Cara Membuat Akun Bisnis Instagram dengan Mudah 2023

seputarpengetahuan.co.id –┬áJika Anda ingin memulai bisnis, akun bisnis Instagram menawarkan beberapa manfaat tambahan yang tidak akan Anda temukan di akun pribadi atau influencer standar. Fitur seperti analitik, pembelian dalam aplikasi, iklan, dan tautan eksternal dapat membantu meningkatkan merek Anda.

Tak perlu dikatakan, 1 dari 2 orang menggunakan Instagram untuk menemukan produk, layanan, dan perusahaan baru. Instagram adalah salah satu pemain terbesar dalam hal mempromosikan merek Anda, membangun pengikut setia, dan memenuhi sasaran pertumbuhan Anda.

Untungnya, membuat profil bisnis Instagram itu sederhana. Anda dapat memiliki akun bisnis baru yang cemerlang dalam hitungan menit. Mari kita lihat beberapa pertimbangan untuk membuat akun, cara melakukannya, dan beberapa kiat untuk membantu Anda memaksimalkannya.

Manfaat Akun Bisnis Instagram

Percakapan satu lawan satu, analisis terperinci, dan informasi tambahan memberikan banyak alasan untuk memulai akun bisnis. Alat-alat ini memungkinkan Anda melakukan semua hal berikut:

Menjual Langsung ke Followers

Kurangi friksi dalam perjalanan pelanggan Anda dengan menggunakan fitur pembelian dalam aplikasi Instagram. Pengguna dapat menelusuri dan membeli produk tanpa meninggalkan aplikasi, memberikan pengalaman berbelanja tanpa gangguan dan meningkatkan rasio konversi.

Mengenal Audiens Anda

Wawasan Instagram mengungkapkan lebih dari sekadar demografi audiens Anda. Soroti kapan calon pelanggan sedang online dan konten apa yang mereka sukai. Anda dapat dengan mudah menggunakan wawasan ini untuk merancang kampanye konten dan membagikan postingan yang selaras dengan pengikut Anda.

Eksekusi Kampanye Iklan

Anda memerlukan akun bisnis Instagram untuk menjalankan iklan di Instagram. Dengan menautkan akun ini ke Halaman Bisnis Facebook Anda, Anda dapat memaparkan merek Anda kepada calon pelanggan dan pengikut baru melalui fitur penargetan yang canggih.

Anda juga dapat mengakses analitik periklanan untuk melihat kampanye mana yang berkinerja terbaik dan berapa banyak pengikut yang mengklik ajakan bertindak (CTA) Anda.

Jenis Profil Instagram

Akun bisnis Instagram hanyalah salah satu jenis akun yang dapat Anda buat. Secara keseluruhan, Instagram memungkinkan pengguna untuk membuat tiga jenis akun.

  • Akun pribadi. Sebagian besar pengguna Instagram memiliki akun pribadi yang tidak menawarkan fitur periklanan atau analitik.
  • Akun bisnis. Akun ini bagus untuk merek yang ingin mengakses iklan, menjadwalkan postingan, mendapatkan wawasan mendalam, dan berbagi tautan.
  • Akun Kreator. Produk konten dan influencer yang menginginkan fitur Toko Instagram dan wawasan audiens dapat membuat Akun Kreator.

Perlu berganti akun atau membuat akun baru? Ada dua cara utama untuk membuat akun bisnis Instagram.

  1. Ubah profil pribadi Anda yang ada menjadi profil bisnis.
  2. Buat dari awal.

Jika Anda belum memiliki akun Instagram, pilihannya mudah. Anda akan membuat akun dari awal.

Namun, jika Anda memiliki akun yang sudah ada, Anda harus memikirkan beberapa pertimbangan terlebih dahulu. Banyak bisnis lebih memilih untuk memulai dari awal. Kecuali jika Anda memiliki banyak pengikut yang ingin Anda transfer ke Akun Bisnis Anda. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Apakah Anda memiliki cukup waktu untuk mengelola dua akun, memposting konten unik secara rutin, dan terus berinteraksi dengan pengikut Anda di setiap akun?
  • Apa citra merek Anda? Apakah merek pribadi Anda sama dengan merek profesional Anda dan apakah Anda seorang juru bicara atau tokoh kunci?
  • Apakah tujuan inti dari akun bisnis Anda untuk menghibur dan melibatkan audiens Anda, atau untuk menjual produk dan/atau layanan Anda?
  • Ingin membangun brand awareness melalui akun bisnis terpisah yang mudah ditemukan?
    Apakah Anda ingin merahasiakan konten Anda? Jika demikian, silakan buat akun baru. Akun bisnis tidak boleh memiliki konten pribadi.

Memisahkan akun memungkinkan Anda mempertahankan citra merek dan kesadaran merek yang unik dari kedua akun.

Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Setelah Anda memutuskan rute mana yang akan diambil, saatnya untuk bertindak. Berikut adalah langkah-langkah untuk masing-masing dari dua pendekatan yang dibahas di bagian sebelumnya.

1. Beralih dari Akun Pribadi Anda

Masuk ke akun Instagram Anda di desktop atau ponsel Anda. Pergi ke pengaturan:

  • Untuk menemukan pengaturan di desktop Anda, klik menu “Lainnya” (“menu hamburger” dengan tiga garis horizontal yang ditumpuk satu sama lain, terlihat seperti hamburger?) di sudut kiri bawah layar Anda. Pengaturan harus menjadi item pertama dalam daftar.
  • Untuk menemukan Pengaturan di seluler, klik ikon gambar profil Anda di kiri bawah, lalu klik menu hamburger di kanan atas. Pengaturan harus menjadi item pertama dalam daftar.

Setelah Anda berada di Pengaturan, cari tautan biru yang bertuliskan “Beralih ke Akun Profesional”.

  • Di desktop, tautan ini berada di bagian bawah daftar setelah mengeklik Pengaturan.
  • Di seluler, ada satu langkah ekstra. Klik akun Anda di daftar drop-down pertama dan Anda akan melihat “Beralih ke Akun Profesional” di bagian bawah daftar ini.

Anda kemudian akan ditanyai beberapa pertanyaan.

  • Baik Anda digambarkan sebagai pencipta atau bisnis
  • Kategori terbaik untuk merek Anda

2. Buat Akun Baru Dari Awal

Buka Instagram.com atau unduh aplikasi seluler. Cukup klik tombol “Daftar”, isi detail Anda dan Anda siap. Ingatlah bahwa pada tahap ini ini adalah akun pribadi Anda, sama seperti orang lain. Mulai saat ini, beralih akun dengan cara yang sama seperti pada langkah 1.

Jika Anda masih berpikir, berikut beberapa ide untuk nama akun:

  • Menggunakan nama domain situs web Anda, termasuk .com (atau .org, .co, dll.) di bagian akhir.
  • Gunakan titik atau garis bawah di antara kata-kata, seperti jenny.benny atau jenny_benny.
  • Gunakan judul sebelum nama, seperti mrsjennybenny.
  • Memakai karakter tambahan di akhir atau awal, seperti jennybennyxoxo.
  • Tambahkan pengidentifikasi seperti lokasi, seperti jennybennyusa.

Daftar Isi