7 Tips Rahasia Cara Menghasilkan Uang di YouTube 2023

seputarpengetahuan.co.idCara Menghasilkan Uang di YouTube – Bagi banyak orang, menghasilkan uang di YouTube adalah impian. Bagaimanapun, YouTuber tampaknya menjalani kehidupan yang indah dan dicintai oleh penggemarnya. Dan karena membuat saluran YouTube lebih mudah dari sebelumnya, tidak ada salahnya berpikir besar dan menetapkan tujuan yang tinggi.

Namun, meskipun membuat saluran YouTube itu sederhana, mengubahnya menjadi ATM tidaklah mudah. Anda dapat menghasilkan penghasilan pertama Anda dengan menjual sesuatu atau menandatangani kesepakatan sponsor, tetapi untuk memaksimalkan keuntungan Anda, Anda perlu memahami semua pilihan Anda sebelum mengambil risiko.

Jika Anda ingin tahu cara menghasilkan uang di YouTube, kami telah menulis artikel ini untuk memandu Anda melalui semua yang perlu Anda ketahui. Di akhir artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai cara menghasilkan uang di YouTube dan mengembangkan bisnis Anda sendiri melalui salah satu platform internet terbesar di dunia.

Bisakah Menghasilkan Uang di YouTube?

Jawaban singkatnya adalah ya. Ribuan orang melakukannya. Dan tidak semuanya memiliki jutaan pelanggan. Berlawanan dengan kepercayaan populer, YouTube bukan hanya permainan angka. Potensi pendapatan Anda akan bergantung pada ceruk pasar Anda, tingkat keterlibatan yang Anda hasilkan, dan aliran pendapatan yang Anda manfaatkan. Saya tidak mengatakan pelanggan dan penayangan tidak penting. Lihat tips mudah ini untuk mendapatkan lebih banyak penayangan di YouTube.

Apakah Dibayar untuk Mengunggah Video ke YouTube?

YouTube tidak membayar pembuat konten untuk mengupload video ke YouTube. Selain itu, video tidak dimonetisasi secara default. Untuk memonetisasi di YouTube, Anda harus mengaktifkan monetisasi di setelan akun. YouTube memberi Anda opsi untuk bergabung dengan Program Mitra atau membuat video Anda muncul di YouTube Premium (lebih lanjut nanti).

Cara Menghasilkan Uang di YouTube 2023

Jika Anda mencari cara baru untuk menghasilkan uang, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang di YouTube. Nah, ada berbagai cara untuk menghasilkan uang di platform ini, sebagian besar melibatkan pembuatan konten video yang menarik. Berikut adalah beberapa aliran penghasilan YouTube populer yang tersedia.

Bergabung dengan Program Mitra YouTube

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang di YouTube, Anda harus mengetahui Program Mitra YouTube dan cara kerjanya. Pembuat konten YouTube tidak dapat memonetisasi videonya sampai mereka bergabung dengan Program Mitra YouTube.

Saat saluran YouTube Anda mencapai 1.000 subscriber dan 4.000 penayangan publik, saluran tersebut akan ditinjau untuk keanggotaan dalam Program Mitra.

Artinya, Anda tidak akan dapat memonetisasi hingga Anda mencapai angka ini, jadi penting untuk terus membuat konten dan meningkatkan jangkauan saluran Anda. Jika Anda memenuhi kriteria program, Anda dapat mengajukan monetisasi.

Cara mengaktifkan monetisasi di YouTube:

  1. Masuk ke akun YouTube yang ingin Anda monetisasi.
  2. Klik ikon akun Anda di kanan atas, lalu klik YouTube Studio.
  3. Di menu sebelah kiri, pilih Fitur lainnya > Monetisasi.
  4. Tinjau Persyaratan dan Ketentuan Program Mitra dan klik Setuju.
  5. Tautkan akun AdSense Anda yang sudah ada atau buat akun baru untuk chanel Anda.
  6. Tentukan preferensi monetisasi Anda.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, kembali ke Dashboard dan buka tab Analytics di sebelah kiri. Di layar berikutnya, pilih Pendapatan di bagian atas, lalu gulir ke bawah hingga Anda melihat bagan Pendapatan yang Diproyeksikan Bulanan. Bagan memberi Anda gambaran tentang penghasilan bulanan yang diproyeksikan.

Berapa banyak tampilan yang diperlukan untuk menghasilkan uang di YouTube? Penayangan video tidak berkorelasi dengan pendapatan YouTube. Anda mendapatkan ribuan tampilan, tetapi jika tidak ada yang mengklik iklan Anda atau menggunakan konten Anda, Anda tidak dapat menghasilkan uang.

YouTube juga memiliki standar untuk membayar penerbit untuk menjalankan iklan di saluran mereka. Anda mendapatkan uang dengan meminta pemirsa mengeklik iklan Anda atau menontonnya secara keseluruhan.

Karena itu, kami punya kabar baik bagi mereka yang belajar cara menghasilkan uang di YouTube. Anda tidak lagi harus bergantung hanya pada pengiklan untuk menghasilkan uang. Program seperti YouTube Premium saat ini memungkinkan Anda menghasilkan uang tanpa mengklik atau membelanjakan iklan.

Dapatkan fitur di YouTube Premium

Bagaimana Anda menghasilkan uang di YouTube selain menjalankan iklan di chanel Anda? YouTube Premium adalah jawabannya. YouTube Premium adalah layanan keanggotaan berbayar yang memungkinkan Anda menonton video tanpa iklan.

