13 Tips Fotografi Produk untuk Menghasilkan Lebih Banyak Uang

seputarpengetahuan.co.id –¬†Fotografi produk yang hebat memiliki kekuatan untuk mengubah pengunjung biasa menjadi pembeli. Foto produk yang lebih baik akan menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi untuk halaman produk Anda, menunjukkan dampak kuat gambar pada e-niaga.

Memotret produk Anda secara profesional dapat meningkatkan tingkat konversi, meningkatkan kualitas gambar, dan menampilkan produk Anda dalam cahaya yang berbeda.

Namun, artikel ini bukan tentang mempekerjakan profesional untuk memotret dan mengedit gambar produk. Ini semua tentang mengambil fotografi produk Anda sendiri dan manfaat dari pendekatan ini. Di sini Anda akan mempelajari tip dan ide fotografi produk.

Anda juga bisa mendapatkan wawasan tentang pengaturan foto produk dan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menyempurnakan gambar Anda.

Cara Mengambil Foto Produk yang Baik

Dalam hal fotografi produk, ada banyak tips yang dapat diambil dan digunakan oleh pengusaha baru untuk meningkatkan toko mereka. Kami telah mencantumkan beberapa tips fotografi produk terbaik untuk pengusaha baru di bawah ini. Mari kita mulai.

Investasikan Kamera yang Bagus

Untuk mengambil gambar yang bagus, Anda perlu berinvestasi pada kamera yang bagus. Beberapa telah mengambil foto luar biasa menggunakan iPhone mereka. Namun, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan kamera profesional.

Misalnya, Anda dapat menambahkan lensa lain ke kamera untuk memotret produk dari jarak jauh atau mengubah fokus latar belakang. Selain itu, meskipun resolusi kamera iPhone tinggi, namun tidak setinggi kamera DSLR, sehingga bisa menampilkan lebih detail.

Semakin banyak informasi yang Anda tunjukkan kepada pelanggan, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli produk Anda.

Fotografi Produk dengan Latar Belakang Putih

Infinity Cove dapat digunakan untuk membuat latar belakang yang mulus. Infinity Cove adalah ruang serba putih melengkung yang memberikan latar belakang tampilan yang berlangsung selamanya.

Anda juga dapat menggunakan alat pengeditan gambar Photoshop untuk menghapus latar belakang gambar dan menggunakan latar belakang putih standar untuk fotografi produk. Latar belakang putih polos cocok untuk fotografi produk standar.

Hindari Menggunakan Filter

Filter adalah aksesori yang digunakan fotografer untuk mengubah gambar. Anda tidak hanya ingin produk Anda tampil dalam cahaya terbaik, Anda juga ingin agar produk Anda benar-benar mewakili tampilannya. Sebagian besar filter dapat dilakukan dapat dilakukan pasca produksi di Photoshop.

Gunakan Latar Belakang Bokeh

Jika Anda ingin menciptakan latar belakang yang memukau untuk produk Anda, bokeh adalah contoh gaya sederhana dan populer. Bokeh adalah efek buram yang dilakukan oleh jenis lensa tertentu. Anda dapat menggunakan latar belakang ini untuk gambar media sosial atau gambar spanduk di situs web Anda.

Memiliki Gambar untuk Semua Gaya Produk

Setiap gaya produk di situs web Anda harus memiliki gambar yang unik. Pernahkah Anda mengunjungi toko online dan menyadari bahwa tidak ada gambar untuk produk yang ingin Anda lihat? Ini bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi pelanggan.

Jika suatu produk tersedia dalam berbagai warna, ini menunjukkan spektrum penuh warna produk, termasuk foto produk itu sendiri. Karena sebagian besar pelanggan tidak akan membeli produk tanpa melihat tampilannya, Anda dapat meningkatkan rasio konversi untuk warna tertentu.

Jangan Hapus Gambar Sampai Anda melihatnya di Komputer

Saat mengambil foto produk, jangan langsung menghapus gambar dari kamera. Melihat gambar di layar komputer yang jauh lebih besar dari layar kamera dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang gambar mana yang terlihat bagus dan mana yang tidak.

