Ini dia Penyebab Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore yang Wajib Diketahui

Ini dia Penyebab Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore yang Wajib Diketahui

Memiliki HP Android tentu akan sangat mengandalkan Playstore untuk download dan instal berbagai macam aplikasi. Namun, kendala gagal download aplikasi masih sering terjadi. Kenapa tidak bisa download aplikasi di Playstore? Ketahui penyebab dan cara mengatasinya disini.

Bagi pemilik HP Android dengan Playstore bermasalah yakni tidak bisa download akan jadi keresahan tersendiri. Namun tidak perlu khawatir dengan memastikan dulu apa penyebabnya. Setelah itu coba beberapa cara agar masalah download di Playstore bisa teratasi.

Penyebab Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore

Banyak faktor yang menyebabkan gagal download pada Playstore. Hal ini perlu segera diatasi khususnya bagi pemilik perangkat android yang sangat mengandalkan Playstore untuk menginstal aplikasi. Kenapa tidak bisa download aplikasi di Playstore? Berikut penyebabnya:

1. Koneksi Internet pada Perangkat Buruk

Download dan instal aplikasi di Playstore membutuhkan koneksi internet yang stabil. Koneksi internet yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab tidak bisa download aplikasi di Playstore. Hal ini karena koneksi internet yang buruk membuat proses download aplikasi putus nyambung.

Proses download dapat dilihat pada persentase yang muncul saat download. Jika kondisi internet sedang buruk, persentase download tidak kunjung mencapai 100% bahkan kembali ke persentase awal. Terutama pada aplikasi dengan kapasitas download yang besar, koneksi internet buruk membuatnya semakin lambat.

2. Ruang Penyimpanan Perangkat Tidak Cukup

Selain koneksi internet buruk, penyebab tidak bisa download di Playstore juga karena kondisi penyimpanan pada perangkat yang penuh. Download aplikasi membutuhkan ruang yang cukup sesuai kapasitas aplikasi. Jika sisa ruang memori di perangkat tidak cukup maka download bisa gagal.

Kondisi ini sebenarnya bisa dibaca saat download gagal dan perangkat Android memunculkan peringatan memori tidak cukup. Hal ini bisa juga disebabkan karena kapasitas aplikasi besarnya tidak sesuai dengan ruang penyimpanan yang tersisa di perangkat.

3. Playstore Belum Diupdate dan Terlalu Banyak Cache

Setiap aplikasi membutuhkan update untuk memperbarui performanya, termasuk juga Playstore. Bisa jadi Playstore tidak berjalan dengan baik saat download karena belum diupdate. Oleh karena itu, pemilik sebuah perangkat perlu memperhatikan hal tersebut.

Selain itu, Playstore tidak bisa digunakan untuk download juga bisa jadi karena banyak menyimpan cache. Setiap aktivitas di Playstore akan mengakibatkan penumpukan cache atau file penyimpanan sementara. File tersebut tidak terlihat dan butuh cara khusus untuk menghilangkannya.

4. Sistem Perangkat Lunak Belum Update

Pada perangkat android terbaru kini sudah dibekali dengan update otomatis perangkat lunak yang akan dirilis pada waktu-waktu tertentu. Pemilik perangkat bisa menolak maupun melanjutkannya. Tujuan update perangkat lunak juga untuk meningkatkan performa perangkat android.

Salah satu kendala yang terjadi jika perangkat lunak tidak diupdate yakni aplikasi yang ada di dalamnya tidak berjalan dengan baik. Dalam hal ini Playstore juga mendapat imbasnya dan tidak bisa berjalan maksimal saat perangkat lunak di android belum update.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore dengan Mudah dari Android

Sedang butuh aplikasi di HP android namun gagal didownload memang membuat masalah tersendiri. Tidak perlu risau, ada solusi yang akan memperbaiki masalah tersebut. Berikut cara mengatasi masalah tidak bisa download aplikasi di Playstore:

1. Pilih Koneksi Internet yang Paling Stabil

Sebelum download aplikasi di Playstore pastikan telah memiliki koneksi internet yang stabil. Jika menggunakan kuota data di HP maka pastikan kuota dalam keadaan cukup untuk download. Namun jika download aplikasi mengandalkan koneksi WiFi pastikan masih dalam jangkauan dengan sinyal kuat.

Playstore biasanya akan memunculkan saran download menggunakan data seluler atau koneksi WiFi. Pilih salah satu koneksi internet yang terkuat saat akan memulai download. Jika aplikasi yang akan didownload kapasitasnya cukup besar maka gunakan koneksi WiFi agar lebih cepat.

2. Bersihkan Cache Playstore

Selain koneksi internet, bersihkan juga cache Playstore dengan cara membuka setting di android lalu buka menu “aplikasi”. Setelah itu cari Playstore dan scroll untuk memilih menu “penyimpanan”. Kemudian klik icon sapu atau “hapus memori”.

Menghapus memori ini akan menghilangkan cache atau file sementara yang mengganggu penyimpanan. Cara ini bisa membuat penyimpanan lebih longgar untuk mempercepat download aplikasi di Playstore.

3. Bersihkan Memori Perangkat

Tidak hanya cache pada Playstore, agar performa download jadi maksimal bisa juga dengan menghapus seluruh cache di perangkat android. Tujuannya agar penyimpanan internal android jadi lebih longgar dan lebih mudah untuk menyimpan aplikasi baru.

Caranya untuk semua tipe android terbaru hampir sama yakni dengan membuka setting lalu cari menu “perawatan perangkat”. Kemudian pilih “memori” dan akan muncul pilihan untuk menghapus memori penyimpanan. Pilih “hapus sekarang” dan perangkat akan memproses.

4. Update Playstore Itu Sendiri

Kenapa tidak bisa download aplikasi di Playstore? Penyebabnya bisa jadi Playstore masih menggunakan versi lama. Oleh karena itu, butuh update Playstore sebelum digunakan untuk download aplikasi. Cara update Playstore yakni dengan membuka aplikasi Playstore.

Kemudian pilih icon profil pada layer lalu pilih setelan.  Pilih menu “tentang” lalu muncul versi Playstore dan muncul tulisan “update Playstore”. Saat tulisan tersebut di klik muncul izin untuk update ke versi terbaru maka lakukan update.

5. Coba Gunakan untuk Download

Terakhir untuk memastikan Playstore sudah berfungsi untuk download, yakni dengan mencobanya. Setelah semua cara tadi telah dilakukan, kemudian buka kembali Playstore. Coba download salah satu aplikasi dan lihat apakah download berjalan hingga berhasil instal.

Coba juga untuk download aplikasi dengan kapasitas besar dan kapasitas standar. Jika keduanya sama-sama berjalan lancar maka beberapa cara mengatasi masalah download aplikasi di Playstore tadi sudah berhasil.

Demikian penyebab kenapa tidak bisa download aplikasi di Playstore dengan cara mengatasinya yang wajib diketahui. Jika tiba-tiba Playstore tidak bisa digunakan untuk download coba gunakan cara-cara tadi agar download bisa berhasil.