Cara Menggunakan Instagram untuk Mempromosikan Bisnis 2023

seputarpengetahuan.co.id –┬áTidak yakin bagaimana cara menggunakan Instagram untuk bisnis Anda? Nah, inilah saatnya bagi seseorang untuk mengajari Anda cara terbaik menggunakan aplikasi untuk usaha profesional Anda.

Mengapa Instagram? Ini karena platform menawarkan banyak cara bagi pedagang e-niaga untuk menemukan dan terhubung dengan pelanggan potensial. Dan dengan serangkaian opsi penargetan dan periklanan, Anda dapat memilih dengan tepat siapa yang ingin Anda jangkau dari miliaran pengguna.

Tertarik menggunakan Instagram untuk bisnis kecil Anda? Kami akan mencakup semua yang Anda butuhkan untuk memulai di bawah ini.

Apa itu Instagram dan Bagaimana Cara Menggunakan Instagram?

Pertama, mari kita lihat Instagram untuk pemula. Instagram adalah jaringan dan aplikasi media sosial yang berfokus secara visual yang memungkinkan pengguna dan merek berbagi konten foto dan video dengan pengikut mereka.

Apa yang dimulai sebagai aplikasi berbagi foto sederhana telah berkembang menjadi platform multimedia dengan iklan berbayar, pesan penghancur cerita sendiri, dan siaran langsung melalui IGTV.

Ini adalah tempat yang tepat bagi merek untuk terhubung dengan konsumen dengan memanfaatkan platform dengan 1,3 juta pengguna di seluruh dunia.

Demografi Instagram juga menarik. Penonton sebagian besar berusia antara 25 dan 34 tahun, tetapi terbagi hampir sama rata antara pengguna pria dan wanita. Jika ini adalah grup yang ingin Anda jangkau, Instagram adalah satu-satunya saluran yang dapat Anda gunakan.

Cara Download Instagram

Buka Google Play Store atau Apple App Store untuk mengunduh aplikasi Instagram (tergantung pada sistem operasi perangkat Anda). Anda dapat mengunduh aplikasi secara gratis. Pertama kali Anda membukanya, Anda akan diminta untuk membuat akun baru.

Jenis Posting Instagram

Jika Anda ingin mempromosikan bisnis Anda di Instagram, sebaiknya Anda membiasakan diri dengan jenis konten yang dapat Anda posting. Ada beberapa jenis posting Instagram yang dapat Anda sertakan dalam campuran konten Anda.

  • Organik: Ini bisa berupa galeri foto, video, atau visual. Ini akan muncul di umpan pengikut Anda, tagar apa pun yang mereka sertakan dalam salinannya, dan kemungkinan bagian Jelajahi mereka (Instagram mengontrol ini).
  • Stories: 500 juta akun Instagram menggunakan Stories setiap hari, dan sepertiga dari Stories yang paling banyak dilihat berasal dari merek, bukan orang.
  • Posting influencer: Meskipun konsumen tampaknya telah mengejar influencer, pemasaran influencer masih merupakan taktik yang sangat masuk akal. Postingan ini dapat dibagikan di feed influencer atau di brand (atau keduanya) untuk menjangkau audiens baru dan menambah kredibilitas sebagai bentuk bukti sosial.
  • IGTV: IGTV adalah salah satu fitur terbaru Instagram. Ini digunakan untuk konten video berdurasi panjang. Anda dapat menyiarkan langsung dan video akan muncul di profil Anda setelah siaran langsung.
  • Periklanan: Satu miliar adalah angka yang besar, dan tidak semua orang yang menggunakan Instagram akan menjadi target audiens Anda. Saat menggunakan Iklan Instagram, Anda dapat mengatur parameter untuk siapa iklan Anda muncul agar sesuai dengan profil ideal Anda.

Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Jika Anda ingin mengetahui cara menggunakan pemasaran Instagram untuk bisnis Anda, membuat akun perusahaan adalah langkah pertama yang praktis. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengonversi akun biasa menjadi akun Instagram korporat.

