√ Pengertian Metropolitan Area Network dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Metropolitan Area Network dan Fungsinya (Lengkap) – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Metropolitan Area Network. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian mertopolitan area network atau disingkat MAN dan fungsinya dengan singkat dan lengkap. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Metropolitan Area Network dan Fungsinya (Lengkap)

Metropolitan Area Network atau MAN merupakan sebuah jaringan komputer di dalam suatu kota, dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan dengan berbagai lokasi misalnya kampus, perkantoran, pemerintahan dan lain sebagainya.

Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN. Adapun jangkauan pada jaringan MAN ini kisaran 10 – 50 Km. Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor di dalam satu kota atau antara pabrik atau instansi serta kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Di dalam jaringan Metropolitan Area Network (MAN) ini hanya ada satu atau dua buah kabel yang berfungsi sebagai pengatur paket data, melalui kabel output. Namun ada alasan utama dalam memisahkan Metropolitan Area Network (MAN) sebagai kategori yang khusus, yaitu telah ditentukannya standar untuk Metropolitan Area Network (MAN).

Baca Juga:  √ Pengertian Proxy, Fungsi, Cara Kerja dan Manfaatnya Lengkap

Proses standar ini sekarang sedang diimplementasikan. Standar itu disebut dengan DQDB atau (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel, ialah unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.

Terdapat dua jenis koneksi yang biasanya digunakan, yaitu:

  1. Kabel fiber optik
  2. Wireles

Koneksi dengan cara menggunakan wireless dan yang kedua menggunakan kabel fiber optik. Contohnya pada jaringan Bank atau sistem online perbankan.

Setiap Bank tentu mempunyai kantor pusat dan kantor cabang. Di mana setiap kantor cabang atau pusat, tentu mempunyai LAN. Penggabungan LAN di setiap kantor akan membentuk sebuah jaringan Metropolitan Area Network (MAN). Biasanya Metropolitan Area Network (MAN) menunjang data teks suara dan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel dan gelombang radio.

Pengertian Metropolitan Area Network dan Fungsinya

Fungsi Metropolitan Area Network (MAN)

Fungsi dari Metropolitan Area Network (MAN) yaitu membangun dan mengimplementasi sebuah sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar server untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan dan juga pemerintah. Dalam mengkoordinasikan suatu jaringan yang digunakan sehingga dapat melakukan kegiatan seperti misalnya messenger, chat, video dan lain sebagainya dengan bandwidth lokal.

Kelebihan dari Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) juga mampu mencakupi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN. Jaringan Metropolitan Area Network (MAN) sering dioperasikan di bandara, dengan gabungan beberapa buah sekolah dan suatu daerah.

Dengan mengoperasikan sebuah jaringan yang keterhubungan yang besar, maka informasi dapat disebarkan dengan lebih luas, lebih cepat dan bermakna. Perpustakaan umum dan agen pemerintahan biasanya menggunakan jaringan Metropolitan Area Network (MAN).

Baca Juga:  √ Pengertian Intranet Dan Internet Serta Fungsi & Bedanya

Kekurangan Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) hanya berlaku jika komputer pribadi bisa bersaing atau sebagai terminal. Bila suatu komputer pribadi digunakan sebagai terminal, dan memindahkan file untuk membolehkan pengguna dalam mengambil file atau download dari hos atau menghantar data ke hos atau upload.

Download file artinya membuka dan mengambil data dari komputer pribadi yang lain dan menghantar komputer yang berkenaan dengan yang diminta oleh pengguna.

Keuntungan dan Kerugian Metropolitan Area Network (MAN)

Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian Metropolitan Area Network (MAN), yaitu:

Keuntungan Metropolitan Area Network (MAN)

  • Server pada kantor pusat berguna sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Transaksi yang real time yaitu data pada server pusat diupdate saat itu juga, misalnya pada ATM Bank pada wilayah nasional.
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting dan Video Conference (ViCon).

Kerugian Metropolitan Area Network (MAN)

  • Biaya operasionalnya mahal.
  • Instalasi dalam infrastrukturnya bukan hal yang mudah.
  • Sulit bila terjadi trouble jaringan atau network trouble shoot.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Metropolitan Area Network dan Fungsinya (Lengkap). Semoga artikel bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

5.0
10