Cara Memilih Produk Private Label dan Mulai Berjualan

seputarpengetahuan.co.idPrivate Label – Calon pemilik bisnis e-niaga sering menghadapi teka-teki. Apa yang lebih dipersonalisasi daripada dropshipping, tetapi membutuhkan lebih sedikit pekerjaan daripada membuat sendiri dari awal

Jawabannya adalah pelabelan pribadi. Pelabelan pribadi memungkinkan Anda untuk membuat merek kustom Anda sendiri tanpa harus merancang dan memproduksi produk Anda sendiri.

Pada artikel ini, Anda akan mengambil kelas Private Labeling 101. Pelajari apa itu Pelabelan Pribadi dan cara kerjanya, beberapa produsen tepercaya yang dapat Anda pertimbangkan untuk bermitra, dan kiat tambahan untuk memulai merek Label Pribadi Anda sendiri. Ayo mulai

Apa itu Private Label?

Pelabelan sendiri adalah ketika produsen atau pemasok membuat produk untuk perusahaan lain untuk diberi merek dan dijual. Perusahaan baru mungkin menyarankan produsen untuk memasang logo dan label hak milik pada produk mereka. Beginilah cara kami mendapatkan istilah pelabelan pribadi.

Entah Anda mengetahuinya atau tidak, Anda pasti melihat produk private label setiap kali Anda pergi ke toko.

Misalnya, merek Great Value Walmart adalah lini produk label pribadi. Walmart tidak memproduksi produk ini tetapi mengalihdayakan produksinya ke perusahaan lain untuk membuat label, kotak, dan wadah bernilai tinggi untuk mengemas produk mereka.

Merek private label umum lainnya adalah Target’s Mainstays dan Costco’s Kirkland. Dalam banyak kasus, perusahaan yang membeli produk label pribadi memiliki kendali atas cara produsen memproduksinya.

Perusahaan pembeli dapat meminta agar bahan tertentu disertakan atau meminta kemasan khusus. Ini semua ditentukan dalam negosiasi dengan pabrikan dan akan dibahas di bawah ini.

Tips Memulai Bisnis Private Label

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum terjun ke bisnis private label baru Anda. Mari kita lihat dasar-dasarnya.

1. Ketahui Kepada Siapa Anda Menjual

Hal hebat tentang pelabelan pribadi adalah Anda dapat menemukan hampir semua produk yang Anda inginkan, baik itu kecantikan, rumah tangga, atau makanan.

Saat meninjau opsi Anda, pertimbangkan apa yang ingin Anda jual. Namun, Anda perlu menyeimbangkan preferensi pribadi Anda dengan beberapa riset pasar. Anda akan sangat kecewa karena orang tidak menyukai produk Anda seperti Anda!

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat melakukan sedikit riset pasar untuk memvalidasi ide Anda dan membuat orang benar-benar tertarik.

  • Google Tren. Masukkan ide Anda dan lihat apakah trennya naik, turun, atau stabil.
  • Ubersuggest. Alat ini menampilkan metrik aktivitas seperti berapa banyak orang yang menelusuri istilah tersebut setiap bulan.
  • Amazon best sellers. Produk apa yang sedang hits saat ini Anda dapat memfokuskan upaya Anda dengan mencari di berbagai kategori.
  • Riset pesaing. Siapa yang menjual produk serupa Lingkup situs web, media sosial, dan ulasan Anda.

2. Mulai Mencari Produsen

Buat daftar produsen untuk dihubungi jika Anda memiliki ide untuk produk yang ingin Anda jual. Sangat penting untuk menyisihkan waktu untuk berbicara dengan setidaknya beberapa produsen yang berbeda.

Karena begitu Anda membuat kontrak, Anda sepenuhnya bergantung padanya untuk memenuhi kebutuhan dan harapan Anda. Berikut adalah beberapa poin penting untuk berbicara dan bernegosiasi dengan produsen.

  • Ajukan pertanyaan sebanyak yang diperlukan dan ukur tanggapannya. Tidak menjawab pertanyaan atau terlalu lama menjawab dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.
  • Jadilah 100% jelas tentang harga, waktu penyelesaian, kontrak dan perjanjian, spesifikasi dan persyaratan untuk mengirimkan karya seni merek Anda.
  • Teliti ulasan dan reputasi perusahaan. Lanjutkan dengan hati-hati jika situs ulasan memberi Anda kurang dari 4 atau 4,5 bintang. Kami juga dapat meminta informasi kontak Anda untuk meminta ulasan dan peringkat dari pelanggan sebelumnya atau menghubungi Anda secara langsung.
  • Setelah Anda merancang merek Anda, pesan sampel sebelum melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Dengan cara ini Anda bisa puas dengan kualitas, pengiriman dan proses pemesanan sehingga Anda tidak akan terkejut nantinya.

