Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang ekuitas merek atau brang equity. Yang meliputi pengertian ekuitas merek, fungsi dan manfaat ekuitas merek, dimensi ekutias merek dan membangun ekuitas merek dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawha ini dengan seksama.
Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.
Pengertian Ekuitas Merek (Brang Equity)
Ekuitas merek atau brand equity adalah kekuatan dari suatu merek. Dengan merek yang kuat sebuah perusahaan bisa mengelola aset-aset mereka dengan baik, meningkatkan arus kas, meluaskan pangsa pasar, menentukan harga premium, membatasi biaya promosi, peningkatan penjualan, menjaga stabilitas dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Menurut persektif konsumen, ekuitas merek adalah sebuah reposn atau tanggapan dari konsumen terhadap suatu produk.
Pengertian Ekuitas Merek Menurut Para Ahli
1. Kotler dan Keller (2009:263)
Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Kotler dan Keller adalah nilai tambah yang diberikan pad aproduk dan jasa. Ekuitas merek dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasa dan bertindak dalam hubungannya dengan merek, dan juga harga, pangsa pasar dan profitabilitas yang diberikan merek untuk perusahaan.
2. Supranto dan Limakrisna (2011:132)
Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Supranto dan Limakrisna adalah nilai yang ditentukan oleh konsumen pada suatu merek di atas dan diluar karakteristik/atribut fungsional dari produk.
3. Tjiptono (2004:36)
Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Tjiptono adalah serangkaian aset dan kewajiban merek yang terkait dengan sebuah merek, nama , dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan perusahaan tersebut.
4. Susanto Dan Wijarnako (2004:127)
Pengertian ekuitas merek (brand equity) menurut Susanto dan Wijarnako adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berhubungan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu barang atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan.
Fungsi Dan Manfaat Ekuitas Merek (Brang Equity)
Ekuitas merek bisa berpengaruh terhadap kepercayaan diri konsumen dalam pengambilan keputusan membeli baik itu disebabkan adanya pengalaman di masa lalu dalam memakai merek tersebut ataupun kedekatan dengan merek dan karakteristiknya.
Menurut Simamora (2003:49) ekuitas merek mempunyai beberapa fungsi dan manfaat antara lain:
Loyalitas memungkinkan adanya pembelian/transaksi berulang atau apabila konsumen tersebut adalah commited buyer, tidak hanya terhenti di pembelian ulang, tetapi konsumen juga bisa menganjurkan atau memberi rekomendasi kepada orang lain.
Memungkinkan perusahaan menentukan harga yang lebih tinggi (premium) yang artinya keuntungan yang lebih tinggi untuk perusahaan.
Memberi kredibilitas terhadap produk lain yang memakai merek tersebut.
Memungkinkan return yang lebih tinggi
Sebagai pembeda relatif dengan pesaing yang jelas bernilai dan berkesinambungan
Sangat fokus internal yang jelas
Membuat adanya toleransi konsumen pada kesalahan produk atau perusahaan, melalui loyalitas yang tinggi kepada merek tersebut
Menjadi faktor yang menarik pegawai yang berkualitas, dan juga mempertahankan pegawai yang loyal
Menarik konsumen untuk hanya memakai faktor merek dalam mengambil keputusan membeli
Dimensi Ekuitas Merek
Ekuitas merek terbentuk dari empat dimensi, yakni kesadaran merek (brand awareness), persepsi kualitas (perceived quality), asosiasi merek (brang association), loyalitas merek (brand loyalty)
Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Adalah kemampuan konsumen untuk mengenali atau ingat kembali terhadap suatu merek dan menghubungkannya dengan suatu kategori produk tertentu.
Persepsi Kualitas (Percieved Quality)
Persepsi kualitas kepada merek menunjukkkan respon seluruh konsumen kepada kualitas dan keunggulan yang ditawarkan merek.
Asosiasi Merek (Brand Association)
Asosiasi merek berkaitan dengan segala sesuatu yang berhubungan dalam memori pelanggan kepada suatu merek.
Loyalitas Merek (Brand Loyalty)
Loyalitas merek adalah komitmen yang kuat dalam berlangganan atau melakukan pembelian kembali sebuah merek secara konsisten pada masa yang akan datang.
Membangun Ekutas Merek
Ekuitas merek bisa dibangun dengan membuat struktur pengetahuan merek yang tepat untuk pelanggan yang tepat. Proses ini tergantung dari seluruh kontak yang terhubung dengan merek (baik yang dijalankan oleh pemasar atau bukan).
Menurut Philip Kotler (2002:268), menurut persepktif manajemen pemasaran ada tiga komponen yang menggerakkan ekuitas merek, yakni:
Pilihan awal untuk elemen atau identitas merek yang membuat merek (nama merek, Url, logo, lambang, karakter, juru bicara, lagu, kemasan, papan iklan, slogan)
Produk dan jasa serta seluruh aktivitas pemasaran dan program pemasaran yang mendukung serta ikut serta.
