Residual Income: Pengertian, Rumus dan Contoh

seputarpengetahuan.co.id –┬áJika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin berpikir kebebasan finansial hanya untuk segelintir orang. Ada CEO, berpenghasilan tinggi, dan orang-orang dengan berbagai keterampilan. Tetapi kenyataannya adalah bahwa setiap orang dapat mengumpulkan kekayaan dan memperoleh kemampuan untuk membuat Residual Income dan pilihan dalam hidup.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, besar kecilnya gaji Anda tidak menentukan kekayaan Anda. Sebaliknya, kekayaan berasal dari kemampuan Anda untuk menghidupi diri sendiri jika Anda kehilangan penghasilan utama.

Dengan mendapatkan Residual Income di sini, Anda dapat membangun kekayaan dan mencapai kemandirian finansial. Tidak familiar dengan jenis penghasilan ini? Tidak perlu khawatir. Dalam postingan ini, kami menguraikan semua yang perlu Anda ketahui tentang Residual Income.

Cari tahu apa itu Residual Income, apa bedanya dengan pendapatan lain, dan bagaimana Anda bisa mendapatkannya untuk membangun kekayaan sejati.

Apa Itu Residual Income?

Pencarian Google untuk “makna Residual Income” menghasilkan lusinan interpretasi, beberapa di antaranya menyatakan bahwa pendapatan residual sama dengan pendapatan pasif. Dan ini benar sampai batas tertentu.

Alasan orang sering menggunakan “Residual Income” dan “Passive Income” adalah karena penghasilan pasif income menciptakan surplus. Misalnya, seorang pemilik blog (sebut saja dia Tom) memutuskan untuk menghasilkan uang secara pasif. Untuk melakukan ini, dia menyisipkan tautan afiliasi di beberapa postingannya.

Ketika pengunjung blognya mengklik tautan tersebut, dia menghasilkan pasif income. Komisi yang dibayarkan Tom kepada mitra afiliasinya dan pajak yang dia bayarkan atas total pendapatan afiliasinya dikurangkan untuk mencapai sisa pendapatannya.

Gagasan utama Residual Income adalah memperhitungkan biaya yang terkait dengan menghasilkan aliran pendapatan pasif.

Jenis Residual Income

Residual Income dapat berarti hal yang berbeda dalam keadaan yang berbeda. Berikut ini beberapa area umum yang memanfaatkan pendapatan ini.

Keuangan Perusahaan

Residual Income adalah cara menghitung laba dalam dunia keuangan perusahaan. Ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi kekayaan bersih perusahaan dengan mengurangi biaya peluang ekuitas dari pendapatan operasional tahunannya.

Dan jika Anda ingin mengetahui nilai ekuitas Anda di sebuah perusahaan, Anda dapat menggunakan sisa pendapatan untuk memperkirakan nilai intrinsik saham Anda. Untuk melakukan ini, perusahaan dinilai berdasarkan nilai sekarang dari nilai bukunya dan nilai sisa yang diproyeksikan di masa depan.

Cukup kurangi biaya modal bersih dari pendapatan bersih. Angka yang Anda dapatkan akan menjadi laba bersih setelah disesuaikan dengan biaya modal.

Keuangan Pribadi

Anda juga dapat menggunakan Residual Income Anda untuk menentukan kelayakan kredit Anda. Bank dan institusi lain sering menggunakan pendapatan ini untuk menentukan apakah seseorang memiliki cukup uang untuk mendapatkan pinjaman dan menutup pengeluaran.

Jadi, jika Anda memiliki sisa uang yang signifikan setelah melunasi semua hutang dan pembayaran bulanan, Anda dapat memperoleh persetujuan pinjaman dengan membuktikan keuangan Anda.

Bisnis Online

Jika Anda memulai bisnis online, sisa pendapatan Anda akan menjadi keuntungan yang Anda hasilkan setelah Anda melakukan usaha awal.

Misalnya, Anda dapat membuka toko Shopify untuk menjual barang yang menguntungkan. Memulai dan menjalankan bisnis membutuhkan usaha dan investasi pada awalnya. Jadi pada akhir setiap bulan, kami mengurangkan item-item ini dari pendapatan yang kami hasilkan untuk mendapatkan Residual Income kami.

