seputarpengetahuan.co.id – Private Label – Calon pemilik bisnis e-niaga sering menghadapi teka-teki. Apa yang lebih dipersonalisasi daripada dropshipping, tetapi membutuhkan lebih sedikit pekerjaan daripada membuat sendiri dari awal
Jawabannya adalah pelabelan pribadi. Pelabelan pribadi memungkinkan Anda untuk membuat merek kustom Anda sendiri tanpa harus merancang dan memproduksi produk Anda sendiri.
Pada artikel ini, Anda akan mengambil kelas Private Labeling 101. Pelajari apa itu Pelabelan Pribadi dan cara kerjanya, beberapa produsen tepercaya yang dapat Anda pertimbangkan untuk bermitra, dan kiat tambahan untuk memulai merek Label Pribadi Anda sendiri. Ayo mulai
Apa itu Private Label?
Pelabelan sendiri adalah ketika produsen atau pemasok membuat produk untuk perusahaan lain untuk diberi merek dan dijual. Perusahaan baru mungkin menyarankan produsen untuk memasang logo dan label hak milik pada produk mereka. Beginilah cara kami mendapatkan istilah pelabelan pribadi.
Entah Anda mengetahuinya atau tidak, Anda pasti melihat produk private label setiap kali Anda pergi ke toko.
Misalnya, merek Great Value Walmart adalah lini produk label pribadi. Walmart tidak memproduksi produk ini tetapi mengalihdayakan produksinya ke perusahaan lain untuk membuat label, kotak, dan wadah bernilai tinggi untuk mengemas produk mereka.
Merek private label umum lainnya adalah Target’s Mainstays dan Costco’s Kirkland. Dalam banyak kasus, perusahaan yang membeli produk label pribadi memiliki kendali atas cara produsen memproduksinya.
Perusahaan pembeli dapat meminta agar bahan tertentu disertakan atau meminta kemasan khusus. Ini semua ditentukan dalam negosiasi dengan pabrikan dan akan dibahas di bawah ini.
Tips Memulai Bisnis Private Label
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum terjun ke bisnis private label baru Anda. Mari kita lihat dasar-dasarnya.
1. Ketahui Kepada Siapa Anda Menjual
Hal hebat tentang pelabelan pribadi adalah Anda dapat menemukan hampir semua produk yang Anda inginkan, baik itu kecantikan, rumah tangga, atau makanan.
Saat meninjau opsi Anda, pertimbangkan apa yang ingin Anda jual. Namun, Anda perlu menyeimbangkan preferensi pribadi Anda dengan beberapa riset pasar. Anda akan sangat kecewa karena orang tidak menyukai produk Anda seperti Anda!
Berikut adalah beberapa cara Anda dapat melakukan sedikit riset pasar untuk memvalidasi ide Anda dan membuat orang benar-benar tertarik.
- Google Tren. Masukkan ide Anda dan lihat apakah trennya naik, turun, atau stabil.
- Ubersuggest. Alat ini menampilkan metrik aktivitas seperti berapa banyak orang yang menelusuri istilah tersebut setiap bulan.
- Amazon best sellers. Produk apa yang sedang hits saat ini Anda dapat memfokuskan upaya Anda dengan mencari di berbagai kategori.
- Riset pesaing. Siapa yang menjual produk serupa Lingkup situs web, media sosial, dan ulasan Anda.
2. Mulai Mencari Produsen
Buat daftar produsen untuk dihubungi jika Anda memiliki ide untuk produk yang ingin Anda jual. Sangat penting untuk menyisihkan waktu untuk berbicara dengan setidaknya beberapa produsen yang berbeda.
Karena begitu Anda membuat kontrak, Anda sepenuhnya bergantung padanya untuk memenuhi kebutuhan dan harapan Anda. Berikut adalah beberapa poin penting untuk berbicara dan bernegosiasi dengan produsen.
- Ajukan pertanyaan sebanyak yang diperlukan dan ukur tanggapannya. Tidak menjawab pertanyaan atau terlalu lama menjawab dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.
- Jadilah 100% jelas tentang harga, waktu penyelesaian, kontrak dan perjanjian, spesifikasi dan persyaratan untuk mengirimkan karya seni merek Anda.
- Teliti ulasan dan reputasi perusahaan. Lanjutkan dengan hati-hati jika situs ulasan memberi Anda kurang dari 4 atau 4,5 bintang. Kami juga dapat meminta informasi kontak Anda untuk meminta ulasan dan peringkat dari pelanggan sebelumnya atau menghubungi Anda secara langsung.
