Microsoft Ads: Panduan untuk Pemula 2023

seputarpengetahuan.co.idMicrosoft Ads – Beriklan di mesin pencari adalah strategi yang bagus jika Anda ingin mengarahkan lalu lintas ke situs Anda dan mendapatkan penjualan untuk produk atau layanan Anda. Pengeluaran iklan pencarian terus tumbuh setiap tahun. Pasar bisa mencapai $112 miliar pada tahun 2023 di AS saja.

Meskipun Google Ads tetap menjadi layanan iklan pencarian paling populer, Microsoft Advertising (sebelumnya Bing Ads) berada di urutan kedua dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. Pengusaha dan bisnis menemukan bahwa menjalankan kampanye di Microsoft Ads dapat membantu mereka mencapai dan melampaui sasaran bisnis mereka.

Namun jika Anda baru mengenal iklan penelusuran, iklan tersebut mungkin tampak berlebihan. Apakah kamu baik-baik saja. Kami membantu Anda. Dalam artikel ini, kita akan melihat semua dasar yang perlu Anda ketahui untuk mulai menjalankan kampanye Microsoft Ads Anda sendiri.

Apa itu Microsoft Ads?

Microsoft Ads adalah platform bayar per klik (PPC) yang memungkinkan merek untuk mengiklankan produk dan layanan mereka di jaringan pencarian Bing dan jaringan mitra (Yahoo dan AOL). Iklan muncul di bagian atas, bawah, atau samping halaman hasil mesin pencari Bing.

Menjalankan Microsoft Ads memungkinkan bisnis menjangkau berbagai audiens, termasuk kelompok demografis yang sulit untuk ditarik di platform lain. Dalam hal pengaturan dan fitur, Microsoft Ads berfungsi mirip dengan Google Ads.

Anda menawar kata kunci tertentu yang menurut Anda akan dicari orang, lalu menunggu Bing mencocokkan pencarian yang dilakukan di platform. Pencocokan yang berhasil akan memicu mesin pencari untuk menampilkan iklan Anda di samping hasil pencarian organik.

Microsoft Ads juga memiliki filter penargetan yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol platform dan perangkat mana yang dapat menampilkan iklan Anda. Misalnya, jika Anda ingin iklan hanya muncul di perangkat seluler, Anda dapat memilih opsi Lalu Lintas Seluler untuk memfilter iklan di desktop dan tablet.

Cara Membuat Kampanye dengan Microsoft Ads

Dengan Microsoft Ads, Anda dapat menjangkau jutaan orang menggunakan mesin pencari Bing untuk menemukan produk dan layanan Anda. Untuk meluncurkan kampanye pertama Anda di platform, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat Akun Microsoft Ads

Buka halaman beranda Microsoft Ads dan klik tombol daftar hijau sekarang. Ikuti petunjuk untuk memasukkan detail yang diperlukan seperti alamat email, nomor telepon, dan lokasi bisnis. Setelah selesai, baca dan terima persyaratan, lalu pilih Buat kampanye baru.

Catatan: Jika Anda sudah memiliki akun Microsoft, cukup masukkan alamat email dan kata sandi Anda dan Microsoft akan membuatkan akun Iklan untuk Anda.

2. Tetapkan Tujuan Kampanye

Selanjutnya, Microsoft Ads akan meminta Anda untuk memilih tujuan kampanye. Pilihan meliputi:

  • Kunjungi situs web saya
  • Panggilan ke bisnis saya
  • Kunjungi lokasi bisnis saya
  • Konversi situs web saya
  • Menjual produk secara online

Anda dapat memulai kampanye dengan memilih sasaran, tetapi pastikan Anda memilih sesuatu yang sesuai dengan sasaran bisnis Anda. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan penjualan online, memilih “Jual produk secara online” sebagai sasaran kampanye adalah pilihan yang bagus.

3. Pemilihan Kata Kunci

Memilih kata kunci yang tepat sangat penting untuk membuat kampanye iklan pencarian. Anda dapat melakukan riset kata kunci mendetail menggunakan Perencana Kata Kunci Microsoft.

Biasanya, pengiklan perlu mengeklik Alat di bagian tajuk dasbor akun mereka untuk mengakses Perencana Kata Kunci, tetapi untuk kampanye pertama mereka, itu akan muncul secara langsung. Mulailah dengan memasukkan kata kunci yang terkait dengan produk dan layanan Anda, lalu teliti hasil yang disajikan.

