Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Online 2023

seputarpengetahuan.co.idCara Memulai Bisnis Online – Memulai bisnis online memang tidak mudah. Ada begitu banyak keputusan penting yang harus diambil. Apa yang harus dijual? Kepada siapa harus menjual? Bagaimana mendapatkan pelanggan?

Jika itu belum cukup, sepertinya ada tren bisnis baru secara online setiap dua minggu sekali. Chatbots, cryptocurrency, iklan Facebook, influencer Instagram, dan banyak lagi. Apa yang harus diperhatikan? Apa yang sebenarnya penting?

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Jika Anda ingin tahu cara memulai bisnis online di tahun 2023, kami siap membantu. Artikel cepat dan sederhana ini akan memandu Anda langkah demi langkah tentang cara memulai bisnis online kecil.

Anggap ini sebagai panduan memulai bisnis online untuk dummies karena kami membahas semuanya dalam bahasa Inggris yang sederhana dan mencantumkan instruksi sederhana yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu Anda memulai.

1 Jangan Mulai Membangun Dulu

Saat memulai bisnis, Anda mungkin tergoda untuk langsung bertindak. Jadi, jika Anda merasa terdorong untuk membuat situs web, memilih nama perusahaan, atau membuat logo, tahan dulu.

Untuk memulai bisnis online yang sukses, Anda perlu strategi terlebih dahulu. Langkah 2, 3, dan 4 dari artikel ini menunjukkan kepada Anda bagaimana membangun strategi bisnis online.

2 Memilih Model Bisnis

Saat mempelajari cara membangun bisnis online dari nol, mengetahui tentang model bisnis online yang telah dicoba dan benar akan sangat membantu. Berikut 6 jenis bisnis online yang harus Anda pertimbangkan.

  1. Pemasaran Afiliasi: Promosikan produk dan layanan bisnis lain secara online dan dapatkan komisi setiap kali Anda menjual dengan ide penghasilan pasif ini.
  2. Freelance: Anda memberikan layanan kepada individu dan bisnis lain menggunakan keterampilan yang Anda miliki, seperti periklanan, penulisan, desain, atau pemrograman.
  3. Pelatihan dan Konsultasi: Menjadi pelatih atau konsultan dan jual keahlian, saran, dan bimbingan Anda.
  4. Produk Informasi: Kemas dan jual keahlian dalam e-book, lembar kerja, template, dan kursus online.
  5. Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS): Buat perangkat lunak atau aplikasi dan kenakan biaya langganan reguler kepada pengguna.
  6. E-niaga: Gunakan layanan seperti Shopify untuk menyiapkan situs web dan menjual produk fisik secara online.

Ingin lebih banyak ide bisnis online untuk menginspirasi Anda? Lihat panduan kami “25 Ide Bisnis Kecil untuk Menghasilkan Uang”.

3 Identifikasi Target Pasar Anda

Selanjutnya, Anda perlu memperjelas target pasar Anda. Dengan kata lain, siapa yang akan Anda layani? Langkah ini sangat penting. Seperti yang dikatakan pemasar Philip Kotler, “Hanya ada satu strategi pemenang: dengan hati-hati menentukan target pasar Anda dan memberikan produk hebat ke pasar target tersebut.”

Inilah triknya. Pastikan Anda adalah bagian dari audiens target Anda. Pikirkan tentang itu. Jika Anda telah berkemah sepanjang hidup Anda, Anda akan memahami masalah, kebutuhan, dan bahasa orang lain yang berkemah. Alhasil, menjual produk camping secara online akan jauh lebih mudah.

Selain itu, pemasaran Anda akan lebih berhasil karena Anda akan lebih memahami cara berkomunikasi dengan peserta perkemahan lainnya. Di sisi lain, jika Anda belum pernah berkemah seumur hidup, Anda akan kesulitan menjual produk berkemah secara online.

Jadi, saat memilih audiens target Anda, tanyakan pada diri sendiri:

  • Apa hobi dan minat saya?
  • Apakah saya tahu banyak?
  • Apa yang paling sering saya habiskan untuk memikirkan, membicarakan, atau membaca tentang apa?

4 Temukan Masalah untuk Dipecahkan

Saat mempelajari cara memulai bisnis online, penting untuk mencatat satu poin kunci. Semua bisnis memecahkan masalah.

Seorang tukang ledeng sedang memperbaiki pipa yang bocor. Film-film Hollywood memuaskan kebutuhan orang akan kebosanan, keingintahuan, minat, pelarian, dan relaksasi. Merek pakaian membantu orang mengekspresikan diri dan merasa menarik.

