Panduan Pengemasan Produk yang Menarik Banyak Pelanggan

seputarpengetahuan.co.id –¬†Ada banyak faktor yang memengaruhi cara pelanggan memandang merek Anda dan kemasan produk yang Anda pilih dan desain pasti salah satunya. Pengemasan produk semuanya bermuara pada bagaimana produk disajikan dan terkait erat dengan persepsi pelanggan.

Anda dapat mengatur panggung untuk bagaimana Anda menceritakan kisah Anda dan mewakili seluruh organisasi Anda. Memilih tampilan yang bersih dan modern untuk kemasan produk Anda dapat meninggalkan kesan yang berbeda dari kemasan yang menggunakan desain pantai atau fokus pada tampilan alami pedesaan.

Kemasan produk mengatakan banyak tentang merek dalam sekejap. Pelanggan terkadang menilai nilai atau kualitas suatu produk secara sekilas. Kemasan yang tepat juga dapat membantu Anda menonjol dan menjual lebih banyak, yang merupakan aset besar lainnya.

Pengemasan bisa tampak seperti detail kecil, dan terlalu banyak penjual yang mengabaikannya sampai menit terakhir. Namun, pengemasan adalah komponen penting dari strategi pemasaran dan layanan Anda dan bukan keputusan yang bisa dibuat dengan enteng.

Dalam postingan ini, kami akan memandu Anda dalam memilih desain kemasan yang kuat yang akan membantu Anda menampilkan diri dan memaksimalkan penjualan.

Apa itu Pengemasan Produk?

Ada banyak hal dalam desain kemasan produk: warna, visual, ukuran, bentuk, kotak versus tas versus kemasan, bahan, dan lainnya. Sangat penting untuk melakukan penelitian sebelum membuat keputusan ini.

Anda pasti ingin memahami empat poin utama yang berdampak besar pada desain paket. Ini termasuk:

  • Siapa audiens Anda? Anda perlu memahami siapa target audiens Anda dan apa yang mereka inginkan dari produk di industri Anda, terutama jika Anda ingin mendesain kemasan yang menarik bagi mereka. Misalnya, banyak pria tidak akan meraih sesuatu dalam botol merah muda berbunga alami.
  • Konotasi yang ingin Anda bangkitkan. Apa yang Anda ingin orang pikirkan ketika mereka melihat merek Anda? Pikirkan audiens Anda di sini. Kemasan alami dan bersahaja sangat bagus untuk produk perawatan kulit organik ketika merek menekankan bahan alami, tetapi mereka tidak selalu bekerja dengan baik jika Anda mencoba menyajikannya sebagai produk yang diformulasikan secara klinis.
  • Branding visual yang telah Anda bangun. Sudah memiliki situs web, nama merek, dan/atau logo? Penting untuk memilih kemasan yang sesuai dengan apa yang sudah Anda kerjakan.
  • Apa yang sedang terjadi di pasaran. Anda ingin melihat apa yang dilakukan pesaing Anda. Ada baiknya untuk mengetahui apa kriteria Anda, sehingga Anda dapat menemukan desain yang menonjol. Yang mengatakan, terkadang lebih baik tetap dengan status quo. Jika konsumen berharap sampo mereka dijual dalam botol daripada tas laminasi, mereka sebaiknya berpikir dua kali untuk menentangnya.

6 Tips Cara Pengemasan Produk yang Menarik

Ada 6 langkah utama dalam proses pengemasan produk. Mari kita lihat masing-masing.

1. Lakukan Riset

Lakukan riset Anda sebelumnya. Kami membahas ini sebelumnya di pos. Anda perlu tahu siapa audiens Anda, apa yang terjadi di pasar saat ini, dan apa yang ingin Anda sampaikan pada kemasan tentang produk yang Anda jual.

Riset pesaing dan pasar akan menjadi penting di sini, dan mengembangkan persona pembeli untuk setiap produk juga akan berguna jika Anda belum melakukannya. Branding dan kemasan berjalan beriringan. Ingatlah hal ini.

