Inilah Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo Praktis dan Mudah

Inilah Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo Praktis dan Mudah

Sebagian orang mungkin pernah berpikir untuk menyembunyikan aplikasi yang terpasang di Hp, misalnya pada Oppo. Sayangnya tidak banyak yang tahu mengenai cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo dengan benar. Padahal dengan menyembunyikan aplikasi, maka keamanan privasi akan semakin terjaga.

Misalnya, ada data penting yang tersimpan dalam aplikasi dan memang tidak boleh sembarangan orang tahu. Di setiap perangkat yang digunakan, tentu memiliki cara yang berbeda-beda untuk menyembunyikan aplikasi. Meskipun begitu, perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan. Berikut sejumlah cara membuat aplikasi tersembunyi:

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo Menggunakan Fitur Pengaturan

Salah satu metode yang dapat dilakukan ketika ingin menyembunyikan aplikasi yaitu dengan memanfaatkan menu Settings atau Pengaturan. Sebagaimana banyak orang tahu, menu ini memang digunakan untuk mengatur berbagai hal yang ada dalam Hp, tidak terkecuali menyembunyikan aplikasi. Berikut caranya:

1. Membuat Kata Sandi Privasi

Agar aplikasi di Hp Oppo bisa disembunyikan, terlebih dahulu harus membuat kata sandi privasi. Kemudian pengguna baru bisa menyembunyikan aplikasi dengan memanfaatkan kata sandi tersebut. Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan ketika akan membuat kata sandi privasi:

  • Buka menu Pengaturan yang ada di Hp Oppo.
  • Kemudian cari opsi Face & Passcode dan pilih Atur Kata Sandi Privasi.
  • Input kata sandi.
  • Berikutnya, konfirmasi kata sandi tersebut. Maka kata sandi privasi sudah berhasil dibuat.

2. Menyembunyikan Aplikasi pada Sistem ColorOS 11

Apabila kata sandi sudah berhasil dibuat, pengguna harus melalui tahapan selanjutnya untuk bisa membuat aplikasi tidak terlihat. Cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo ini salah satunya adalah pada  sistem ColorOS 11. Berikut ini tahapan yang perlu dilakukan:

  • Buka menu Pengaturan kemudian pilih menu Privasi.
  • Klik Sembunyikan Aplikasi kemudian input kata sandi privasi yang telah dibuat. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, sehingga muncul pemberitahuan agar mengatur kode akses.
  • Berikutnya, input kata sandi dengan format “#” di awal dan akhir dari 1-16 angka.

3. Menyembunyikan Aplikasi pada Sistem Color OS 7.0-7.2

Jika dibandingkan cara sebelumnya, cara untuk menyembunyikan aplikasi pada Oppo system ColorOS 7.0-7.2 ada sedikit perbedaan. Walaupun begitu, caranya tidak kalah mudah dengan sebelumnya. Berikut ini tahapan yang perlu dilakukan:

  • Buka menu Pengaturan, pilih menu Privasi lalu tekan Kunci Aplikasi.
  • Masukkan kata sandi privasi.
  • Tentukan aplikasi yang ingin disembunyikan lalu tekan Kunci Aplikasi.
  • Aktifkan menu Sembunyikan dari Layar Depan.
  • Pilih menu Atur Kode Akses dan buat kata sandi dengan tanda # di awal dan di akhir berjumlah 1-16 angka. Ketuk OK dan aplikasi sudah berhasil disembunyikan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Oppo Menggunakan Pihak Ketiga

Metode lain untuk menyembunyikan aplikasi dari perangkat yang digunakan adalah melalui aplikasi ketiga. Meskipun memiliki prinsip yang sama yaitu menyembunyikan aplikasi, nama masing-masing aplikasi memiliki fitur tertentu. Berikut sejumlah aplikasi yang direkomendasikan ketika ingin menyembunyikan aplikasi:

1. Menggunakan Aplikasi Microsoft Launcher

Selain melalui menu pengaturan, menyembunyikan aplikasi pada perangkat Oppo juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Launcher. Untuk menggunakan aplikasi ini tidaklah sulit. Namun pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, perlu mengikuti tahapan berikut:

  • Unduh dan pasang aplikasi Microsoft Launcher terlebih dahulu.
  • Kemudian buka aplikasi dan pilih tanda titik tiga di pojok atas.
  • Jika sudah, cari opsi Hide App untuk menyembunyikan aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan. Maka aplikasi akan menghilang dari daftar menu maupun homescreen.
  • Apabila ingin membuka kembali, maka cukup kembali ke fitur aplikasi di Microsoft Launcher, ketuk Hide App dan pilih Unhide.

2. Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan AppLock

Aplikasi pihak ketiga berikutnya untuk menghilangkan aplikasi pada Oppo adalah AppLock. Untuk menggunakan aplikasi ini maka perlu mengunduh di Play Store terlebih dahulu. Penggunaannya pun tidak kalah mudah dengan Microsoft Launcher. Ikuti cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo menggunakan AppLock berikut: Download dan install aplikasi App Lock di Hp Oppo.

  • Buka aplikasi dan buat pola kunci.
  • Pilih aplikasi mana yang ingin disembunyikan dari homescreen Hp Oppo.
  • Selanjutnya berikan akses data App Lock Usage.
  • Jika sudah, tekan tombol kembali agar berada ke menu utama App Lock.
  • Aplikasi pun sudah berhasil disembunyikan.

3. Menggunakan Aplikasi Hide App

Selain kedua aplikasi di atas, aplikasi Hide App juga bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Oppo. Aplikasi Hide App telah digunakan 10 juta pengguna lebih sehingga tidak perlu diragukan lagi fiturnya. Memiliki tampilan yang sederhana namun fungsi dari aplikasi ini sangat menakjubkan.

Untuk bisa mengaksesnya, maka perlu mengunduh aplikasi di Play Store. Kemudian buka aplikasi setelah berhasil terpasang dan pilih aplikasi yang akan disembunyikan. Selanjutnya gunakan kata sandi untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan tersebut.

4. Menggunakan Aplikasi App Hider

Aplikasi lain yang tidak kalah menarik adalah App Hider yang sudah digunakan oleh 10 juta orang lebih. App Hider merupakan platform khusus untuk menyembunyikan aplikasi penting di Hp. Aplikasi ini terbilang canggih, sebab file yang tersembunyi akan diimpor serta bisa disembunyikan dengan aman.

Untuk menggunakannya, maka perlu memasang aplikasi App Hider terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasi dan mengikuti petunjuk yang tersedia dalam aplikasi. Maka semua aplikasi yang dirasa penting tidak akan dengan mudah diakses oleh orang lain.

Itulah cara menyembunyikan aplikasi di Hp Oppo yang pasti berhasil. Dengan beberapa metode di atas, kini pengguna bisa menjaga privasi yang tersimpan di dalam aplikasi. Misalnya ingin menyembunyikan aplikasi galeri agar orang lain tidak bisa mengakses dan melihat isi dari galeri.