Biasanya, setelah usaha awal, sedikit kerja diperlukan untuk menjaga penghasilan Anda tetap mengalir. Oleh karena itu, dalam konteks bisnis online, residual income disebut juga dengan passive income.

Cara Membuat Residual Income

Menciptakan Residual Income dapat mengubah hidup setiap orang. Baik Anda sedang kuliah atau sukses dalam karir Anda, pertimbangkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan berulang kali. Berikut adalah daftar Residual Income yang dapat Anda coba:

Mulai Toko Dropshipping

Toko dropshipping pada dasarnya adalah toko online tempat orang datang untuk membeli barang yang berbeda. Saat pelanggan meminta barang, pesanan masuk ke vendor pihak ketiga yang mengirimkan produk langsung ke pelanggan.

Ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang menyimpan inventaris atau cara mengirimkan barang ke pelanggan Anda. Jadi, menjalankan toko dropshipping bisa menjadi salah satu sumber Residual Income terbaik.

Kegiatan seperti pengiriman dan layanan pelanggan menjadi kurang aktif ketika pemasok menangani aspek kunci dari operasi mereka (seperti pemenuhan produk). Untuk memulai, Anda dapat membuat toko online di Shopify. Setelah selesai, instal aplikasi Automizely untuk menemukan pemasok dropshipping untuk bisnis Anda.

Mulai Bisnis Langganan

Memulai bisnis Residual Income ini memerlukan beberapa pekerjaan di awal, tetapi jika Anda menjalankannya dengan baik, Anda akan melihat uang di rekening bank Anda bertambah secara otomatis. Ada banyak produk yang bisa dijual melalui bisnis langganan, mulai dari pakaian hingga produk cukur.

Dan Anda dapat menyewa penyedia pemenuhan untuk mengemas dan mengirimkan produk dan kotak langganan Anda. Perusahaan seperti Cratejoy bahkan dapat menangani proses orientasi pelanggan baru, sehingga pekerjaan minimal diperlukan setelah bisnis Anda aktif dan berjalan.

Sewa Real Estat

Dengan bekerja jarak jauh menjadi tren, Anda mungkin tidak menggunakan rumah atau apartemen sebanyak biasanya. Alih-alih membiarkannya kosong, daftarkan di Airbnb atau platform serupa untuk menciptakan aliran Residual Income.

Menyewa kamar ekstra juga dapat menghasilkan pendapatan tambahan jika Anda tidak ingin menyewakan seluruh properti terlebih dahulu. Kiat sukses dengan strategi ini adalah membuat penyewa Anda senang.

Terlalu banyak pemilik rumah jatuh ke dalam stereotip negatif menjadi serakah, mengabaikan kekhawatiran dan masalah, dan umumnya mengabaikan harapan fasilitas. Untuk menjadi tuan tanah favorit (disarankan) semua orang, hubungi penyewa Anda setiap hari dan atasi segala ketidaknyamanan secepatnya.

Real Estat Urun Dana

Crowdfunding real estat bergantung pada investasi kecil dari banyak orang untuk membeli properti atau membiayai pengembangan properti.

Anda dapat mendaftar sebagai salah satu investor dan mendapatkan sisa pendapatan dengan mudah. Situs web seperti Fundrise dan RealCrowd memungkinkan orang untuk berpartisipasi dalam berbagai tahap investasi.

Segera setelah investasi diproses, Anda menjadi pemegang saham ekuitas dalam usaha real estat dan mulai menghasilkan pendapatan secara pasif melalui pembayaran dividen reguler.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari meningkatnya nilai properti dari waktu ke waktu. Ketika nilai aset investor naik, hasil dividen juga naik.

Untuk memulai, Anda harus mendaftar ke beberapa situs crowdfunding real estate. Memiliki akses ke banyak situs berarti Anda harus memiliki akses ke antara 4 dan 8 penawaran real estat baru setiap bulan.

Buat Aplikasi

Jika Anda memiliki beberapa keterampilan, membuat aplikasi bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan sisa pendapatan dengan memanfaatkan pengetahuan Anda yang sudah ada.