Aturan emasnya adalah: Semakin besar masalah yang dapat Anda selesaikan dan semakin baik Anda menyelesaikannya, semakin banyak orang yang mau membayar.

Ambil perawatan medis, misalnya. Mereka memecahkan masalah besar, itulah sebabnya hampir semua orang rela mengeluarkan banyak uang untuk itu.

Di sisi lain, tidak banyak orang yang membayar agar meja tidak bergoyang. Ini bukan masalah besar dan saya tidak butuh bantuan untuk memperbaikinya.

Intinya: Untuk mengetahui cara memulai bisnis online, Anda perlu menemukan masalah yang bagus untuk dipecahkan.

Berikut adalah tiga contoh.

  • Target Pasar: Remaja yang sadar mode
  • Masalah: Orang-orang yang sadar akan mode ingin menonjol dari keramaian tanpa menghabiskan terlalu banyak uang.
  • Solusi: Buat lini pakaian yang penuh warna dan ramah anggaran.
  • Target pasar: Manajer pemasaran di perusahaan perangkat lunak multinasional.
  • Masalah: Bisnis perlu mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka.
  • Solusi: Tulis artikel yang berperingkat di halaman depan Google untuk mengarahkan lalu lintas.
  • Target Pasar: Ibu bekerja dengan anak kecil.
  • Masalah: Banyak ibu ingin rutin berolahraga tapi tidak punya banyak waktu.
  • Solusi: Buat program dan jadwal kebugaran hemat waktu.

Cara menemukan masalah untuk dipecahkan?

  • Bergabunglah dengan grup Facebook dan forum online dan tanyakan kepada orang-orang bantuan apa yang mereka butuhkan.
  • Gunakan Google Keyword Planner untuk mencari tahu apa yang dicari orang.
  • Temukan bisnis online yang sukses, kenali masalah yang mereka selesaikan, lalu temukan cara yang lebih baik.

5 Analisis Persaingan

Siapa pun yang mempelajari cara membuka bisnis online tidak boleh tidur dengan analisis pesaing. Analisis kompetitif membantu Anda tetap menjadi yang terdepan dalam teknologi yang bekerja di ceruk pasar Anda, mengidentifikasi taktik yang berhasil dan tren yang muncul, serta mengantisipasi perubahan di pasar.

Ini juga membantu menentukan pesan, pemosisian, dan strategi bisnis Anda secara keseluruhan. Jadi bagaimana Anda melakukan analisis pesaing? Berikut adalah beberapa tips. Berlangganan ke blog pesaing.

  • Membeli produk yang Anda jual
  • Abaikan produk di keranjang belanja
  • Mendaftar untuk buletin kami
  • Ikuti kami di media sosial.

Saat mengambil tindakan ini, dokumentasikan hasilnya dengan catatan untuk setiap pendekatan. Anda ingin dapat menemukan wawasan yang relevan saat Anda membutuhkannya.

Dengan menganalisis pengalaman pelanggan mereka dan melihat bagaimana mereka terlibat dengan orang-orang melalui konten mereka, Anda dapat mengidentifikasi taktik yang digunakan pesaing Anda untuk mendorong penjualan.

Kiat Pro: Pertimbangkan untuk melakukan analisis SWOT dengan temuan penelitian Anda. Ini adalah cetak biru yang bergantung pada kekuatan dan kelemahan pesaing untuk menentukan area perbaikan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi ini, lihat panduan “Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Analisis SWOT” kami.

6 Tutupi Dasar Hukumnya

Bisnis apa pun yang Anda mulai harus selaras dengan hukum dan peraturan setempat. Jadi, saat memulai bisnis internet baru, pastikan untuk membaca persyaratan hukum bisnis online.

Beberapa aspek hukum yang perlu diperhatikan antara lain:

Struktur Bisnis

Apakah Anda ingin mendaftar sebagai LLC atau pemilik tunggal untuk bisnis online Anda? Anda dapat melakukan riset dan memutuskan sendiri, tetapi kami menyarankan untuk mendengar dari profesional pajak.

Lisensi dan Izin

Bergantung pada jenis bisnis yang Anda mulai, Anda mungkin memerlukan lisensi untuk mengoperasikan bisnis Anda. Ini tergantung di mana Anda tinggal, jadi tanyakan detailnya kepada departemen negara bagian setempat.

Kewajiban Perpajakan

Sebagian besar pemilik bisnis online diharuskan membayar pajak penghasilan. Selain itu, Anda mungkin memiliki kewajiban pajak penjualan jika Anda menjual produk ke konsumen di negara tertentu. Jadi, sebelum memulai bisnis Anda, berkonsultasilah dengan seorang pengacara untuk mempelajari tentang pajak yang berlaku dan daftar dokumen bisnis online yang Anda perlukan untuk mengajukannya.