- Setelah Anda merancang merek Anda, pesan sampel sebelum melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Dengan cara ini Anda bisa puas dengan kualitas, pengiriman dan proses pemesanan sehingga Anda tidak akan terkejut nantinya.
3. Desain Merek Anda
Sekarang, Anda harus memiliki banyak ide hebat untuk menghidupkan merek Anda. Selanjutnya saatnya membuat keajaiban terjadi!
Ada banyak alat gratis atau berbayar yang dapat membantu Anda membuat seni merek yang indah, meskipun Anda tidak memiliki pengalaman desain grafis. Temukan ribuan templat, ikon, latar belakang, dan aset desain lainnya dengan mudah. Berikut adalah beberapa alat desain.
- Canva
- Hatchful
- Adobe Spark
- Pixlr
- Gimp
Setelah memilih beberapa detail, pembuat logo Shopify memberi kami beberapa opsi untuk merek rumah dan taman bernama Lazy Sunday. Jika Anda ingin menghindari proses desain, pertimbangkan untuk mempekerjakan seorang desainer grafis melalui pasar freelance online.
Dengan banyak pilihan, Anda pasti menemukan desainer yang sempurna untuk kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa platform marketplace freelance.
- Fiverr
- 99designs
- Toptal
- Dribbble
- PeoplePerHour
4. Bangun Toko E-niaga
Setelah Anda menentukan pabrikan dan membuat merek Anda, inilah saatnya untuk mengubah ide Anda menjadi kenyataan. Mendaftar ke toko Shopify dan mulai membangun.
Anda dapat memulai dengan memilih dari ribuan template desain web gratis atau berbayar, lalu sesuaikan kreasi Anda hingga Anda menyukainya. Berikut daftar hal-hal yang harus dilakukan saat membangun toko Anda.
Sesuaikan elemen kreatif tema Anda termasuk warna, grafik, dan font. Biarkan kepribadian merek Anda bersinar.
- Ambil beberapa foto berkualitas tinggi dari setiap produk untuk digunakan di halaman produk Anda.
- Tingkatkan penjualan dengan membuat deskripsi produk yang detail, kreatif, dan menarik.
- Pilih harga yang tepat. Hitung biaya Anda, pastikan semuanya tercakup, lalu tambahkan margin keuntungan target Anda. Coba Kalkulator Margin Keuntungan Shopify.
- Buat halaman hukum yang mencakup bisnis Anda dan informasikan kepada pelanggan Anda. Coba alat gratis
- Shopify seperti Kebijakan Privasi, Ketentuan Penggunaan, dan Pembuat Kebijakan Pengembalian Dana.
5. Buat Rencana Pemasaran yang Mematikan
Untuk benar-benar mengarahkan pelanggan ke toko Anda, Anda perlu menambahkan sedikit minyak siku pemasaran. Ada dua kategori umum pemasaran berbayar dan organik.
Saluran pemasaran berbayar adalah cara terbaik untuk mendapatkan lalu lintas instan. Ini termasuk platform seperti Facebook, Instagram Ads, dan Google Ads.
Pemasaran organik lebih dekat ke akar rumput. Bangun perlahan dari waktu ke waktu dan jangan gunakan pendekatan bayar untuk bermain seperti saluran iklan. Berikut adalah beberapa cara utama untuk memasarkan toko Anda secara organik
- Pemasaran media sosial. Hampir setiap merek ada di media sosial. Buat rencana konten yang konsisten, menarik, dan menyenangkan untuk saluran seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter.
- Pemasaran konten. Buat konten khusus seperti blog, e-book, panduan, dan infografis. Posting di situs web Anda dan gunakan untuk menarik pengunjung situs web.
- Email Pemasaran. Tambahkan keikutsertaan ke situs web Anda untuk mengumpulkan alamat email, lalu mengirimkan penawaran khusus, sumber daya bermanfaat, dan pembaruan perusahaan kepada Anda.
- Search Engine Optimization (SEO). SEO dapat dilakukan di backend dan frontend. Ini bisa menjadi sangat rumit, jadi lakukan riset atau pekerjakan pakar SEO.
- Pemasaran dari mulut ke mulut. Biarkan pelanggan Anda memberi tahu teman mereka betapa hebatnya Anda. Program rujukan adalah strategi yang bagus.
