Cara Memulai Bisnis Reseller: Tips dan Ide untuk 2023

seputarpengetahuan.co.id –┬áBisnis reseller bisa menjadi pilihan yang bagus untuk pengusaha pemula. Dengan model bisnis ini, Anda tidak memerlukan ide produk baru yang inovatif untuk memulai bisnis ecommerce Anda. Anda bahkan tidak harus benar-benar membuat produk sendiri, jadi tidak perlu repot untuk memulai bisnis Anda.

Tertarik? Kemudian pelajari apa yang dimaksud dengan reseller, mengapa Anda harus menjadi reseller, dan bagaimana cara memulai bisnis reseller secara online.

Apa itu Reseller?

Reseller adalah individu atau perusahaan yang membeli produk dari vendor lain dan menjualnya ke pelanggan mereka sendiri (biasanya untuk mendapatkan keuntungan). Reseller seringkali dapat menaikkan harga barang yang mereka jual dengan memberikan nilai tambah dalam hal pengalaman pelanggan.

Ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti deskripsi produk yang mendalam, program loyalitas pelanggan, atau dukungan obrolan langsung. Produk sumber tidak selalu mudah dan seringkali membutuhkan investasi modal besar.

Reseller dapat mengeksplorasi ini dengan membeli produk hanya setelah penjualan selesai dan pelanggan telah membayar. Pikirkan penjualan kembali sebagai bentuk dropshipping, di mana individu mendapatkan bahan dan produk dari berbagai pemasok, tetapi tidak menjual dari inventaris yang dibeli sebelumnya.

Model bisnis ini mudah untuk memulai dengan rata-rata orang dan bisa sangat menguntungkan, terutama jika Anda memiliki keahlian khusus. Misalnya, orang yang paham mode mungkin memulai bisnis penjualan kembali yang berpusat pada berbagai pakaian yang sedang populer.

Cara Menjadi Reseller

  • Daftarkan bisnis Anda. Dapatkan izin usaha tempat Anda berbisnis atau berbadan hukum. Hak asing harus diserahkan untuk dijual kembali di negara bagian lain.
  • Periksa undang-undang negara Anda. Di sebagian besar negara bagian, Anda harus dapat menggunakan izin penjualan kembali di luar negara bagian yang tidak mengharuskan Anda membayar pajak penjualan atas barang yang dijual kembali. Namun, ini tidak berlaku di semua yurisdiksi. Sebelum memulai bisnis, periksa undang-undang negara bagian Anda tentang penjualan kembali.
  • Mendapatkan izin penjualan kembali. Kirimkan satu untuk setiap negara bagian tempat Anda membeli dan menjual item. Beberapa biaya mungkin berlaku.

4 Ide/Peluang Bisnis Reseller

Dalam bisnis pengecer, Anda dapat menjual hampir semua hal. Anda dapat membuka toko pakaian atau menjual kembali sepatu atau barang antik. Fakta bahwa Anda tidak perlu berinvestasi dalam manufaktur dan pengembangan produk menjadikannya ide bisnis rumahan yang bagus untuk mulai menjual kembali dan tumbuh sesuai keinginan Anda.

1. Bisnis Pakaian

Pakaian adalah peluang besar karena dapat dijual kembali kepada wanita, pria dan anak-anak dari segala usia. Saat menjalankan bisnis pengecer pakaian, Anda dapat menguji beberapa ceruk pakaian yang berbeda sekaligus dan memutuskan pakaian mana yang paling cocok untuk Anda.

Anda dapat menghapus gaya berperforma buruk dan menambahkan item baru yang sedang tren tanpa merusak anggaran. Saat menyiapkan ide bisnis pengecer seperti pakaian jadi, penting untuk merencanakan ke depan karena lini pakaian berubah secara berkala berdasarkan musim dan hari libur populer.

2. Toko Hewan Peliharaan

Perlengkapan hewan peliharaan menawarkan berbagai pilihan, mulai dari pakaian hingga makanan hingga kalung anjing dan segala sesuatu di antaranya. Orang tua peliharaan selalu membutuhkan persediaan, jadi ada banyak peluang untuk menghasilkan uang melalui penjualan kembali.

Orang tua anjing dan kucing adalah target paling populer, tetapi Anda juga dapat menjual kembali produk yang menarik bagi pemilik hewan peliharaan khusus seperti hewan pengerat, babi, atau ikan. Gunakan media sosial untuk membagikan produk Anda dan biarkan pelanggan memamerkan apa yang mereka beli secara online untuk menarik perhatian mereka.

3. Bisnis Kosmetik

Sebagai ide bisnis pengecer, menjual kosmetik secara online bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang karena pengirimannya relatif rendah dan volume pesanan umumnya lebih tinggi dari rata-rata.

Kosmetik tidak hanya berarti makeup. Ini juga bisa berarti krim perawatan kulit dan produk perawatan rambut. Ini berarti Anda dapat memulai bisnis reseller yang melayani pria dan wanita dari segala usia di satu toko.

4. Bisnis Perlengkapan Otomotif

Memulai bisnis reseller aksesoris mobil bisa sangat menguntungkan jika Anda memahami pasarnya. Orang-orang saat ini menghabiskan banyak waktu di dalam mobil mereka dan ingin membuatnya senyaman mungkin.

Teliti apa yang diinginkan pelanggan Anda dan dapatkan sumber dari pengecer terkemuka untuk memastikan ulasannya selalu positif. Beberapa ide produk termasuk tas penyimpanan kursi mobil, kait belakang kursi mobil, kartu parkir yang dapat menyala dalam gelap, penala penerima radio dengan pemancar FM, dan telepon speaker bluetooth untuk mobil.

Cara Menghasilkan Uang dengan Reseller

Anda pasti ingin menghasilkan uang dengan cepat dengan bisnis pengecer baru Anda. Untungnya, ada banyak strategi yang bisa diterapkan oleh toko online reseller Anda untuk tumbuh dan tetap menguntungkan.

Hargai Produk Anda dengan Baik

Memasarkan produk Anda memang penting, tetapi harga produk Anda dengan baik dapat membantu bisnis Anda tetap menguntungkan. Beberapa blog merekomendasikan penghasilan $2 agar tetap kompetitif. Ini nasihat yang buruk.

Harga produk Anda tidak boleh hanya menutupi biaya barang. Ini juga termasuk biaya seperti biaya pemasaran, staf (saat Anda mulai merekrut), dan biaya Shopify. Selama harga Anda tepat untuk pasar, Anda tidak perlu menurunkan harga.

Menjalankan Iklan Media Sosial

Iklan Facebook umumnya menjadi pilihan paling populer untuk reseller. Namun, iklan TikTok dan Instagram mendapatkan daya tarik karena basis pengguna dan kemampuan perdagangan mereka yang terus berkembang.

Anda harus bereksperimen dengan berbagai platform untuk melihat di mana merek Anda paling baik berkomunikasi dengan audiens Anda. Mungkin TikTok bisa menjadi saluran pemasaran yang paling berkinerja, terutama jika Anda pandai membuat video pendek yang dipersonalisasi. Eksperimen, analisis, gandakan!

Buat Konten Terkait Bisnis

Dari pemasaran video hingga blogging, pembuatan konten dapat membantu merek Anda meningkatkan kehadirannya. Semakin banyak konten berkualitas tinggi yang Anda buat, semakin besar peluang Anda untuk mengarahkan lalu lintas kembali ke toko Anda.

Anda akan menemukan bahwa jika Anda secara konsisten membuat konten untuk merek Anda, penjualan Anda akan meningkat seiring waktu.

Daftar Isi