√ Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi

Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang ekuitas merek atau brang equity. Yang meliputi pengertian ekuitas merek, fungsi dan manfaat ekuitas merek, dimensi ekutias merek dan membangun ekuitas merek dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawha ini dengan seksama.

Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Ekuitas Merek (Brang Equity)

Ekuitas merek atau brand equity adalah kekuatan dari suatu merek. Dengan merek yang kuat sebuah perusahaan bisa mengelola aset-aset mereka dengan baik, meningkatkan arus kas, meluaskan pangsa pasar, menentukan harga premium, membatasi biaya promosi, peningkatan penjualan, menjaga stabilitas dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Menurut persektif konsumen, ekuitas merek adalah sebuah reposn atau tanggapan dari konsumen terhadap suatu produk.

Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli

1. Kotler dan Keller (2009:263)

Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Kotler dan Keller adalah nilai tambah yang diberikan pad aproduk dan jasa. Ekuitas merek dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa dan bertindak dalam hubungannya dengan merek, dan juga harga, pangsa pasar dan profitabilitas yang diberikan merek untuk perusahaan.

2. Supranto dan Limakrisna (2011:132)

Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Supranto dan Limakrisna adalah nilai yang ditentukan oleh konsumen pada suatu merek di atas dan diluar karakteristik/atribut fungsional dari produk.

3. Tjiptono (2004:36)

Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Tjiptono adalah serangkaian aset dan kewajiban merek yang terkait dengan sebuah merek, nama , dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan perusahaan tersebut.

4. Susanto Dan Wijarnako (2004:127)

Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Susanto dan Wijarnako adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berhubungan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan.

Fungsi Dan Manfaat Ekuitas Merek (Brang Equity)

Ekuitas merek bisa berpengaruh terhadap kepercayaan diri konsumen dalam pengambilan keputusan membeli baik itu disebabkan adanya pengalaman di masa lalu dalam memakai merek tersebut ataupun kedekatan dengan merek dan karakteristiknya.

Menurut Simamora (2003:49) ekuitas merek mempunyai beberapa fungsi dan manfaat antara lain:

  • Loyalitas memungkinkan adanya pembelian/transaksi berulang atau apabila konsumen tersebut adalah commited buyer, tidak hanya terhenti di pembelian ulang, tetapi konsumen juga bisa menganjurkan atau memberi rekomendasi kepada orang lain.
  • Memungkinkan perusahaan menentukan harga yang lebih tinggi (premium) yang artinya keuntungan yang lebih tinggi untuk perusahaan.
  • Memberi kredibilitas terhadap produk lain yang memakai merek tersebut.
  • Memungkinkan return yang lebih tinggi
  • Sebagai pembeda relatif dengan pesaing yang jelas bernilai dan berkesinambungan
  • Sangat fokus internal yang jelas
  • Membuat adanya toleransi konsumen pada kesalahan produk atau perusahaan, melalui loyalitas yang tinggi kepada merek tersebut
  • Menjadi faktor yang menarik pegawai yang berkualitas, dan juga mempertahankan pegawai yang loyal
  • Menarik konsumen untuk hanya memakai faktor merek dalam mengambil keputusan membeli

Dimensi Ekuitas Merek

Ekuitas merek terbentuk dari empat dimensi, yakni kesadaran merek (brand awareness), persepsi kualitas (perceived quality), asosiasi merek (brang association), loyalitas merek (brand loyalty)

Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Adalah kemampuan konsumen untuk mengenali atau ingat kembali terhadap suatu merek dan menghubungkannya dengan suatu kategori produk tertentu.

Persepsi Kualitas (Percieved Quality)
Persepsi kualitas kepada merek menunjukkkan respon seluruh konsumen kepada kualitas dan keunggulan yang ditawarkan merek.

Asosiasi Merek (Brand Association)
Asosiasi merek berkaitan dengan segala sesuatu yang berhubungan dalam memori pelanggan kepada suatu merek.

Loyalitas Merek (Brand Loyalty)
Loyalitas merek adalah komitmen yang kuat dalam berlangganan atau melakukan pembelian kembali sebuah merek secara konsisten pada masa yang akan datang.

Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat, Dimensi, Membangun

Membangun Ekutas Merek
Ekuitas merek bisa dibangun dengan membuat struktur pengetahuan merek yang tepat untuk pelanggan yang tepat. Proses ini tergantung dari seluruh kontak yang terhubung dengan merek (baik yang dijalankan oleh pemasar atau bukan).

Menurut Philip Kotler (2002:268), menurut persepktif manajemen pemasaran ada tiga komponen yang menggerakkan ekuitas merek, yakni:

  • Pilihan awal untuk elemen atau identitas merek yang membuat merek (nama merek, Url, logo, lambang, karakter, juru bicara, lagu, kemasan, papan iklan, slogan)
  • Produk dan jasa serta seluruh aktivitas pemasaran dan program pemasaran yang mendukung serta ikut serta.
  • Asosiasi lain yang diberikan dengan tidak langsung pada merek dengan mengaitkan merek tersebut dengan beberapa entitas lain (orang, tempat, barang)

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi