Panduan Mudah Cara Jualan di EBAY 2023

seputarpengetahuan.co.idCara Jualan di EBAY – Mencari cara baru untuk mengembangkan bisnis Shopify Anda? Meningkatkan jumlah saluran yang Anda jual mungkin yang Anda butuhkan.

Pengecer online multisaluran menghasilkan penjualan lebih dari $350 miliar tahun lalu, menurut Statista, dan para ahli memperkirakan angka tersebut akan melebihi $575 miliar pada tahun 2023.

Shopify memungkinkan Anda untuk menghubungkan berbagai saluran penjualan ke toko online Anda, tetapi postingan ini didedikasikan untuk raksasa e-niaga global eBay. Menjual di eBay memungkinkan Anda menjual produk Anda di depan 135 juta pembeli aktif di seluruh dunia melalui pasar yang beroperasi di lebih dari 190 negara.

Cara Jualan di eBay untuk Pemula

Jadi, bagaimana cara jualan di EBAY melalui Shopify? Dalam posting ini, kami akan membahas semua langkah yang diperlukan untuk menyiapkan saluran penjualan eBay untuk toko Anda.

1. Pilih model bisnis

Ketika Anda baru memulai di eBay, akan sangat membantu untuk memilih model bisnis—pendekatan yang akan Anda ambil untuk memberikan nilai kepada pelanggan Anda dan menghasilkan uang di sepanjang jalan.

Ada beberapa jenis model bisnis.

  • Label Pribadi: Anda dapat bekerja sama dengan produsen untuk merancang item label pribadi untuk dijual di eBay.
  • Grosir: Ini melibatkan pembelian sejumlah besar produk untuk mendapatkan diskon dan menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan.
  • Penjualan Kembali: Arbitrase memungkinkan Anda membeli produk diskon di toko atau pengecer online dan menjualnya kembali di eBay.
  • Dropshipping: Beli produk langsung dari pemasok yang dapat mengemas dan mengirimkan produk langsung ke pelanggan.

Saat memilih model bisnis, pikirkan baik-baik bagaimana Anda akan memenuhi pesanan. Dengan opsi tertentu, seperti dropshipping, pemenuhan pesanan ditangani secara otomatis. Untuk yang lain, seperti grosir, Anda harus memikirkan sendiri pengiriman dan pengemasannya.

2. Tentukan Produk Apa yang Akan Dijual

Anda dapat menjual hampir semua hal yang dapat Anda pikirkan di eBay. Namun, sebagian besar retailer memulai dengan item yang termasuk dalam kategori dengan performa terbaik di situs e-commerce mereka.

  • Kesehatan dan kecantikan: rias wajah, pewarna rambut, cat kuku, peralatan.
  • Rumah dan Kebun: Produk pembersih, peralatan kecil, dan mesin pemotong rumput.
  • Mainan dan Hobi: Kit pembuatan model, permainan papan, dan permainan video.
  • Kerajinan: perlengkapan menjahit, bahan pemodelan, pembuatan perhiasan.
  • Alat olah raga: beban, alat fitnes, sepeda.
  • Komputer dan jaringan: webcam, printer, dan router nirkabel.
  • Persediaan hewan peliharaan: mangkuk makanan, alat perawatan, mainan.

Memilih kategori yang Anda kenal atau sukai adalah cara yang bagus untuk meningkatkan peluang sukses Anda. Anda juga dapat menggunakan alat analisis pasar yang menyediakan data permintaan dan harga untuk memutuskan apa yang akan dijual. Yang terbaik adalah Terapeak.

Alat eksklusif eBay yang merekomendasikan barang berdasarkan data nyata dari jutaan transaksi eBay. Ini gratis untuk digunakan selama Anda berlangganan salah satu dari empat paket toko eBay.

3. Buat Akun eBay

Setelah memilih model bisnis dan produk Anda, langkah selanjutnya adalah membuka akun. Agar berhasil mendaftar, Anda harus memberikan nama bisnis, jenis bisnis, dan alamat Anda ke eBay.

  1. Kunjungi halaman pendaftaran.
  2. Masukkan nama dan alamat email Anda.
  3. Masukkan kata sandi Anda dan pilih Buat Akun.