Anda dapat mengonfigurasi aplikasi pelacakan pengeluaran, aplikasi berita, aplikasi daftar tugas, atau aplikasi resep berdasarkan apa yang menurut orang berguna. Atau, jika Anda memiliki ide untuk aplikasi game seperti PUBG, cobalah. Itu bisa menjadi kunci kekayaan besar.

Jika Anda tidak tahu cara membuat kode tetapi memiliki ide yang bagus untuk suatu aplikasi, pertimbangkan untuk mempekerjakan pengembang dan pembuat kode dari Upwork atau PeoplePerHour.

Setelah mempekerjakan seseorang dan membuat aplikasi, Anda dapat memperoleh sisa pendapatan dari iklan, akses berbayar, dan fitur tambahan yang dapat dibeli pengguna untuk membuat aplikasi Anda lebih menyenangkan.

Menerbitkan Buku

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menciptakan Residual Income. Baik Anda memilih layanan penerbit tradisional atau menerbitkan sendiri melalui layanan cetak sesuai permintaan, penerbitan buku adalah langkah finansial yang sangat cerdas.

Penghasilan akan terus masuk melalui royalti dan pembelian, bahkan ada peluang menghasilkan ribuan dolar jika buku Anda terus menjadi buku terlaris. Cara terbaik untuk memulai ini adalah dengan membuat rencana daripada menuliskan apa yang terlintas dalam pikiran.

Meskipun demikian, saat memikirkan judul untuk buku Anda, pertimbangkan apa yang Anda sukai atau kuasai. Sebaiknya evaluasi juga apakah informasi yang ingin Anda bagikan akan relevan 5 hingga 10 tahun dari sekarang. Ini akan membantu membuat orang membeli buku Anda.

Menjual Foto

Apakah Anda akrab dengan kamera? Apakah Anda suka memotret orang secara candid di tempat umum? Pertimbangkan untuk menjual karya Anda di situs web seperti Getty Images atau Shutterstock.

Situs web yang tak terhitung jumlahnya menggunakan gambar stok setiap hari di posting blog dan media sosial mereka, dan pemilik bersedia membayar untuk hak untuk menggunakannya.

Jadi mengapa tidak menjual hak atas koleksi gambar Anda? Anda berpotensi melisensikan satu set foto dan menjualnya berulang kali dengan sedikit usaha setelah unggahan awal. Semua logistik penjualan gambar Anda dikelola oleh platform yang Anda gunakan untuk menjual foto Anda.

Jual Produk Digital di Etsy

Etsy memiliki halaman unduhan instan tempat Anda dapat menjual semua jenis produk digital. Ini adalah barang yang Anda kirimkan secara elektronik, bukan secara fisik. Anda dapat menjual apa saja mulai dari kartu ulang tahun atau kelulusan hingga cetakan dinding, teks inspirasional, atau salinan digital karya seni Anda.

Manfaat nyata dari hal ini adalah setelah Anda membuat file digital, Anda dapat menjual banyak salinan dengan mencantumkannya di platform. Menjual produk digital juga memiliki biaya overhead yang lebih sedikit karena tidak ada yang perlu dikemas atau dikirim.

Kumpulkan Follower Instagram

Secara alami, ini membutuhkan kerja keras di awal. Tapi begitu Anda membangun basis penggemar setia, mendapatkan sisa pendapatan menjadi mudah.

Untuk memulai, buat profil Instagram dan mulailah memposting konten tentang ceruk khusus Anda. Sementara itu, gunakan tagar Instagram untuk menjangkau lebih banyak orang dengan postingan Anda.

Anda mungkin tidak mendapatkan pengikut sebanyak yang dilakukan oleh bintang Instagram top, tetapi ada banyak hal yang bisa diperoleh dengan menjalankan akun Instagram kecil yang berfokus pada ceruk.

Bisnis di ceruk pasar Anda adalah apa yang menurut orang-orang yang Anda tarik berharga bagi mereka. Ini karena mereka lebih cenderung menargetkan audiens yang serupa. Dan jika mereka memilih untuk mensponsori konten Anda, Anda bisa mendapatkan pembayaran yang lumayan.

Daftar Isi