Ide & Cara Memulai Bisnis Hewan Peliharaan 2023

seputarpengetahuan.co.id –┬áJika Anda pernah berinteraksi dengan bisnis hewan peliharaan, Anda tahu bahwa ini adalah tempat yang berkembang pesat untuk berbisnis. Banyak pemilik hewan peliharaan terobsesi dengan bulu bayi, dan toko hewan peliharaan dari segala bentuk dan jenis bermunculan untuk memenuhi permintaan.

Jika Anda menyukai hewan atau sedang mencari usaha bisnis berikutnya, memulai bisnis hewan peliharaan bisa menjadi cara terbaik untuk mengisi ceruk populer sambil mengisi rekening bank Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa memulai bisnis hewan peliharaan bukanlah berjalan-jalan di taman anjing seperti bisnis lainnya. Ada banyak kerja keras di depan Anda dan banyak penelitian yang harus dilakukan sebelum Anda bangun dan berlari.

Mari kita lihat beberapa ide bisnis hewan peliharaan terbaik dan cara memulai bisnis Anda sendiri.

Ide Bisnis Hewan Peliharaan Terbaik

Ruang bisnis hewan peliharaan sangat kompetitif, jadi Anda ingin berfokus pada produk atau layanan tertentu dan memberinya peluang untuk menarik pelanggan. Berikut adalah beberapa ide bisnis hewan peliharaan yang dapat Anda kejar.

Persediaan Hewan Peliharaan

Semua pemilik hewan peliharaan membutuhkan aksesori dasar seperti kalung anjing, mangkuk makanan, dan mainan. Sementara produk penting seperti ini tersebar luas, masih ada ruang bagi pengecer kecil untuk memanfaatkan permintaan.

Kuncinya adalah membangun merek Anda di sekitar toko perlengkapan hewan peliharaan Anda. Misalnya, Teddybob adalah merek yang berfokus pada peningkatan desain produk hewan peliharaan. Di toko online-nya, merek tersebut menjual produk hewan peliharaan yang fungsional dan estetis untuk menarik jenis pelanggan tertentu.

Pakaian Hewan Peliharaan

Pakaian hewan peliharaan adalah ceruk lain yang menguntungkan bagi calon wirausahawan. Biaya awal rendah karena mudah menemukan dropshipper yang menawarkan banyak pakaian, kemeja, dan aksesori yang cocok untuk kucing dan anjing.

Anda dapat memilih ceruk khusus agar produk hewan peliharaan Anda menonjol di pasar. Misalnya, Anda mungkin menawarkan pakaian untuk jenis anjing tertentu atau berspesialisasi dalam satu produk, seperti piyama kucing atau hoodie.

Dan opsi apa pun yang Anda pilih, jangan lupa untuk membuat merek unik untuk bisnis hewan peliharaan Anda.

Suguhan Hewan Peliharaan Organik

Meskipun pasar untuk suguhan hewan peliharaan komersial sangat besar, banyak pemilik hewan lebih suka memberi makan hewan peliharaan mereka secara utuh, makanan yang tidak diproses. Tren ini telah menciptakan permintaan akan suguhan hewan peliharaan organik yang sehat.

Secara khusus, ceruk makanan hewan sangat beragam, sehingga Anda dapat memilih dari berbagai macam produk untuk dijual secara online. Misalnya, Anda mungkin memutuskan untuk menjual daging kering, biskuit organik, atau banyak hal lainnya.

Itu harus menggunakan bahan yang ramah manusia untuk menarik pemilik hewan peliharaan yang mencari alternatif sehat untuk produk olahan.

Tempat Penitipan Anak Anjing

Banyak pemilik anjing memiliki pekerjaan harian yang mengharuskan mereka bekerja di luar rumah untuk waktu yang lama. Menyediakan anjing Anda tempat tinggal dan bermain bisa sangat penting untuk kesehatan anjing Anda.

Anda bisa menggunakan rumah (jika ada cukup ruang) atau menyewa ruang yang lebih besar untuk menampung lebih banyak klien. Beriklan di sekitar area Anda dan beri tahu teman dan keluarga Anda bahwa Anda telah memulai penitipan anak anjing.

Bisnis hewan peliharaan ini menawarkan peluang untuk menjual berbagai barang. Hipster Hound, misalnya, menawarkan penitipan anjing dengan layanan lengkap serta menawarkan berbagai produk hewan peliharaan kepada pelanggan.

Cara Memulai Bisnis Hewan Peliharaan

Setelah Anda menyiapkan ide bisnis hewan peliharaan, Anda dapat memulai proses mewujudkannya. Berikut adalah langkah-langkah dasar yang harus Anda ikuti untuk memulai.

1. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar adalah tentang memahami audiens Anda. Pertama-tama, Anda pasti ingin tahu jenis pelanggan seperti apa yang paling mungkin menarik bagi merek Anda.

Dari sana, Anda dapat merekayasa balik untuk menyesuaikan produk dan layanan Anda sesuai dengan keinginan Anda, serta memilih harga yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan sambil memastikan pelanggan Anda benar-benar bersedia membayarnya.

Anda dapat memikirkan tiga kategori pasar umum untuk industri hewan peliharaan.

