Otot Lurik : Pengertian, Ciri, Sifat, Fungsi, Cara Kerja dan Bagiannya

Otot Lurik : Pengertian, Ciri, Sifat, Fungsi, Cara Kerja dan Bagiannya – Apa yang di maksud dengan Otot Lurik dan Fungsinya? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Otot Lurik dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Otot Lurik : Pengertian, Ciri, Sifat, Fungsi, Cara Kerja dan Bagiannya


Otot merupakan suatu jaringan dalam tubuh manusia yang berperan untuk perlengkapan gerak aktif yang sanggup menggerakkan tulang sehingga membolehkan terbentuknya pergerakan dari organ badan dengan mudah serta tanpa rasa sakit. Otot itu sendiri di segala badan manusia dipecah jadi 3 tipe ialah otot lurik, otot polos, serta otot jantung.

Otot lurik ataupun otot rangka merupakan sejenis otot yang melekat pada rangka tubuh serta digunakan untuk pergerakan. Otot ini mempunyai melamin mioglobin serta mendominasi tubuh verterbrata, termasuk manusia.

Otot lurik ataupun yang kerap diucap dengan otot kerangka merupakan otot otot dalam tubuh manusia yang melekat pada sistem kerangka badan serta bisa digerakkan dengan gampang atas kehendak ataupun sesuka kita dengan keadaan sadar, sehingga diucap pula sebagai otot motorik. Otot lurik di manusia sanggup bekerja keras serta kokoh ialah menggerakkan tulang sebab di dalamnya banyak inti sel.

Dalam perihal ini disebut dengan lurik sebab pada otot ini nampak wilayah hitam( aktin) serta cerah( miosin) yang berselang- seling. Otot lurik kerap pula diucap dengan otot rangka sebab melakat pada tulang rangka, yang sehingga berkontraksi menimbulkan tulang bergerak.


Ciri Otot Lurik

Terdapat sebagian identitas lurik buat lebih jelasnya ikuti penjelasan di dasar ini:

  • Memiliki ribuan serabut yang membentuk jaringan otot yang tersusun rapi.
  • Berupa silindris, panjang serta mempunyai banyak inti sel( multinuklei).
  • Bergerak dibawah kesadaran( volunter).
  • Secara universal otot lurik memiliki diameter 50 mikron serta panjangnya hingga 2, 5 centimeter.
  • Sanggup bekerja dengan keras serta kilat namun gampang letih.
  • Membutuhkan istirahat.
  • Menempel pada rangka badan manusia ataupun hewan.
  • Cepat dalam berkontraksi( mengkerut).
  • Letak inti sel terletak di tepi( perifer).
  • Otot lurik ada pada otot paha, otot dada, otot betis serta segala rangka badan manusia.
Baca Juga:  √ Pengertian Vitamin, Macam dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Sifat- Sifat Otot Lurik

Dalam perihal ini sesungguhnya, seluruh tipe otot tercantum otot lurik mempunyai watak dasar yang sama ialah:

  • Konduktivitas ialah otot mempunyai keahlian buat melaksanakan potensial aksi.
  • Iritabilitas ialah kala dirangsang, otot akan bereaksi.
  • Kontraktilitas ialah otot bisa mempersingkat ataupun menciptakan ketegangan antara ujung- ujungnya.
  • Relaksasi ialah suatu otot bisa kembali ke istirahat sehabis kontraksi.
  • Distensibilitas ialah otot bisa ditarik oleh kekuatan luar otot itu sendiri, otot tidak terluka asalkan tidak meregang melewati batasan fisiologis.
  • Elastisitas ialah otot hendak menolak perpanjangan serta hendak kembali ke posisi semula sehabis pasif ataupun aktif perpanjangan. Elastisitas yakni kebalikan dari Distensibilitas.

Cara Kerja Otot Lurik

Otot lurik yang ada pada nyaris totalitas tubuh manusia mempunyai metode kerja dengan metode kontraksi serta relaksasi, ialah kontraksi kala melaksanakan gerakan yang memerlukan kekuatan serta kerja lebih keras, semacam kala menaiki tangga dengan kaki ataupun berlari. Relaksasi dilakukan oleh otot lurik sehabis berakhir melaksanakan tugas berat dengan metode melenturkan bagian badannya semacam merenggangkan badan yang dilakukan oleh manusia.

Perihal itu untuk menghindari kram ataupun tekanan sekalian berikan waktu istirahat, karena itu sehabis manusia melaksanakan kegiatan semacam berlari serta aktfitas berat yang lain senantiasa memerlukan waktu buat istirahat sejenak buat mengembalikan kekuatan sehingga bebas dari kram otot ataupun keletihan yang bisa mempengaruhi pada fungsi tubuh lainnnya.

Seluruh guna gerak tersebut dikendalikan oleh bagian otak manusia yang mengendalikan syaraf pusat dengan metode mencerna perintah manusia misalnya berjalan ataupun berlari setelah itu meresponnya dengan kilat serta memohon otot bagian badan yang diperlukan buat bergerak menjajaki kehendak manusia. metode kerja yang dicoba tersebut seluruhnya terjalin dalam pemahaman ataupun dikendalikan secara langsung oleh orang tersebut.

Baca Juga:  √ 9 Bagian Bunga dan Fungsinya (Pembahasan Terlengkap)

Fungsi Otot Lurik

Dari bermacam penjelasan yang sudah dipaparkan tadinya, bisa disimpulkan kalau guna dari otot lurik merupakan menggerakkan rangka badan manusia sehingga membuat kita sanggup bergerak cocok dengan kehendak serta cocok dengan aktifitas yang kita jalani serta menolong kita buat bisa melaksanakan kerja keras serta kilat.

Otot lurik ataupun diucap pula dengan otot rangka merupakan sejenis otot yang melekat pada rangka badan serta digunakan buat pergerakan.Cocok namanya, otot ini mempunyai tampilan lurik antara hitam( aktin) serta cerah( miosin) dengan tampilannya yang selang seling.Otot yang ada pada rangka badan ini bisa digerakkan atas kehendak kita, sehingga diucap bagaikan otot motorik.

Otot lurik pula sanggup bekerja dengan keras sebab mempunyai banyak inti sel. Tetapi, otot ini pula memerlukan rehat sehabis beraktifitas sebab gampang letih.


Otot Lurik : Pengertian, Ciri, Sifat, Fungsi, Cara Kerja dan Bagiannya

Bagian-Bagian Otot Lurik

Bagian-bagian dari otot rangka sebagai berikut:

  • Sarkolema,Sarkolema merupakan membran yang melapisi suatu sel otot yang berfungsi sebagai pelindung otot.
  • Sarkoplasma,Sarkoplasma merupakan cairan sel otot yang memiliki fungsi untuk tempat dimana miofibril dan miofilamen berada.
  • Miofibril,Miofibril merupakan serat-serat pada otot. Miofibril terbagi menjad dua macam, yaitu:
    • Miofilamen homogen (terdapat pada otot polos)
    • Miofilamen heterogen (terdapat pada otot jantung/otot cardiak dan pada otot rangka/otot lurik)
  • Miofilamen,Miofilamen adalah benang-benang atau filamen halus yang berasal dari miofibril.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Otot Lurik : Pengertian, Ciri, Sifat, Fungsi, Cara Kerja dan Bagiannya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.