Cara Membuat Saluran Pemasaran yang Kuat

seputarpengetahuan.co.id – Apakah Anda mengetahuinya atau tidak, Anda memiliki saluran pemasaran. Banyak perusahaan tidak mengetahui apa itu saluran pemasaran atau bagaimana mengukurnya. Faktanya, lebih dari 68% bisnis tidak menyadarinya. Tapi mereka masih punya satu.

Jika Anda memiliki produk yang luar biasa atau layanan yang fenomenal tetapi tidak menghasilkan prospek atau penjualan, Anda perlu menyelami dunia saluran pemasaran. Jika bisnis Anda berjalan dengan baik dan Anda belum melihat ke bawah corong pemasaran, postingan ini akan membantu Anda mempertahankan dan meningkatkan penjualan Anda.

Alat pemasaran yang ampuh ini dapat meningkatkan penjualan Anda secara signifikan jika Anda meluangkan waktu untuk mengonfigurasinya. Corong yang dibangun dengan benar dapat secara teratur menarik prospek baru, mengubahnya menjadi pembeli, dan meningkatkan keuntungan perusahaan Anda.

Baik toko Anda sepenuhnya berbasis internet atau fisik, panduan ini cocok untuk Anda. Tapi pertama-tama, apa itu corong pemasaran dan bagaimana Anda menggunakannya? Posting ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah sederhana untuk membuka kekuatan corong pemasaran Anda.

Apa itu Saluran Pemasaran?

Anda dapat menganggap saluran pemasaran sebagai perjalanan pembeli. Ini adalah jalan dari pelanggan Anda menemukan Anda untuk menjadi pelanggan yang membayar. Saluran hanyalah metafora visual yang digunakan untuk menyederhanakan konsep.

Corong adalah benda berbentuk silinder yang lebar di bagian atas dan menyempit di bagian bawah. Corong fisik yang sebenarnya digunakan untuk mentransfer dan mengontrol cairan dari satu sumber ke sumber lainnya tanpa tumpah.

Anda harus menggunakan corong pemasaran Anda dengan cara yang sama untuk mengonversi konsumen dari sekadar pengunjung menjadi pelanggan setia. Variabel bervariasi dari bisnis ke bisnis, tetapi prinsip dan proses inti tetap sama.

Cara Saluran Pemasaran Bekerja

Saluran pemasaran memiliki empat tahap. Apa pun jenis bisnis Anda, semua pelanggan potensial mengambil jalan yang sangat mirip untuk menjadi pelanggan yang membayar. Langkah 4 adalah upaya pemasaran yang dirancang khusus untuk menargetkan audiens yang Anda tuju.

Misalnya Anda memiliki pengunjung baru yang menemukan situs web Anda melalui penelusuran Google. Pengunjung baru dianggap pelanggan potensial. Mereka menghabiskan waktu singkat untuk memeriksa posting blog dan produk Anda di situs Anda dan kemudian memutuskan untuk berlangganan daftar email Anda.

Pengunjung ini sekarang menjadi prospek dan Anda dapat memasarkannya di luar situs menggunakan email atau cara lain.

Memahami jalur ini dapat membantu Anda menemukan lubang di mana prospek dan prospek meninggalkan corong—lubang yang keluar dan tidak pernah berkonversi—sehingga Anda dapat menemukan cara untuk memperbaiki lubang tersebut dan meningkatkan penjualan Anda.

Memahami Tahapan Saluran Pemasaran

Tahap 4 terdiri dari Awareness, Leads, Prospek dan Penjualan. Mari kita lihat lebih dekat setiap langkahnya.

Langkah 1: Kesadaran

Di sinilah Anda membuat diri Anda terlihat. Meningkatkan kesadaran adalah memperkenalkan nama Anda sehingga orang-orang mengenal Anda dan bisnis yang Anda tawarkan.

Ketika orang memiliki masalah tertentu dan Anda dapat memperbaikinya, Anda memiliki kesempatan untuk mengenali diri sendiri dan membuat diri Anda berkesan. Ini adalah langkah penting pertama dalam membuat corong pemasaran fungsional.