  1. Pasar mewah. Kami menawarkan kualitas terbaik dan harga terbaik untuk semuanya mulai dari pakaian hewan peliharaan couture, spa hewan peliharaan yang glamor, hingga makanan yang dimasak oleh koki selebriti.
  2. Pasar menengah. Anggap saja sebagai “zona Goldilocks” dari bisnis hewan peliharaan. Pelanggan ini bersedia membayar ekstra untuk kualitas yang tepat, dan merupakan penggemar toko hewan peliharaan khusus dan bisnis yang dapat memanjakan hewan peliharaan mereka tanpa merusak bank.
  3. Pasar umum. Audiens ini lebih menyukai produk yang diproduksi secara massal seperti yang ada di supermarket. Mereka biasanya lebih mementingkan harga daripada kualitas, sehingga seringkali tidak mencari dekorasi tambahan.

2. Membangun Merek

Merek Anda merupakan faktor penting dalam membangun kepercayaan dan menarik perhatian audiens target Anda. Misalnya, pelanggan kelas atas tidak akan tertarik pada merek dengan warna cerah, gambar kartun, dan font balon di logo mereka. Merek-merek mewah biasanya memiliki tampilan yang bersih, ramping, dan minimalis.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan saat membangun merek yang menarik pelanggan.

  • Jika Anda mengincar kemewahan atau pasar menengah, pastikan produk atau layanan Anda menonjol. Apa yang Anda miliki yang tidak dimiliki pesaing Anda?
  • Apa pun pasarnya, Anda memerlukan kisah merek yang kuat, menyenangkan, dan dapat dihubungkan. Ini adalah identitas inti dari merek Anda, jadi jangan lewatkan bagian ini.
  • Ciptakan identitas visual yang sesuai dengan kepribadian merek Anda dan jenis pasar yang dilayaninya. Ini termasuk logo, situs web, jaminan pemasaran, kehadiran media sosial, dan hal lain yang mewakili merek Anda di alam liar.

3. Pembuatan / Sumber Produk Hewan Peliharaan

Baik Anda akan membuat produk Anda sendiri atau mengambil produk yang sudah ada dari perusahaan lain? Dalam hal manufaktur, memiliki mitra manufaktur yang baik, andal, dan hemat biaya adalah pembeda antara kesuksesan dan kegagalan.

Jika Anda tidak memulai dari awal, Anda dapat mencoba strategi seperti dropshipping atau pelabelan pribadi. Dropshipping memungkinkan Anda untuk menjual produk ke pelanggan tanpa harus mengelola inventaris Anda sendiri.

Pelabelan pribadi memungkinkan Anda untuk menempatkan logo dan label Anda sendiri pada produk pra-produksi, atau bekerja langsung dengan produsen untuk menyesuaikan produk sebelum menambahkan label Anda sendiri.

4. Bangun Toko Online

Toko online Anda adalah cabang penting dari bisnis Anda. Apakah Anda merencanakan sebagian besar bisnis tatap muka seperti berjalan-jalan dengan anjing, melatih anjing, atau mengangkut hewan peliharaan, situs web Anda tetap menjadi tempat bagi orang-orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang merek Anda dan membagikannya dengan teman-teman mereka!

Tentu saja, jika Anda menjual produk secara online, situs web Anda menjadi lebih penting. Dengan platform ecommerce berkualitas tinggi seperti Shopify, semuanya lancar, fungsional, dan dapat diskalakan untuk tumbuh bersama bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat ketika membangun situs web Anda.

  • Branding yang konsisten di seluruh situs web
  • Foto produk berkualitas tinggi dan deskripsi produk terperinci
  • 100% berfungsi – pastikan tidak ada tautan yang rusak, kesalahan 404, atau masalah lain yang menyebabkan pelanggan pergi.
  • Lebih sedikit lebih baik. Jangan terlalu rumit dengan fitur yang kompleks atau visual yang luar biasa.
  • Pengalaman pengguna (UX) yang halus dan intuitif tanpa elemen yang membingungkan atau gangguan situs web.
  • Proses belanja dan checkout yang lancar dan intuitif
  • Komunikasi pasca pembelian yang berguna seperti tanda terima email dan konfirmasi

5. Pemasaran Bisnis Hewan Peliharaan

Setelah Anda bangun dan berjalan, pemasaran adalah cara penting untuk menghasilkan lebih banyak pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Nama permainannya di sini adalah menguji, mengukur, dan mengoptimalkan agar setiap kampanye pemasaran lebih baik dari yang sebelumnya.

Berikut adalah beberapa ide untuk memasarkan ide bisnis hewan peliharaan Anda.

  • Mulai blog untuk mempromosikan perusahaan Anda dan membangun hubungan pelanggan.
  • Tetap terhubung dengan Pemasaran Email.
  • Jika memungkinkan, hadiri acara industri.
  • Coba iklan berbayar seperti Google Ads atau Facebook Ads.
  • Berkolaborasi dengan orang lain melalui pemasaran influencer atau pemasaran afiliasi.
  • Bergabunglah dengan komunitas online, seperti grup Facebook, terutama jika bisnis Anda bersifat lokal.
  • Posting secara teratur di media sosial (jangan selalu promosikan. Bersenang-senanglah dan tunjukkan kepribadian Anda!).

Daftar Isi