Berapa statistik pencarian bulanan rata-rata Anda? Seberapa kompetitif tawaran peringkat teratas? Apakah variasi kata kunci menghasilkan tawaran yang disarankan lebih rendah? Berdasarkan temuan Anda, buat daftar kata kunci untuk digunakan dalam kampanye Anda.

4. Pilih Jenis Iklan

Setelah Anda memilih sasaran, saatnya menyiapkan setelan dan penargetan iklan. Microsoft menawarkan dua jenis iklan untuk Anda pilih: iklan pencarian dan iklan bertarget.

Iklan Pencarian muncul di bagian atas hasil pencarian, sedangkan Iklan Prospek muncul di lokasi yang tidak dapat dicari di situs seperti Microsoft Edge, MSN, Outlook, dan situs mitra lainnya (misalnya, di dalam artikel). Sebagian besar pengiklan pemula memulai dengan iklan penelusuran. Karena lebih mudah disiapkan dan jauh lebih nyaman untuk dikelola daripada iklan prospek.

5. Buat Iklan Pertama Anda

Platform sekarang akan meminta Anda untuk membuat iklan pertama Anda. Anda akan melihat halaman dengan opsi untuk ditambahkan:

  • Nama Bisnis
  • Gambar (hingga 6, iklan ditampilkan satu per satu)
  • Judul panjang (hingga 90 karakter)
  • Judul pendek (hingga 30 karakter)
  • Teks iklan (hingga 90 karakter)
  • URL Final (untuk desktop dan seluler)

Setelah ditambahkan, klik Simpan untuk melanjutkan.

6. Tetapkan Anggaran Harian dan Tawaran

Pada titik ini, Microsoft Ads akan meminta Anda untuk menetapkan anggaran harian. Silakan masukkan jumlah yang tidak memberatkan. Ini adalah jumlah yang akan Anda bayarkan setiap hari sampai iklan Anda aktif.

Hal ini memungkinkan Microsoft memperkirakan jumlah klik dan tayangan yang mungkin diperoleh iklan Anda. Anda juga dapat melihat jumlah maksimum bulanan di bidang Anggaran Harian, yang merupakan jumlah maksimum yang akan ditagih oleh Microsoft Ads per bulan.

Di luar itu, Anda dapat memilih berapa banyak tawaran untuk set iklan Anda. Anda dapat menggunakan tawaran minimum yang kami sarankan atau memilih angka yang mencerminkan biaya per klik rata-rata untuk Microsoft Ads di industri Anda.

Berhati-hatilah untuk tidak menempatkan strategi penawaran Anda pada penyesuaian otomatis. Sesuaikan tawaran Anda berdasarkan kinerja iklan Anda. Misalnya, jika iklan tertentu menghasilkan konversi yang jauh lebih banyak dari yang diharapkan, Anda harus meningkatkan penyesuaian tawaran untuk iklan tersebut.

7. Tambahkan Informasi Pembayaran

Setelah menetapkan anggaran, masukkan informasi bisnis dan pembayaran Anda. Microsoft kemudian menawarkan dua opsi pembayaran.

  • Prabayar: Anda harus membayar di muka untuk iklan di bulan berikutnya.
  • Pascabayar: Anda harus membayar iklan pada akhir bulan.

Namun, perusahaan hanya menerima pembayaran kartu debit dan kredit untuk paket pascabayar. Ini membuat opsi “iklankan sekarang, bayar nanti” kurang menarik bagi banyak orang. Jika Anda ingin menggunakan metode pembayaran alternatif untuk menutup biaya iklan, Anda harus memilih Prabayar.

8. Kampanye Dimulai

Terakhir, klik Simpan untuk meluncurkan kampanye Microsoft Ads pertama Anda. Iklan Anda akan muncul saat orang mencari kata kunci yang Anda targetkan di Bing, AOL, Yahoo, dan situs mitra sindikasi seperti MSN dan Outlook.

Anda dapat memantau kinerja kampanye untuk mengetahui iklan mana yang lebih disukai audiens target Anda. Anda kemudian dapat meningkatkan iklan tersebut dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Yang mengatakan, lebih baik menjadi pengiklan informasi.

Daftar Isi