif ialah uji pasar.
4. Penetapan harga
Stakeholder atau lima pemangku kepentingan sangat mempengaruhi keputusan penetapan harga yakni : konsumen, pemasok, distributor, pesaing dan pemerintah.
5. Distribusi
Distribusi, yang terdiri dari penggudangan, cakupan distribusi, saluran-saluran distribusi, wilayah penjualan, kurir transportasi, penjualan grosir, tingkat dan lokasi persediaan, ritel dan lokasi tempat ritel.
6. Riset pemasaran
Yaitu merupakan suatu pengumpulan, pencatatan dan penganalisisan sebuah data yang sistematis berkenaan dengan berbagai macam persoalan yang terkait dengan pemasaran. Kegiatan riset ini sangat mendukung semua fungsi bisnis pokok dari sebuah organisasi.
7. Analisis peluang
Analisis peluang, yang melibatkan penilaian terhadap biaya, resiko dan manfaatnya yang terkait dengan pemasaran. Ada tiga cara yang harus dilakukan dalam membuat analisis-biaya-manfaat (cost-benefit-analysis) yaitu : menghitung jumlah total biaya yang berkaitan dengan suatu keputusan ; memperkirakan manfaat secara total dari keputusan yang dibuat; dan membandingkan total biaya dengan manfaatnya. Jika manfaat yang diinginkan bisa melewati total biaya, maka peluang tersebut menjadi lebih menjanjikan dan menarik.
38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli - Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita…
√ Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya… Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang Riset Pasar. Riset pasar berkaitan dengan riset pemasaran yaitu untuk mendapatkan kondisi pasar yang…
Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli,… Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe -Â Tentunya kita tahu apa arti pelanggan,namun mungkin belum mengetahuinya lebih mendalam apa saja yang di maksud pelanggan ? Untuk pembahasan…
√ Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi,… Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Keterlibatan Kerja. Yang meliputi pengertian, karakteristik, dimensi, aspek dan faktor yang mempengaruhi keterlibatan kerja…
Hukum Ijarah : Pengertian, Dasar Hukum, Syarat, Rukun, Jenis… Hukum Ijarah : Pengertian, Dasar Hukum, Syarat, Rukun, Jenis Dan Ketentuannya - Apakah itu hukum ijarah dan dasarnya ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
√ 37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap 37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang investasi. Yang mana penjelasan ini tentang pengertian investasi menurut para ahli yang sudah dirangkum…
21 Pengertian Pajak Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 21 Pengertian Pajak Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)Â - Bicara mengenai pajak, tentu kita sudah melakukannya setahun sekali, sebulan sekali atau bahkan setiap hari. Seperti bayar pajak kendaraan dalam setahun sekali,…
√ Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen &… Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Internet Marketing. Yang meliputi pengertian internet marketing, tujuan internet marketing, manfaat internet marketing ,…
Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
√ Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas Manajemen Strategi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian manajemen strategi, tujuan, manfaat, cara dan…
41 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli 41 Pengertian Korupsi Menurut Para Ahli – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Korupsi. Pembahasan yang meliputi tentang pengertian korupsi menurut para ahli, bentuk-bentuk korupsi, faktor yang menjadi…
√ Pengertian Pranata Ekonomi, Ciri, Fungsi dan Contohnya… Pengertian Pranata Ekonomi, Ciri, Fungsi dan Contohnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Pranata Ekonomi. Penjelasan yang meliputi tentang Pengertian pranata ekonomi, ciri-ciri dari pranata ekonomi, fungsi…
√ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis &… Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media sosial dengan…
√ Regulasi Bisnis : Pengertian, Macam, Tujuan Beserta… Regulasi Bisnis : Pengertian, Macam, Tujuan Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Regulasi. Yang mana dalam pembahan kali ini menjelaskan pengertian regulasi, macam , tujuan…
Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik dan… Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik, Tahapan dan Manfaatnya – Apa itu Pengertian Kewirausahaan ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya. Mari kita simak…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
√ Pengertian MLM, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan… Pengertian MLM, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang MLM (multi level marketing). Yang meliputi pengertian, cara kerja, jenis-jenis, kelebihan , kekurangan dari…
√ Pengertian Humas, Fungsi, Tujuan, Prinsip, Tugas, Manfaat… Pengertian Humas, Fungsi, Tujuan, Prinsip, Tugas, Manfaat & Contoh - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Humas atau hubungan masyrakat. Yang meliputi pengertian humas, fungsi humas, tujuan humas, prinsip,…
√ Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Retail. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian retail, menurut para ahli,…
Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting… Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting Manajemen - Apa sajakah tugas manajemen pemasaran itu? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apa saja itu tugas manajeman pemasaran dan faktor-faktor lain…
11 Pengertian Pelayanan Menurut Para Ahli 11 Pengertian Pelayanan Menurut Para Ahli – Untuk kali ini kita akan membahas sebuah pelayanan. Yang sering kita ketahui bahwa ketika kita membeli sebuah barang ataupun jasa tentu kita menginginkan sebuah…
√ 6 Pengertian Berbicara Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 6 Pengertian Berbicara Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Di dalam kehidupan bermasyarakat kita dapat berteman, kenal baik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan itu semua berawal dari kita melakukan…
√ Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan &… Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan & Jenisnya - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kemasan. Pembahasan kali ini yaitu meliputi pengertian kemasan menurut para ahli, fungsi dari…
35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli 35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan, dan Teorinya – Kali ini disini akan kami bahas mengenai apa itu kewirausahaan, banyak dari kita mungkin sering mendengar kata tersebut. Ya,…
24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan… 24 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli (Pembahasan lengkap) - Di bidang manajeman dan bisnis tentu kita sering mengenal istilah pemasaran dan biasanya pemasaran identik dengan sales. Pemasaran merupakan salah satu…
√ Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri,… Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri, Jenis dan Produknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Bank Syariah. Yang meliputi pengertian, sejarah, fungsi, ciri-ciri, jenis dan produk dari…
√ Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas… Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas & Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen personalia. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen personalia, fungsi manajemen personalia, tujuan dan tugas…
Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara… Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh - Apa yang di maksud dengan Makalah dan bagaimana Penulisannya yang baik dan benar ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan…
√ Pengertian Perlindungan Konsumen, Tujuan dan Asasnya Pengertian Perlindungan Konsumen, Tujuan dan Asasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Perlindungan Konsumen. Yang meliputi pengertian, tujuan dan asas-asas perlindungan konsumen dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.…