Perhatikan lebih dekat dan Anda akan menemukan bahwa foto yang menurut Anda buruk sebenarnya terlihat bagus.

Menggunakan Psikologi Warna

Dalam fotografi produk gaya hidup, Anda ingin menggunakan psikologi warna untuk menangkap emosi yang tepat untuk produk Anda. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa sebagian besar produk elektronik seperti desktop, ponsel, dan tablet dibidik dengan latar belakang hitam mulus.

Mungkin karena warna hitam melambangkan kecanggihan dan keamanan. Berbagai warna memudahkan pelanggan untuk membeli.

Gunakan Pengaturan ‘Makro’

Jika Anda menjual perhiasan atau produk dengan detail halus, menggunakan setelan makro kamera dapat membantu Anda menangkap detail kecil. Pengaturan makro memperbesar detail sehingga pelanggan dapat melihat seperti apa produk Anda.

Ini memberi pelanggan pandangan yang lebih baik tentang seperti apa produk Anda nantinya, memberi Anda kepercayaan diri dalam pembelian mereka. Lensa makro memungkinkan Anda menangkap lebih banyak detail daripada pengaturan kamera. Jika Anda menjual perhiasan, Anda mungkin ingin berinvestasi dalam lensa makro.

Perhatikan Pencahayaan pada Foto

Untuk pencahayaan fotografi produk, Anda dapat memilih antara soft light atau hard light. Cahaya lembut berarti lebih banyak cahaya di sekitar produk, cahaya keras berarti permukaan cahaya lebih kecil. Jarak cahaya juga berperan dalam menciptakan bentuk cahaya yang lebih rapat karena cahaya yang lebih dekat.

Pada akhirnya, bagaimana Anda ingin produk Anda terlihat? Misalnya, lampu sorot produk adalah lampu keras.

Pencahayaan Alami atau Buatan?

Cahaya alami adalah cahaya dari matahari. Cahaya buatan diciptakan oleh manusia, seperti bola lampu, lilin, atau api. Pilihan antara cahaya alami dan buatan bergantung pada apa yang Anda jual.

Jika Anda menjual casing hp, Anda mungkin ingin membuat foto gaya hidup di sekitar meja (pencahayaan fotografi produk buatan). Jika Anda menjual pakaian, Anda dapat menggunakan cahaya alami untuk pemotretan outdoor dengan model Anda. Anda juga bisa mengambil gambar lain di dalam ruangan menggunakan cahaya buatan.

Gunakan Flash Diffuser

Flash diffuser adalah aksesori yang membantu menyebarkan cahaya untuk menghindari pencahayaan fotografi produk yang keras. Salah satu teknik fotografi produk terbaik, flash diffuser, dapat mencerahkan pencahayaan pada foto produk Anda.

Diffuser yang baik akan membantu menerangi produk atau orang tanpa memudar. Ini juga membantu menciptakan cahaya yang lebih alami. Secara umum, flash diffuser membuat foto Anda terlihat lebih baik. Saat menggunakan flash bawaan dan diffuser flash kamera Anda, taruhan terbaik Anda hampir selalu adalah diffuser.

Gunakan Hanya Satu Jenis Cahaya Per Gambar

Hindari menggunakan jenis cahaya lain dalam gambar Anda. Jangan gunakan pencahayaan buatan, misalnya sinar matahari. Secara keseluruhan, gambar terlihat lebih baik bila hanya ada satu sumber cahaya. Tetap berpegang pada satu sumber cahaya, apakah itu api, lilin, perlengkapan lampu, atau cahaya dari sinar matahari.

Cobalah Gaya Foto yang Berbeda

Salah satu ide fotografi produk favorit kami adalah menata produk Anda dengan cara yang berbeda. Anda dapat menggantung produk dalam perspektif yang unik. Kemudian dapat menempatkan produk di latar belakang gambar. Anda dapat memamerkan orang-orang yang menggunakan produk Anda atau produk itu sendiri.

Anda dapat bermain-main dengan pengaturan pencahayaan fotografi produk yang berbeda. Jika merupakan produk outdoor, produk ini dapat ditempatkan di berbagai lingkungan seperti outdoor. Anda juga dapat memberikan tampilan 360 derajat dari produk Anda.

Daftar Isi