3. Desain Merek Anda

Sekarang, Anda harus memiliki banyak ide hebat untuk menghidupkan merek Anda. Selanjutnya saatnya membuat keajaiban terjadi!

Ada banyak alat gratis atau berbayar yang dapat membantu Anda membuat seni merek yang indah, meskipun Anda tidak memiliki pengalaman desain grafis. Temukan ribuan templat, ikon, latar belakang, dan aset desain lainnya dengan mudah. Berikut adalah beberapa alat desain.

  • Canva
  • Hatchful
  • Adobe Spark
  • Pixlr
  • Gimp

Setelah memilih beberapa detail, pembuat logo Shopify memberi kami beberapa opsi untuk merek rumah dan taman bernama Lazy Sunday. Jika Anda ingin menghindari proses desain, pertimbangkan untuk mempekerjakan seorang desainer grafis melalui pasar freelance online.

Dengan banyak pilihan, Anda pasti menemukan desainer yang sempurna untuk kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa platform marketplace freelance.

  • Fiverr
  • 99designs
  • Toptal
  • Dribbble
  • PeoplePerHour

4. Bangun Toko E-niaga

Setelah Anda menentukan pabrikan dan membuat merek Anda, inilah saatnya untuk mengubah ide Anda menjadi kenyataan. Mendaftar ke toko Shopify dan mulai membangun.

Anda dapat memulai dengan memilih dari ribuan template desain web gratis atau berbayar, lalu sesuaikan kreasi Anda hingga Anda menyukainya. Berikut daftar hal-hal yang harus dilakukan saat membangun toko Anda.

Sesuaikan elemen kreatif tema Anda termasuk warna, grafik, dan font. Biarkan kepribadian merek Anda bersinar.

  • Ambil beberapa foto berkualitas tinggi dari setiap produk untuk digunakan di halaman produk Anda.
  • Tingkatkan penjualan dengan membuat deskripsi produk yang detail, kreatif, dan menarik.
  • Pilih harga yang tepat. Hitung biaya Anda, pastikan semuanya tercakup, lalu tambahkan margin keuntungan target Anda. Coba Kalkulator Margin Keuntungan Shopify.
  • Buat halaman hukum yang mencakup bisnis Anda dan informasikan kepada pelanggan Anda. Coba alat gratis
  • Shopify seperti Kebijakan Privasi, Ketentuan Penggunaan, dan Pembuat Kebijakan Pengembalian Dana.

5. Buat Rencana Pemasaran yang Mematikan

Untuk benar-benar mengarahkan pelanggan ke toko Anda, Anda perlu menambahkan sedikit minyak siku pemasaran. Ada dua kategori umum pemasaran berbayar dan organik.

Saluran pemasaran berbayar adalah cara terbaik untuk mendapatkan lalu lintas instan. Ini termasuk platform seperti Facebook, Instagram Ads, dan Google Ads.

Pemasaran organik lebih dekat ke akar rumput. Bangun perlahan dari waktu ke waktu dan jangan gunakan pendekatan bayar untuk bermain seperti saluran iklan. Berikut adalah beberapa cara utama untuk memasarkan toko Anda secara organik

  • Pemasaran media sosial. Hampir setiap merek ada di media sosial. Buat rencana konten yang konsisten, menarik, dan menyenangkan untuk saluran seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter.
  • Pemasaran konten. Buat konten khusus seperti blog, e-book, panduan, dan infografis. Posting di situs web Anda dan gunakan untuk menarik pengunjung situs web.
  • Email Pemasaran. Tambahkan keikutsertaan ke situs web Anda untuk mengumpulkan alamat email, lalu mengirimkan penawaran khusus, sumber daya bermanfaat, dan pembaruan perusahaan kepada Anda.
  • Search Engine Optimization (SEO). SEO dapat dilakukan di backend dan frontend. Ini bisa menjadi sangat rumit, jadi lakukan riset atau pekerjakan pakar SEO.
  • Pemasaran dari mulut ke mulut. Biarkan pelanggan Anda memberi tahu teman mereka betapa hebatnya Anda. Program rujukan adalah strategi yang bagus.

Daftar Isi