2. Pilih Jenis Wadah Produk

Penting untuk menentukan jenis wadah produk yang Anda butuhkan sebelum membuat keputusan lebih lanjut. Berbagai pilihan kemasan produk meliputi:

  • Kotak
  • Kaleng
  • Botol
  • Toples kaca
  • Amplop laminasi
  • Pembungkus
  • Karton
  • Tabung karton

Anda harus memilih item yang memenuhi semua kriteria berikut:

  • Itu terlihat sangat bagus
  • Ini sejalan dengan apa yang diharapkan pengguna jika ada standar industri
  • Ini fungsional
  • Ini akan dikirim dengan baik

3. Putuskan Apa yang Anda Butuhkan

Setelah Anda memilih jenis wadah produk yang tepat yang ingin Anda gunakan, saatnya untuk melihat semua hal lain yang Anda perlukan. Pikirkan tentang bagaimana produk akan dikirimkan dari toko ke pelanggan pada tingkat praktis dan estetika.

Wadah pengiriman seperti amplop pos atau kotak diperlukan. Tapi apa lagi yang Anda perlukan untuk memastikan bahwa semuanya tiba dengan baik, dengan produk Anda terlindungi sehingga pelanggan Anda mendapatkan pengalaman terbaik?

Selain kotak pengiriman bermerek tersebut, Anda juga dapat membeli pita pengepakan bermerek. Anda mungkin juga memiliki kit produk standar yang memudahkan penggunaan sisipan surat khusus, atau Anda mungkin telah menyadari bahwa Anda perlu mengemas kacang atau kertas robek untuk memastikan produk Anda sampai ke pelanggan dengan aman.

Pertimbangkan semua ini dan buat daftar semua barang yang Anda butuhkan. Bergerak maju akan menjadi penting.

4. Desain Kemasan

Ini bisa menjadi pengeluaran satu kali untuk mempekerjakan seseorang untuk mendesain kemasan yang Anda butuhkan, termasuk kemasan eksterior dan interior. Perjelas tentang skema warna, gambar, dan estetika keseluruhan yang Anda inginkan pada tahap ini.

Sangat penting untuk memperjelas tentang apa produk itu sehingga jika seseorang melihat produk Anda di rak, mereka tidak akan menggaruk-garuk kepala. Ingatlah untuk menyertakan semua yang Anda perlukan pada kemasan, termasuk nomor batch dan/atau informasi keselamatan.

Jika Anda lupa pertama kali, Anda harus memulai kembali (dan membayar ekstra). Banyak perusahaan percetakan menawarkan jasa desain kemasan untuk merampingkan proses. Cukup beri tahu mereka apa yang Anda inginkan dan mereka dapat menangani lebih banyak logistik teknologi untuk Anda.

Ini juga merupakan ide bagus untuk menjelajahi layanan pengemasan desain grafis di pasar seperti Fiverr. Tidak ada kekurangan desainer berbakat yang dapat membuat desain kemasan yang menarik secara visual.

5. Dapatkan Umpan Balik

Setelah desain selesai, akan difoto ulang untuk disetujui. Harap tinjau dengan cermat. Periksa ulang semua salinan Anda dan pastikan itu persis seperti yang Anda inginkan, dan terlihat seperti yang Anda bayangkan (atau lebih baik).

Ketika kami menerima desain akhir, kami mendapat umpan balik. Tanyakan kepada rekan kerja yang berpengalaman di bidang e-commerce atau industri retail yang ingin Anda sukses, atau teman dengan selera desain yang Anda percayai.

Jika memungkinkan, Anda juga dapat menanyakan audiens target Anda yang pendapatnya sangat penting bagi Anda untuk benar-benar membeli produk Anda. Ini bisa menjadi keputusan penting, jadi kami menyarankan Anda untuk melakukannya dengan benar sebelum melakukan pemesanan.

6. Mulai Proses Pencetakan

Saat Anda siap membuat kemasan, yang perlu dilakukan hanyalah menemukan printer dan memindahkan item. Semua opsi berikut cocok untuk mengemas produk Anda.

  • Bagal stiker untuk label kemasan produk yang akan diaplikasikan pada kemasan luar seperti karton atau botol.
  • UPrinting dan Packlane untuk desain khusus termasuk karton produk, karton pengiriman, dan karton pengiriman
  • PrintingForLess untuk semuanya, mulai dari pembungkus permen khusus, pemegang kartu hadiah, tas, hangtag, kotak lipat, dan sisipan.
  • Lumi untuk selotip, kertas tisu, tas surat, kantong laminasi, tas katun dan lengan amplop.

Banyak printer memungkinkan Anda membuat prototipe sebelum memesan batch penuh. Gunakan ini untuk memastikan semuanya sempurna.

Daftar Isi