Kreator tidak perlu melakukan apa pun karena pelanggan YouTube Premium secara otomatis mendapatkan aliran pendapatan kedua saat mereka memutar videonya.

Mirip dengan aturan monetisasi YouTube untuk monetisasi berbasis iklan, sebagian besar pendapatan yang dihasilkan melalui biaya keanggotaan Premium diberikan kepada pembuat konten (total bagi hasil ditentukan oleh berapa lama anggota Premium menonton konten).

Anggota premium juga dapat mengunduh video untuk ditonton secara offline dan memutarnya di latar belakang untuk menambah waktu menonton.

Berikan Keanggotaan Channel

Jika saluran YouTube Anda memiliki lebih dari 30.000 subscriber, Anda dapat memanfaatkan keanggotaan saluran Anda untuk menambah sumber penghasilan lain.

Di sini, penggemar membayar Rp. 75 ribuan per bulan untuk paket keanggotaan yang mencakup fasilitas seperti akses awal ke video, live chat khusus pelanggan, emote eksklusif, dan banyak lagi. Anggota disorot dalam komentar, obrolan langsung, dan tab komunitas dengan lencana khusus pelanggan.

Penonton tahu bahwa menarik perhatian pembuat konten YouTube bisa sangat sulit, jadi menawarkan langganan saluran masuk akal. Voila, inilah jawaban lain tentang cara menghasilkan uang di YouTube.

Kiat Pro: Gunakan video untuk mengingatkan orang bahwa mereka dapat menjadi anggota eksklusif dengan mengeklik tombol “Daftar” di laman Anda.

Dukung Produk Afiliasi di Video Anda.

Bisnis sangat menyadari potensi saluran YouTube dengan pengikut besar dan selalu ingin menggunakannya untuk mengembangkan bisnis mereka.

Saat Anda mendapatkan pengikut yang signifikan di platform, Anda mungkin mengalami bisnis yang menghubungi Anda meminta Anda untuk mempromosikan produk mereka dengan imbalan uang tunai. Pertimbangkan untuk menjadi afiliasi merek-merek ini dan sertakan PPL dalam video Anda.

Anda juga dapat memperluas jaringan afiliasi Anda dengan mengikuti program afiliasi populer. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan tambahan, tetapi berhati-hatilah saat melakukan ini karena pemirsa Anda akan tahu saat ada sesuatu yang diiklankan.

Kiat Pro: Hanya promosikan produk yang Anda yakini akan berharga bagi audiens Anda dan ungkapkan kemitraan Anda kepada mereka. Ini akan membantu Anda mematuhi kebijakan YouTube.

Monetisasi Live Stream dengan Super Chat

Super Chat adalah cara baru yang populer untuk menghasilkan uang di YouTube. Fitur ini memungkinkan audiens Anda untuk membeli pesan chat yang menarik dan, dalam beberapa kasus, menyematkannya ke bagian atas komentar live stream Anda.

Jadi, saat melakukan live streaming di YouTube, Anda dapat menggunakan Super Chat untuk memonetisasi streaming Anda. Tarif monetisasi YouTube Super Chat adalah Rp. 15 ribuan hingga Rp. 7,5 jutaan, dan perusahaan mengambil potongan 30% dari pendapatan.

Bagi siapa pun yang bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang di YouTube Super Chat, mengatur dan mempromosikan live stream Anda adalah kuncinya. Promosikan di video Anda, di platform media sosial lainnya, dan di mana saja audiens Anda suka berkumpul.

Menjadi Influencer YouTube

Dengan maraknya pemasaran influencer, ada peluang besar bagi Anda sebagai kreator untuk ikut serta dalam aksi tersebut. Tapi bagaimana cara memulai?

Menurut guru pemasaran YouTube dan influencer Brendan Gahan, pembuat konten diharuskan menetapkan biaya tetap dengan mengalikan jumlah penayangan yang biasanya diterima video dengan 15 sen per penayangan.

Agensi pemasaran digital WebFX telah mencantumkan angka-angka berikut untuk perkiraan penghasilan influencer YouTube.

  • Rp. 300 jutaan per video untuk pembuat konten dengan 1 juta pelanggan
  • Rp. 30 jutaan per video untuk kreator dengan 100.000 subscriber
  • Rp. 3 jutaan per video untuk kreator dengan 10.000 subscriber

Kunci untuk menghasilkan lebih banyak adalah bermitra dengan merek yang menawarkan produk berharga kepada audiens Anda.

Beberapa platform pemasaran influencer menghubungkan Anda dengan merek besar yang bersedia membayar biaya tinggi, sementara yang lain menawarkan produk gratis. Sepakati peluang yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Arahkan Pemirsa ke Produk

Jika Anda sudah memiliki bisnis e-niaga atau hanya mencoba mempelajari cara menghasilkan uang di YouTube, sebaiknya promosikan produk Anda di saluran Anda. Anda dapat mempromosikan barang Anda baik di video maupun di deskripsi. Ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

Jika Anda belum menyiapkan toko, Anda dapat dengan mudah menyiapkannya menggunakan Shopify. Setelah toko Anda berjalan, Anda dapat mulai menjual produk yang ingin Anda promosikan kepada pemirsa, baik itu barang dagangan, produk yang Anda sebutkan di video, atau barang yang menurut Anda akan diminati pemirsa. Jika Anda mencari cara menghasilkan uang di YouTube, sekarang adalah kesempatan Anda.

Daftar Isi