Cara Menciptakan Kesadaran

  • Google – Anda dapat bertaruh pelanggan masa depan Anda akan beralih ke Google dan menemukan apa yang mereka butuhkan, apakah itu desain web, penata rambut baru, SaaS, atau peralatan dapur. Sekitar 90% pencarian online dilakukan melalui Google, dan Google melihat 3,5 miliar pencarian setiap hari. Jika Anda tidak memiliki aktivitas online, statistik ini akan memberi tahu Anda sudah waktunya membuat situs web.
  • Blogging – Membuat konten yang berharga untuk prospek Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran. Ketika pelanggan Anda melakukan pencarian di Internet untuk masalah yang mereka coba selesaikan, Anda akan menemukan bahwa Anda adalah sumber daya terdepan dalam masalah ini. Apa pun industri Anda, posting blog asli memberi pelanggan Anda pengetahuan dan membuktikan bahwa Anda dapat menyelesaikan situasi mereka.
  • SEO – Anda harus memperhatikan Search Engine Optimization (SEO) dalam penyalinan situs web dan blogging. Teknik SEO dapat membantu Anda mendapat peringkat lebih tinggi di Google Penelusuran dan memberikan pertumbuhan organik yang Anda inginkan. Blogging reguler meningkatkan SEO. Semakin banyak kata yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan mesin telusur mengetahui tentang situs Anda dan kualitas kontennya. Namun, penting agar situs web Anda berisi informasi informatif yang bermanfaat dan bacaan alami bagi pelanggan Anda. Jangan letakkan kata kunci di mana-mana. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang SEO, lihat blog SEO untuk Pemula kami.
  • YouTube – Menurut Statista, 96% orang Amerika berusia antara 18 dan 24 tahun menggunakan YouTube. Ini adalah platform ketiga yang paling banyak dicari setelah Google dan Gambar Google, dan hampir dua kali lipat dari gabungan Bing dan Yahoo. Anda bahkan bisa mengatakan bahwa YouTube adalah yang kedua setelah Google dalam hal jumlah pencarian. Namun, platform ini secara mengejutkan kurang dimanfaatkan oleh bisnis AS.
  • Forum – Anda adalah sumber utama untuk topik Anda, jadi bertindaklah seperti itu. Untuk menonjolkan diri Anda sebagai sumber terbaik di industri Anda, sering-seringlah mengunjungi Reddit, grup Facebook yang sesuai, atau forum seperti Quora dan pertimbangkan wawasan dan pengetahuan mereka. Komunitas online tempat orang-orang dengan minat atau masalah yang sama berkumpul untuk berdiskusi dan mengajukan pertanyaan. Di sini Anda dapat terlibat dalam diskusi dan berbagi kiat sambil mempromosikan merek Anda dan meningkatkan kesadaran tentang bisnis Anda. Berhati-hatilah untuk tidak mengirim email spam. Situs-situs ini seringkali memiliki aturan perilaku yang ketat yang harus diikuti.
  • Media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, TikTok, LinkedIn) adalah semua media sosial untuk menampilkan diri dan mengumpulkan pengikut. Bergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan, Anda dapat memilih beberapa platform media sosial untuk corong pemasaran Anda. Hal hebat tentang platform ini adalah Anda juga dapat berinteraksi dengan audiens Anda melalui mereka.
  • Influencer – Sekarang Anda harus hadir di media sosial dan meningkatkan kesadaran merek. Apa yang sedang kamu lakukan? Di sinilah influencer media sosial masuk. Influencer media sosial adalah orang-orang yang sudah memiliki banyak pengikut yang mempercayai mereka. Jadi mengapa tidak memanfaatkannya? Influencer bisa mendapatkan perhatian yang sangat dibutuhkan dengan mewakili merek.
  • Berpikir di luar kotak – ada banyak cara untuk diperhatikan. Berikut adalah beberapa cara hebat lainnya untuk meningkatkan kesadaran akan bisnis atau merek Anda:
    Anda menulis posting blog sebagai tamu di situs orang lain.
    Menjadi tamu di podcast.
    Tulis buletin email tamu.
    Hadir dalam rapat.
    Bergabunglah dengan webinar kami.
    Menulis e-book.

Langkah 2: Memimpin

Ini adalah tahap di mana persepsi yang mapan berubah menjadi arahan. Tujuannya di sini adalah agar konten dan kehadiran Anda memikat orang dan menjadikan mereka orang atau bisnis pertama yang mereka pikirkan ketika mereka siap untuk memecahkan masalah tertentu.

