Tulang Pelipis : Pengertian, Ciri, Letak dan Fungsinya

Tulang Pelipis : Pengertian, Ciri, Letak dan Fungsinya – Apakah itu tulang pelipis dan fumgsinya? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Tulang Pelipis : Pengertian, Ciri, Letak dan Fungsinya


Tulang pelipis atau temporal bone merupakan anggota dari tulang tengkorak manusia yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama Os. temporale. Bagian yang terletak di kepala manusia ini berada tepat di daerah yang ada di belakang dan di samping dari dahi serta mata. Secara sederhana, tulang pelipis memiliki posisi di bagian atas dari tulang pipi yakni bagian yang membentuk lengkungan khusus yang dinamakan dengan zigomatik.

Tulang pelipis berasal dari bahasa latin “tempus” yang artinya waktu.Secara anatomi, letak tulang pelipis berada didepan telinga. Jumlah tulang pelipis ada 2 (dua) buah yang masing-masing terletak di sisi kepala. Bentuk tulang pelipis gepeng atau tipis

Tulang pelipis yang terdapat dibagian samping kanan dan samping kiri sisi kepala dengan bentuk dan ukuran yang sama serta struktur yang kuat yang melindungi area otak juga bagian kepala yang ada disekitar tulang pelipis.


Ciri-Ciri Tulang Pelipis


  • Memiliki ukuran yang besar dan luas.

  • Terdapat 2 buah tulang pelipis yang masing-masing berada di sisi kepala.
  • Tulang pelipis ini memiliki bentuk yang pipih atau gepeng.
  • Tulang pelipis yang ada di bagian samping kanan dan samping kiri sisi kepala memiliki bentuk dan juga ukuran yang sama, keduanya juga memiliki struktur yang kuat yang memungkinkan kedua tulang pelipis tersebut melindungi area otak dan juga bagian kepala yang ada di sekitar tulang pelipis.

Fungsi Tulang Pelipis


  • Untuk Melindungi Otak

Dengan bentuknya yang lebar dan memiliki struktur yang kuat dan berada di sisi kanan dan sisi kiri memungkinkan tulang pelipis untuk melindungi otak secara luas dan menjaga otak dari berbagai trauma yang berasal dari luar tubuh.

  • Untuk Melindungi Saraf

Di dalam otak terdapat saraf-saraf yang melekat dan memiliki peran masing-masing untuk mengatur seluruh aktivitas dalam tubuh.

Selain itu, tulang pelipis juga memberi perlindungan pada saraf otak dari trauma sehingga memungkinkan sistem saraf tetap bisa menghubungkan seluruh respon dalam tubuh dengan otak dengan sempurna.

  • Sebagai Tempat Melekatnya Otot-Otot

Di dalam tulang pelipis juga terdapat otot-otot yang berperan dalam menjaga serta mempertahankan kekuatan dari tulang tengkorak dan berdampak pada aktifitas di seluruh kepala seorang individu, otot tersebut disebut dengan musculus temporalis dan musculus-musculus ekstrinsik.

  • Mampu Menghasilkan Gerakan Respon

Seperti kontraksi dan relaksasi otot yang menempel pada rangka bisa menggerakkan rangka, mempertahankan postur dan posisi kepala tetap seimbang, misalnya seperti mempertahankan posisi kepala saat sedang membaca buku, berjalan dengan posisi tegak dan lain sebagainya.

Tulang Pelipis : Pengertian, Ciri, Letak dan Fungsinya

 

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Tulang Pelipis : Pengertian, Ciri, Letak dan Fungsinya , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Tulang Baji, Bentuk, Letak, Ciri dan Fungsinya