Asosiasi lain yang diberikan dengan tidak langsung pada merek dengan mengaitkan merek tersebut dengan beberapa entitas lain (orang, tempat, barang)
√ Pengertian Levearge, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya Pengertian Levearge, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Levearge. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian levearge, tujuan, jenis, manfaatnya dengan secara…
Turunan Fungsi Aljabar : Rumus, Aplikasi, Notasi, Perkalian… Turunan Fungsi Aljabar : Rumus, Aplikasi, Notasi, Perkalian Pembagian Dua Fungsi dan Contoh Soal - Apakah kamu mengerti apa yang di maksud dengan Turunan Fungsi Aljabar ? Pada kesempatan kali…
√ Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Tujuan, Tugas… Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Tujuan, Tugas Pokok, Prinsip, Ruang Lingkup - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen keuangan. Yang meliputi pengertian manajemen keuangan, fungsi manajemen keuangan, tujuan, tugas…
√ 37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap 37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang investasi. Yang mana penjelasan ini tentang pengertian investasi menurut para ahli yang sudah dirangkum…
Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis,… Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Cirinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan dagang. Yang meliputi pengertian perusahaan dagang, jenis perusahaan dagang, ciri-ciri perusahaan…
Runtuhnya Kerajaan Kediri : Sejarah dan Peninggalannya Runtuhnya Kerajaan Kediri : Sejarah dan Peninggalannya - Kerajaan Kediri atau Kerajaan Kadiri atau Kerajaan panjalu adalah sebuah kerajaan yang ada di Jawa Timur antara tahun 1042-1222. Kerajaan tersebut di kota…
√ Pengertian Holding Company, Ciri, Tujuan, Kelebihan,… Pengertian Holding Company, Ciri, Tujuan, Kelebihan, Kekurangan, Proses, Contoh - Di penjelasan kali ini kalian akan mempelajari tentang Holding Company. Yang mencakup pengertian, ciri-ciri, tujuan, kelebihan, kekurangan, proses pembentukan dan contoh…
Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh - Apakah itu Teks Cerpen ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Teks Cerpen dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita…
√ 17 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli (Bahas… 17 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen risiko. Yang mana penjelasan ini adalah berdasarkan pendapat para ahli. 17 Pengertian…
√ Pengertian Manajemen Risiko, Tujuan, Ruang Lingkup, Jenis… Pengertian Manajemen Risiko, Tujuan, Ruang Lingkup, Jenis & Proses - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen risiko. Yang meliputi pengertian manajemen risiko, tujuan manajemen risiko, ruang lingkup manajemen…
Aktiva Tetap Adalah dan Karakteristiknya (Pembahasan… Aktiva Tetap Adalah dan Karakteristiknya (Pembahasan Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kita akan mulai membahas mengenai aktiva tetap. Tentu bagi sebagian masyarakat sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata…
√ Pengertian Konsolidasi, Ciri, Alasan dan Cara Melakukannya… Pengertian Konsolidasi, Ciri, Alasan dan Cara Melakukannya Lengkap - Pada pembahasan kali ini SeputarPengetahuan.Co.Id akan menjelaskan tentang Konsolidasi. Konsolidasi berkaitan dengan suatu organisasi atau perusahaan dalam menggabungkan dua usaha atau lebih dengan…
Surat Penawaran Barang : Pengertian, Cara Penyusunan, Format… Surat Penawaran Barang : Pengertian, Cara Penyusunan, Format dan Contohnya - Bagaimana bentuk Surat Penawaran Barang ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
√ Pengertian Debit, Contoh, Manfaat dan Perbedaannya Pengertian Debit, Contoh, Manfaat dan Perbedaannya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Debit. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian debit, contoh, manfaat dan perbedaannya dengan…
√ Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya… Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Struktur Modal. Yang meliputi pengertian struktur modal, komponen struktur modal, teori struktur modal, dan…
√ Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri,… Pengertian Perusahaan Perseorangan, Syarat, Ciri, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan perseorangan. Yang meliputi pengertian perusahaan perseorangan, syarat mendirikan perusahaan perseorangan, ciri-ciri…
Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia – Seperti apa Contoh dari Cerita Sejarah?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Contoh Cerita sejarah beserta strukturnya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di…
√ Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Etika Bisnis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelasakan pengertian etika bisnis, tujuan,…
44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pengertian komunikasi di ekstrak dari bahasa latin yaitu "communicatio" yang ber istilah "communis" yang berarti menciptakan kebersamaan antara dua orang atau lebih.…
√ Pengertian Ekuitas, Jenis dan Contohnya Dalam Akuntansi Pengertian Ekuitas, Jenis dan Contohnya Dalam Akuntansi – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Ekuitas. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian ekuitas, jenis dan contohnya…
√ Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas… Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas & Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen personalia. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen personalia, fungsi manajemen personalia, tujuan dan tugas…
√ Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli… Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli (Lengkap) - Manajemen Perusahaan, istilah dari manajemen lebih sering kita dengar dari sebuah perusahaan. Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam perusahaan terdapat berbagai divisi yang menggunakan…
Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan… Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan Fungsinya - Apakah yang di maksud dengan Iman Kepada Qada dan Qadar ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan…
√ Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang… Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan jasa. Yang meliputi pengertian perusahaan jasa, karakteristik jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, ruang…
Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli,… Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe - Tentunya kita tahu apa arti pelanggan,namun mungkin belum mengetahuinya lebih mendalam apa saja yang di maksud pelanggan ? Untuk pembahasan…
Kecerdasan Moral : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan,… Kecerdasan Moral : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Aspek, Komponen Dan Cara Mengembangkannya - Apakah yang di maksud dengan kecerdasan moral dan cara membangunnya?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya…
Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan… Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur Recount Text - Apakah yang di maksud dengan recount text dan seperti apa contohnya ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas…
Induksi Matematika : Prinsip, Pembuktian Deret, Keterbagian,… Induksi Matematika : Prinsip, Pembuktian Deret, Keterbagian, Persamaan dan Contoh Soal - Apakah itu Induksi Matematika ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Bola Kasti beserta hal-hal yang melingkupinya.…
Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan… Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya - Bagaimana susunan teks pidato lingkungan yang baik dan benar ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang…
√ 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli… 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang knowledge management atau manajemen pengetahuan. Penjelasan yang didasarkan oleh pendapat para ahli dengan lengkap…