Cara Jualan di Amazon 2023: Panduan & Tips Jitu

seputarpengetahuan.co.id –┬áIngin tahu cara jualan di Amazon? Langkah pertama adalah menyinkronkan Amazon dan Shopify. Shopify adalah mitra Amazon resmi yang memungkinkan pengusaha seperti Anda menjual produk di Amazon.

Anda dapat meningkatkan pendapatan dengan menggunakan Amazon sebagai saluran penjualan tambahan. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari cara jualan di Amazon dan mengapa Anda harus mendaftarkan produk Anda di pasar.

Anda juga akan mempelajari beberapa trik untuk memaksimalkan penjualan Amazon Anda. Kami juga akan menyanggah beberapa mitos tentang penjualan di Amazon untuk pemula.

Cara Menjadi Penjual Amazon dalam 8 Langkah

Sebelum kita masuk pada pembahasan utama mengenai cara jualan di Amazon, Anda setidaknya harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan untuk menjadi seorang penjual atau pedagang. Berikut adalah tipsnya.

1. Pilih Produk untuk Dijual di Amazon

Langkah pertama dalam mempelajari cara menjual di Amazon adalah mencari tahu apa yang akan dijual di Amazon. Anda dapat menggunakan fitur kami untuk mendapatkan ide produk. Pedagang yang menginspirasi.

Platform dropshipping memiliki ribuan produk dalam berbagai kategori. Lihat item yang tercantum untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang dapat Anda jual di pasar Amazon.

2. Apakah Toko Anda memenuhi Semua Kebutuhan?

Untuk menjadi penjual Amazon, Anda harus memastikan bahwa Anda memenuhi semua persyaratan dan produk Anda tidak dibatasi.

Pasar ceruk seperti produk bayi, buku, produk hewan peliharaan, mainan, dan game dapat dengan cepat meluncurkan toko Amazon. Anda dapat melihat toko tambahan yang memenuhi syarat. Jika ceruk Anda tidak terdaftar, Anda harus mengajukan permohonan persetujuan.

Amazon juga memiliki produk terbatas seperti hoverboard, bahan peledak, dan senjata, jadi jangan menjual apa pun yang termasuk dalam pedoman pembatasan Amazon.

3. Buat Akun Penjual Profesional

Jika saat ini Anda menjalankan toko Shopify, Anda memerlukan akun Amazon profesional. Pada paket penjualan individual, biaya daftar Amazon sebesar 0,99 sen ditambahkan untuk setiap produk yang terjual, terutama di atas biaya Amazon lainnya, yang menggerogoti margin Anda.

Dengan paket Profesional, Anda membayar biaya berlangganan bulanan sebesar Rp. 600 ribuan ditambah beberapa biaya terkait kategori dengan akun Pedagang Profesional Anda. Untuk mendaftar, Anda harus pergi ke Pusat Penjual Amazon dan memberikan nama, email, dan kata sandi Anda.

Selanjutnya, Anda perlu membagikan detail bisnis Anda. Anda kemudian harus memberikan informasi penagihan, pajak, dan produk bisnis Anda kepada Amazon untuk melanjutkan proses.

4. Permohonan Persetujuan Kategori

Saat Anda menjalani proses penjualan Amazon, Anda harus mengajukan permohonan persetujuan kategori. Beberapa kategori memerlukan persetujuan dari Amazon sebelum ditambahkan.

Kategori populer seperti Pakaian & Aksesori, Sepatu, Tas Tangan & Kacamata Hitam, dan Perhiasan memerlukan persetujuan sebelum dijual. Tinjau persyaratan persetujuan setiap kategori untuk menentukan langkah spesifik berikutnya.

5. Tautkan Akun Amazon Anda ke akun Shopify

Setelah mendapatkan persetujuan Amazon, tautkan akun penjual Amazon Anda ke akun Shopify Anda. Di navigasi kiri dasbor Shopify Anda, temukan tombol + di sebelah saluran Penjualan dan klik. Munculan akan muncul di tempat Amazon terdaftar pertama kali. Klik Tambahkan Saluran.

6. Bangun Daftar Produk Anda

Anda akan melihat Amazon terdaftar di bawah Saluran Penjualan. Klik di atasnya lalu klik tombol Buat Daftar. Kemudian Anda ingin mengklik Pilih Produk. Anda dapat memilih dari dua opsi. Jika Anda adalah penjual private label, Anda harus mengklik opsi paling bawah ‘Produk ini dibuat oleh merek lain’.

Dengan memilih opsi, Anda bisa menjadi penjual tambahan dengan mencari produk AliExpress. Temukan produk yang Anda jual dan klik Pilih. Terakhir, Anda harus memilih Publikasikan. Dan ulangi proses untuk setiap item.

7. Penyederhanaan Inventaris

Manajemen inventaris yang efektif adalah kunci sukses saat menjual produk di Amazon. Penting untuk menjaga tingkat inventaris produk tetap sehat, baik untuk pelanggan langsung maupun pelanggan yang membeli melalui pasar.

Tingkat inventaris akan mulai berkurang saat pesanan diterima dari Amazon, jadi Anda harus memperbarui inventaris Anda untuk mencerminkan ketersediaan produk saat ini di daftar Amazon.