Pada tahap ini, prospek mencari informasi yang lebih mendalam dan spesifik, jadi ada baiknya memiliki konten yang mencerminkan istilah pencarian yang lebih spesifik tersebut. Prospek Anda dapat menyaring kueri penelusuran, mempelajari, dan bahkan membandingkan toko.

Tugas Anda saat ini adalah menarik mereka lebih banyak, mengomunikasikan nilai-nilai Anda, dan membuat mereka mengikuti Anda. Ini mungkin termasuk semacam ajakan bertindak, seperti permintaan untuk berlangganan nawala, blog, atau saluran. Jenis ajakan bertindak sangat bergantung pada ceruk pasar Anda dan jenis platform yang Anda gunakan untuk mendapatkan kesadaran.

Langkah 3: Pandangan

Disebut juga sebagai fase pertimbangan, ini adalah tahap di mana calon pelanggan mulai serius mempertimbangkan pilihan mereka. Prospek Anda semakin serius dalam memilih solusi untuk masalah mereka.

Mereka melakukan riset dan tahu apa yang harus dilakukan, tetapi apa yang membuat mereka memilih Anda daripada pesaing Anda? Tidak memiliki persaingan memiliki nilai jual yang unik, dan itu adalah alasan yang bagus untuk merayakannya.

Namun, kemungkinan akan ada setidaknya satu pesaing. Jadi sekarang Anda perlu meyakinkan calon pelanggan bahwa Anda adalah pilihan yang tepat. Perlu diingat bahwa pada tahap ini Anda mendidik diri sendiri tentang pilihan, bukan mendorong penjualan.

  • Terus buat konten berkualitas – ​​Anda dapat terus membuat dan menampilkan nilai dengan membuat konten tambahan. Misalnya, jika Anda seorang akuntan, Anda dapat membuat konten tentang pemilihan akuntan. Sekali lagi, ini bukan tentang mendorong penjualan, ini tentang memberikan nilai.
  • Testimonial dan Peringkat – Tidak apa-apa untuk memamerkan betapa hebatnya peringkat Anda dengan menampilkannya di situs web Anda. Tampilkan testimoni pelanggan agar tidak ada keraguan bahwa pelanggan Anda puas dengan produk atau layanan Anda.
  • Buat sistem pengasuhan – Sistem pengasuhan adalah serangkaian email yang dengan lembut memandu prospek menjadi pelanggan yang membayar. Sekali lagi, email ini menunjukkan nilai, bukan mempromosikan penjualan. Misalnya, jika Anda menjual pakaian luar, email ini mungkin menyertakan pengumuman tentang fitur atau bahan baru, menyoroti perbedaan antara perlengkapan musim dingin dan jas hujan, atau jawaban atas pertanyaan umum. Jika sistem inkubasi Anda sesuai dengan ceruk perusahaan Anda, mereka bahkan mungkin menawarkan sesuatu seperti konsultasi gratis.

Langkah 4: Jual

Anda telah melakukan yang terbaik untuk membuktikan betapa berharganya bisnis Anda dan prospek Anda hampir mengambil keputusan. Ini adalah saat Anda membutuhkan dorongan ekstra untuk menekan tombol beli dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Ada banyak cara berbeda tergantung pada niche Anda.

  • Penawaran Uji Coba Gratis – Beberapa perusahaan, khususnya perusahaan SaaS, menawarkan uji coba 7-10 hari gratis atau diskon besar-besaran tanpa kewajiban komitmen. Ini memungkinkan pelanggan untuk melihat kemampuan Anda dan benar-benar menemukan nilai dalam layanan yang Anda berikan.
  • Diskon – Anda dapat menawarkan diskon atau kode kupon kepada pembeli pertama kali. Ini sangat berguna untuk toko e-commerce.
  • Urgensi – Jika produk Anda yang paling dicari kehabisan stok atau jika ruang terbatas untuk program yang Anda tawarkan, beri tahu prospek Anda bahwa Anda dapat meyakinkan mereka untuk membeli.

Buat proses checkout berjalan semulus mungkin. Meja kasir yang kikuk dapat mengasingkan orang dan mengurangi penjualan.

Daftar Isi