TikTok untuk Bisnis: Semua Merek yang Perlu Diketahui

seputarpengetahuan.co.idTikTok untuk Bisnis – Mengikuti Facebook dan Instagram, TikTok adalah pusat kekuatan media sosial. Diperkirakan 45% pengguna media sosial AS menggunakan platform tersebut. Apakah mereka mempelajari tarian viral terbaru atau mengikuti tantangan tagar, jelas bahwa komunitas TikTok berkembang pesat di seluruh dunia.

Jadi, TikTok adalah peluang bagus untuk memperluas jangkauan bisnis Anda dan menjual secara online. Namun, jika Anda baru mengenal platform atau pemasaran media sosial secara umum, mungkin agak menakutkan untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Pertimbangkan artikel ini TikTok untuk Bisnis. Kami menguraikan langkah-langkah pertama untuk mengenal platform ini, membuat konten yang menarik, menjalankan iklan video, dan melibatkan audiens Anda di setiap langkah.

Buat AkunTikTok untuk Bisnis

Untuk menggunakan TikTok sebagai merek, Anda perlu membuat akun bisnis. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil:

  1. Unduh, instal, dan buka TikTok di hp Anda.
  2. Daftar akun. Anda dapat masuk menggunakan nomor telepon, email, atau salah satu platform media sosial yang terdaftar.
  3. Silakan masukkan nama pengguna Anda. Kemudian klik Edit Profil untuk membuat biodata, mengunggah gambar profil, dan menghubungkan akun YouTube dan Instagram Anda.
  4. Anda telah berhasil membuat akun TikTok Anda. Namun, Anda harus menjadi pengguna Pro untuk mengakses fitur lengkap TikTok. Untuk melakukannya, klik pojok kanan atas tab Saya (atau ikon tiga titik).
  5. Ketuk Manajemen Akun > Beralih ke Akun Bisnis.
  6. Pilih antara Kreator dan Bisnis sebagai jenis akun Anda.
  7. Pilih kategori yang paling menggambarkan usaha/bisnis Anda.
  8. Terakhir, lengkapi profil Anda dengan menambahkan email dan situs web Anda.

Dan itu saja. Anda resmi baik untuk pergi. Meningkatkan ke akun bisnis TikTok membuka banyak manfaat, seperti pelacakan kinerja terkini untuk konten dan iklan organik, dan kemampuan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web eksternal.

Cara Menggunakan TikTok untuk Memasarkan Bisnis

Kabar baiknya adalah tidak ada cara yang tepat untuk menjalankan akun bisnis TikTok. Yang mengatakan, berikut adalah beberapa tips umum dan praktik terbaik yang dapat Anda ikuti untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar.

Lakukan Penelitian

Salah satu cara terbaik untuk merasakan lanskap adalah dengan menggali lebih dalam. Mulailah dengan meneliti pesaing dan merek lain di industri dan ceruk pasar Anda. Buka akun TikTok mereka dan kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Temukan sesuatu seperti ini:

  • Jenis konten yang Anda posting
  • Frekuensi posting
  • Jumlah pengikut
  • Sejauh mana pengguna terlibat dengan postingan mereka dalam hal suka, komentar, dan bagikan
    posting paling sukses
  • Munculkan ide dan strategi yang keren, kreatif atau sukses.

Ketika Anda dapat melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak, Anda akan selangkah lebih dekat untuk menemukan apa yang terbaik untuk Anda.

Tetapkan Sasaran SMART

Tentu saja, Anda ingin menjadi viral dan mendapatkan sejuta pengikut secepat mungkin. Tapi mari kita hadapi itu. Sangat jarang menemukan kesuksesan seperti itu dalam semalam (bahkan pakar pemasaran yang menjanjikan kebohongan!).

Pendekatan yang paling serius adalah menetapkan tujuan yang nyata dan spesifik yang dapat diukur dan dicapai secara bertahap. Salah satu latihan penetapan tujuan yang terbukti adalah SMART.

  • Spesifik: Melampaui “Saya ingin sukses” dan mencoba sesuatu seperti “Saya ingin meningkatkan kesadaran merek” atau “Saya ingin meningkatkan pengikut TikTok saya”.
  • Terukur: Tambahkan beberapa angka ke sasaran Anda, seperti menggandakan pengikut Anda dalam 6 bulan atau mendapatkan 1.000 pengunjung baru ke situs web Anda di TikTok selama 33 bulan ke depan. Pilih apa yang dapat Anda lacak di TikTok atau melalui analitik situs web.
  • Dapat dicapai: Seperti yang kami sebutkan, 1 juta pengikut tidak terjadi dalam semalam. Pertahankan agar tujuan Anda dapat dicapai berdasarkan waktu dan sumber daya yang dapat Anda investasikan dalam pemasaran.
  • Relevansi: Lebih dari sekadar mendapatkan lebih banyak suka dan penayangan, pastikan sasaran Anda terkait dengan kesuksesan inti bisnis Anda. Apa tujuan dari peningkatan laba?
  • Batas waktu: Anda dapat melihat tanggal jatuh tempo di langkah “Terukur”. Tetapkan tanggal tertentu agar Anda dan tim Anda bertanggung jawab untuk mencapai tujuan ini.

Posting Secara Teratur

Anda pasti ingin tetap mengikuti umpan pengguna TikTok sehingga Anda dapat membangun hubungan dengan merek Anda dari waktu ke waktu. Itu sebabnya Anda harus memiliki strategi konten yang konsisten. Buat video secara teratur dan posting secara teratur.

Juga, catat waktu terbaik hari itu untuk memposting. Jika Anda memiliki akun Pro, Anda dapat membuka Analytics untuk melihat kapan audiens target Anda paling aktif.

Buat Konten “di Balik Layar”.

TikTok dikenal dengan kontennya yang kasual dan informal. Pengguna TikTok ingin tahu siapa di balik merek Anda, siapa mereka, dan apa yang mereka perjuangkan. Konten “di balik layar” adalah cara yang bagus untuk menunjukkan diri Anda kepada komunitas TikTok dan bersenang-senang selama prosesnya.

Bisnis e-niaga dapat melakukan ini dengan membuat konten untuk pengemasan pesanan, mencari sumber atau membuat produk, atau “temu tim” klasik.

Berbagi Konten Buatan Pengguna (UGC)

Kesulitan membuat banyak konten? Bagikan konten dari pengguna TikTok lainnya. Konten buatan pengguna dapat menjadi alat yang luar biasa untuk memanfaatkan komunitas TikTok. Ini juga menyoroti pengguna, sedikit memberdayakan mereka dan sering kali meningkatkan kedekatan mereka dengan merek.

Dengan menerbitkan konten asli dan buatan pengguna, Shopify berusaha untuk membangun komunitas media sosial, memamerkan beragam pembuat konten, dan memiliki kehadiran TikTok yang lengkap dan menyenangkan.

Daftar Isi