8. Kirim Lalu Lintas ke Amazon Store

Bagian terpenting dari mempelajari cara menjual di Amazon adalah mengetahui cara mempromosikan barang Anda. Ada banyak cara untuk mempromosikan produk Amazon. Berikut adalah beberapa ide untuk Anda mulai.

  • Jika Anda ingin menjual produk di Amazon, Anda harus memanfaatkan semua pelanggan yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda memiliki daftar email untuk bisnis yang sudah lama Anda bangun, Anda dapat mengirimi mereka tautan ke toko Amazon Anda. Keuntungan menggunakan lalu lintas email adalah mereka sudah akrab dengan merek Anda. Pelanggan setia lebih cenderung menulis ulasan positif yang perlu Anda jual di Amazon kepada orang-orang di luar daftar email Anda.
  • Tip lain untuk menjual di Amazon adalah menambahkan tautan produk ke papan grup Pinterest Anda. Sebagian besar merek kecil tidak memiliki banyak pengikut media sosial. Itu sebabnya papan grup adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan audiens yang besar. Anda dapat menggunakan alat seperti PinGroupie untuk menemukan papan yang sesuai dengan niche Anda.
  • Iklan Amazon adalah salah satu cara paling populer untuk menjual di Amazon saat Anda tidak memiliki prospek. Menggunakan anggaran iklan Anda untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas untuk produk Anda dapat memberi Anda keunggulan atas pesaing yang menjual produk serupa. Jika akun Anda mempromosikan barang terlaris di Amazon, produk itu sendiri akan terjual saat pelanggan melihatnya.

Cara Jualan di Amazon yang Berhasil

Setelah mengetahu langkah-langkah untuk menjadi penjual, berikut akan kami bagikan tips berjualan yang bisa menuntun Anda pada keberhasilan.

1. Perlakukan toko Amazon Anda Seperti Toko Fisik.

Jika Anda menjual barang di Amazon, mengunggah produk Anda tidak akan memberi Anda penjualan enam angka. Anda harus memperlakukannya seperti toko online. Baik menggunakan iklan Amazon atau metode lain, Anda perlu mengarahkan lalu lintas ke halaman produk Amazon Anda.

Anda harus mengoptimalkan halaman produk Anda. Itu harus mendapatkan peringkat yang bagus. Anda harus memberikan layanan pelanggan yang hebat. Singkatnya, meskipun Anda menjual produk di Amazon, merek Anda harus tetap memiliki reputasi yang baik.

2. Dapatkan Ulasan Online Lebih Awal

Berfokuslah untuk mendapatkan ulasan positif lebih awal. Saat Anda menjual di Amazon, Anda bekerja ekstra untuk pelanggan Anda. Jika pelanggan kecewa, kami akan mengeluarkan pengembalian uang dengan cepat. Jika Anda menerima ulasan negatif, harap hubungi pelanggan dan minta mereka menghapus ulasan tersebut.

Kami juga dapat memberikan penggantian dengan cepat dan memberikan layanan terbaik untuk memuaskan pelanggan kami. Banyak pelanggan akan mengubah ulasan mereka jika diminta setelah melampaui hal di atas.

Sebagian besar penjual telah mengalami bahwa peringkat 95% meningkatkan peringkat mereka di mesin pencari Amazon, memungkinkan mereka untuk menjual lebih banyak produk di Amazon.

3. Fokus Pada Pengoptimalan Halaman Produk

Mengoptimalkan halaman produk Anda penting saat menjual di Amazon. Anda dapat menggunakan alat seperti Merchant Words untuk menentukan volume pencarian bulanan yang diharapkan untuk kata kunci Anda dan kategori mana yang mendominasi.

Memilih kata kunci populer dapat meningkatkan peluang pelanggan menemukan Anda secara organik. Anda juga ingin mempertimbangkan kategori produk di mana produk Anda berkinerja baik. Alat kata kunci juga dapat membantu Anda mengidentifikasi item untuk dijual di Amazon.

4. Bayar untuk Iklan Amazon

Membayar untuk Iklan Amazon adalah opsional dan tidak diperlukan untuk memperluas keberadaan Amazon Anda. Salah satu keuntungan membayar iklan adalah akses ke data pencarian Amazon, sehingga lebih mudah menjual di Amazon.

Biaya per klik seringkali jauh lebih rendah di Amazon dibandingkan dengan jaringan periklanan lainnya. Selain itu, iklan produk menyatu dengan baik dengan produk lain, membuat pelanggan cenderung mengklik produk jika memenuhi kebutuhan mereka.

5. Daftar sebagai Penjual Profesional

Jika Anda mengunggah banyak produk, memiliki akun penjual profesional dapat menghemat uang Anda di toko Amazon. Sebagai seorang ahli, Anda dapat menambahkan produk sebanyak yang Anda suka. Tidak ada biaya daftar.

Semakin banyak produk yang Anda daftarkan di Amazon, semakin besar peluang Anda untuk menemukannya. Juga, semakin banyak barang yang Anda jual di Amazon, semakin banyak uang yang berpotensi Anda hasilkan. Volume produk di pasar, khususnya, dapat sangat membantu dalam meningkatkan penjualan Anda.

Daftar Isi