Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi Pengolah Data yang Sangat Bermanfaat

Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi Pengolah Data yang Sangat Bermanfaat

Bagi sebagian kalangan pasti sudah tidak asing dengan Microsoft excel, karena memang sudah biasa menggunakannya. Microsoft excel merupakan program aplikasi untuk mengolah data di berbagai institusi. Namun meskipun demikian masih banyak pihak yang belum paham dengan aplikasi atau software ini.

Banyak yang belum memahami tentang manfaat dan fungsi sebenarnya dari excel yang sesungguhnya sangat banyak. Untuk mengenal dan memahami lebih jauh simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Mengenal Microsoft Excel

Perlu dipahami bahwa Microsoft excel merupakan program aplikasi atau software yang dapat membantu pengguna mengolah data numerik (angka). Data yang dimiliki pengguna dimasukkan ke dalam lembar spreadsheet yang tersedia, kemudian diolah dengan rumus-rumus sesuai dengan keperluan pengguna.

Data-data yang di input pada excel mampu dihitung secara akurat menggunakan rumus yang dimasukkan sesuai ketentuan. Sebagai aplikasi pengolah data Excel akan menyajikan hasil perhitungannya dalam bentuk tabel atau grafik.

Manfaat Microsoft Excel

Berbeda dengan Microsoft word adalah aplikasi pengolah kata, Microsoft excel memiliki manfaat seputar pengolah data. Banyak manfaat yang bisa anda rasakan seperti dibawah ini:

  • Untuk mencatat anggaran dan keuangan dengan rapi. Pengguna bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan Microsoft Excel agar dapat melakukan pencatatan yang rapi termasuk dalam hal keuangan dan anggaran.
  • Untuk menciptakan grafik dan riset harga. Fitur dalam Excel juga bisa digunakan untuk melakukan riset harga, karena bisa melakukan pencatatan harga-harga secara rapi.
  • Membuat grafik dan riset harga. Fitur dalam Excel juga bisa digunakan untuk melakukan riset harga, karena bisa melakukan pencatatan harga-harga secara rapi.
  • Membuat laporan keuangan. Excel juga bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan yang dibutuhkan sebuah perusahaan atau institusi.
  • Menyelesaikan soal matematika. Tidak hanya perusahaan saja yang dapat memanfaatkan Excel, siswa atau mahasiswa pun bisa menggunakannya untuk menyelesaikan soal matematika.

Fungsi-fungsi Microsoft Excel

Sebagai aplikasi pengolah data Microsoft excel memiliki fungsi penting dalam berbagai bidang. Berikut ini fungsi Microsoft excel yang perlu diketahui:

1. Pencatatan atau Administrasi

Microsoft excel merupakan program aplikasi yang memiliki tugas layaknya seorang akuntan yaitu melakukan administrasi dan pencatatan. Excel bisa digunakan untuk merapikan catatan keuangan ataupun data numerik lainnya sebagai kebutuhan administrasi. Dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya membuat aplikasi bawaan Microsoft office ini dapat melakukan pengadinistrasian dengan baik.

Dalam penggunaannya di dunia nyata, Microsoft Excel bisa digunakan oleh seorang akuntan, sekretaris atau petugas administrasi lainnya untuk merapikan catatan. Dengan memanfaatkan aplikasi ini pencatatan pemasukan dan pengeluaran akan menjadi lebih mudah dilakukan, dan yang pasti data menjadi lebih rapi dan terorganisir.

2. Mengolah Data Perusahaan

Selain digunakan untuk merapikan catatan yang berupa numerik atau data berisi angka-angka, excel juga berfungsi untuk melakukan pengolahan data. Pada institusi atau perusahaan, jika data hanya berupa angka saja itu tidak akan memiliki arti apa-apa, oleh sebab itu dibutuhkan pengolahan data lebih lanjut.

Misalnya saja, dari data pemasukkan perusahaan ingin mencari berapa pemasukkan rata-rata dalam 1 bulan berjalan? Maka Excel bisa digunakan melakukan pengolahan data dan mencari nilai rata-rata pemasukan yang dibutuhkan perusahaan. Selain rata-rata biasanya Excel juga digunakan menghitung nilai tengah, nilai maksimum, nilai minimum dan sebagainya.

3. Menyusun Laporan Keuangan

Sebenarnya fungsi ini adalah fungsi dasar dari pembuatan microsoft excel yang merupakan program aplikasi bawaan dari Microsoft Office ini. Semua fitur dan penampilan aplikasi ini memang bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan perusahaan berskala besar sekali pun.

Semua data yang telah dicatat pada Excel tentang keuangan perusahaan bisa ditampilkan dalam bentuk laporan keuangan. Banyak fitur-fitur yang tersedia di dalam Excel ini untuk membuat laporan keuangan perusahaan sesuai kebutuhan. Pegawai yang bertugas harus mahir atau memahami semua fitur yang terdapat pada software ini.

4. Operasi Tabel

Bentuk dasar dari Microsoft Excel ini adalah barisan tabel-tabel dalam jumlah yang sangat banyak. Total kolom pada Excel mencapai 16.384 dan baris yang bisa dibuat bisa lebih dari 1 juta baris. Semua kolom dan baris itu bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan tabel penggunanya.

Tidak hanya membuat tabel, tapi pengguna juga bisa mengoperasikan tabel-tabel tersebut ke sesuai kebutuhan laporan atau data yang dibuat. Fungsi ini sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan atau instansi besar yang pasti membutuhkan operasi tabel untuk jumlah data yang sangat besar.

5. Membuat Grafik Untuk Presentasi

Selain mengoperasikan tabel-tabel, pengguna juga bisa menciptakan grafik dari data-data yang sudah diinput ke dalam Excel. Terkadang dalam sebuah rapat atau presentasi peserta tidak bisa jika hanya disajikan data-data dalam bentuk angka di dalam tabel yang berkolom-kolom saja.

Dalam keadaan seperti di atas anda bisa menyajikan data dalam bentuk grafik-grafik yang menarik agar lebih mudah dipahami. Dari data yang ada di dalam Excel pengguna bisa menciptakan grafik dengan cepat dan mudah.

6. Mengolah Data Statistik

Jika Excel digunakan untuk melakukan riset maka fungsinya untuk membuat data statistik pasti dibutuhkan. Hasil riset bisa dalam bentuk angka numerik yang dapat diolah untuk mencari kesimpulan dari sebuah riset.

Excel bisa digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan, dan menyajikan data riset dalam bentuk tabel dan diagram. Dengan demikian peneliti bisa menyajikan hasil riset dalam bentuk yang mudah dipahami orang banyak.

Nah itulah informasi lengkap tentang Microsoft excel merupakan program aplikasi pengolah data terbaik. Untuk memanfaatkan Excel secara maksimal pengguna harus memahami rumus-rumus yang bisa diterapkan. Dengan begitu pekerjaan analisis data akan lebih mudah dilakukan dan lebih cepat selesai.