Rekomendasi:
- 9 Pekerjaan Jarak Jauh Terbaik untuk Dikejar pada tahun 2023 seputarpengetahuan.co.id -Â Pekerjaan jarak jauh telah mendapatkan popularitas yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, mengganggu norma tempat kerja tradisional. Sebelumnya, kerja jarak jauh dianggap mustahil, tetapi kemajuan teknologi dan globalisasi membuat…
- Lahan Kritis dan Lahan Potensial (Pembahasan Lengkap) Lahan Potensial Dan Lahan Kritis - Tingkat kecocokan pola penggunaan lahan dinamakan Kelas Kemampuan Lahan. Berdasarkan kelas kemampuannya, lahan dikelompokkan dalam delapan kelas. Lahan kelas I sampai IV merupakan lahan yang…
- Cara Jualan di Amazon 2023: Panduan & Tips Jitu seputarpengetahuan.co.id -Â Ingin tahu cara jualan di Amazon? Langkah pertama adalah menyinkronkan Amazon dan Shopify. Shopify adalah mitra Amazon resmi yang memungkinkan pengusaha seperti Anda menjual produk di Amazon. Anda dapat…
- √ Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Etika Bisnis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelasakan pengertian etika bisnis, tujuan,…
- Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik dan… Pengertian Kewirausahaan, Ciri, Tujuan, Karakteristik, Tahapan dan Manfaatnya – Apa itu Pengertian Kewirausahaan ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya. Mari kita simak…
- √ Regulasi Bisnis : Pengertian, Macam, Tujuan Beserta… Regulasi Bisnis : Pengertian, Macam, Tujuan Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Regulasi. Yang mana dalam pembahan kali ini menjelaskan pengertian regulasi, macam , tujuan…
- 5 Cara Menghasilkan Uang di Instagram Termudah 2023 seputarpengetahuan.co.id - Cara Menghasilkan Uang di Instagram - Instagram adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. Menurut statistik Instagram terbaru, platform ini memiliki 1,74 miliar pengguna di seluruh dunia. Ini dimulai sebagai…
- 5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik 2023 seputarpengetahuan.co.id -Â Apakah Anda sedang mencari aplikasi belajar bahasa Korea? Tampaknya aplikasi pembelajaran bahasa Korea bermunculan di mana-mana. Dan saat kompetisi semakin memanas, mungkin sulit untuk mengetahui aplikasi mana yang terbaik…
- 7 Niche Ecommerce Terbaik untuk Ditargetkan Tahun 2023 seputarpengetahuan.co.id -Â Pernahkah Anda bertanya-tanya apa Niche Ecommerce terbaik? Atau apakah itu pasar terbaik untuk pedagang? Pada artikel ini, kami akan membagikan hal itu: Ceruk pasar terbaik. Pasar terbaik. Pikirkan area…
- Akuisisi Pelanggan: Pengertian, Formula, dan Strategi seputarpengetahuan.co.id - Akuisisi Pelanggan - Membayar pelanggan adalah sumber kehidupan bisnis apa pun, apa pun industri, ceruk, atau pekerjaan Anda. Setiap pemilik dan manajer bisnis memperhatikan pelanggan mereka, tetapi tidak…
- Gampang Banget, Berikut Cara Menghasilkan Uang dari Blog… seputarpengetahuan.co.id - Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Gairah mendorong sebagian besar blogger untuk berbagi pengalaman, keahlian, dan rahasia mereka tentang suatu subjek. Tapi gairah saja tidak akan membayar tagihan.…
- Faktor Penghambat Mobilitas Sosial : Pengertian, Faktor… Faktor Penghambat Mobilitas Sosial : Pengertian, Faktor Pendorong dan Penjelasannya - Apa itu arti mobilitas sosial dan faktor Penghambatnya ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi kandungan gizi dan tentunya…
- √ Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan… Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Unsurnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komunikasi bisnis. Yang meliputi pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli, tujuan komunikasi bisnis, fungsi…
- Cara Memulai Bisnis Reseller: Tips dan Ide untuk 2023 seputarpengetahuan.co.id -Â Bisnis reseller bisa menjadi pilihan yang bagus untuk pengusaha pemula. Dengan model bisnis ini, Anda tidak memerlukan ide produk baru yang inovatif untuk memulai bisnis ecommerce Anda. Anda bahkan…
- Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik,… Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato - Bagaimana susunan teks pidato perpisahan kelas 6 yang baik dan benar serta mengharukan ?,Pada kesempatan kali…
- 9 Langkah Cara Pensiun Dini yang Dapat Membantu Anda di 2023 seputarpengetahuan.co.id - Jika Anda ingin tahu cara pensiun dini, Anda tidak sendiri. Dan bagi sebagian orang, impian pensiun di umur yang terbilang masih mudah bukanlah sekedar mimpi belaka. Banyak orang…
- √ Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat &… Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang ekuitas merek atau brang equity. Yang meliputi pengertian ekuitas merek, fungsi dan manfaat…
- Cara Membuat Saluran Pemasaran yang Kuat seputarpengetahuan.co.id - Apakah Anda mengetahuinya atau tidak, Anda memiliki saluran pemasaran. Banyak perusahaan tidak mengetahui apa itu saluran pemasaran atau bagaimana mengukurnya. Faktanya, lebih dari 68% bisnis tidak menyadarinya. Tapi…
- √ Pengertian Kelas Maya, Tujuan, Fungsi, Jenis, Fitur,… Pengertian Kelas Maya, Tujuan, Fungsi, Jenis, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan - Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan mengulas tentang kelas maya. Kelas maya berhubungan dengan suatu lingkungan belajar yang dibuat secara tatap…
- Kata Kata Bijak Islami Kata Kata Bijak Islami - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kata Kata Bijak Islami dan contohnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat…
- Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
- Cara Menemukan Waktu untuk Memulai Bisnis Sampingan seputarpengetahuan.co.id -Â Apakah Anda memiliki pekerjaan penuh waktu atau jadwal yang sibuk, mungkin sulit menemukan waktu untuk memulai bisnis sampingan. Setiap orang diberikan waktu yang sama 24 jam sehari. Bagaimana Anda…
- 9 Rekomendasi Peluang Bisnis yang Menjanjikan Saat Ini seputarpengetahuan.co.id - Ada begitu banyak peluang bisnis luar biasa yang bisa Anda coba di tahun 2023. Tentu saja, kesuksesan bisnis selalu datang dari fokus. Jadi pilihlah satu dengan bijak. Artinya,…
- √ Pengertian Manajemen Kelas, Tujuan dan Prinsipnya… Pengertian Manajemen Kelas, Tujuan dan Prinsipnya (Terlengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Kelas. Yang meliputi pengertian manajemen kelas, tujuan dan prinsip manajemen kelas. Pengertian Manajemen Kelas,…
- Cara Membuat Halaman Produk yang Bagus dan Menarik seputarpengetahuan.co.id -Â Halaman produk Anda adalah salah satu halaman terpenting di situs web Anda. Jadi, wajar jika Anda ingin mengetahui cara membuat halaman produk yang hebat. Halaman produk yang bagus membantu…
- 7 Generator Nama Bisnis Gratis untuk Nama Brand seputarpengetahuan.co.id - Generator Nama Bisnis - Memulai bisnis bisa sulit. Datang dengan nama merek yang selaras dengan audiens Anda dan memiliki latar belakang yang bagus dan domain .com yang dapat…
- Cara Menggunakan Instagram untuk Mempromosikan Bisnis 2023 seputarpengetahuan.co.id -Â Tidak yakin bagaimana cara menggunakan Instagram untuk bisnis Anda? Nah, inilah saatnya bagi seseorang untuk mengajari Anda cara terbaik menggunakan aplikasi untuk usaha profesional Anda. Mengapa Instagram? Ini karena…
- 10 Rekomendasi Ide Produk White Label 2023 seputarpengetahuan.co.id - Apakah Anda ingin menjual produk bermerek Anda sendiri? Apakah Anda ingin pelanggan Anda mengingat bisnis Anda? Jika Anda menjawab ya untuk semua pertanyaan ini, maka Anda cocok untuk…
- 7 Rekomendasi Program Afiliasi Terbaik untuk Pemula 2023 seputarpengetahuan.co.id - Afiliasi Terbaik - Mempelajari cara melakukan pemasaran afiliasi dapat menjadi penting untuk kesuksesan Anda sebagai pengusaha online. Tetapi bahkan jika situs web, iklan, atau platform media sosial Anda…
- Panduan Mudah Cara Jualan di EBAY 2023 seputarpengetahuan.co.id - Cara Jualan di EBAY - Mencari cara baru untuk mengembangkan bisnis Shopify Anda? Meningkatkan jumlah saluran yang Anda jual mungkin yang Anda butuhkan. Pengecer online multisaluran menghasilkan penjualan…