Hak Cipta, Paten dan Merek Dagang

Anda ingin menangani elemen hukum ini untuk menghindari masalah di masa mendatang. Misalnya, mendaftarkan merek dagang Anda dapat mencegah orang lain menggunakan nama merek Anda, menghemat kerumitan dan biaya rebranding.

7 Memilih Strategi Pengadaan

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis e-niaga online, Anda perlu mencari sumber inventaris yang andal dan dapat dipercaya. Ada beberapa cara untuk melakukan ini.

  • Cari produsen produk di situs web seperti Alibaba atau direktori seperti Kompass, Sourcify, dan ThomasNet.
  • Di Jabat Tangan, temukan grosir produk di atau sekitar negara bagian Anda.
  • Temukan pemasok dropshipping di platform seperti DSers.

Opsi terakhir lebih mudah diakses dan memberi Anda peluang untuk memulai bisnis tanpa investasi awal yang besar.

Dengan dropshipping, pemasok produk mengirimkan dan memenuhi pesanan hanya setelah pelanggan membelinya. Ini menangani bagian penyimpanan dan logistik bisnis sambil menangani pemasaran dan dukungan pelanggan.

Untuk menemukan mitra yang berharga dan andal untuk pemenuhan pesanan, lihat daftar pemasok dropshipping terbaik ini.

8 Siapkan Metode Pembayaran Anda

Kami hampir sampai! Sekarang saatnya memutuskan bagaimana bisnis Anda akan menerima pembayaran dan bagaimana Anda akan menerima pembayaran Anda sebagai pemilik bisnis. Beberapa opsi pembayaran online tersedia. Yang paling populer adalah menerima kartu kredit, PayPal, Apple Pay, dan Google Pay.

Jika Anda berencana memulai bisnis e-niaga menggunakan Shopify, Anda dapat mengaktifkan solusi pembayaran terintegrasi penyedia yang disebut Pembayaran Shopify. Siapkan untuk menerima semua metode pembayaran utama dan dapatkan 0% biaya transaksi tambahan.

Untuk bisnis web berbasis layanan seperti penulisan lepas, lihat Transferwise, Payoneer, Stripe, dan 2Checkout. Apa pun metode pembayarannya, Anda harus dapat mengatur jadwal pembayaran. Bergantung pada preferensi uang tunai Anda, Anda dapat memilih untuk menerima uang harian, mingguan, atau bulanan.

9 Bangun Platform Penjualan

Setelah Anda mengidentifikasi ide bisnis Anda dan menutupi dukungan hukum Anda, saatnya untuk membangun platform Anda. Bagaimana? Nah, jika Anda berencana untuk memulai bisnis e-niaga, buat situs web dengan Shopify lalu temukan produk untuk dijual dengan DSers.

Jika Anda berencana untuk memulai lepas, melatih, atau berkonsultasi, Shopify memiliki opsi untuk menghubungkan banyak alat populer seperti Unduhan Digital untuk menjual produk digital online, ReCharge untuk menjual langganan online, dan SendOwl untuk menjual video online.

Jauhkan hal-hal sederhana. Saat ini, bisnis Anda masih dalam ranah teori. Jadi, jangan menginvestasikan terlalu banyak uang, waktu, atau energi untuk membangun situs web yang sempurna. Alih-alih, uji ide bisnis Anda dan lihat apakah berhasil sebelum berinvestasi.

Eric Ries, penulis The Lean Startup, berkata, “Kita perlu mengetahui apa yang benar-benar diinginkan pelanggan, bukan apa yang mereka katakan atau apa yang menurut mereka seharusnya mereka inginkan.”

10 Pilih Metode Pemasaran Anda

Saat Anda siap untuk mulai mempromosikan bisnis online Anda, Anda harus memilih metode pemasaran. Ada banyak metode pemasaran online yang berbeda di dunia. Namun, beberapa lebih baik daripada yang lain dalam mempelajari cara memulai bisnis online.

Berikut adalah empat metode pemasaran online yang dapat Anda gunakan untuk mulai menjual dengan relatif cepat.

  1. Pemasaran Media Sosial: Gunakan media sosial untuk membuat dan berbagi konten, terlibat dengan audiens target Anda, dan mengarahkan lalu lintas situs web untuk mendorong penjualan.
  2. Kontak langsung: Kami menyediakan layanan dengan menghubungi individu di perusahaan.
  3. Iklan Berbayar: Beriklan di platform seperti Facebook, Instagram, Google, dan YouTube untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong penjualan.
  4. Influencer Marketing: Bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk Anda langsung ke pengikut Anda yang sudah ada.

Daftar Isi