√ Pengertian Pons Otak, Struktur, Bagian dan Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Pons Otak, Struktur, Bagian dan Fungsinya (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang salah satu bagian organ tubuh manusia yang berada didalam kepala. Ada beberapa organ didalam kepala manusia, salah satu yang akan kita bahas disini adalah pons otak. Mungkin ada yang sudah mengetahuinya namun juga ada yang belum, untuk lebih lanjut mari kita bahas dengan detail.

Pengertian Pons Otak, Struktur, Bagian dan Fungsinya (Lengkap)

Apa sih Pons Otak? Apa perannya untuk otak manusia? Apa saja fungsinya?

Pengertian Pons Otak

Pons merupakan batang otak yang tempatnya diatas medula oblongata tepatnya dibawah otak tengah dengan panjang kurang lebih 2,5 cm. Dengan ukurannya yang kecil tersebut pons memiliki peran yang cukup penting bagi otak manusia. Batang yang berisi serabut saraf ini berfungsi untuk menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang, bagian otak kecil kiri dan bagian kanan.

Struktur dan Bagian Pons Otak

Pons mempunyai 2 bagian penting yang sangat utama, berikut ulasannya

  1. Bagian Basilar Pons, terletak pada bagian ventral, fungsinya berhubungan dengan aktivitas motorik tubuh.
  2. Bagian Pontine Tegmentum, terletak pada bagian dorsal, fungsinya berhubungan dengan sistem homeostasis dan lintasan refleks.

Pons mempunyai beberapa nukleus saraf yang berperan penting dalam tubuh, yakni:

  • Nukleus Sensorik dan Motorik dari nervus trigeminal.
  • Nukleus dari nervus abdusen.
  • Nukleus dari nervus fasial.
  • Nukleus dari nervus vestibulocochlear.

Fungsi Pons Otak

Selain itu Pons juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Sebagai jalur saraf

Point utama yang akan kita bahas disini adalah jalur saraf, dimana pons otak berfungsi untuk membawa sinyal ke korteks utama. Sinyal yang dikirimkan cenderung berhubungan pada fungsi wajah, contohnya gerakan pada mata dan telinga.

Pons otak juga merupakan 4 titik pangkal diantara 12 saraf kranial utama, yakni saraf trigeminal, saraf abdusen, saraf fasial dan serabut vestibucochlear. Mari kita bahas satu-persatu.

  • Saraf trigeminal, saraf kranial kelima ini berfungsi untuk mengatur gerakan pada wajah kita dan bertanggung jawab dalam menggigit, mengunyah dan menelan makanan.
  • Saraf abdusen, saraf kranial keenam ini berfungsi sebagai penggerak mata.
  • Saraf fasial, berfungsi pada pergerakan otot diwajah kita sehingga kita dapat tersenyum, tertawa, bersedih, menaik turunkan alis dan menunjukkan ekspresi wajah kita.
  • Saraf vestibulocochlear, adalah saraf yang befungsi dalam transmisi suara dari telinga ke otak dan membantu menjaga keseimbangan pada tubuh.

2. Menyampaikan sinyal keluar

Fungsi pons otak adalah membawa sinyal dari saraf menuju otak, ada waktu yang diperlukan bagi otak untuk menyampaikan perintah ke saraf. Ini menimbulkan terjadinya pembukaan informasi yang bergerak dan berakibat terjadinya pengaturan sinyal untuk diterjemahkan dengan lengkap dan akurat sebelum sinyal dikirimkan.

3. Mengontrol fungsi secara tidak sadar

Pada pons otak ada tempat atau daerah yang bernama reticular yang berfungsi dalam pengaturan siklus tidur dan bangun tidur. Daerah ini disebutkan memiliki peran dalam pembentukan mimpi seseorang. Selain itu, fungsi tidak sadar lain yang juga ikut dikendalikan oleh pons otak adalah respirasi, yang mana pada pons otak ada bagian yang bisa mengatur intensitas pernapasan dan mempengaruhi hambatan inspirasi yang bisa berakibat pengurangan pada frekuensi & kedalaman napas.

Itulah sedikit pembahasan kita mengenai Pengertian Pons Otak, Struktur, Bagian dan Fungsinya (Lengkap), semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita semua.

Daftar Isi