Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran Terlengkap

Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran Terlengkap – Berbicara tentang pemasaran, sejauh ini penulis memahami bahwa pemasaran adalah suatu kegiatan atau proses jual beli yang dilakukan terhadap barang dan jasa juga sebuah proses pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap barang dan jasa. Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong, pemasaran ialah suatu proses dimana ketika perusahaan menciptakaan nilai bagi konsumen atau pelanggan dan membangun sebuah hubungan yang kuat dengan konsumen, yang bertujuan untuk memperoleh nilai dari konsumennnya sebagai imbalan.

Aktivitas pemasaran ini sangat penting bagi suatu organisasi atau perusahaan. Fungsi pemasaran ialah suatu aktivitas yang dilakukan untuk menyelesaikan sebuah proses pemasaran. Fungsi pemasaran ini dipecahkan oleh produsen dan lembaga-lembaga yang terlibat didalamnya. Seperti bank, usaha pengangkutan, badan asuransi dan lain sebagainya. Ada kegiatan menganalisis didalam fungsi manajemen pemasaran  yaitu analisis terhadap apa yang dilakukan untuk mengetahui lingkungnan pasar dan pemasaran, sehingga akan mengetahui tentang seberapa besar peluang dalam merebut pasar dan kemungkinan terhadap ancaman yang harus dihadapi dalam pemasaran.

Terdapat tujuh macam fungsi pemasaran, antara lain sebagai berikut:

1. Analisis Konsumen

Merupakan sebuah pengamatan terhadap segala kebutuhan dan keinginan konsumen. Analisis konsumen ini melibatkan pengadaan survei terhadap konsumen, menganalisis informasi konsumen, pengevaluasian lokasi, pengembangan dan penentuan strategi pada segmentasi pasar secara optimal.

2. Penjualan produk dan jasa

Penjualan produk dan jasa, yang meliputi banyak kegiatan dalam pemasaran, seperti promosi penjualan, iklan, hubungan antar dealer, publisitas, manajemen tenaga penjualan dan hubungan konsumen.

Baca Juga:  Pengertian Pengawasan, Tujuan, Fungsi, Jenis-Jenis Terlengkap

3. Perencanaan

Perencanaan terhadap produk dan jasa diantaranya seperti berbagai kegiatan pengemasan produk, uji pemasaran, gaya produk, pemanfaatan garansi dan penyediaan layanan konsumen. Salah satu teknik perencanaan produk dan jasa yang paling efektif ialah uji pasar.

4. Penetapan harga

Stakeholder atau lima pemangku kepentingan sangat mempengaruhi keputusan penetapan harga yakni : konsumen, pemasok, distributor, pesaing dan pemerintah.

Loading...

5. Distribusi

Distribusi, yang terdiri dari penggudangan, cakupan distribusi, saluran-saluran distribusi, wilayah penjualan, kurir transportasi, penjualan grosir, tingkat dan lokasi persediaan, ritel dan lokasi tempat ritel.

Loading...

6. Riset pemasaran

Yaitu merupakan suatu pengumpulan, pencatatan dan penganalisisan sebuah data yang sistematis berkenaan dengan berbagai macam persoalan yang terkait dengan pemasaran. Kegiatan riset ini sangat mendukung semua fungsi bisnis pokok dari sebuah organisasi.

Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran Terlengkap

7. Analisis peluang

Analisis peluang, yang melibatkan penilaian terhadap biaya, resiko dan manfaatnya yang terkait dengan pemasaran. Ada tiga cara yang harus dilakukan dalam membuat analisis-biaya-manfaat (cost-benefit-analysis) yaitu : menghitung jumlah total biaya yang berkaitan dengan suatu keputusan ; memperkirakan manfaat secara total dari keputusan yang dibuat; dan membandingkan total biaya dengan manfaatnya. Jika manfaat yang diinginkan bisa melewati total biaya, maka peluang tersebut menjadi lebih menjanjikan dan menarik.

Demikian sedikit gambaran mengenai Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran Terlengkap, semoga dapat membantu pembaca dalam mencari referensi dan tentunya bisa bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂

Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran Terlengkap
Like Postingan Ini