Tutorial Profil Instagram untuk Bisnis

  1. Buka profil Instagram Anda dan ketuk menu di sudut kanan atas.
  2. Pilih “Pengaturan” dan lihat apakah Anda dapat beralih ke akun profesional dari menu ini. Jika tidak bisa, ketuk Akun > Bisnis.
  3. Jika perlu, ikuti petunjuk di layar untuk menyinkronkan akun Facebook Business dan Instagram Anda.
  4. Pilih kategori bisnis Anda dan masukkan detail kontak Anda.
  5. Tambahkan detail tentang bisnis Anda di bidang yang diberikan, lalu ketuk Selesai.

Selamat! Anda sudah membuat halaman bisnis Instagram. Sekarang luangkan waktu untuk mengoptimalkan untuk menarik audiens target Anda ke bisnis Anda.

Cara Mengoptimalkan Akun Bisnis Instagram

Berikut akan kami bagikan 3 cara untuk mengoptimalkan akun bisnis Instagram yang Anda punya.

Mengoptimalkan Bio Instagram Anda

Ada banyak cara untuk memasarkan bisnis Anda di Instagram, termasuk mempromosikannya melalui bio Instagram Anda. Biografi Anda adalah sedikit teks yang membagikan sedikit tentang merek Anda, orang-orang di belakang akun Anda, dan apa yang diharapkan saat mengikuti akun Anda.

Di bio Instagram Anda, Anda juga akan melihat deskripsi merek, gambar profil (gunakan logo perusahaan Anda untuk membangun kesadaran merek), dan tautan (Anda dapat menggunakan alat “tautan ke bio” seperti Linkpop).

Ini juga merupakan ide bagus untuk mengulang beberapa nilai jual unik Anda di bio Anda untuk meningkatkan kepercayaan dan mendorong konversi. Jika Anda beroperasi dari toko fisik, pastikan untuk menyertakan alamat Anda sehingga pembeli dapat menemukannya dengan mudah.

Tautan profil sangat penting. Tidak seperti saluran media sosial, Instagram tidak ramah tautan. Mereka hanya mengizinkan satu di bio. Anda tidak dapat memiliki tautan dari masing-masing foto (berbayar adalah cerita lain).

Kamu dapat memperbarui tautan bio sesering mungkin. Anda perlu menavigasi ke situs web, halaman arahan, halaman produk, atau tempat lain di situs Anda. Misalnya, jika Anda menautkan ke halaman tertentu tentang penjualan, posting foto yang terkait dengan penjualan dan perbarui tautan di bio Anda. Ini adalah praktik umum untuk merek di Instagram.

Mulai Toko Instagram

Jika Anda berjualan secara online, Anda juga dapat meluncurkan Instagram di toko Anda. Instagram Shop adalah saluran e-niaga lain tempat pelanggan dapat membeli produk dari dalam antarmuka Instagram. Ini membuat transisi lebih mudah karena Anda tidak harus melalui proses keluar dari aplikasi, mengunjungi situs, dan melalui proses pembelian.

Buat Strategi konten

Instagram adalah tentang merek. Sangat penting untuk mengembangkan feed yang kohesif dari foto produk, citra gaya hidup, konten buatan pengguna (UGC), sapaan Instagram, dan elemen visual lainnya yang menghidupkan persona merek Anda.

Jika Anda menjual kacamata hitam, poskan foto wisatawan yang memakainya di pantai yang cerah, atau tempatkan di antara pakaian dan aksesori lain yang mungkin ingin dikunjungi calon pelanggan.

Cara terbaik untuk memulai upaya pemasaran untuk bisnis Anda sebelum terlalu terlibat adalah dengan pendekatan yang berorientasi pada tujuan dan strategi pertama. Strategi Instagram Anda harus menentukan:

  • Sasaran Instagram (pastikan ini mendukung sasaran pemasaran dan bisnis penting Anda)
  • KPI khusus untuk dilihat untuk menentukan kinerja
  • Siapa yang Anda targetkan di Instagram
  • Apa yang harus diposting di Instagram
  • Orang yang mengelola akun dan membuat konten untuk Instagram

Seiring waktu, Anda akan belajar banyak, termasuk cara memilih konten yang Anda posting di Instagram untuk membantu Anda mencapai tujuan. Tanyakan pada diri Anda, “Mengapa orang menggunakan Instagram?” Dan mengapa mereka mengikuti merek Anda dan mengembangkan strategi seputar audiens Anda, bukan tujuan penjualan Anda.

Daftar Isi