Setelah mengatur akun Anda, eBay akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas Anda dengan mengklik tautan yang dikirim ke alamat email Anda. Setelah konfirmasi, Anda dapat mulai membuat daftar item.

Catatan: Jika Anda terdaftar sebagai bisnis (LLC, kepemilikan perseorangan, dll.), Anda dapat membuat akun bisnis di eBay melalui halaman pendaftaran.

4. Mendaftar untuk Paket Toko

Saat Anda mendaftar untuk paket Toko eBay, Anda mendapatkan biaya diskon dan daftar gratis tambahan setiap bulan. Anda juga mendapatkan bonus alat untuk mempromosikan bisnis Anda kepada calon pembeli.

Pendaftaran memerlukan penautan rekening giro untuk pembayaran. Namun sebelum berlangganan, Anda pasti ingin memahami fitur Store yang diperlukan untuk membandingkan paket. Jika Anda dapat membeli hingga 250 produk per bulan, biaya langganan eBay Store hanya Rp. 75 ribuan per bulan.

Paket langganan berikut mulai dari Rp. 300 ribuan per bulan dan mencakup hingga 1.000 daftar produk dan biaya nilai akhir yang lebih rendah. eBay juga memiliki rencana untuk penjual volume tinggi mulai dari Rp. 900 ribuan per bulan dengan langganan.

Dengan berlangganan, Anda dapat menamai toko eBay Anda. Idealnya, nama toko Anda harus sesuai dengan merek Anda dan mencerminkan jenis produk yang Anda jual. Jika Anda masih memerlukan nama merek, temukan ide dengan pembuat nama bisnis Shopify.

5. Tautkan Toko Shopify Anda ke Akun eBay Anda

Aplikasi eBay Shopify membantu pedagang mengelola bisnis mereka melalui satu dasbor berbasis cloud. Gabungkan inventaris, kelola pesanan, dan tingkatkan penjualan dengan lancar.

Selain itu, melalui aplikasi Anda dapat:

  • Berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan perpesanan bawaan
  • Perluas visibilitas Anda di pasar global eBay.
  • Tampilkan produk Anda ke hadapan jutaan pembeli di seluler dan web.

Menggabungkan solusi eBay dan Shopify lebih mudah dari yang Anda pikirkan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Instal aplikasi eBay dari Shopify App Store.
  2. Masuk dengan informasi toko Shopify Anda dan ikuti petunjuknya.
  3. Klik Tambahkan Saluran di dasbor Shopify Anda dan selesai.

Selanjutnya, siapkan saluran penjualan eBay untuk toko online Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengonfigurasi pengaturan aplikasi eBay Anda yang dapat dilakukan melalui Saluran eBay di bawah menu Saluran Penjualan.

Klik eBay dan pilih Akun > Kebijakan Bisnis. Kemudian klik Buat Kebijakan untuk membuat kebijakan pengiriman, pembayaran, dan pengembalian Anda. Jika Anda sudah memiliki kebijakan, pilih Force Sync on eBay untuk menambahkannya ke Shopify.

Selanjutnya, sinkronkan pengaturan Anda dengan mengklik opsi Pengaturan Sinkronisasi di menu Saluran Penjualan eBay. Kemudian tentukan dan konfigurasikan ukuran paket default Anda, lokasi inventaris, kategori default, tabel pajak eBay, dan preferensi sinkronisasi inventaris. Kemudian klik Simpan Pengaturan untuk menyelesaikan.

6. Mulai Daftar

Untuk mendaftarkan produk Anda di eBay, klik tombol Jual di bagian atas halaman eBay dan isi detail formulir yang disediakan. eBay memungkinkan penjual membuat template untuk cantuman mereka menggunakan kotak centang “Simpan cantuman ini sebagai templat”.

Anda juga dapat mendaftarkan produk langsung di Shopify. Dari menu Saluran Penjualan eBay, klik Opsi Daftar, lalu klik Tambah Daftar. Kemudian, untuk setiap daftar, konfigurasikan:

  • Judul dan Deskripsi
  • Detail dan kategori
  • Kuantitas, Berat dan Harga
  • Pengaturan paket

Anda dapat mengosongkan dua pengaturan terakhir untuk menggunakan nilai produk Shopify. Setelah selesai, klik Simpan & Publikasikan.

Daftar Isi